NAMA : OCTAVIANA MARIA SIMBOLON NIM : 051131174

WORK PLAN PKP KOMUNITAS DI PROGRAM PUSKESMAS PROFESI 95
NO 1 AKTIFITAS Persiapan TUJUAN Membekali diri sebelum Membaca: berangkat PKP puskesmas Kefarmasian dan Alat Kesehatan NOMOR:HK.00.DJ.II.924 tentang Pedoman Pelayanan Kefarmasian di Puskesmas b. PP nomor : 51 tahun 2009 tentang pekerjaan kefarmasian c. UU nomor 5 tahun 1997 tentang Psikotropika d. UU nomor 35 tahun 2009 tentang Narkotik 2 Perkenalan Mengetahui dan a. Melihat dan mengamati a. Profession Judgment
1

PROSES

LEARNING OUTCOME a. Profession Judgment Profesionalism Development

KET

a. Keputusan Direktur Jendral Bina b. Continuous

System Management 2 memahami sejarah. Berkenalan kepada kepada Kepala Kepala puskesmas e. Berkenalan dengan Apoteker di apotek puskesmas g. System Management c. Melihat dan mengamati bentuk fisik puskesmas dan apotek c. Menanyakan visi misi apotek j. alasan . Melihat dan mengamati sarana prasarana yang ada di apotek puskesmas 3 Proses puskesmas pendirian Mengetahui dan a. Minta ijin puskesmas untuk bisa melakukan PKP f. Menanyakan visi misi puskesmas i. Profession Judgment berdirinya b. Melihat dan mengamati tata ruang apotek d. Berkenalan dengan seluruh karyawan puskesmas h. Berdiskusi tentang dengan sejarah preceptor a. CPD fisik dari puskesmas dan b.memahami apotek lingkungan/ lingkungan berdiri tempat puskesmas b.

System Management tentang jumlah petugas yang ada c. Profession Judgment preceptor b.serta tujuan berdirinya puskesmas dan apotek b. CPD 3 . mengamati dengan dan a. Melihat. System Management perbekalan kesehatan pengadaan sediaan farmasi tentang cara perencanaan sediaan c. Melihat. CPD preceptor pendirian preceptor pendirian puskesmas dengan alasan dengan tujuan tentang c. Berdiskusi c. Melihat dan tentang job discription petugas mengamati cara menjalin hubungan kerja antar profesi di puskesmas 5 Pengadaan farmasi sediaan Mengetahui dan memahami dan a. Berdiskusi puskesmas dan apotek tentang puskesmas dan apotek 4 Sistem sumber manusia pengelolaan Mengetahui daya memahami pengelolaan ada di puskesmas dan a. proses berdiskusi mengamati dengan dan a. CPD mengamati dengan dan preceptor berdiskusi puskesmas c. sistem SDM yang berdiskusi di puskesmas b. Profession Judgment preceptor b. Melihat.

mengamati dengan dan preceptor berdiskusi tentang cara perencanaan obat program di puskesmas c. Melihat. mengamati dengan cara permintaan dan preceptor obat berdiskusi tentang Surabaya program ke instalasi farmasi Kota 4 .dan perbekalan kesehatan di puskesmas farmasi dan perbekalan kesehatan di puskesmas b. Melihat. mengamati dengan dan preceptor berdiskusi tentang cara permintaan sediaan farmasi dan perbekalan kesehatan ke instalasi farmasi Kota Surabaya e. baik sediaan farmasi dan perbekalan kesehatan maupun obat program di puskesmas d. Melihat. mengamati dengan frekuensi dan preceptor berdiskusi tentang perencanaan dilakukan. Melihat.

f. mengamati dengan frekuensi dan preceptor berdiskusi tentang permintaan sediaan farmasi dan perbekalan kesehatan ke instalasi farmasi Kota Surabaya g. proses sediaan perbekalan berdiskusi tentang mengamati dengan prosedur dan a. Melihat. Melihat. Melihat. CPD sediaan farmasi dan perbekalan kesehatan dari instalasi farmasi kota Surabaya b. Asuransi) 6 Penerimaan sediaan Mengetahui farmasi dan memahami farmasi dan perbekalan kesehatan penerimaan dan a. Melihat. kesehatan di puskesmas mengamati dengan dan preceptor berdiskusi program tentang prosedur penerimaan obat 5 . System Management penerimaan c. Jamkesmas. mengamati dengan dan preceptor berdiskusi tentang sumber sediaan farmasi dan perbekalan kesehatan (misal: APBD. Profession Judgment preceptor b.

Melihat. berdiskusi tentang koordinasi mengamati dengan cara dengan mengatasi dan preceptor dan Dinas Kesehatan Kota Surabaya jika terjadi kebutuhan sediaan farmasi dan perbekalan kesehatan urgen di puskesmas 7 Penyimpanan Mengetahui dan a.c. System Management perbekalan kesehatan di gudang c. Profession Judgment proses sediaan perbekalan penyimpanan sediaan farmasi dan b. Melihat sediaan farmasi dan di kesehatan dan mengamati 6 . Melihat dan mengamati proses a. Melihat sediaan farmasi dan memahami perbekalan kesehatan penyimpanan farmasi dan kesehatan di puskesmas dan mengamati administrasi penyimpanan sediaan farmasi dan perbekalan kesehatan di puskesmas (misal: buku dan kartu stok) c. Melihat dan mengamati sistem penataan perbekalan puskesmas d. CPD puskesmas b.

CPD 7 . imunisasi. Profession Judgment proses sediaan perbekalan pendistribusian sediaan farmasi b. (apotek. System Management dan perbekalan kesehatan dari c. puskesmas pembantu.penyimpanan sediaan psikotropika dan narkotika e. Melihat dan mengamati khusus penyimpanan (misal : vaksin) 8 Pendistribusian Mengetahui sediaan dan a. Profession Judgment proses penerimaan resep dari dokter b. Melihat dan mengamati proses a. CPD gudang ke pelayanan (apotek. puskesmas pembantu. bagian imunisasi. BP. dsb) b. Melihat sediaan farmasi dan memahami perbekalan kesehatan pendistribusian farmasi dan kesehatan di puskesmas dan mengamati pendistribusian administrasi kesehatan pelayanan bagian dari sediaan farmasi dan perbekalan gudang BP. Melihat dan mengamati proses c. Melihat dan mengamati proses a. ke KIA. KIA. System Management pelayanan resep di apotek b. dsb) 9 Pelayanan dokter resep Mengetahui memahami dan a.

Melihat dan mengamati pemastian bahwa kepada obat diserahkan atau benar pasien keluarga c. Melihat dan mengamati pemberian a.puskesmas penyiapan obat atas resep dokter c. Melihat dan mengamati proses penyerahan obat ke pasien c. Melihat dan mengamati pemberian 8 memahami cara pemberian informasi kepada pasien c. CPD . System Management (etiket) sebelum obat diserahkan b. CPD penyerahan obat ke pasien pasien yangbersangkutan 11 Pemberian informasi Mengetahui dan a. Melihat dan mengamati pemastian a. Profession Judgment proses kebenaran obat dan pelabelan b. System Management atau keluarganya b. Profession Judgment informasi praktis kepada pasien b. Melihat dan mengamati porses penyiapan obat dengan status khusus (misal: Askes) 10 Penyerahan obat ke Mengetahui pasien memahami dan a. Melihat dan mengamati pemberian informasi tentang aturan penggunaan obat c.

Pharmacetical care dengan c. Melihat dan mengamati pemberian informasi penggunaan obat secara 12 Proses care plan Mengetahui pembuatan terapi efektif care khusus (misal: suppositoria) proses a. Melihat dan mengamati pemberian informasi tentang cara mengurangi bahkan menghilangkan efek samping yang mungkin terjadi saat mengkonsumsi obat atau interaksi obat dengan obat lain atau makanan e. Melihat dan mengamati plan aman. CPD cara (rencana asuhan) sehingga berjalan dan pembuatan patient medical record mengamati plan pembuatan care dengan dapat b. Melihat kesehatan meningkatkan serta kualitas hidup pasien pembuatan monitoring pasien dan tindak lanjut/ aktualisasi setelah 9 . Profession Judgment tanggung b.informasi tentang efek samping yang obat mungkin dengan terjadi lain saat atau mengkonsumsi obat atau interaksi obat makanan d. mengimplementasikan jawab terapi dan obat cara a.

Profession Judgment prosedur laporan dari menghitungan barang keluar untuk b. System Management resep setiap hari dan mengamati cara merekap pengeluaran harian c. Melihat dan mengamati pelaporan pengobatan obat rasional h. Melihat dan mengamati pelaporan penggunaan sediaan narkotika dan psikotropika f.obat diserahkan (misal: MESO) c. Melihat dan mengamati pelaporan penggunaan obat generic g. Melihat dan mengamati pelaporan obat program 10 c. Melihat Kesehatan Kota Surabaya . Melihat dan mengamati cara monitoring untuk pasien dengan pengobatan khusus (misal: TB) 13 Pelaporan Mengetahui memahami pembuatan puskesmas ke dan a. Melihat dan mengamati proses a. CPD Dinas b. Melihat dan mengamati format laporan LP-LPO d. Melihat dan mengamati pengisian LP-LPO e.

berdiskusi tentang arsip f. Melihat dan dan mengamati mengamati resep cara a. Melihat dan BP. Melihat.dll mengamati pengarsipan pelaporan e. Melihat prosedur b. Melihat. berdiskusi Kota dan mengamati mengamati dengan form dan preceptor proses berita acara pemusnahan arsip mengamati dengan prosedur dan preceptor pemusnahan narkotika pengarsipan di puskesmas tentang peran Dinas Kesehatan Surabaya dalam 11 . cara pengarsipan permintaan obat dari puskesmas cara pembantu. CPD pemusnahan arsip mengarsipkan resep pengarsipan psiotropika c. Melihat g. System Management cara c.14 Pengarsipan dan Mengetahui memahami dan a. Melihat ruang d. Profession Judgment b. dan mengamati KIA.

pemusnahan perbekalan sediaan kesehatan. narkotika dan psikotropika sediaan narkotika dan psikotropika di puskesmas c. kesehatan. Public Health 12 sediaan kesehatan. System Management pemusnahan c. Profession Judgment preceptor b. di puskesmas dan a. dan psikotropika . Melihat. Melihat. berdiskusi Kota mengamati dengan dan preceptor proses farmasi. prosedur sediaan perbekalan sediaan berdiskusi tentang sediaan mengamati dengan prosedur farmasi. dan a. Melihat. narkotika psikotropika perbekalan memahami sediaan pemusnahan dan farmasi. sediaan narkotika dan psikotropika di puskesmas b. mengamati form berita acara farmasi. Melihat dan mengamati kegiatan a. CPD perbekalan kesehatan. kesehatan.pemusnahan arsip 15 Pemusnahan sediaan Mengetahui farmasi. sediaan di tentang peran Dinas Kesehatan Surabaya dalam pemusnahan perbekalan narkotika puskesmas 16 Pengabdian kepada Mengetahui hal yang bisa a.

CPD dan tanggap melakukan upaya kefarmasian untuk peningkatan perlindungan pada kesehatan masyarakat. usia kegiatan kepada peningkatan perlindungan kesehatan kepada masyarakat upaya kefarmasian usia untuk harapan dan b. Melihat dan mengamati pemberian informasi kefarmasian langsung kepada dilakukan posyandu. masyarakat di atau di yang kegiatan puskesmas. Melihat dan mengamati kegiatan pencegahan penyakit dan upaya memperpanjang hidup masyarakat yang dilakukan dalam rangka dan farmasi pengabdian mengamati dengan kepada pencegahan penyakit dan memperpanjang harapan melakukan pengabdian masyarakat hidup. Melihat dan mengamati kegiatan pengabdian kepada masyarakat d. serta c. Melihat keterkaitan rangka masyarakat e.masyarakat dilakukan untuk peduli upaya kefarmasian dan untuk b. program lain di puskesmas dalam masyarakat yang lain 13 .

Berdiskusi dengan preceptor cara mengimplementasikan hasil rapat koordinasi pengetahuan dan pengembangan dilakukan yang Dinas Kesehatan Kota Surabaya untuk meningkatkan kemampuan diri di bidang pelayanan 14 .17 Pengembangan diri Memahami dan mampu a. Berdiskusi dengan preceptor cara Continuous Professionalism Development mengembangkan profesionalisme diri menghadapi suatu masalah kefarmasian yang terjadi mengikuti rapat koordinasi dan pengembangan pengetahuan yang dilakukan Dinas Kesehatan Kota Surabaya d. Melihat dan mengamati proses pengembangan kemampuan diri di bidang pelayanan kefarmasian di puskesmas c. Melihat dan berdiskusi dengan belajar berkelanjutan preceptor cara mengurangi ketidak mampuan di puskesmas b.

kefarmasian di puskesmas 15 .

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful