Nama : Eric Gazza Y.

Kelas NO : XI TKJ 2 :16

SENI MUSIK
Pengertian Seni Musik
Seni Kata seni dalam bahasa inggris disebut art. Kata art berasal dari bahasa Latin ars, yang artinyaketerampilan/kepandaian. Kemudian pengertian kata seni menjadi luas, tidak hanya mengenai bidang tertentu saja. Pengertian seni mencakup segala kreasi manusia seperti puisi, drama, musik, tarian, seni pahat, ukir, bangun, melukis dan masih banyak lagi. Seni merupakan hasil kreasi dan getaran dalam jiwa manusia yang dapat menimbulkan perasaan suka ataupun duka pada diri seseorang. Suatu ciptaan mengandung nilai seni jika memenuhi beberapa syarat, antara lain kehalusan dan keindahan. Kesenian adalah segala hasil cipta manusia yang mengandung nilai seni. Seniman adalah orang yang berjiwa seni dan dapat menciptakan karya seni. Cabang Seni Seni dapat dibedakan menjadi 3 cabang, yaitu seni suara, seni gerak dan seni rupa. Seni suara terbagi menjadi 2 bagian seni sastra dan seni musik. Seni sastra meliputi prosa dan puisi. Seni musik meliputi Seni lagu (vocal) dan seni instrumental. Musik Musik sudah ada sejak sebelum tarikh Masehi. Peninggalan sejarah Mesir kuno memberikan buktibukti. Pada relief-relief batu Mesir kuno terdapat lukisan alat-alat musik. Dalam Injil “Kitab Kejadian” tertulis juga tentang musik. Musik terus berkembang sampai pada saat ini seiring dengan kemajuan kebudayaan dan teknologi. Pengetahuan musik tidak mengenal batas. Semakin dalam kita mempelajari musik, makin terasa masih sangat banyak masalah yang harus kita pelajari. Musik adalah pernyataan isi hati manusia yang diungkapkan dalam bentuk bunyi yang teratur dengan melodi dan ritme, serta mempunyai unsur harmoni yang indah.

unsur - unsur seni musik
1.Bunyi : dalam seni musik dapat berasal dari suara manusia/alat musik.Sedangkan nada adalah bunyi yang mempunyai tinggi rendah yang teratur 2.Irama/ritme/ritmik adalah panjang pendeknya nada dalam seni musik

b. Penggunaan Accodr 3 nada.1820) Sejarah musik klasik dimukai pada tahun 1750. Opera Don Geovani.Harmoni adalah keserasin/keselarasan/kesesuain bunyi dari setiap instrumen dalam kelmpok musk yg tampil sbgai bentk yg utuh dan enak didngar 6. Pemakaian Ornamentik dibatasi d. Ciri-ciri Zaman musik Klasik: a. Kuintet Biola Alto. meninggal tanggal 5 Desember 1791 di Wina Austria. Penggunaan dinamika dari Keras menjadi Lembut. Crassendo dan Decrasscendo. Hasil karyanya adalah : Requiem Mars. yang paling terkenal adalah The Surprisse Sympony. Konserto Piano. setelah berakhirnya musik Barok dan Rokoko.Gaya adalah cara menyampaikan lagu Zaman Klasik (1750 .Melodis adalah alunan perasa'an dari jiwa komponis yang dituangkan dalam rangkaian nada nada yang di variasikan antara tinggi dan panjang pendknya nada 4. 100 buah simfoni. Lahir di Rohrau Austria. Frans Joseph Haydn (1732 . Pada usia 5 tahun ia telah mulai menciptakan lagu dan muncul didepan umum pada usia 6 . Pada usia 3 tahun ia telah dapat menghasilkan melodi dan menerapkan accor pada hrpsikord.Tempo adalah kecepatan dan perubhan kecepatan dalam 1lagu 8. 2.Dinamik adalah volume yang kuat/lambat dan perubham berangsur-angsur lemah ke kuat atau sbliknaya 9. Perubahan tempo dengan accelerando (semakin Cepat) dan Ritarteando (semakin lembut). Karya ciptaannya yaitu : Sonata Piano.3. 24 buah opera. Dalam sejarah musik. Joseph Haydn termashur sebagai Bapak Simfony yang mewujudkan bentuk orkes dan kuartet seperti yang kita kenal sekarang.Tekstur adalah jalinan bunyi nada 7. Komponis-komponis pada Zaman Klasik antara lain : 1. 40 buah Simfony. Di Wina ia diakui sebagai Komponis Austria yang handal.1809). c. ia meninggal tanggal 31 Mei 1809 di Wina Austria.Birama adalah pengelompokan ketkan menjadi bebrapa unit htngan 5.1791) Lahir pada tanggal 27 januari 1756 di Salzburg Austria. 87 buah kuartet. Wolfgang Amandeus Mozart (1756 .

Johanes Brahms dari Hamburg Jerman. c. Zaman Romantik (1820 . . Robert Alexander Schumann dari jerman. Komponis-komponis pada Zaman romantic adalah : a. Franz Peter Schubert dari Wina.tahun. Pada tahun 1781 ia pindah ke kota Wina dan mengarang ciptaan-ciptaannya yang termaahur. Biarpun memperoleh banyak sukses. Francois Fredrick Chopin dari Polandia d. e. akan tetapi digunakan untuk mengungkapkan perasaan. Ia menulis banyak komposisi dalam bentuk yang berbeda-beda tetapi berpegang kuat pada gaya klasik murni. dinamika dan tempo banyak dipakai. Oleh karena itu. tapi ia sangat miskin dan dalam keadaan yang sengsara. Musik bukan saja dipergunakan untuk mencapai keindahan nada-nada. 5. Ludwig Von Bethoven dari Jerman. ia meninggal di Wina dalam usia 35 tahun dan dikuburkan di pekuburan fakir miskin. b. sehingga dijiluki Anak Ajaib. kemudian bersama saudara perempuannya mengadakan Tour keliling Eropa. Permainannya sangat menakjubkan.1900) Musik romantic sangat mementingkan perasaan yang subyaktif.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful