You are on page 1of 7

ALAT GALI (EXCAVATOR) Excavator merupakan salah satu alat berat yang digunakan untuk memindahkan material.

Tujuannya adalah untuk membantu dalam melakukan pekerjaan yang sulit agar menjadi lebih ringan dan dapat mempercepat waktu pengerjaan sehingga dapat menghemat waktu. Excavator adalah alat yang bekerjanya berputar bagian atasnya pada sumbu vertikal di antara sistem roda-rodanya, sehingga excavator yang beroda ban (truck mounted), pada kedudukan arah kerja attachment tidak searah dengan sumbu memanjang sistem roda-roda, sering terjadi proyeksi pusat berat alat yang dimuati berada di luar pusat berat dari sistem kendaraan, sehingga dapat menyebabkan alat berat terguling. Untuk mengurangi kemungkinan terguling ini diberikan alat yang disebut out-triggers. Excavator digunakan untuk pekerjaan-pekerjaan seperti : • Excavating (menggali) • Loading (memuat material) • Lifting (mengangkat beban) • Hammering (menghancurkan batuan) • Drilling (mengebor), dan lain sebagainya Pemilihan alat tergantung dari kemampuan alat tersebut pada suatu kondisi lapangan tertentu. Perbedaan alat setiap alat gali adalah benda yang dipasang dibagian depan, akan tetapi semua alat tersebut mempunyai kesamaan pada alat penggerak yaitu roda ban atau crawler. Alat beroda crawler umumnya dipilih jika alat tersebut akan digunakan pada permukaan kasar atau kurang padat. Selain itu juga karena alat tersebut didalam pengoprasiaannya tidak perlu melakukan banyak gerak. Bucket yang berbeda akan berpengaruh terhadap komponen-komponen yang lainnya, terutama tingkat pembebanan yang berbeda. Sehingga desain pada excavator dapat berubah menyesuaikan jenis dan bentuk dari bucket. Excavator yang biasa digunakan dalam konstruksi adalah backhoe, clamshell, power shovel, dan dragline

Ada dua factor pengali untuk ketinggian penggalian dan pengaruh sudut putaran yang harus diperhitungkan dalam menentukan produktivitas frint shovel. Front shovel Front shovel digunakan untuk menggali material yang letaknya di atas permukaan tempet alat tersebut berada. Yang dimaksudkan alat gali hidrolis adalah alat yang bekerja karena tekanan hidrolis pada mesin didalam pengoprasiaannya. Sebaliknya front shovel bekerja bekerja dengan cara menggerakkan bucket kearah atas dan menjauhi badan alat. Oleh sebab itu ada foktor koreksi dalam menentukan factor kapasitas bucket. Gambar front shovel . Kapasitas bucket front shovel tergantung dari jenis material. sedangkan front shovel bekerja dengan cara menggali material di permukaan alat tersebut berada. Alat ini mempunyai kemampuan untuk menggali material yang keras. 1. backhoe bekerja dengan cara menggerakkan bucket kea rah bawah dan kemudian menariknya menuju badan alat. Backhoe bekerja dengan car menggali material yang berada dibawah permukaan tempat alat tersebut berada .Alat Penggali Hidrolis Power shovel dan backhoe yang termasuk dalam alat gali hidrolis memiliki bucket yang dipasangkan didepannya. Alat penggeraknya adalah traktor dengan roda ban atau crawler .

ketinggian penggalian. Maka produktivitas sebenarnya : 600 x 1.1 . Faktor yang mempengaruhi siklus kerja front shovel adalah kapasitas muat bucket. Kondisi pekerjaan.015. Produktivitas front shovel contoh perhitungan: Front shovel dengan kapasitas 3 m3 mempunyai ketinggian maksimum penggalian 10 m. Bila sudut putaran bertambah maka waktu siklus akan bertambah. Berapa produktivitas alat jika waktu siklus . b. alat ini digunakan untuk permuatan tanah. gerakan bucket dengan muatan. karena situasi lapangan tidak memungkinan maka sudut putaran alat hanya alat adalah 18 detik? Ketinggian optimum untuk alat dan material adalah: 40% x 10 m=4 m Dari table 7.Faktor-faktor yang harus dipertimbangkan dalam dalam memilih front shovel sebagai alat gali yaitu: a. .BFF adalah 80-110% .2) adalah 1.25= 125% Koreksi untuk ketinggian dan putaran (tabel 7. sudut pitaran. dan lain-lain.015 = 609m3/jam. Biaya yang harus dikeluarkan untuk mengangkut front shovel ke lokasi proyek. pembongkaran muatan dan gerakan bucket kosong. ambil nilai 100%produktivitas ideal untuk setiap jam : (60menit –jam : (18 detik / 60 derik-menit)) x 3m3 x 1 =600m3/jam Persen ketinggian optimum. Tinggi permukaan yang akan dikerjakan adalah 5 m. besar alat angkut. 5m :4m= 1. Sedangkan produktivitas front shovel tergantung pada jenis material. Sudut putaran merupakan sudut boom yang berputar untuk melakukan pemuatan material dan pembongkaran muatan.

1) untuk kerikil adalah 90-100%. Rata-rata kedalaman penggalian adalah 6 m dengan maksimum kedalaman penggalian adalah 7 m. Berapa produktivitas alat jika efisiensi adalah 50 menit/jam? Penyelsaian: Berdasarkan buku “Alat Berat Untuk Proyek Konstruksi karangan Ir.3) adalah 0. Contoh perhitungan produktivitas: Backhoe digunakan untuk melakukan penggalian kerikil. CT adalah waktu siklus. gunakan 95% Waktu siklus (table 7.05 . Gambar Wheel Back Hoe Gambar Crawler Back Hoe Rumus yang dipakai untuk menghitung produktivitas bavkhoe adalah: Produktivitas = Produktivitas backhoe dihitung dalam m3/jam.2. stick. Backhoe Pengoprasian backhoe umumnya untuk penggalian saluran terowongan atau basement. Backhoe terdiri dari alat penggerak yang dapat berupa crawler atau ban.6 m3. dan bucket. sudut putar alat adalah 75º. M.375 menit Persentase kedalaman = 6 m/7 m = 0. S adalah factor koreksi untuk kedalam dan sudut putaran. BFF (table 7. Backhoe beroda ban biasanya digunakan untuk penggalian tetapi lebih sering digunakan untuk pekerjaan umum lainnya.Sc. boom.86 = 86% S = 1. Susy Fatena Rostiyanti. alat mempunyai kapasitas 1. Penentuan waktu siklus backhoe didasarkan pada pemilihan kapasitas bucket.

Dengan boom yang cukup panjang maka stabilitas dragline harus diperhitungkan. radius pengerakan dan jangkauan penggalian dragline lebih besar dibandingkan dengan alat gali lainnya pada ukuran bucket yang sama. ukuran bucket. kapasitas alat . Jangkauan penggalian dragline dapat diperluas dengan menambahkan panjang boom. Pada baguian ujung bucket dikaitkan kabel drag yang berfungsi untuk menarik bucket kearah dragline pada saat penggalian.Produktivitas backhoe : P= P = 179 m3 / jam 3. Akan tetapi pemenjangan boom dapat mengakibatkan pengurangan kekuatan alat. kedalaman penggalian. panjang boom. Gambar Dragline Drag Bucket dari Dragline Gambar Dragline Ketinggian timbunan hasil pembongkaran. Produktivitas dragline tergantung pada factor-faktor seperti jenis material. Dragline mengalami kesulitan dalam mengontrol pembongkaran muatan. sudut swing. Oleh karena itu sebaiknya alat pengangkut material yang dipakai untuk mengangkut material hasil penggalian dragline berukuran besar. Dragline Dragline merupakan alat gali yang dipakai untuk menggali material yang letaknya lebih tinggi dari permukaan tempat alat tersebut berada dengan jangkaun yang lebih jauh dari alat-alat gali lainnya. Umumnya dragline dioperasikan pada sudut boom 400.

Perhitungan produktivitas clamshell belum distandarisasi.8m dan sudut putaran boom adalah 90 . kerikil.8 : 3. Drag Bucket dari Clamshell Gambar Clamshell Gambar Clamshell . Bucket yang ringan umunnya digunakan untuk memindahkan material. Kedalaman penggalian adalah 2.99 Produktivitas alat= 139 x 0.pengangkut. Pada bucket ang berukuran berat umunya duipasangkan gigi yang membantu alat dalam menggali material.34 m3 digunakan untuk menggali lempung keras. Ukuran bucket pada chamshell bervariasi antara ringan sampai berat. sedangkan bucket yang berukuran besar digunakan untuk menggali. Clamshell Pada umumnya clamshell digunakan untuk penggalian tanah lepas seperti pasir. dan lain-lain. 4.675bcm/jam. Contoh perhitungan: Dragline dengan kapasitas 1. Jika efesiensi kerja adalah 50 menit berapa produktivitas alat tersebut? Penyelesaian: Kedalaman optimum penggalian (tabel 7.5) x 100%=80% Dari tabel 7.6 faktor penggali adalah 0. kondisi lapangan dan lain-lain.5 )adalah 3. Chamshell mengangkat material secara vertical. batuan pecah. Produktivitas alat dihitung pada kondisi tanah asli.99 x 50/60 =1114.5 m Persen kedalaman ptimumum: (2.

Diperkirakan untuk menggali pasir. efesiensi 50 menit/jam. Perkirakan produktivitas sebuah alat pemadatan jika kecepatan rata-rata alat adalah 8 km/jam.34 x x 1 x 55/60=14.dan jumlah pass adalah 8.4 lcm/ jam.34 m3 digunakan untuk menggali pasir. ketebalan pemadatan 15 cm. . Berapakah produktivitas alat tersebut? Prod= 1. Diperkirakan waktu siklus alat adalah 30 detik dengan efesiensi 55 menit/jam. Contoh perhitungan: Clamshell dengan kecepatan 1. lebar pemadatan 3 m.Oleh karena itu persamaan clamshell adalah sebagai berikut: Produktivitas= V x Pada umunya waktu siklus clamshell didapat dari hasil perkiraan berdasarkan pengalaman. Prod= 375ccm/jam.