You are on page 1of 7

GARIS-GARIS BESAR HALUAN KERJA HIMPUNAN MAHASISWA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN SEJARAH IKIP PGRI WATES BAB

I PENDAHULUAN Pasal 1 Pengertian Garis-garis Besar Haluan Kerja (GBHK) Dewan Perwakilan Mahasiswa IKIP PGRI Wates adalah pedoman umum operasional Dewan Perwakilan Mahasiswa IKIP PGRI Wates dalam rangka pengembangan fungsi organisasi dan arah kerja yang terwujud dalam program-program kerja secara menyeluruh, searah dan terpadu serta berkesinambungan guna mencapai tujuan Dewan Perwakilan Mahasiswa IKIP PGRI Wates. Pasal 2 Landasan Mahasiswa IKIP PGRI Wates sebagai bagian dari sumber daya manusia yang berfungsi sebagai fungsi pengubah, fungsi kontrol sosial dan pelaksana untuk mewujudkan kampus yang berwawasan, maka diperlukan wadah, arahan dan strategi organisasi berupa Garis-garis Besar Haluan Kerja yang selanjutnya dijabarkan dalam bentuk program kerja masing-masing bidang. Pasal 3 Maksud dan Tujuan Maksud : Sebagai pedoman dalam penentuan dan program kerja yang di susun dan disepakati bersama dalam periode masa kepengurusan Dewan Perwakilan Mahasiswa IKIP PGRI Wates. Tujuan : Agar Dewan Perwakilan Mahasiswa IKIP PGRI Wates dapat menyususn dan melaksanakan program kerja sesuai dengan pedoman yang ada dalam Garis-garis Besar Haluan Kerja Dewan Perwakilan Mahasiswa IKIP PGRI Wates. BAB II VISI DAN MISI Pasal 4

Faktor Penghambat a. Faktor Pendukung a. Sumber dana yang tetap dari Lembaga yang berasal dari ploting dana SMPT IKIP PGRI Wates. Sarana dan prasarana yang kurang memadai dalam menunjang aktifitas pengurus dan anggota. d. . Kemampuan anggota untuk berinteraksi. BAB III STRATEGI UMUM Pasal 5 Pemotretan Kondisi Internal: 1. Potensi sumber daya manusia yang beragam dan berkualitas b. Kecenderungan sikap anggota dan pengurus yang kurang bermasyarakat f. c. Belum efektifnya sistem komunikasi dalam organisasi d. Faktor Pendukung a. Eksternal 1. : Menjalin rasa kekeluargaan antar sesama mahasiswa IKIP PGRI Wates. Kualitas mahasiswa IKIP PGRI Wates yang cukup besar dan potensial. b. Belum berjalannya fungsi mekanisme organisasi dengan baik c. serta melaksanakan kegiatan akademik yang menunjang mahasiswa berfikir kreatif. Hubungan yang baik dengan birokrat. 2. Pengelolaan sumber daya manusia yang belum maksimal e. Keragaman pemahaman orientasi keorganisasian di kampus b. Tersedianya sarana dan prassarana yang dapat mendukung kegiatan. inovatif dan kritis.Visi Misi : Sebagai wadah aspirasi bagi mahasiswa IKIP PGRI Wates.

Pengkaderan 2. Pelayanan Umum 3. Belum terjalinnya komunikasi yang baik antar Mahasiswa IKIP PGRI Wates c. mengembangkan. Kesulitan pemakaian fasilitas kampus. Tujuan melaksanakan program di Bidang pengawasan organisasi kemahasiswaan. Sasaran 3. Pengawasan 4. Faktor Penghambat a. Pasal 6 Berdasarkan analisa kondisi. 2. Alternatif Kegiatan a. Study banding d. Diskusi akademik b. Kurangnya kesadaran mahasiswa untuk aktif dalam kegiatan DPM IKIP PGRI Wates d. 2. maka DPM IKIP PGRI Wates melaksanakan strategi umum yaitu. Seminar c. Sarasehan Pasal 8 : : Seluruh mahasiswa IKIP PGRI Wates. Arah mahasiswa dan lembaga yang berkaitan dengan pengembangan yang ada di IKIP PGRI Wates. dan . Mengoptimalkan penggunaan fasilitas.c. Adanya sinergitas dengan fakultas. BAB IV ARAHAN PROGRAM KERJA DEWAN PERWAKILAN MAHASISWA IKIP PGRI WATES Pasal 7 Program dan Kegiatan 1. Prediksi kebijakan kampus dengan berkurangnya dana kemahasiswaan b. 1. : Mencapai hubungan yang baik antara : Merencanakan. 4.

b. 3. Bersama wakil ketua menentukan kebijakan dan arahan umum hasil pelaksanaan rapat kerja. Koordinator umum terhadap semua bidang yang ada. Mengawasi dan mengarahkan gerak organisasi termasuk optimalisasi sumber daya yang ada. Bersama ketua ikut memberikan masukan-masukan dalam rangka menetapkan kebijakankebijakan dan arahan umum terhadap hasil rapat. Mengkoordinasi aktivitas ekstern dan intern DPM IKIP PGRI Wates. Penanggungjawab atas jalannya roda organisasi DPM IKIP PGRI Wates. Menggantikan posisi ketua atas persetujuan ketua. 2. f. e. Sekretaris . d. Ketua a. Bersama wakil ketua dan semua komisi bertanggungjawab melaporkan seeluruh kegiatan yang telah dilakukan kepada Wakil Rektor III IKIP PGRI Wates.Ketua Komisi Kelembagaan Komisi WAREK III Keorganisasian Komisi Pertanggung jawaban Sekretaris Bendahara wakil ketua Struktur Organisasi Himpunan PGRI Wates Mahasiswa Program Studi Pendidikan Sejarah IKIP Deskripsi Komponen: 1. Wakil Ketua a. Membantu tugas Ketua DPM IKIP PGRI Wates b. c. c.

Kelembagaan Menjalin hubungan antara lembaga dan mahasiswa. Melaksanakan semua kegiatan yang sudah direncanakan b. e. Melakukan inovasi kegiatan c. b. c. Menyampaikan pertimbangan-pertimbangan organisasi kepada ketua mengenai kebijakankebijakan yang akan diambil dengan dasar laporan dari bidang di bawahnya berupa informasi dan data. 1. Melaporkan seluruh hasil pengelolaan keuangan kepada ketua. sehingga kegiatan incidental tersebut dapat berlangsung baik tanpa terlalu membebani komisi-komisi yang lain dalam DPM IKIP PGRI Wates. yang dibentuk secara insidental melalui surat keputusan. yaitu: . Komisi a. b. c. Merekapitulasi aset DPM IKIP PGRI Wates b. Pertanggung jawaban Menerima dan mengoreksi LPJ kegiatan OKPT. Bersama Komisi dibawahnya menentukan kebijakan yang terkait dengan administrasi dan kesekretariatan guna lancarnya organisasi. 4. Menyusun dan membuat laporan terhadap perkembangan keuangan DPM IKIP PGRI Wates. 5. Menyusun dan menetapkan tata keuangan DPM IKIP PGRI Wates.a. Koordinator a. Mengkoordinasikan seluruh perputaran keuangan DPM IKIP PGRI Wates. Keorganisasian Mengontrol jalannya kegiatan OKPT. Bendahara a. Bertanggungjawab terhadap ketua tentang kegiatan-kegiatan yang dilakukan. d. 6. BAB V STRUKTUR KEPANITIAAN Pasal 13 Bentuk Kepanitiaan Panitia pelaksana kegiatan DPM adalah kepanitiaan yang berdiri sendiri. Kelengkapan Kegiatan kepanitiaan memiliki kelengkapan.

. Unsur Koordinator Bendahara Seksi Wakil Ketua Pelaksana (bila perlu) : dapat disesuaikan dengan pelaksanaan (Sekretaris. ddl) Pelaksanaan : Koordinator Seksi Seksi-seksi 2. Bagan Struktur Kepanitiaan Kegiatan 3. misalnya: e. Diskusi akademik f. Unsur Staff c.Koordinator Sekretaris Ketua Koordinator Wakil Ketua Seksi Seksi a. Seminar g. Unsur Pimpinan : Ketua Pelaksana b. Penggunaan Bentuk kepanitiaan digunakan untuk kegiatan-kegiatan. bendahara. Sarasehan dll. Study banding h.

Ditetapkan di Pada tanggal Pukul : : : PresidiumI Presidium II Sekretaris .