You are on page 1of 5

Alat Pengangkat (Crane

)

Alat pengangkat yang biasa digunakan dalam proyrk konstriksi adalah crane. Alat ini pada umumnya digunakan untuk mengangkat atau memeindahkan material dari tempat asal ke tempat yang lebih tinggi atau lebih rendah. a. Crane beroda crawle Tipe ini mempunyai bagian atas yang dapat bergerak 3600 dapat bergerak dalm lokasi proyek saat melakukan pekerjaannya.

b. Truck Crane Crane ini dapat berpindah tempat dari satu proyek ke proyek lainnya tanpa bantuan dari alat pengangkut. Akan tetapi beberapa bagian daro crane tetap harus dibongkar untuk mempermudahkan memindahan. N Truck Crane untuk lokasi terbatas Crane ini diletakkan di atas 2 buah as tempat ke 2 as ban dapat bergerak secara simultan. N Truck Crane untuk segala jenis lokasi.

c. Tower crane Tower crane merupakan alat merupakan alat yang digunakan secara vertical dan horizontal ke suatu tempat tinggi pada ruang gerak yang terbatas. N Free standing crane ( crane yang berdiri bebas) Crane ini berdiri diatas pondasi yang khusus dipersiapkan untuk alat tersebut. N Rail mounted crane ( crane diatas rel) Crane jenis ini digerakkan dengan menggunakan motor penggerak. Jika kemiringan tidak melebihi 1/2000 maka motor penggerak tidak mampu menggerakkan crane.

Crane beroda crawle Truck Crane untuk segala jenis lokasi. jika diperlukan crane dengan ketinggian lebih dari 100m maka crane harus ditambatkan atau dijangkar pada struktur bangunan. N Climbing crane (crane panjat) Crane ini diletakkan didalam struktur bangunan yaitu pada core atau inti bangunan. Crane bergerak naik bersamaan dengan struktur naik.N Tied in tower crane (crane yang ditambatkan pada bangunan) Crane ini mampu berdiri bebas pada ketinggian kurang dari 100m. Gambar Tower crane Gambar Free standing crane .

Jib merupakan tiang horizontal yang panjangnya ditentukan berdasarkan jangkauan yang diinginkan. Tie ropes adalah kawat yang berfungsi untuk menahan jib supaya tetap dalam kondisi lurus 900 terhadap tiang utama.Gambar Rail mounted crane Gambar Tied in tower crane Gambar Climbing crane Bagian Crane Bagian crane adalah mast atau tiang utama. trolley. counterweight. Kait dapat bergerak secara horizontal untuk mengangkat material. Trolley merupakan alat yang bergerak sepenjang jib yang digunakan untuk memindahkan material secara horizontal dan pada trolley dipasangkan hook atau kait. Pada counter ib dipasangkan counterweight sebagai penyeimbang. jib dan counter jib. dan tie ropes. Counter jib adalah tiang penyeimbang. . Mast merupakna tiang vertical yang berdiri diatas base atau dasar.

Ketinggian maksumum alat c. dimensi. Ketinggian struktur bangunan yang dikerjakan. Luas area yang harus dijangkau alat g. Kapasitas luar yang harus diperhatikan dalam menentukan kapasitas alat adalah sebagai berikut: a. Perakitan alat di proyek d. Berat alat yang harus ditahan oleh strukturnya e. Bentuk struktur bangunan c. Ruang yang tersedia untuk alat. Kapasitas Tower Crane jika material yang diangkut oleh crane melebihi kapasitasnya maka akan terjungkir balik. Untuk mesin beroda crawler adalah 75% dari kapasitas alat b. Kekuatan angin terhadap alat b. Kecepatan alat untuk memindahkan material. Untuk mesin yang memiliki kaki adalah 85% dari kapasitas alat. berat material yang diangkut sebaiknya sebagai berikut: a. Kemudahan operasional baik pada saat pemasangan maupun pada saat pembongkaran d. f. Oleh karena itu. Berat. Ayunan beban pada saat dipindahkan . Situasi proyek b. Sedangkam pemilihan kapasitas tower crane sebaiknya didasarkan atas pertimbangan berikut: a.Kriteria Pemilihan Tower Crane pemilihan jenis tower crane yang akan dipakai harus mempertimbangkan: a. Untuk mesin beroda ban karet adalah 85% dari kapasitas alat c. dan daya jangkau pada beban terberat b.

c.Sc. Contoh perhitungan: Tentukan ukuran minimum crane dan panjang boom minimum yang diperlukan untuk mengangkat beban seberat 80. Dengan menggunakan gambar 9.000 lb dari dari truck pada permukaan tanah pada suatu tempat 76 ft di atas permukaan tanah.7 pada buku Alat Berat Untuk Proyek Konstruksi karangan Ir. Pengereman mesin dalam peegerakannya.Sc. M. maka jenis alat yang digunakan adalah M250 S2 (300 ton) . M. Pada saat menghitung beban sebaiknya ditambah 5%. Susy Fatena Rostiyanti.6 pada buku Alat Berat Untuk Proyek Konstruksi karangan Ir. jarak horizontal minimum dari pusat rotasi adalah 40 ft Penyelesaian: Dengan menggunakan gambar 9. maka dapat dilihat panjang boom yang digunakan adalah 120 ft karena panjang vertical keseluruhan adalah 76 ft + 42 ft = 118 ft dan jarak horizontal adalah 40 ft. Kecepatan pemindahan material d. Jarak vertical dari bagian bawah beban ke boom adalah 40 ft. Kapasitas pengangkatan material oleh crane ditentukan berdasarkan tabeltabel dan gambar. Susy Fatena Rostiyanti.