RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

IKATAN KIMIA
Nama Sekolah Mata Pelajaran Kelas/Semester : SMA Negeri 1 Palembang : Kimia : Kelas X/ Semester I

Materi Pembelajaran : Ikatan Ion dan Ikatan Kovalen Alokasi Waktu I. : 2 x 45 menit

Standar Kompetensi : 1. Memahami struktur atom, sifat-sifat periodik unsur, dan ikatan kimia

II. Kompetensi Dasar : 1.2 Membandingkan proses pembentukan ikatan ion, ikatan kovalen, ikatan koordinasi, dan ikatan logam serta hubungannya dengan sifat fisika senyawa yang terbentuk III. Indikator 1. Menjelaskan proses terbentuknya ikatan Ion 2. Memberikan contoh senyawa-senyawa Ionik 3. Menjelaskan proses terbentuknya ikatan kovalen 4. Memberikan contoh senyawa-senyawa 5. Membedakan senyawa-senyawa ionik dan kovalen

IV. Tujuan 1. Secara mandiri peserta didik dapat mendeskripsikan proses terbentuknya ikatan ion 2. Secara mandiri peserta didik dapat memberikan beberapa contoh senyawa-senyawa ionik dengan mengerjakan soal LP 1 3. Secara mandiri peserta didik dapat mendeskripsikan proses terbentuknya ikatan kovalen 4. Secara mandiri peserta didik dapat memberikan beberapa contoh senyawa-senyawa kovalen dengan mengerjakan LP 1 5. Secara mandiri siswa dapat membedakan senyawa-senyawa ionik dan kovalen dengan mengerjakan LP 2

V. Materi / Pokok Bahasan 1. Pembentukan ikatan ion

mengecek kehadiran. Rumus kimia senyawa ion 3. Metode Pembelajaran  Ceramah  Diskusi  Tanya jawab VII. Rumus struktur dan struktur lewis senyawa kovalen 6. Rumus kimia senyawa kovalen biner 5. kebersihan dan kerapihan kelas Alokasi waktu 15 menit Apersepsi 1. Pendahuluan Kegiatan  Membuka pelajaran dengan berdoa. Pembentukan ikatan kovalen 4. Bagaimanakah hal itu terjadi? Motivasi 1. Memperlihatkan kepada siswa tentang senyawa-senyawa yang ada di sekitar kehidupan sehari-hari serta menerangkan bahwa setelah mempelajari Bab ini. Ikatan kovalen rangkap dan rangkap tiga 7. Ikatan kovalen koordinat VI. Proses Belajar Mengajar 1. mengapa partikel air berupa molekul sedangkan partikel garam berupa ion .2. siswa dapat memahami mengapa dan bagaimana atom-atom membentuk ikatan. Selain itu kamu juga akan memahami berbagai macam sifat zat. misalnya. Mengulas kembali dan menguji pengetahuan siswa dengan bertanya: pada pelajaran sebelumnya kamu sudah mengetahui bahwa atom-atom dapat bergabung membentuk molekul atau ion.

Konfirmasi 1.2. Memberikan soal-soal belajar yang berhubungan dengan ikatan ion dan ikatan kovalen 2. Elaborasi 1. Membimbing siswa untuk aktif dalam diskusi kelas dengan cara memberikan kesempatan kepada setiap siswa untuk memberikan respon atau tanggapan dalam diskusi tersebut. Setiap kelompok diminta mempresentasikan pekerjaannya kepada kelompok lain dan di tanggapi oleh kelompok lain. dan ikatan kovalen koordinat. ikatan kovalen rangkap. Setiap kelompok terdiri dari 3 siswa. Membimbing siswa berdiskusi atas rumusan masalah yang telah diberikan tersebut dengan cara memberikan kesempatan pada setiap kelompok untuk bertanya tentang permasalahan yang belum dapat dipecahkan dalam diskusi kepada guru. Alokasi waktu 65 menit 2. Hal ini agar siswa dapat aktif dalam berdiskusi dan memudahkan guru untuk menilai keaktifannya. 3. Inti Kegiatan Eksplorasi 1. 2. Guru memberikan respon kepada jawaban yang benar dan memperbaiki jawaban-jawaban yang salah serta memberikan tambahan terhadap materi yang dibahas untuk menambah pemahaman siswa. dan ikatan kovalen koordinat yang terjadi pada suatu senyawa. 3. Menyajikan informasi berupa penjelasan-penjelasan tentang pembentukan ikatan ion. Menunjukkan bebagai proses pembentukan ikatan ion. Membagi siswa dalam kelompok-kelompok dan memberikan permasalahan masing-masing untuk di diskusikan dalam kelompok mengenai bagaimana proses pembentukan senyawa ionik maupun kovalen. ikatan kovalen. . ikatan kovalen rangkap. ikatan kovalen.

Media 1. Keaktifan dalam diskusi dan tanya jawab b. Ikut berpartisipasi dalam menyimpulkan hasil pembelajaran B. Power point 2. Menuliskan contoh-contoh senyawa ionik dan kovalen c. Sumber Buku kimia SMA kelas X penerbit Erlangga karangan Michael Purba b. Bentuk Instrumen Tes tertulis . Tugas individu 2. Sumber Belajar dan Media a. Kuis 3. Papan tulis dan spidol Alokasi waktu 15 menit IX. Evaluasi 1. Memberikan pertanyaan kepada siswa mengenai pelajaran yang telah dipelajari hari ini. Membedakan ikatan ionik dan kovalen Afektif a. Menutup pelajaran dengan membimbing siswa untuk membuat rangkuman dan kesimpulan dari apa yang telah dipelajari hari ini. Menjelaskan proses terbentuknya ikatan ion dan kovalen b. VIII. Tindak lanjut 1. Penutup Kegiatan Simpulan 1. Penilaian A.3. Memberikan tugas kepada sisiwa tentang apa yang telah dipelajari hari ini serta memberi siswa tugas untuk mencari informasi tentang materi yang akan di bahas pada pertemuan berikutnya. Ulangan C. Aspek yang dinilai Kognitif : a. Jenis tagihan 1.

Magnesium + klorin d. Nitrogen + hidrogen 3.LP 1 1. CaCl2 d. Jelaskan yang dimaksud dengan : a. H2O . natrium + oksigen b. NaCl b. ikatan ion b. klorin + oksigen c. Manakah diantara senyawa berikut yang membentuk ikatan ion ? a. Manakah diantara senyawa-senyawa berikut yang membentuk ikatan ion dan ikatan kovalen ? a. NH3 c. ikatan kovalen 2.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful