You are on page 1of 5

MODUL EKSPERIMEN FISIKA II SINTESIS NANOMATERIAL BORON-CARBON-OXYNITRIDE (BCNO

)

1. TUJUAN a. Memahami prinsip dasar nanomaterial phosphor. b. Mencari parameter kerja sintesis nanomaterial BCNO. c. Menentukan hubungan kualitatif parameter kerja dengan intensitas perpendaran nanomaterial.

2. ALAT-ALAT a. Neraca digital b. Furnance (tungku pemanas) c. Cawan bakar d. Alu lumpang e. Kamera digital

3. TEORI DASAR Nanoteknologi merupakan suatu istilah yang maknanya meliputi

perancangan, konstruksi dan pemanfaatan struktur fungsional dengan minimal satu karakterisasi ukurannya diukur dalam nanometer. Material dan sistem semacam itu dapat dirancang untuk menunjukkan kebaruan dan kemajuan yang signifikan secara fisik, kimiawi, dan biologis baik dalam segi sifat, fenomena maupun prosesnya sebagai akibat dari batasan ukuran dari anggota partikel atau molekulnya. Beberapa tahun belakangan ini, oxynitride dan nitrat menjadi pusat perhatian sebagai bagian terpenting untuk phosphor dikarenakan sifat yang

Modul Sintesis Nanomaterial BCNO

sempurna, cenderung tidak beracun, kestabilan termal dan kimia, selain itu menghasilkan panjang gelombang eksitasi dan emisi yang lebar, dan memiliki efisiensi luminescence yang tinggi dengan bantuan aktivasi ion tanah-jarang (rare-earth). Sebagai contoh, phosphor kuning cerah phosphor emisi bahan dasar dan

telah disintesis dan digunakan

untuk LED putih (LED) dengan karakterisasi cahaya efisiensi luminescence. Tetapi teknik di atas membutuhkan temperatur dan tekanan yang sangat tinggi. Sebagai tambahan, ion tanah-jarang seperti , , , dan , yang

dibutuhkan sebagai bagian utama luminescence, berharga mahal.

Gambar 1. Pengukuran spektrum eksitasi dan emisi dari sample BCNO phospor yang dibuat pada temperatur 8000C dengan menggunakan perbandingan PEG/B sebesar 2.0 x 10-3 (mol/mol)

Modul Sintesis Nanomaterial BCNO

Gambar 2. Spektrum photoluminescence dari BCNO yang dibuat pada kondisi yang bervariasi, yakni perbandingan PEG/B, tempetatur, dan waktu pemanasan. a) 2.0 x 10-3, 9000C, 30 menit; b) 2.0 x 10-3, 8000C, 30 menit; c) 4.0 x 10-3, 7000C, 60 menit; d) 4.0 x 10-3, 7000C, 45 menit; dan e) 4.4 x 10-3, 7000C, 30 menit.

Pengembangan material semikonduktor mengarah kepada pengembangan nanopartikel berbahan dasar carbon-boron nitride (BCN) agar dapat digunakan sebagai phosphor. Secara teoritik didapatkan kemungkinan mendapatkan bahan BCN yang dapat diatur emisi panjang gelombang mendekati spektrum cahaya tampak dengan memvariasikan komposisi kandungan BCN. Pada tahun 2008,

Takashi Ogi dan Ferry Iskandar, melaporkan penemuan yang sangat menarik tentang material baru, boron-carbon-oxynitride (BCNO), yang mampu disintesis dengan satu tahapan proses dan temperatur rendah (di bawah 900oC) dan kondisi atmosfer udara.

4. LANGKAH PERCOBAAN Bahan yang digunakan dalam eksperimen ini adalah: a. Boric Acid (H3BO3), dengan kualitas teknis (~80%); Modul Sintesis Nanomaterial BCNO

b. Urea (CO(NH2)2), dengan kualitas teknis (~80%); c. Citric Acid. Metode eksperimen yang digunakan untuk pembuatan nanopartikel BCNO adalah metode Pemanasan Sederhana. Adapun prosedur kerja sebagai berikut: 1. Bahan dasar yang terdiri dari Boric Acid (H3BO3), Urea (CO(NH2)2), dan citric acid dengan perbandingan mol sebesar Untuk sampel BCNO kedua, ketiga, ⁄ dan ⁄ ⁄ dan ⁄ ⁄ dan ⁄ .

. Untuk sampel BCNO

. Ketiga sampel tersebut digerus sampai

benar-benar halus dengan menggunakan alu lumpang dan dimasukkan ke dalam cawan bakar. 2. Specimen material BCNO dipersiapkan dengan memanaskan bahan dasar pada pada temperature 750oC selama 30 menit dengan udara dan tekanan atmosfer pada tungku pemanas (furnance). 3. Setelah furnance dingin, sekitar < 200oC, sampel diambil dan diperiksa menggunakan lampu-UV.

5. TUGAS PENDAHULUAN 1. Apa yang dimaksud dengan efisiensi kuantum dan fotoluminescence? Jelaskan! 2. Apa yang dimaksud dengan solubilitas? Tentukan pula nilai-nilai solubilitas untuk bahan-bahan pembuat BCNO! 3. Untuk pembuatan tiga buah sampel, carilah massa urea dan citric acid yang diperlukan bila boric acid yang digunakan sebanyak 0.5 gram! Sertakan perhitungan anda secara detail! 4. Jelaskan bagaimana bahan semikonduktor dapat memancarkan foton! Kaitkan dengan teori pita energi/band-gap!

Modul Sintesis Nanomaterial BCNO

6. TUGAS LAPORAN 1. Setelah disinari dengan menggunakan lampu UV, warna apa saja yang timbul dari ketiga bahan tersebut? Bagaimana kehomogenan pendaran dari ketiga bahan uji tersebut? Jelaskan! 2. Guna menghasilkan pendaran, jelaskan mengapa menggunakan sinar UV? Dan juga mengapa dibutuhkan energi absorpsi dalam rentang UV sedangkan pendaran cahanya berada dalam rentang visible light? 3. Jelaskan bagaimana kaitan antara frekuensi cahaya yang dihasilkan dengan

band-gap suatu material!
4. Apa yang anda ketahui tentang LED putih? Jelaskan mekanisme kerja dan aplikasinya! 5. Sebutkan salah satu alat untuk mengukur panjang gelombang dan intensitas dari pendaran suatu material! Jelaskan pula mekanisme kerja alatnya!

7. DAFTAR PUSTAKA 1. Takashi Ogi, Yutaka Kaihatsu, Ferry Iskandar, Wei-Ning Wang, and Kikuo Okuyama, (2008), Adv. Mater, 20, 3235-3238. 2. Yutaka Kaihatsu, Ferry Iskandar, Hendri Widiyandari, Wei-Ning Wang, and Kikuo Okuyama, (2009), Electrochem. Solid-State Lett., 12 (3) J33J36. 3. Xiaofeng Liu, Song Ye, Guoping Dong, Yanbo Qiao, Jian Ruan, Yixi Zhuang, Qiang Zhang, Geng Lin, Danping Chen and Jianrong Qiu, (2009), J. Phys. D:

Appl. Phys. 42, 215409 (9pp).
4. Yutaka Kaihatsu, Wei-Ning Wang, Ferry Iskandar, Takashi Ogi, and Kikuo Okuyama, (2010), J. Electrochem. Soc., 157 (10) J329-J333.

Modul Sintesis Nanomaterial BCNO