You are on page 1of 7

Makalah Patofisiologi

Gangguan Muskuloskeletal (Gout)
4/26/2012 Kelompok 4

 Adis Anggulasi Waramatias  Ardiyansyah  Hilma Azmi  Muhamad Ilham Ramdani  Naila Fitriya  Rizkinuary Hidayah  Siti Maryam  Ningsih  Roseliana

Jika tidak mengalami kejadian lain. yang terjadi selama perjalanan penyakit lain (seperti obesitas. Pada gout sekunder. leher dan punggung. DEFINISI GOUT Gout juga disebut atritis gout. Akibat terapi obat. Jika berpindah tempat di persendian lain berarti itu adalah jenis rematik lain. anema sel sabit dan penyakit renal). merupakan penyakit metabolik yang ditandai oleh pengendapan senyawa urat di dalam sendi sehingga timbul peradangan sendi yang nyeri. kemungkinan hal itu adalah tanda-tanda asam urat. Pada gout primer dapat disebabkan oleh kelainan genetik pada metabolisme purin. yang menyebabkan produksi berlebihan asam urat (hiperurisemia). biasanya di sekitar persendian yang mengalami peradangan. bahu. retensi asam urat atau keduanya. 2. khususnya sesudah pemakaian hidroklorotiazid atau pirazinamid. penyebab dapat berupa:    Pemecahan asam nukleat yang menyebabkan hiperurisemia. yang menurunkan ekskresi urat (bentuk ion asam urat). pergelangan kaki dan kaki bagian tengah tetapi dapat mengenai setiap sendi. pinggang. Prognosis penyakit ini cukup baik jika ditangani. hipertensi.A. Penyakit gout memiliki perjalanan penyakit yang intermiten atau kambuhan dan pasien bisa bebas sepenuhnya dari gejala gout selama bertahun-tahun di antara saat-saat serangan. Nyeri atau sakit di bagian jari. misalnya jatuh atau keseleo atau suatu hal lain yang menyebabkan sakit di bagian-bagian tersebut. Rasa nyeri datang kembali jika memakan makanan berpurin. Rasa sakit tidak berpindah-pindah tempat. 4. C. dibetes mellitus. khususnya ibu jari kaki. 2. Terjadi pembengkakan di bagian sendi yang meradang dan umumnya berwarna merah. Eksresi asam urat yang berkurang dalam urin. . Penyakit ini terutama ditemukan pada kaki. lutut. B. PENYEBAB GOUT 1. 3. TANDA DAN GEJALA GOUT 1. bahu.

D. Hal ini dikarenakan asam urat yang berlebihan dalam tubuh menumpuk dalam persendian yang menyebabkan nyeri yang biasanya tidak tertahankan. Gejala asam urat pertama yang harus diwaspadai adalah munculnya nyeri yang hebat yang dirasakan penderita pada satu atau beberapa sendi. Radang Sendi Akibat Asam Urat (Gouty Arthritis) Komplikasi hiperurisemia yang paling dikenal adalah radang sendi (gout). Karena kristal-kristal asam urat dalam darah seperti jarum atau pisau. 8. Anda bisa bayangkan jika ini dipijat lalu diurut. KOMPLIKASI GOUT 1. Jika tersentuh. Hiperurisemia merupakan faktor resiko timbulnya gout. . Gejala asam urat yang harus anda waspadai antara lain adalah meningkatnya kadar purin dalam tubuh baik ang berasal dari makanan dan yang berasal dari metabolisme. Jika bagian yang sakit diurut atau dipijat. banyak pasien dengan hiperurisemia tidak mendapat serangan atritis gout. Oleh sebab itu jika ada rasa sakit dipersendian jangan langsung main pijat. Sekitar 60% pasien mengalami serangan akut kedua dalam tahun pertama. 7. 6.5. bagian yang bengkak ini akan terasa sangat sakit. Hanya sekitar 7% pasien yang tidak mengalami serangan akut kedua dalam 10 tahun. Gejala asam urat yang lain yang bisa terjadi akibat kristalisasi dalam persendian ini adalah rasa kesemutan yang sangat parah. Akan tetapi. 9. Telah ketahui bersama sifat kimia asam urat cenderung berkumpul di cairan sendi ataupun jaringan ikat longgar. biasanya akan memperparah rasa sakit. Pastikan dulu Anda tidak sedang terserang asam urat. Atritis gout akut dapat terjadi pada keadaan konsentrasi asam urat serum yang normal. sekitar 78% mengalami serangan kedua dalam 2 tahun. Kulit akan terasa panas dan terlihat mengkilat serta mengencang. Tofi Pada Kedua Tangan Serangan gout akut berikutnya biasanya makin bertambah sesuai dengan waktu. Gejala asam urat juga mudah dikenali dari peningkatan suhu di kulit yang terasa nyeri. dapat merobek saluran peredaran darah dan semakin memperparah keadaan.

5 mg setiap jam. Komplikasi dari tofi berupa nyeri. Tofi adalah benjolan dari kristal monosodium urat yang menumpuk di jaringan lunak tubuh. E. dan pada keadaan ini pemberian obat harus dihentikan. Penggunaan kolkisin setiap hari cenderung memperingan gout .5-2 mg per hari ternyata cukup efektif untuk mencegah serangan gout berikutnya secara sempurna atau mendekati sempurna. PENATALAKSANAAN GOUT 1. kerusakan dan kelainan bentuk jaringan lunak. Obat ini juga dapat digunakan sebagai sarana diagnosis. Gangguan ginjal akut gout biasanya sebagai hasil dari penghancuran yang berlebihan dari sel ganas saat kemoterapi tumor. muntah-muntah dan diare. sampai gejala-gejala serangan akut dapat dikurangi atau kalau ternyata ada bukti timbulnya efek samping gastrointestinal. Dosis maksimum adalah 4-8 rng. tergantung dari berat pasien bersangkutan. Kolkisin dengan dosis 0. pada suasana urin yang asam. Pengobatan serangan akut biasanya tablet 0. Kelarutan kristal asam urat meningkat pada suasana pH urin yang basa. Komplikasi Hiperurisemia pada Ginjal Tiga komplikasi hiperurisemia pada ginjal berupa batu ginjal. Sebaliknya. kerusakan sendi dan sindrom penekanan saraf. gangguan ginjal akut dan kronis akibat asam urat. kristal asam urat akan mengendap dan terbentuk batu. 2. Tofi merupakan komplikasi lambat dari hiperurisemia. Gout dapat merusak ginjal. Penatalaksanaan Pengobatan  Kolkisin adalah obat yang menghambat aktivitas fagositik leukosit sehingga memberikan perubahan yang dramatis dan cepat meredakan gejala-gejalanya. sehingga pembuangan asam urat akan bertambah buruk. Penumpukan jangka panjang dari kristal pada ginjal dapat menyebabkan gangguan ginjal kronik.Pada gout yang menahun dapat terjadi pembentuk tofi. Gejala-gejala pada sebagian besar pasien berkurang dalam waktu 10-24 jam sesudah pemberian obat. Beberapa pasien mengalami rasa mual yang hebat. Batu ginjal terjadi sekitar 10-25% pasien dengan gout primer. Penghambatan aliran urin yang terjadi akibat pengendapan asam urat pada duktus koledokus dan ureter dapat menyebabkan gagal ginjal akut.

ginjal. roti. roti manis dan otak.  Untuk membuang tofi yang besar. namun dianjurkan yang bersumber dari nabati. yaitu :  Pembatasan makanan tinggi purin hingga kira-kira hanya mengkonsumsi 100-150 mg purin perhari. terutama kalau tofi mengganggu gerakan sendi. artinya mereka dapat menghambat proses reabsorpsi urat oleh tubulus ginjal dan dengan dernikian meningkatkan ekskresi asam urat. . 2. Dosis 100400 mg per hari dapat menurunkan kadar asam urat serum. ubi) disarankan tidak kurang dari 100 g/hari.   Rendah protein yang bersumber hewani. Tetapi.berikutnya. Tinggi karbohidrat kompleks (nasi. dapat juga digunakan untuk mengobati artritis gout akut. singkong. Alopurinol dapat mengurangi pembentukan asam urat. suatu agen anti radang. Lemak yang dapat dikonsumsi sebaiknya 15 presen dari total kalori. baik dari nabati atau hewani.   Cukup kalori sesuai kebutuhan yang didasarkan pada tinggi badan dan berat badan individu. maka kolkisin digunakan sebagai terapi pencegahan. Jika seorang pasien menggunakan agen urikosurik yang memerlukan masukan cairan sekurang-kurangnya 1500mL/hari agar dapat meningkatkan ekresi asam urat. maka dilakukan pembedahan. Protein dapat meningkatkan produksi asam urat Rendah lemak. Lemak dapat menghambat ekskresi asam urat melalui urin. Penggunaan kolkisin jangka panjang tak memperlihatkan efek samping yang berat. karena fenilbutazon menimbulkan efek samping. Penatalaksanaan Diet Penderita gout mempunyai syarat-syarat diet. kalau memang serangan gout terjadi lagi. Pemeriksaan kadar asam urat serum berguna untuk menentukan etektivitas suatu terapi. Probenesid dan Sulfinpirazin merupakan agen urikosurik. Tinggi karbohidrat meningkatkan pengeluaran asam urat melalui urin.  Fenilbutazon. Semua produk aspirin harus dihindari karena menghambat kerja urikosurik obat-obat itu.  Terdapat tiga obat lain yang berguna untuk terapi penunjang atau terapi pencegahan. Di antara jenis makanan ini termasuk jerohan seperti hati.

Alkohol dapat meningkatkan asam laktat plasma yang akan menghambat pengeluaran asam urat GOUT Penyebab: 1. Primer 2.5 ltr atau sekitar 10 gelas sehari dapat berupa air putih masak. termasuk tape dan brem perlu dihindari juga. Tinggi cairan. sirop atau kopi. Usahakan dapat menghabiskan minuman sebanyak 2. teh. sekunder Nyeri bengkak  purin dalam tubuh Diurut tambah parah Sakit menetap Komplikasi Radang sendi akibat gout artritis Komplikasi Hiperurisemia pada ginjal Penatalaksanaa n pengobatan Penatalaksanaan diet . Tinggi cairan dapat membantu pengeluaran asan urat melalui urin  Tanpa alkohol.

DAFTAR PUSTAKA Carter A. Gout. Wilson Patofisiologi Konsep Klinis ProsesProses Penyakit. EGC . Michael 1995. Jakarta. Dalam price.