SILABUS KIMIA XIIGENAP

SILABUS KIMIA BERDASARKAN KURIKULUM TINGKAT SATUAN PENDIDIKAN

Kelas Mata Pelajaran Semester Alokasi Waktu Standar Kompetensi : : : : : XII Kimia 2 (dua) Genap 34 jam (6 jam untuk UH) Memahami senyawa organik dan reaksinya, benzena dan turunannya, dan makromolekul Nilai Budaya dan Karakter Bangsa - Toleransi - Kerja keras - Demokratis - Rasa ingin tahu - Komunikatif - Tanggung jawab - Gemar membaca - Kreatif - Disiplin - Mandiri Penilaian Teknik Tugas individu, tugas kelompok, responsi, kuis, ulangan. Bentuk Performans (kinerja dan sikap), laporan tertulis, tes tertulis. Contoh Instrumen Tulislah struktur dan nama IUPAC semua isomer dari senyawa yang memiliki rumus molekul C5H12O! Waktu 10 jam Sumber: buku kimia, internet, molymood. Bahan: lembar kerja bahan dan alat untuk percobaan, LCD, komputer. Sumber Belajar

Kompetensi Dasar 4.1 Mendeskripsika n struktur, cara penulisan, tata nama, sifat, kegunaan, dan identifikasi senyawa karbon (halo alkana, alkanol, alkoksi alkana, alkanal, alkanon, asam alkanoat, dan alkil alkanoat). -

Materi Pokok Struktur dan tata nama senyawa karbon. Isomer. Sifat-sifat fisis dan sifat-sifat kimia senyawa karbon. Reaksi senyawa karbon. Kegunaan senyawa karbon.

Kegiatan Pembelajaran Melakukan percobaan identifikasi untuk mengidentifikasi gugus fungsi. -

Indikator Mengidentifikasi gugus fungsi senyawa karbon. Menuliskan struktur dan nama senyawa karbon berdasarkan gugus fungsinya.

-

-

-

Membedakan gugus fungsi dan memberi nama senyawa karbon melalui diskusi. Latihan memberi nama dari berbagai jenis senyawa. Membahas jenisjenis senyawa karbon melalui diskusi. Latihan menentukan terjadinya isomer dan memberikan nama senyawa yang terbentuk.

-

-

-

-

-

-

-

-

Menentukan isomerisomer senyawa karbon. Menjelaskan sifatsifat fisik senyawa karbon. Menjelaskan reaksi identifikasi gugus fungsi senyawa karbon. Menuliskan reaksi senyawa karbon: * Reaksi oksidasi. * Reaksi adisi. * Reaksi substitusi. * Reaksi eliminasi.

-

-

-

Menganalisis data titik didih dan titik leleh senyawa karbon untuk menjelaskan sifatsifat fisik melalui diskusi. Mengkaji reaksi senyawa karbon dalam diskusi kelas. Mencari informasi dari literatur dan media farmasi tentang kegunaan senyawa karbon secara individu.

-

Mendeskripsikan kegunaan senyawa karbon.

Kompetensi Dasar

Materi Pokok Struktur dan tata nama benzena dan turunannya. -

Kegiatan Pembelajaran Menentukan struktur dan nama senyawa benzena dan turunannya melalui diskusi. -

Indikator Menuliskan struktur dan nama senyawa benzena dan turunannya.

4.2

Mendeskripsikan struktur, cara penulisan, tata nama, sifat, dan kegunaan benzena dan turunannya.

Nilai Budaya dan Karakter Bangsa - Toleransi - Kerja keras Demokratis - Rasa ingin tahu Komunikatif - Tanggung jawab - Gemar membaca - Kreatif - Disiplin - Mandiri

Penilaian Teknik Tugas individu, kuis, ulangan. Bentuk Laporan tertulis, tes tertulis. Contoh Instrumen Gambarkan rumus bangun dan berilah nama untuk semua isomer benzena tersubstitusi dengan rumus molekul C6H3Br3! Waktu 6 jam Sumber Belajar Sumber: buku kimia, internet, molymood.

Reaksi benzena. Membahas reaksi substitusi atom H pada cincin benzena. Mendiskusikan pengertian ortho, meta, dan para. Mendeskripsikan sifat fisik dan sifat kimia benzena dan turunannya melalui diskusi. Melalui diskusi kelas mendeskripsikan kegunaan dan bahaya senyawa benzena dan turunannya dalam kehidupan seharihari.

Menjelaskan reaksi substitusi atom H pada cincin benzena.

Bahan: lembar kerja LCD, komputer.

-

-

Sifat-sifat fisik dan sifat kimia benzena dan turunannya. Kegunaan dan bahaya benzena dan turunannya.

-

-

-

-

Menjelaskan pengertian ortho, meta, dan para. Mendeskripsikan sifat fisik dan sifat kimia benzena dan turunannya. Mendeskripsikan kegunaan dan bahaya senyawa benzena dan turunannya dalam kehidupan seharihari seperti fenol, anilin, butil hidroksi toluen (BHT), butil hidroksi anisol (BHA), TNT, aspirin, dan zat warna (azo) dan lain-lain.

4.3

Mendiskripsikan struktur tata nama, penggolongan, sifat dan kegunaan makromolekul (polimer, karbohidrat, dan protein).

-

Polimer.

-

Mengamati dan menganalisis untuk mengidentifikasi jenis dan sifat polimer sintetik dan polimer alam dalam kerja kelompok.

-

Mengidentifikasi polimer alam dan polimer sintetik (karet, karbohidrat, protein, plastik).

-

Menjelaskan sifat fisik dan sifat kimia polimer. Menuliskan reaksi pembentukan polimer (adisi dan kondensasi) dari monomernya. Mendeskripsikan kegunaan polimer dan mewaspadai dampaknya terhadap lingkungan.

-

- Toleransi - Kerja keras Demokratis - Rasa ingin tahu Komunikatif - Tanggung jawab - Gemar membaca - Kreatif - Disiplin - Mandiri

Tugas individu, tugas kelompok, responsi, kuis, ulangan.

Performans (kinerja dan sikap), laporan tertulis, tes tertulis.

Sebutkan sifatsifat monosakarida!

2 jam

Sumber: buku kimia, internet, molymood. Bahan: lembar kerja LCD, komputer.

-

Yogyakarta,

Juli 2012

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful