Personality Development

Disusun sebagai salah satu syarat untuk memenuhi tugas mata kuliah Personality Development

ANALISIS JURNAL
Hubungan Antara Kecerdasan Emosional (EQ) dengan Kinerja Perawat pada Rumah Sakit Umum Pusat Fatmawati Jakarta-Selatan

Disusun Oleh : Ima Hadya Mulky 220110120158

UNIVERSITAS PADJADJARAN
FAKULTAS ILMU KEPERAWATAN
Jalan Raya Bandung Sumedang km. 21, Jatinangor, Sumedang 40132, Jawa Barat.

tentunya banyak sekali pihak yang telah membantu penulis. Tentunya. yang telah memberikan fasilitas untuk menyusun dan menyelesaikan tugas ini. Tugas ini disusun dan diajukan sebagai salah satu syarat untuk memenuhi tugas mata kuliah Personality Development. 3. penulis ingin menyampaikan terimakasih diantaranya kepada: 1. Untuk itu. 4. M. Adapun tema jurnalnya ialah “Psikologi” dengan judul jurnal “Hubungan Antara Kecerdasan Emosional (EQ) dengan Kinerja Perawat pada Rumah Sakit Umum Pusat Fatmawati Jakarta-Selatan”. tugas ini dapat memberikan manfaat yang baik pada teman-teman. khususnya pada penulis sendiri. Ibu Nur Oktavia Hidayati.Kata Pengantar Puji syukur penulis panjatkan kehadirat Allah SWT yang telah memberikan kemudahan dan kelancaran pada penulis dalam penyusunan tugas analisis jurnal ini. Keluarga. Teman-teman Angkatan 2012 yang saling memotivasi dan bekerjasama untuk menyelesaikan tugas ini. Bandung.Kep selaku dosen mata kuliah Personality Development yang telah memberikan dan menyampaikan materi penjelasan mengenai tugas ini. Penulis sangat mengaharapkan kritik dan saran yang membangun untuk tugas ini. 2. Untuk itu penulis memohon maaf atas segala kekurangan yang terdapat dalam karya tulis ini. sehingga tugas ini dapat selesai dengan tepat waktu. Dalam penyusunan tugas ini. tugas ini masih jauh dari kesempurnaan. 4 Desember 2012 Penulis . Penulis berharap. Dan berbagai pihak yang tidak dapat penulis sebutkan satu persatu.

JURNAL HUBUNGAN ANTARA KECERDASAN EMOSIONAL (EQ) DENGAN KINERJA PERAWAT PADA RUMAH SAKIT UMUM PUSAT FATMAWATI JAKARTA-SELATAN Tentang penelitian yang bersangkutan. februari 2012 2. b. Berdasarkan tinjauan pustaka dari hasil penelitian sebelumnya maka diajukan hipotesis yaitu ada hubungan positif antara kecerdasan emosional dengan kinerja perawat pada Rumah . Manfaat penelitian a. Manfaat Teoritis Hasil penelitian ini diharapkan dapat memberikan masukan yang bermanfaat untuk perkembangan ilmu psikologi. Nama Penulis dan tahun : Meta Nurita D. psikologi industri dan organisasi tentang kinerja. 1. mampu mengendalikan emosi yang mempengaruhi keharmonisan dengan lingkungan dan dapat menentukan keberhasilan diri sendiri sehingga dapat meningkatkan kinerja yang lebih baik serta berharap penelitian ini dapat bermanfaat bagi peneliti lain yang ingin lebih mengembangkan mengenai pembahasan penelitian ini. Tujuan yang hendak dicapai dari penelitian yang bersangkutan: Tujuan penelitian ini dilakukan untuk mengetahui gambaran mengenai kinerja perawat. 4. Hipotesis yang ada. Manfaat Praktis Hasil penelitian ini diharapkan dapat memberikan informasi serta gambaran kepada perawat mengenai pentingnya mengenali emosi diri sendiri dan orang lain. Di samping itu penelitian ini juga bertujuan untuk mengetahui hubungan antara kecerdasan emosional (EQ) dengan kinerja perawat pada RSUP Fatmawati Jakarta-Selatan. 3. dan biopsikologi tentang perawat. khususnya psikologi sosial tentang kecerdasan emosional (EQ).S .

membina hubungan dengan orang lain. maka kinerja yang mereka tampilkan juga cenderung rendah. Metodologi 1. semakin rendah kecerdasan emosional perawat. Teknik Analisis Data Pengolahan data dalam jurnal Hubungan Antara Kecerdasan Emosional (Eq) dengan Kinerja Perawat pada Rumah Sakit Umum Pusat Fatmawati Jakarta-Selatan ialah dengan melakukan analisis deskriptif dan korelasional. Identifikasi Variabel Penelitian Variabel yang digunakan dalam jurnal Hubungan Antara Kecerdasan Emosional (Eq) dengan Kinerja Perawat pada Rumah Sakit Umum Pusat Fatmawati Jakarta-Selatan ialah: a. mengelola emosi. Sebaliknya. item . Variabel Terikat atau Kriterium : Kinerja Perawat 2. mengenali emosi orang lain. Variabel Bebas atau Prediktor : Kecerdasan Emosional b. Skala Kecerdasan Emosional Skala kecerdasan emosional disusun berdasarkan komponen kecerdasan emosi yaitu mengenali emosi diri. memotivasi diri. 3. Teknik Pengumpulan Data Untuk mengumpulkan data yang diperlukan dalam jurnal Hubungan Antara Kecerdasan Emosional (Eq) dengan Kinerja Perawat pada Rumah Sakit Umum Pusat Fatmawati JakartaSelatan digunakan kuesioner berbentuk skala Likert yaitu Skala Kinerja Perawat dan Skala Kecerdasan Emosional.Sakit Umum Pusat Fatmawati Jakarta-Selatan. a. Skala ini disusun berdasarkan skala Likert. maka hal ini akan berdampak pada kinerjanya yang tinggi. Semakin tinggi kecerdasan emosional perawat.

agak tidak sesuai (ATS). Skala ini disusun berdasarkan skala Likert dengan menggunakan kategori respon tingkat kesesuaian yang mempunyai variasi jawaban sebagai berikut :     sangat baik baik cukup kurang 4. agak sesuai (AS). Skala Kinerja Perawat Skala kinerja perawat disusun berdasarkan Formulir Penilaian Kinerja Perawat RSUP Fatmawati yang terdiri dari kemampuan pprofessional. tidak sesuai (TS). sesuai (S). sikap atau perilaku. disiplin kerja. dengan menggunakan kategori respon tingkat kesesuaian yang mempunyai variasi jawaban sebagai berikut :       sangat sesuai (SS). Data penelitian Data pada penelitian jurnal Hubungan Antara Kecerdasan Emosional (Eq) dengan Kinerja Perawat pada Rumah Sakit Umum Pusat Fatmawati Jakarta-Selatan diperoleh . dan kemampuan managerial. Sampel Penelitian Sampel dalam penelitian jurnal Hubungan Antara Kecerdasan Emosional (Eq) dengan Kinerja Perawat pada Rumah Sakit Umum Pusat Fatmawati Jakarta-Selatan ialah terdiri atas 85 perawat yang bekerja di Rumah Sakit Umum Pusat Fatmawati Jakarta-Selatan 5. b.terdiri atas pernyataan yang bersifat favourable dan unfavourable. sangat tidak sesuai (STS).

38) dibandingkan pada pria (R=178.77) dan subjek 31-40 tahun (R=194. Hasil perhitungan deskripsi subjek penelitian berdasarkan jenis kelamin diketahui rata-rata kecerdasan emosional lebih tinggi pada subjek wanita (R=197. maka semakin tinggi pula tingkat kinerja perawatnya. peneliti meminta bantuan kepada staff Rumah Sakit yang sudah diberi penjelasan bagaimana cara untuk mengisi angket tersebut. 6.berdasarkan kuesioner yang diberikan kepada perawat dilingkungan rumah sakit fatmawati jakarta selatan. 7. peneliti menyebarkan sebanyak 85 angket semua kembali dan terisi dengan lengkap.87).046 (p<0. Hal tersebut dikarenakan bila usia subjek lebih tua akan mempengaruhi pula perkembangan kecerdasan emosionalnya.12). Hasil perhitungan deskripsi subjek penelitian berdasarkan usia diketahui rata-rata kecerdasan emosional lebih tinggi pada subjek berusia 41-50 tahun (R=198.76%.229 dengan taraf signifikasi sebesar 0.41% dan 77 subjek wanita dengan persentase 90. Untuk pengambilan data penelitian. Tahapan Penelitian Proses pengambilan data penelitian berlangsung pada tanggal 01 – 15 September 2011 bertempat di daerah Jakarta Selatan. dengan nilai koefisien korelasi menghasilkan nilai r sebesar 0.59%. sedangkan pada subjek usia 21-30 tahun (R=195.82% dan 8 subjek berusia 41-50 tahun dengan persentase 9.41%. maka semakin tinggi tingkat kecerdasan emosional yang dimiliki subjek. Hal ini menunjukkan bahwa terdapat korelasi positif yang signifikan antara kecerdasan emosional dengan kinerja perawat pada Rumah Sakit Umum Pusat Fatmawati Jakarta-Selatan. Subjek dalam penelitian ini terdiri dari 44 subjek berusia 21-30 tahun dengan persentase 51. Hasil analisis setelah dilakukan uji product moment diketahui bahwa hipotesis diterima.51). Subjek dalam penelitian ini terdiri dari 8 subjek pria dengan persentase 9. Pembahasan Penelitian Penelitian ini bertujuan untuk menguji hipotesis : “terdapat hubungan positif yang signifikan antara kecerdasan emosional dengan kinerja perawat pada Rumah Sakit Umum Pusat Fatmawati Jakarta-Selatan”. Hal ini sesuai dengan hasil penelitian Fariselli. . 33 subjek berusia 31-40 tahun dengan persentase 38.05).

12. Hal ini berarti semakin tinggi tingkat kecerdasan emosional yang dimiliki subjek. Kesimpulan Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan positif yang signifikan antara kecerdasan emosional (EQ) dengan kinerja perawat pada Rumah Sakit Umum Pusat Fatmawati Jakarta. maka semakin tinggi pula tingkat kinerja perawatnya. Berdasarkan hasil perhitungan deskripsi subjek penelitian berdasarkan jenis kelamin diketahui rata-rata kecerdasan emosional lebih tinggi pada subjek wanita yaitu 197. dibandingkan pada subjek pria yaitu 178. Sebaliknya jika semakin rendah tingkat kecerdasan emosional yang dimiliki subjek maka akan semakin rendah pula tingkat kinerja perawatnya.38.8. Hasil perhitungan deskripsisubjek berdasarkan usia diketahui bahwa rata-rata kecerdasan emosional pada subjek usia 41-50 tahun lebih tinggi dibandingkan subjek usia 21-30 tahun dan 31-40 tahun yaitu sebesar 198. .87.Selatan.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful