KUTIPAN 1.

Pengertian Kutipan Kutipan adalah suatu kata yang mungkin semua orang belum tahu apa maksudnya. Kutipan juga merupakan suatu gagasan, ide, pendapat yang diambil dari berbagai sumber. Proses pengambilan gagasan itu disebut mengutip. Gagasan itu bisa diambil dari kamus, ensiklopedi, artikel, laporan, buku, majalah, internet, dan lain sebagainya.

2. Fungsi Kutipan
o o o o o

Landasan teori Penguat pendapat penulis Penjelasan suatu uraian Bahan bukti untuk menunjang pendapat itu.
Fungsi Kutipan Kutipan memiliki fungsi tersendiri. Fungsi dari kutipan adalah sebagai berikut : 1) Menunjukkan kualitas ilmih yang lebih tinggi. 2) Menunjukkan kecermatan yang lebih akurat. 3) Memudahkan penilaian penggunaan sumber dana. 4) Memudahkan pembedaan data pustaka dan ketergantungan tambahan. 5) Mencegah pengulangan penulisan data pustaka. 6) Meningkatkan estetika penulisan. 7) Memudahkan peninjauan kembali penggunaan referensi, dan memudahkan penyuntingan naskah yang terkait dengan data pustaka.

3. Hal yang perlu diperhatikan dalam mengutip
o o o o o o

Penulis mempertimbangkan bahwa kutipan it perlu Penulis bertanggung jawab penuh terhadap ketepatan dan ketelitian kutipan Kutipan dapat terkait dengan penemuan teori Jangan terlalu banyak mempergunakan kutipan langsung Penulis mempertimbangkan jenis kutipan, kutipan langsung atau kutipan tak langsung Teknik penulisan kutipan dan kaitannya denga sumber rujukan.

4. Prinsip Mengutip

penulis] uang. Bagian yang dihilangkan diganti dengan titik berspasi sepanjang garis (dari magin kiri sampai ke margin kanan).dll. pinjaman. Demikian juga kalau kita menyesuaikan ejaan. Disini kita sama sekali tidak boleh merubah atau menghilangkan kata atau kalimat dari sumber kutipan kita.o Pengutip tidak boleh mengadakan perubahan. penulis harus memberi keterangan. Contoh: „Tugas bank antara lain adalah memberi pinjam uang. o Kutipan Tidak Langsung adalah kutipan yang telah kita ringkas intisarinya dari sumber kutipan aslinya. 2) menghilangkan bagian kutipan yang lebih dari satu alinea. Bila penulis terpaksa mengadakan perbaikan.[ ejaan disesuaikan dengan EYD ]. antara lain adalah Kutipan langsung dan Kutipan Tidak langsung.kita perlu menjelaskan hal tersebut.harus digunakan huruf siku [ …. Kutipan tidak langsung ditulis menyatu dengan teks yang kita buat dan tidak usah diapit tanda petik.atau huruf miring.. Bagian yang dihilangkan diganti dengan titik berspasi.‟ 2) „Tugas bank antara lain memberi pinjam [Sic!] uang.garis bawah. o Menghilangkan bagian kutipan.memberi huruf kapital.Kalaupun ada keraguan atau kesalahan dalam kutipan yang kita ambit tersebut kita hanya dapat memandakannya dengan [sic!] yang menandakan kita mengutip langsung tanpa ada editan dan kita tidak bertanggung jawab jika ada kesalahan dari kutipan ynag kita ambil. o Kutipan Langsung adalah kutipan yang sama persis seperti kutipan aslinya. diperkenankan menghilangkan bagian kutipan dengan syarat bahwa penghilangan bagian it tidak menyebabkan perubahan makna.‟ [Sic!] artinya dikutip sesuai dengan aslinya.Penyebutan sumber dapat dengan . Jenis Kutipan Terdapat beberapa jenis kutipan. Bila dalam kutipan terdapat huruf atau kata yang salah lalu dibetulkan oleh pengutip. atau sumber yang kita ambil untuk mengutip. 5. Cara: 1) menghilangkan bagian kutipan yang kurang dari satu alinea. missal [ huruf miring dari pengutip ]. baik kata-katanya maupun tekniknya. Disini saya akan mencoba menjelaskan jenis-jenis kutipan tersebut. namun pengutip tidak boleh memperbaikinya Cara memperbaikinya: 1) „Tugas bank antara lain memberi pinjam [seharusnya.‟ Pengutip tahu bahwa dalam kalimat it ada kata yang salah. ].

sistem catatan kaki.atau titik) disususl dengan sisipan penjelas siapa yang berbicara. Cara Mengutip  Kutipan Langsung. . 6. Sebaliknya bilakutipan asli memakai tanda kutip ganda. dimulai dengan materi kutipn hingga perhentian terdekat. Dapat dimasukkan ke dalam teks sebagai kutipan langsung atau kutipan tidak langsung. o Kutipan dalam kutipan ada dua cara : o Bila kutipan asli tidak memakai tanda kutip. (dapat berupa koma. sesuai dengan alinea teks pengarang atau pengutip. dengan menulis nama singkat atau nama keluarga pengarang. Kutipan diberi tanda kutip. titik koma. o Kutipan atas ucapan lisan harus dilegalisir dulu oleh pembicara atau sekretarisnya (bila pembicara seorang pejabat). o Kutipan pada catatan kaki selalu ditempatkan pada spasi rapat. o Kutipan langsung pada materi. Bila kutipan dimulai dengan alinea baru. kutipan dalam kutipan dapat mempergunakan tanda kutip tunggal atau kutip ganda. Yang lebih dari empat baris: o kutipan dipisahkan dari teks sejarak tiga spasi o jarak antar baris kutipan satu spasi o kutipan dimasukkan 5-7 ketukan. kutipan dalam kutipan memakai tanda kutip tunggal. dan nomor halaman tempat kutipan it diambil. meskipun kutipan itu singkat saja. dikutip sepertidalam teks asli. langsung di belakang yang dikutip dalam tanda kurung ditulis sumber dari mana kutipan itu diambil. o Bilakutipan asli memakai tanda kutip tunggal kutipan dalam kutipan memakai tanda kutip ganda. tahun terbit.dapat juga dengan sistem catatan langsung ( catatan perut ) seperti telah dicontohkan. Yang tidak lebih dari empat baris: o Kutipan diintegrasikan dengan teks o Jarak antar baris kutipan dua spasi o Kutipan diapit dengan tanda kutip o Sesudah kutipan selesai. maka baris pertama kutipan dimasukkan lagi 5-7 ketukan o kutipan diapit oleh tanda kutip atau tidak diapit tanda kutip o di belakang kutipan diberi sumber kutipan (seperti pada 1)).

kutipan dalam kutipan dapat mempergunakan tanda kutip tunggal atau tanda kutip ganda o bila kutipan asli memakai tanda kutip tunggal. Kutipan tak langsung o Kutipan diintegrasikan dengan teks o jarak antar baris kutipan spasi rangkap o kutipan tidak diapit tanda kutip o sesudah selesai diberi sumber kutipan. Dapat dilakukan dengan dua cara: o bila kutipan asli tidak memakai tanda kutip. Haryati. Kutipan diberi tanda kutip. meskipun kutipan itu singkat saja. Dapat dimasukkan ke dalam teks sebagai kutipan langsung atau tidak langsung.  Kutipan pada catatan kaki Kutipan selalu ditempatkan pada spasi rapat. Contoh: “Jelas. dikutip seperti dalam teks asli. titik koma. atau titik) disusul dengan sisipan penjelas siapa yang berbicara. Daftar Pustaka 1.” kata Prof. Sebaliknya bila kutipan asli memakai tanda kutip ganda. kutipan dalam kutipan memakai tanda kutip ganda.  Kutipan dalam kutipan Kadang-kadang terjadi bahwa dalam kutipan terdapat kutipan.” Catatan: Kutipan yang panjang sebaiknya dimasukkan dalam lampiran. Pengertian . “kosa kata bahasa Indonesia banyak mengambil dari kosa kata bahasa Sansekerta. kutipan dalam kutipan memakai tanda kutip tunggal  Kutipan langsung pada materi Kutipan langsung dimulai dengan materi kutipan hingga penghentian terdekat (dapat berupa koma.  Kutipan atas ucapan lisan Harus dilegalisir dulu oleh pembicara atau sekretarisnya (bila pembicara seorang pejabat).

Sebaliknya sebuah daftar pastaka memberikan deskripsi yang penting tentang buku. tahun terbit. dan penerbit. kota terbit. Mengapa daftar pastaka itu dapat pula dilihat sebagai pelcngkap? Karena bila seorang pembaca iugin mengetahui lebih lanjut tentang referensi yang terdapat pada catatan kaki.Menurut Gorys Keraf (1997 :213) yang dimaksud dengan daftar kepustakaan adalah sebuah daftar yang berisi judul buku-buku. Dalam daftar pastaka dapat mengetahui keterangan-keterangan yang lengkap mengenai buku atau majalah itu. tetapi bagi seorang sarjana seorang calon sarjana.Fungsi Daftar Pustaka Fungsi sebuah daftar pastaka hendaknya secara tegas dibedakan dari fungsi sebuah catatan kaki. artikelartikel. misalnya: nama editor atau penyunting. majalah. Bagi orang awam. Melalui daftar kepustakaan yang disertakan pada akhir tulisan itu. maka ia dapat mencarinya dalam daftar pastaka. judul buku dan sebagainya. penerjemah. jilid buku. yaitu ía berfungsi sebagai pelengkap dan sebuah catatan kaki. . edisi buku. harian itu secara keseluruhan. Selain itu ada pula unsur-unsur yang bisa ada namun tak selalu ada. 3. harus dicantumkan pu/a nomor halaman di mana pernyataan atau ucapan itu bisa dibaca. atau scorang cendekiawan. Referensi pada catatan kaki dipergunakan untuk menunjuk kepada sumber dan pernyataan atau ucapan yang dipergunakan dalam teks. Disebut tak selalu ada karena tak semua buku memiliki unsur-unsur ini. dan anak judul. Mereka dapat menetapkan apakah sumber itu sesungguhnya mempunyai pertalian dengan isi pembahasan itu. daftar kepustakaan itu merupakan suatu hat yang sangat penting. Di pihak lain daftar pastaka dapat pula dilihat dan segi lain. Dan sekaligus dengan cara itu pembaca dapat memperluas pula horison pengetahuannya dengan bermacam-macam referensi itu. Dalam hal ini selain pengarang. Sebab itu referensi itu harus menunjuk dengan tepat tempat. yang mempunyai pertalian dengan sebuah karangan atau sehagian dan karangan yang tengah digarap. judul buku. dan bahan-bahan penerbitan lainnya. 2. dan apakah bahan itu dikutip dengan benar atau tidak. Karena itu fungsi catatan kaki dan daftar pastaka seluruhnya tumpang-tindih satu sama lain.Unsur-Unsur dalam Daftar Pustaka Unsur-unsur yang harus kita perhatikan dalam menulis daftar pustaka diantaranya: nama pengarang. daftar pastaka mungkin tidak penting artinya. dimana pembaca dapat menemukan pernyataan atau ucapan itu. para sarjana atau cendekiawan dapat melihat kembali kepada sumber aslinya.

meskipun bukan merupakan nama keluarga.> ditulis sebagai: Rieka. Misalnya nama-nama Italia yang nama keluarganya didahului dengan awalan. de‟.Misalnya: Siti Nurhaliza binti Rustam ……………. Hillary Rodham.. Hillary dan bukan Clinton. Misalnya: Michelle Yeoh …………. LeonardoAkan tetapi.Misalnya: Triani Retno A ………………> ditulis sebagai: Retno A. maka nama yang diletakkan di depan dalam pembalikan adalah nama yang tercantum setelah gelar. dei. Misalnya: Lorenzo d‟Montana …………> ditulis sebagai: Montana. Michelle o Penulisan nama-nama pengarang dari Eropa yang memiliki kata depan. Nama belakang yang bagian akhirnya berupa singkatan tidak diletakkan di bagian depan pembalikan. Misalnya: Dewi Rieka………….. maka kata utama ada pada awalan tersebut. namanama Italia yang nama keluarganya berawalan d‟ de.> ditulis sebagai: Rajo.Nama Pengarang : o Nama belakang ditulis lebih dahulu daripada nama depan. degli. Misalnya: Leonardi Di Caprio …………………> ditulis sebagai: Di Caprio.. dan de li.> ditulis sebagai: Wong. maka kata utama ada nama setelah awalan itu. Misalnya: Wong Kam Fu ………. Triani Retno o Nama yang mencantumkan gelar tradisi.> ditulis sebagai: Yeoh. Siti Nurhaliza binti o Nama pengarang memiliki nama majemukMisalnya: Hillary Rodham-Clinton ………………………> ditulis sebagai: Rodham-Clinton. Kam FuKecuali jika mencantumkan nama Barat. Rahman Sutan o Nama yang mencantumkan kata bin atau binti.Misalnya: Rahman Sutan Radjo ………………. Triani dan bukan A. maka asas pembalikan nama ini tetap berlaku. maka tidak perlu ada pembalikan nama dalam penulisan daftar pustaka. atau perpaduannya juga memiliki peraturan tersendiri dalam penulisan daftar pustaka. Lorenzo d‟ Tahun Terbit : . o Nama keluarga berada di bagian depan nama seperti nama-nama orang Cina. kata sandang. Dewi. maka yang dicantumkan di depan dalam penulisan daftar pustaka adalah nama yang tercantum setelah kata bin atau binti tersebut..> ditulis sebagai: Rustam.

o o Jika ditulis tangan atau diketik manual maka penulisan judul buku diberi garis bawah. dll. maka cukup ditulis dengan „t. „dari‟. „untuk‟. Kumpulan karangan beberapa penulis dengan editor c. Judul Buku : o Semua huruf pertama dari setiap kata dalam judul buku ditulis dengan menggunakan huruf kapital kecuali kata-kata tugas seperti „dan‟. 4. o Setelah unsur nama penerbit diakhiri dengan tanda titik. „di‟. Pemisahan antara unsur judul buku dengan unsur tempat terbit menggunkan tanda titik. Pemisahan antara unsur tempat terbit dengan nama penerbit menggunakan tanda titik.o Apabila ada 2 buku atau lebih yang dikarang oleh pengarang yang sama. kita cukup menuliskan nama perusahan/lembaga yang menerbitkan buku tersebut.Jenis-Jenis Daftar Pustaka o Kelompok Textbook a. o Jika daftar pustaka diketik dengan komputer maka penulisan judul buku dengan menggunakan huruf miring (italics). Penulis perorangan b.t‟ (tanpa tahun). Apabila buku tersebut tidak diketahui tahun terbitnya. „yang‟. Artikel yang disusun oleh penulis b. Buku terjemahan o Kelompok Jurnal a. „atau‟. maka yang ditulis pertama kali adalah yang tahun terbitnya paling dulu. Nama Penerbit : o Pada bagian ini. o o Pemisahan antara unsur tahun terbit dengan menggunakan tanda titik. „ke‟. Artikel yang disusun oleh lembaga . Buku yang ditulis / dibuat oleh lembaga d. Tempat (Kota Terbit) : o o Tempat terbit cukup dengan menyebutkan kota di mana penerbit buku itu berlokasi.

Kelompok makalah yang diresentasikan dalam seminar / konferensi / simposium o o Kelompok disertasi / tesis Kelompok makalah / informasi dari Internet 5. Misalnya: undang-undang. Penyusunan Daftar Pustaka o Nama pengarang diurutkan menurut urutan alfabetis. Baris kedua dan seterusnya dari tiap pokok harus dimasukkan ke dalam sebanyak 3 atau 4 ketikan. bila ada nama keluarga. Nama yang dipakai dalam urutan itu adalah nama keluarga.c. 2004:25). Kutipan langsung (pendek). o Bila seorang pengarang membuat lebih dari satu referensi. Kata sandang dalam bahasa barat tidak diperhitungkan untuk penyusunan ini. anggaran dasar. New . "Pelayanan prima sangat bergantung pada kemauan dan kemampuan (skill) staf perpustakaan". [Pendapat Lasa Hs itu dikutip secara tidak langsung] . Cara Menulis Kutipan 1. Contoh: Dinyatakan oleh Septiyantono (2002:154). ada pendapat lain yang mengatakan bahwa pelayanan prima tidak terletak pada skill seseorang. kurang dari 3 baris Mengutip persis seperti aslinya. maka judul buku atau judul artikel yang dimasukkan dalam urutan alfabetis. jarak anatar muka rsensi yang alain dua spasi o Baris pertama dimulai dari margin kiri.. tetapi terletak pada sistem yang digunakan (Lasa Hs. Kutipan langsung harus menggunakan tanda kutip ["].. Meskipun demikian. tetapi dianti dengan garis sepanjang 5 (lima) atau 7 (tujuh) ketukan. dsb. maka untuk refernsi kedua dan seterusnya nama pengarang tidak perlu dicantumkan. o Bila tak ada nama pengarang. o Jarak antar bris untuk satu referensi atau spasi.

"Pelayanan prima sangat bergantung pada kemauan dan kemampuan (skill) staf perpustakaan" (Septiyantono. Contoh: Inti dari belajar dan membaca adalah mengambil hal yang penting untuk selalu diingat.. 2. 1999:154). Berkenaan dengan kemampuan mengingat. Kutipan seperti itu lazim disebut dengan parafrase. Contoh: Sidik (2002a:35) tidak menduga bahwa kondisi umum perpustakaan madrasah aliyah di Daerah Istimewa Yogyakarta sangat tidak representatif sebagai sumber belajar. Teknik-teknik membaca seperti dalam prabaca. perpustakaan madrasah aliyah di Daerah Istimewa Yogyakarta kondisinya tidak layak dijadikan sebagai sumber belajar (Sidik. Namun." Sementara itu Rosidi (2005:123) menyatakan kemampuan mengingat hanya 30% dalam kurun satu jam. dan teknik-teknik yang lain dimaksudkan untuk mengingatkan daya ingat terhadap apa yang dibaca.Pelayanan prima harus didukung dengan fasilitas yang baik. 3. Kutipan langsung (panjang). . Secara umum. SQ3R. tahun terbit. Kutipan tidak langsung Kutipan yang dikemukakan dengan bahasa penulis sendiri. Soedarso (2001:74) menyatakan sebagai berikut. sumber informasi: pengarang. 3.. Kutipan langsung ditulis tanpa tanda kutip dan terpadu dengan tubuh karya tulis. "Daya ingatan kita umumnya hanya mampu mengingat 50% dari apa yang kita baca satu jam berselang dan dalam dua hari berikutnya tinggal 30% saja.. 2002b:35). lebih dari 3 baris 1. garis baru ditulis mulai dengan lima ketukan (satu tab). 2. Pada hakikatnya seorang penulis harus mampu menyatakan pendapat orang lain dalam bahasanya sendiri agar mencerminkan kepribadiannya... 4. Hal itu telah dibuktikan pada . dan halaman kutipan dimulai sejajar dengan paragraf diketik dengan jarak 1 spasi jika terdapat paragraf dalam kutipan.

ialah ... atau pp." Dalam kurung dapat juga diberi penjelasan ringkas yang bertalian dengan acuan.. dikemukakan (Zulaikha dkk.... cantumkan nama akhir pengarang dan tahun terbit. lebih dua pengarang. Untuk acuan dua pengarang. cantumkanlah nama akhir kedua pengarangan itu. Masruri (2003:23) menyatakan bahwa ……. Senada dengan hal itu.Apabila nama pengarang dicantumkan di dalam teks. 2004:45). tanpa menggunakan singkatan hlm. Misalnya: Dinyatakan oleh Qolyubi (2005:5) bahwa ……………… Qolyubi (2005:5) menyatakan "Tingkat keberhasilan ……. Apabila nama pengarang tidak dinyatakan di dalam teks. yang paling mendasar adalah (1) ……. Misalnya: Pembinaan minat baca terkait dengan beberapa hal (lihat Riyadi... Misalnya: Ujung tombak perpustakaan terletak pada pelayanan prima (Rosma dan Zein. (2) …………. serta tanda koma di antaranya.. diikuti penunjuk halaman..... Penunjuk halaman pengutipan mengikuti tahun terbit. 2004:111) bahwa ………. Misalnya: Pernyataan itu setelah diujikan dilapangan (pendapat senada dapat lihat Boorn. ... dan (3) ………. hal. p. gunakanlah singkatan dkk. didahului titik dua. antara lain. di antara. 1999:98— 101) mengandung beberapa kelemahan. 2000:77—83). ikutilah nama pengarang dengan tahun terbit dalam kurung.. Misalnya: Dalam kaitannya dengan minat baca.

Senada dengan hal itu. 2003:23. 1999:12. dibelakang nama akhir editornya dalam tanda kurung siku. diikuti tahun dan halaman. Zulaikha. Tampubolon (1999a:23) dan kemudian dipertegas kembalai pada sebuah artikel (1999b:12).. Misalnya: Dinyatakan oleh Qolyubi [Ed. yaitu ……………………… Apabila diperlukan lebih dari acuan terhadap pengarang dan tahun terbit yang sama. Lasa Hs. 20092:34).Dua acuan atau lebih yang digunakan untuk menyatakan hal yang sama. Misalnya: Dalam kaitannya dengan menumbuhkembangkan kultur baca (Sidik. MENGUTIP PENDAPAT SESEORANG YANG TERDAPAT PADA KARYA ORANG LAIN Mengutip pendapat seseorang yang terdapat pada karya orang lain dapat dilakukan jika sudah terpaksa. menyebutkan bahwa ………………….. 2005:34. Akan tetapi. yaitu sumber primernya tidak dapat ditemukan. menyatakan bahwa …………………. Penyitiran dari karya editor. Tampubolon (1999:23) dan kemudian dipertegas kembalai pada sebuah artikel (2001:12). penulisan menggunakan singkatan Ed. 2007:34) mendasarkan pada hal yang sama. Purwono. Tanda angka dua (2) di belakang tahun terbit untuk menandakan jilid buku yang dikutip. dapat juga terjadi untuk tahun terbit berbeda dengan pernyataan yang sama.] (2003:56) bahwa ……………. Misalnya: "Membiarkan anak-anak menggunakan bahasa tanpa bimbingan yang baik di sekolah akan menimbulkan kekacauan pemakaian bahasa" (Rosidi dalam Sidik. cantumkanlah nama akhir masing-masing pengarangan.). Misalnya:   Lain halnya dengan hal tersebut di atas. dan masing-masing acuan dipisahkan dengan titik koma (. . gunakanlah huruf a dan b pada akhir tahun penerbit sebagai pembeda.

Daftar sendiri didefinisikan sebagai catatan sejumlah nama atau hal yang disususn berderet dari atas ke bawah. (Sumber : http://kangmoes. Mungkin hampir mirip dengan mengkopi atau menjiplak sebuah tulisan. nama pengarang. Guru sangat berperan mengarahkan setiap anak dalam berbahasa" (Rosidi dalam Halim. Kutipan Langsung Mrupakan kutipan yang ditulis secara persis dengan sumber aslinya. Tujuan dari kutipan adalah untuk memperkuat argumentasi. Informasi dari internet tetap diperlukan. tetapi bedanya jika menjiplak maka tidak ada keterangan sumber dan pada kutipan akan di sebutkan dari mana sumber tulisan yang si penulis kutip. baik bahasa maupun ejaannya.com/artikel-tips-trik-ide-menarik-kreatif. Cara penulisannya sebagai berikut: .html) Kutipan Yang dimaksud Kutipan adalah pinjaman sebuah kalimat ataupun pendapat dari seseorang baik itu pengarang atau seseorang yang cukup terkenal. bukti. fakta si penulis. 1976:34). radia dan internet. koran. Daftar Pustaka Definisi daftar pustaka menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) adalah daftar yang mencantmkan judul buku. tetapi sebaiknya "hanya" dijadikan data. majalah. baik terdapat dalam buku.ulasan/daftar-pustaka.    Pengutipan tidak langsung (parafrase)  tidak menggunakan tanda kutip [mengutip dengan menggunakan bahasanya sendiri]. penerbit dsb yang ditempatkan pada bagian akhir suatu karangan atau bku dan disusun berdasarkan abjad.Pengutipan gunakan tanda kutip ["]   secara langsung  Kutipan pendek (kurang dari dua baris) Kutipan panjang (lebih dari tiga baris) "Membiarkan anak-anak menggunakan bahasa tanpa bimbingan yang baik di sekolah akan menimbulkan kekacauan pemakaian bahasa. surat kabar atau media elektronika seperti TV. Di dalam bahasa Indonesia terdapat 2 jenis kutipan : 1. Pengutipan dari internet dapat dilakukan hanya jika terpaksa.

Kutipan yang panjangnya kurang dari 4 baris dimasukan kedalam text     Diketik seperti ketikan text Diawali dan diakhiri dengan tanda petik ( ‘ ) Sumber rujukan ditulis langsung sebelum atau sesudah text kutipan Rujukan ditulis antara tanda kurung. Tahun:Halaman). Kutipan tidak langsung Kutipan tidak lansung adalah kutipan yang tidak sama persis dengan aslinya. dapat dinyatakan dengan menuliskan symbol (sic!) langsung setelah kesalahan tersebut Kutipan langsung ditampilkan untuk mengemukakan konsep atau informasi sebagai data. 2. titik-titik sebanyak tiga menandai penghilangan kata. Titik-titik sepanjang satu baris menandai penghilangan sebuah kalimat. tanda koma. tahun terbitan. misalnya: (garis bawah oleh pengutip) Apabila penulis menganggap bahwa ada satu kesalahan dalam kutipan. pada bagian itu diberi titik sebanyak tiga buah Bila pengutip ingin menghilangkan satu kalimat atau lebih. maka pada bagian yang dihilangkan tersebut diganti dengan titik-titik sepanjang satu baris Apabila pengutip ingin memberi penjelasan atau menggarisbawahi bagian yang dianggap penting. dimulai dengan nama akhir sebagaimana tercantum dalam daftar pustaka. titik dua. dan (sic!) menandai adanya kesalahan dalam kalimat Contoh kutipan langsung Anderson and Clancy (1991:12) memberi pengertian biaya adalah sebagai berikut: “Cost is an exchange price. spasi dan diakhiri dengan nomor halaman (Penulis. Keterangan tersebut berada diantara tanda kurung. pengutip harus memberikan keterangan. Pengutip hanya mengambil pokok pikiran dari sumber yang dikutip untuk dinyatakan kembali dengan kalimat yang disusun oleh pengutip. Dalam pendapat tersebut Anderson dan Clancy menyatakan bahwa biaya adalah nilai tukar atau suatu pengorbanan untuk mendapatkan sesuatu keuntungan. or a sacrifice made obtain a benefit”. Adapun cara peraturan dalam pembuatannya adalah sebagai berikut . Kutipan yang terdiri dari 4 baris atau lebih        Diketik satu spasi Dimulai tujuh ketukan dari batas tepi kiri Sumber rujukan ditulis langsung sebelum text kutipan Apabila pengutip memandang perlu untuk menghilangkan beberapa bagian kalimat.

( Sumber : http://blog. rujukan ditulis di antara tanda kurung. Peraturan Pemerintah . nama akhir sebagaimana tercantum dalam daftar pustaka masuk ke dalam teks.     Kalimat-kalimat yang mengandung kutipan ide tersebut ditulis dengan spasi rangkap sebagaimana teks biasa Semua kutipan harus dirujuk Sumber sumber rujukan dapat ditulis sebelum atau sesudah kalimat-kalimat yang mengandung kutipan Apabila ditulis sebelum teks kutipan. Gelar kesarjanaan penulis tidak perlu dicantumkan dalam daftar pustaka 3. or a sacrifice made obtain a benefit”. Internet. Yang Terlarang http://www. dimulai dengan nama akhir sebagaimana tercantum dalam daftar pustaka. nama marga/keluarganya ditulis terlebih dahulu. diikuti dengan tahun terbitan diantara tanda kurung Apabila ditulis sesudah teks kutipan.sdmlink. Karya Tulis serta Surat Kabar / Koran. Perundangundangan.2004. Baris pertama diketik mulai ketukan pertama sedangkan baris kedua dan seterusnya diketik mulai ketukan ke-7 5.html ) Ada beberapa komponen dalam Teknik Penulisan Daftar Pustaka yaitu :       Nama penulis dan nama keluarga (jika ada) Ditempatkannya didepan nama kecil Tahun Penerbitan Judul Buku Tempat Penerbitan Nama Penerbit Adapun beberapa ketentuan serta aturan cara Penulisan Daftar Pustaka yang baik dan benar yaitu : 1.atmasetya. buku.com/page/artikel/?act/detil/aid/42 dalam Berkarier. Makalah. dan diakhiri dengan tahun terbitan kutipan tidak langsung Contoh Anderson and Clancy (1991:12) Dalam pendapat tersebut Anderson dan Clancy menyatakan bahwa biaya adalah nilai tukar atau suatu pengorbanan untuk mendapatkan sesuatu keuntungan atau “Cost is an exchange price. . titik dua. diawali dengan penulisan nama akhir / belakang kecuali nama Cina. sedangkan untuk penulis yang tidak menggunakan nama marga / keluarga . Jarak antara sumber satu dengan sumber berikutnya dua spasi Sedangkan untuk Cara Penulisan Daftar Pustaka dan teknik Penulisan Daftar Pustaka dibedakan berdasarkan sumbernya yaitu sumber dari Jurnal . Bagi penulis yang menggunakan marga/keluarga . 2. jadi tidak dibuat garis bawah yang bersambung sepanjang judul 4. Jarak antara baris satu dengan baris berikutnya satu spasi 6. Berikut ini merupakan Beberapa Contoh Penulisan yang baik dan benar dari berbagai sumber : Contoh Penulisan Daftar Pustaka dari Internet : Hatta M. Judul buku dicetak miring atau digarisbawahi pada setiap kata.com/yang-dimaksud-dengan-kutipan.

. Cara lain yang dapat digunakan adalah mengintegrasikan nama penulis ke dalam kalimat dan diikuti oleh tahun publikasi.Buku ditulis satu Orang Christensen R... Concept..2006. New Delhi : Prentice Hall of India Private Ltd. Behaviour and Practice. Jika anda membaca sebuah tulisan menarik dan anda ingin mencantumkannya ke dalam tulisan anda. Maka anda bisa merubah kalimat tersebut menjadi: Smith (2000) dalam studi terbarunya menuliskan bahwa.. et al 1981.. Melakukan kutipan tidak langsung (indirect quotation) Hal ini yang sangat dianjurkan untuk digunakan. maka sebaiknya Anda rubah kalimat asli penulis ke dalam bahasa Anda sendiri yang mudah dimengerti oleh pembaca Anda. A. Berbagai cara melakukan kutipan: .Buku ditulis dua Orang Newman WH and E. Teori tersebut pertama kali diperkenalkan oleh Einstein (Gibbs. (Penulis. 2000). peletak dasar gerakan keperawatan modern adalah Florence Nightingale.. Dan jangan lupa untuk mencantumkan nama penulis diikuti tahun penerbitan...Buku ditulis lebih dari dua orang Ghiselli E.. San Francisco : WH. atau . dalam tanda kurung: Contoh: Penulis (Tahun) ..1977. Contoh: Jika tulisan asli penulis adalah: Florence Nightingale adalah peletak dasar munculnya gerakan keperawatan modern (Smith. . Freeman and Company Bagaimana seharusnya melakukan kutipan? Kutipan dapat diletakkan dibagian akhir sebuah kalimat yang diletakkan dalam tanda kurung sebelum tanda titik: Contoh: .Turning A Great Idea into A Business Reality.Contoh Daftar Pustaka dari Buku : . Measurement Theory for The Behavioral Sciences... Gibbs (1981) mengemukakan bahwa Einstein adalah ahli pertama yang memperkenalkan teori relativitas... Ini akan membuat Anda ”lebih aman” dari tuduhan plagiarisme atau pembajakan hasil karya orang lain. New York : Amacom ... The Process of Management.. 2006). Tahun).... 1. Roadmap to Strategic HR ... Kirby Warren.

Yang berarti ‟dan kawan-kawan‟: Contoh: Brown et al. Contoh: ”Program Studi Ilmu Keperawatan pertama kali dibuka pada tahun 1985 di Universitas Indonesia”(Penulis. Tahun).. 2003). b. 9). 2000). p. c.. 9. atau (Brown et al. Oleh Litteaur (2004b) buku ini kemudian direvisi atau mengalami perubahan secara signifikan terutama pada bagian karakter Sanguin. 2002) akan tetapi dalam perkembangan selanjutnya ditolak dengan beberapa alasan mendasar (Kalla. 2001. maksimal anda hanya boleh melakukannya tidak lebih dari 5 kali kutipan.Disebutkan dalam sebuah studi keperawatan terbaru (Smith. J. atau ”Indonesia adalah salah satu negara yang berhasil menjalankan program keluarga berencana” (Hudson & Bolton. 2004). Jika satu penulis memiliki lebih dari satu karya tulis ditahun yang berbeda-beda: Susun kutipan menurut tahun dipublikasikan (terlama ke terbaru): Contoh: (Smith. 2004c) melengkapi jumlah tulisan tentang jenis-jenis karakter individu. 1997. maka gunakan hanya nama penulis pertama diikuti et al. 2004b. Jika penulis mempublikasikan lebih dari satu karya tulis pada tahun yang sama Tambahkan huruf a. d setelah tahun publikasi. Tidak lama berselang. tahun publikasi serta nomor halaman harus dicantumkan. 8.) 7. Nama belakang penulis. Contoh: Litteaur (2004a. 10. 2006) atau Kalla dan Riyadi (2006) mengemukakan sebuah teori tentang. (Catatan: Nama penulis ditulis lengkap maksimal tiga orang penulis saja. Jika lebih dari tiga orang penulis. .. Jika penulis lebih dari satu orang: Contoh: (Kalla & Riyadi. (2004) mengkritik hasil penelitian sebelumnya. B. Jika penulis lebih dari tiga orang: Gunakan nama penulis pertama diikuti et al. gerakan keperawatan modern pertama kali diperkenalkan oleh Florence Nightingale.. terjadi lagi revisi pada buku ketiga Litteaur (2004c) yang menambahkan kelemahan dari karakter Melankolik. 2002).. Untuk penulisan ilmiah. Kalimat yang dikutip sama persis diberi tanda satu kutip (”) pada bagian awal dan akhir kutipan. Jika ada dua penulis yang memiliki nama belakang sama dan tahun publikasi yang sama: Gunakan inisial nama pertama mereka untuk menunjukkan penulis yang berbeda: Contoh: Teori ini pertama kali dikembangkan di abad ini (Kalla. Atau Karakter individu dijelaskan Litteaur (2004a) dalam bukunya yang berjudul Personality Plus. 2. Melakukan kutipan langsung (direct quotation) Kutipan langsung adalah anda mengcopy-paste (maksimum 40 kata saja!!!) apa yang ditulis oleh penulis asli yang anda rasa sangat penting dimasukkan ke dalam tulisan Anda. 2002.

Melakukan kutipan dari sumber kedua (secondary source) Jika anda ingin mengutip sebuah ide dari seorang penulis. Contoh: (Smith. dikutip dalam Smith 2005. yang ternyata juga mengutip ide tersebut dari penulis lain. Mengutip dari berita disurat kabar (media cetak) Jika tidak ada nama penulis.... maka ada baiknya anda mencari artikel dari penulis asli. Namun hal ini sangat tidak dianjurkan!!!!.. Maka inilah yang disebut sumber sekunder. Judulnya harus ditulis dalam huruf miring. 1975. 15. 7 Maret 2008. Jika tidak ada nama penulis maupun nama organisasi yang bertanggungjawab Jika nama penulis tidak dapat diidentifikasi maka digunakan „Anon‟ atau „Anonymous‟ beserta judul dan tahun publikasi. cantumkan nama Surat Kabarnya.d) menunjukkan bahwa. Melakukan kutipan dari tabel maupun diagram Ketika mengutip data dari diagram atau tabel. Jika tahun penerbitan tidak dicantumkan (no date) Contoh: Sebuah penelitian tentang biokimia molekuler oleh Bradford (n. Jika sumber data adalah bukan milik si penulis. tahun dan halaman untuk mempermudah pembaca mengklarifikasi data anda. atau mengkopi keseluruhan isi table maupun diagram.d. 2005. Jika Anda tidak dapat menemukan siapa yang bertanggungjawab mengeluarkan informasi tersebut. tahun publikasi beserta nomor halamannya: Contoh: (Jawa Pos.33) 16. p. dikutip dalam Bassett. ada baiknya Anda tidak menggunakannya sebagai bahan referensi. Namun. 14) berpendapat bahwa. p. Referensi dalam bentuk konteks kalimat. Jika penulis juga sekaligus penerbit Contoh: Kemajemukan suatu bangsa bisa menjadi pemecah belah persatuan jika pemerintah tidak mampu mengelola perbedaan tersebut (Universitas Hasanuddin.33).8) .. 12. Contoh: Marketing strategy (Anon 1999). Contoh: (Smith.. harus mencantumkan nama penulis. sedangkan Basset adalah penulis kedua yang mengutip pernyataan Smith). maka anda boleh menggunakan sumber kedua yang mengutip pernyataan tersebut. 2006). atau: Penelitian yang dilakukan oleh Smith (dikutip dalam Basset. 14.11. 2007) menemukan bahwa. jika anda tidak bisa menemukan artikel asli... atau Kurosaki (n. 13. maka itu berubah menjadi sumber sekunder dan harus mengikuti kaidah berikut: (United Nations. p. Diusahakan untuk mencari tahu nama penulis atau organsisasi yang bertanggung jawab jika anda ingin menggunakan sumber referensi untuk mendukung tulisan anda. 2007) (Catatan: Smith adalah penulis asli. maka referensi harus tetap dibuat. p.

Mengutip sumber dari CD-ROM Cantumkan Judul Lengkap beserta tahun publikasi: Contoh: (Microsoft Encarta. Contoh: (Ananta. maka informasi yang harus dicantumkan adalah nama penulis atau nama organisasi yang bertanggung jawab untuk website tersebut dan tahun dibuat/direvisi dari dokumen tersebut.unhas. Mengutip film. ketiga dan seterusnya cukup menuliskan singkatannya saja). tetapi dokumen dari internet jarang memiliki nomor halaman. 18. maka cantumkan URL website resmi : Contoh: (http://www. 2007) kutipan berikutnya (Catatan: Singkatan sebuah organisasi harus dicantumkan kepanjangannya secara lengkap pada kutipan pertama.org. Oleh karena itu. 2007). atau: (Kick Andy. maka kutip seperti halnya mengutip sebuah buku: (Manggabarani.ac. 2007) kutipan pertama (WHO. Mengutip dokumen dari sebuah website In text citatation idealnya memiliki nomor halaman. 17.Jika ada nama penulisnya.depkominfo. 2008). Jika nama penulis tidak ada. namun untuk kutipan kedua. 2001). 2005).id) 19. atau (World Health Organization. cantumkan Judul Program dan tahun dirilis: Contoh: (Suster Apung. program televisi ataupun radio Jika tidak terdapat nama penulis/penyiar.id) atau: (www. 2001) .

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful