Mengonsumsi Jajanan Sehat Di Kantin Sekolah Jajanan adalah makanan yang dibeli dan dikonsumsi dari luar rumah

,misalnya jajan di kantin sekolah. Jajanan sehat mengandung gizi seperti kalori, protein, dan Vitamin, meskipun kandungan kalori cenderung lebih banyak. Jajan tidak selalu merupakan kebiasaan yang buruk karena anak-anak sekolah mempunyai aktivitas yang tinggi sehingga memerlukan jajan di antara waktu makan pagi dan makan siang. Manfaat mengonsumsi jajanan sehat ? 1. Mengatasi lesu atau kurang bergairah selama anak berada di sekolah 2. Sebagai upaya pengenalan terhadap aneka ragam makanan Jenis jajanan sehat Lemper,singkong,klepon,gemblong,kroket,bakso,gado-gado,pisang goreng,dll. Mengapa kita harus jajan di kantin sekolah ? 1. Makanan dan minuman yang dijual cukup bergizi, terjamin kebersihannya,terbebas dari zatzat berbahaya dan terlindung dari serangga dan tikus. 2. Makanan yang bergizi akan meningkatkan kesehatan dan kecerdasan siswa sehingga siswa lebih berprestasi di sekolah 3. Penjaja makanan berpenampilan bersih dan sehat 4. Tersedia air bersih yang mengalir dan memakai sabun untuk mencuci tangan dan peralatan makanan 5. Tersedia tempat sampah yang tertutup dan saluran penbuangan air kotor 6. Adanya pengawasan terhadaap kantin sekolah secara teratur oleh guru,siswa,dan komite sekolah

Mengapa kita tidak boleh jajan sembarangan ? 1. Bila jajan sembarangan kita tidak dapat memastikan apakah jajanan tersebut bersih,bergizi,sehat dan aman 2. Jajanan yang tidak terjamin kebersihannya bisa saja sudah tercemar kuman sehingga menyebabkan penyakit diare atau pada makanan tersebut ada telur cacing yang menyebabkan penyakit cacingan 3. Jajan sembarang tidak aman karena kita tidak tahu apakah bahan makanan yang digunakan seperti zat pewarna,zat pengawet,bumbu penyedap.Oleh karena itu kita harus berhati-hati dengan jajanan yang berwarna mencolok.Zat alami seperti daun pandan,kunyit,bit,dsb biasanya menimbulkan warna pudar pada makanan sehingga jajanan terlihat kurang menarik.Penjaja makanan cenderung menggunakan zat pewarna kain kerena murah sedangkan zat pewarna yang aman bagi kesehatan biasanya mahal.Bahan makanan tambahan yang tidak aman dapat menjadi racun bagi tubuh.Reaksi yang ditimbulkan oleh keracunan makanan biasanya seperti diare,muntah,bahkan syok.

Ayo kita berolahraga secara rutin Tujuan olahraga secara rutin adalh 1. Agar tubuh kita selalu bugar 2. Kita menjadi semangat untuk belajar .

kanker mulut. Daya tahan tubuh terhadap penyakit lebuh baik 7. Perokok aktif adalah orang yang menghisap rokok secara rutin dengan jumlah yang paling kecil sekalipun misalnya merokok 1 batang dalam sehari atau merokok kerena sekedar cobacoba saja atau merokok hanya menghembus hembuskan asap rokok.kanker organ tubuh lainnya.pembuluh darah mengeras dan terjadinya penggumpalan darah.penyakit jantung dan pembuluh darah. Dapat menderita kanker paru-paru.dll 2.Nikotin menyebabkan perokok menjadi kecanduan. Lebih percaya diri 5. .batuk-batuk yang menahun ( kronik ).diabetes.katarak. Bentuk tubuh menjadi ideal dan proporsional 4. Lakukan pemanasan sebelum berolah raga 4. dan karbon monoksida 1.tar. Untuk pertumbuhan dan perkembangan fisik yang opyimal Manfaat olahraga secara rutin adalah 1. Karbon monoksida. Sementara perokok pasif adalah orang yang bukan perokok tetapi menghisap asap rokok orang lain atau berada dalam satu ruangan tertutup dengan orang yang sedang merokok 3. Apa yang dimaksud dengan perokok aktif dan pasif ? 1.dll Ikuti cara olahraga yang benar 1. dan organ tubuh yang penting menjadi kekurangan oksigen Apa saja bahaya merokok ? 1. Pakai sepatu olah raga yang sesuai dengan ukuran kaki 3. Selain dapat menyebabkan penyakit juga memberikan pengaruh pada pikiran.stroke. Tar merupakan bahan kimia beracun yang dapat mengakibatkan kerusakan sel paru-paru dan menyebabkan kanker terutama kanker paru-paru. Pilih olah raga yang sesuai arahan guru Bebaskan dirimu dari asap rokok dalam 1 batang rokok mengandung 4000 bahan kimia dan 43 senyawa tersebut terbukti menyebabkan kanker. Nikotin dapat merusak jantung dan aliran dalam darah terganggu seperti terjadinya penyempitan pembuluh darah.kanker.tekanan darah tinggi.kerusakan gigi.kelainan kehamilan.kemudian ketergantungan pada rokok tinggi. Pakai pakaian olah raga yang menyerap keringat 2.dan tingkah laku perokok menjadi ketagihan . Untuk memelihara kesehatan fisik dan mental agar tetap sehat dan tidak mudah sakit 4. 2. Berat badan gterkendali 2.denyut jantung meningkat. 3.jantung.osteoporosis.kehilangan pendengaran.kerusakan ginjal. merupakan gas beracun yang berakibat pada kurangnya kemampuan darah membawa oksigen sehingga mengakibatkan otak.perasaan. Lebih bertenaga dan bugar 6. Otot lebih lentur dan tulang lebih kuat 3. 2.3. Terhindar dari penyakit jantung.tulang mudah patah. Perokok pasif dapat menderita penyakit sama dengan yang diderita oleh perokok aktif dan bahkan lebih berbahaya dari perokok aktif karena tidak adanya kekebalan tubuh yang terbentuk dalam tubuh perokok pasif saat ravun asap rokok masuk ke dalam tubuh.Bahan utama rokok terdiri dari nikotin.

3. Membuang sampah pada tempatnya . Untuk menjaga lingkunagn agar selalu bersih.thypus.penyakit infeksi saluran pencernaan. Membersihkan lantai jamban dan menghindari terjadinya genangan air 2.agar jamban tidak tersumbat dan penuh dengan sampah 4. Apabila ada kerusakan segara diperbaiki .penyakit kulit dan keracunan. Bagaiman jamban yang sehat itu ? 1. 6. Jangan pernah mencoba untuk merokok Jangan mau terbujuk oleh rayuan untuk merokok Berani bilang tidak kalau ada yang menawari kita merokok Katakan tidak mau kalau ada yang mengajak merokok Tegur kalau ada yang merokok disekolah Katan tidak boleh kepada penjual rokok disekitar sekolah Pilih dan bergaulah dengan teman yang tidak merokok. Mengingatkan siswa danpenjaga sekolah untuk mengawasi dan memastikan jamban yang tersedia selalu dalam keadaan bersih Bagaimana cara memelihara jamban sekolah ? 1. Penerangan dan ventilasi cukup 8.Bagaimana supaya kita terhindar dari merokok ? 1. Menyiram hingga bersih setelah buang air kecil dan buang air besar 3. 4. Buang air kecil dan buang air besar di jamban sekolah Mengapa harus memakai jamban saat buang air kecil dan buang air besar ? 1.cacingan. Tidak mencemari sumber air minum ( jarak antara sumber air minum dengan lubang penampungan minimal 10 meter ) 2. Kotoran tidak dapat dijamah oleh serangga dan tikus 4.yaitu bila menggunakan jamban duduk jangan berjongkok karena kaki/alas kaki akan mengotori jamban. Tidak berbau 3. 7. Agar tidak mengundang datangnya lalat atau serangga yang dapat menjadi penular penyakit seperti diare. Supaya tidak mencemari sumber air yang ada di sekitarnya 3. Selalu tersedia alat pembersih ( sabun.disentri.sabun dan alat pembersih. Mudah dibersihkan dan aman digunakan 6. 5.dan tidak berbau 2.sehat. tidak ada serangga yang berkeliaran 3. Dilengkapi dinding dan atap pelindung 7. Tidak mencemari tanah sekitarnya 5. Membersihkan jamban secara teratur sehingga ruang jamban dalam keadaan bersih dan tidak ada kotoran di dalam jamban . Bagaimana cara menggunakan jamban dengan benar ? 1.sikat dan air bersih) 4. 2.kolera. Lantai kedap air dan luas ruangan memadai 9. Buang air kecil (BAK) dan buang air besar ( BAB) di jamban dengan benar. Tersedia air. 2.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful