You are on page 1of 10

PREPLANNING PENYULUHAN KESEHATAN LINGKUNGAN MAHASISWA S1 KEPERAWATAN STIKBA JAMBI DI RT 01`KELURAHAN LEBAK BANDUNG KOTA JAMBI

OLEH: KELOMPOK 1

PROGRAM STUDI ILMU KEPERAWATAN SEKOLAH TINGGI ILMU KESEHATAN BAITURRAHIM

STIKBA JAMBI
TAHUN 2009 / 2010

Kebersihan merupakan cerminan dari individu.selesai : Mesjid Amanah : Kesehatan Lingkungan : Seluruh warga RT 01 A.PREPLANNING PENYULUHAN PENYAKIT CHIKUNGUNYA MAHASISWA S1 KEPERAWATAN STIKBA JAMBI DI RT 01 KELURAHAN LEBAK BANDUNG KOTA JAMBI Hari/Tanggal : 28 November 2009 Waktu Tempat Topik Sasaran : 16. Karena dengan terciptanya lingkungan yang sehat merupakan usaha bersama untuk mencegah berbagai sumber penyakit yang akan muncul di daerah RT 01. Lingkungan yang sehat merupakan wujud dari jiwa yang sehat.00 . nyaman dan terhindar dari penyakit. khususnya chikungunya Tujuan  Tujuan umum Setalah dilakukan penyuluhan kesehatan lingkungan diharapkan seluruh warga RT 01 dapat menjaga kesehatan lingkungan dengan cara membersihkan lingkungan setiap hari untuk mencegah penyakit chikungunya  Tujuan khusus Seluruh warga RT 01 mengetahui pengertian chikungunya Seluruh warga RT 01 mengetahui penyebab chikungunya Seluruh warga RT 01 mengetahui tanda dan gejala chikungunya . Latar Belakang Menjaga kebersihan lingkungan merupakan hal yang terpenting untuk menciptakan lingkungan yang sehat. Peran warga sangat mempengaruhi terciptanya kebersihan lingkungan dengan adanya kesadaran setiap individu bahwa kebersihan awal terciptanya kesehatan khususnya di RT 01 maka diharapkan kepada semua warga untuk turut serta dalam kegiatan kesehatan lingkungan.

Sasaran/Target Semua warga yang ada di RT 01 kel. Moderator Tugas: a. Kebak Bandung 3. Membuat kontrak waktu d. Waktu dan Tempat a. Presentator . Penanggung jawab Tugas: a. PELAKSANAAN KEGIATAN 1. Pengorganisasian : 1. Memimpin dan mengarahkan penyuluhan e. Mengkoordinasikan pertemuan : Andicha gustra jeki 2. Tempat : 30 November 2009 Pukul 16:00 Wib : Mushola Almanah di RT 01 c. Membuka acara : Hasyim Kadri b. 5. Bertanggung jawab terhadap berlangsungnya acara. Menjelaskan tujuan pertemuan c. Menutup acara : Nur’aini 3. Waktu b. persiapan. Metode Ceramah dan tanya jawab 4. Topik/Judul Kegiatan Kegiatan penyuluhan tentang chikungunya 2.Seluruh warga RT 01 mengetahui pencegahan chikungunya o Seluruh warga RT 01 dapat melakukan menjaga kebersihan lingkungan o Warga sadar akan pentingnya kebersihan lingkungan rumah o Warga termotivasi untuk menjaga kebersihan lingkungan setiap hari B. pelaksanaan sampai evaluasi dan pelaporan b. Media dan Alat Leaflet. sejak perencanaan pertemuan.

b. Observer: Siti aminah Nur masaria Tugas: a. Seksi Konsumsi Evid andriani Sri wahyuni Tugas: Menyediakan konsumsi untuk penyuluhan 8. pelaksanaan.Tugas: Menyajikan materi kepada audiens 4. Seksi Dokumentasi . Membuat laporan hasil penyuluhan 5. persiapan. Seksi Perlengkapan Maman faturahman Maryah - Tugas: Menyediakan perlengkapan untuk penyuluhan 7. Mengamati proses pelaksanaan dari awal sampai akhir c. Fasilitator: Puspa yulianda Sri yulianti Tugas: Memfasilitasi peserta untuk berperan aktif selama jalannya kegiatan/penyuluhan 6. evaluasi dan pelaporan. Bertanggung jawab untuk mendokumentasikan seluruh kegiatan mulai dari perencanaan.

- Resti yulinanda Tugas: Memdokumentasikan setiap moment dalam penyuluhan 6. Setting Tempat ☺ ♣ ◙ ☻ ☺ ☺ ☼ ○ ○ ○ ○ ○ ○ ○ ○ ♫ ○ ○ ○ ○ ○ ○ ○ ○ ♫ ♫ ○ ○ ○ ○ ○ ○ ○ ○ ○ ○ ○ ▲ Keterangan: ☺ ☼ ○ ♫ ♣ ◙ ☻ : Tokoh Masyarakat : Penanggung Jawab : Masyarakat : Fasilitator : Presenter : Ketua : Moderator ○ ○ ○ ♫ ○ ○ a. Susunan Acara Tahap Kegiatan dan Waktu Pendahuluan (5 menit) Kegiatan Penyuluhan Moderator: Mengucapkan salam Memperkenalkan diri Membuat waktu Menjelaskan tujuan Menjawab salam Mendengarkan Menyetujui kontrak waktu Mendengarkan memperhatikan dan Kegiatan Audiens kontrak - .

Memberi reinforcement positif atas pendapat auidiens. kesehatan ciri-ciri Memperhatikan mendengar. . dan dampak lingkungan lngkungan yang kurang baik. dan Mendengarkan memperhatikan. kesehatan lingkungan. tentang kesehatan masalah Mengemukakan pendapat. kesehatan lingkungan. Memotivasi untuk kembali. Menggali pengetahuan audiens tentang cara untuk memlihara Mengemukakan pendapat. ciri-ciri yang lingkungan sehat dan lingkungan yang tidak sehat. materi pengertian. dan dampak dari lingkungan yang kurang baik. audiens mengulangi Mendengarkan dan mengulangi kembali apa yang telah dijelaskan.penyuluhan yang akan dicapai Pelaksanaan (20 menit) Presenter: Menggali pengetahuan peserta pengertian lingkungan. dan lingkungan yang baik dan lingkungan yang tidak baik. Menjelaskan tentang masalah lingkungan.

- Memberi pada kesempatan untuk audiens bertanya Memberi positif rinforement audiens dan Memperhatikan mendengarkan dan pada melengkapi memberi pejelasan atas pertanyaan audiens Melengkapi memberi dan penjelasan Memperhatikan mendengarkan dan atas pertanyaan audiens Penutup (5 menit) Presenter: Bersama menyimpulkan audiens materi Mengevaluasi Mendengarkan memperhatikan Mengungkapkan pendapat dan yang telah disampaikan Mengakhiri pertemuan Mengucapkan penutup Mendengarkan Menjawab salam salam - .

Evaluasi hasil  Warga dapat menyebutkan pengertian dari kesehatan lingkungan  Warga dapat menyebutkan masalah-masalah kesehatan lingkungan  Warga dapat menyebutkan ciri-ciri lingkungan yang sehat dan lingkungan yang tidak sehat  Warga dapat menyebutkan dampak dari lingkungan yang kurang baik  Warga dapat menyebutkan cara untuk memelihara kesehatan lingkungan Panitia Praktek Keperawatan Komunitas Mahasiswa S1 Keperawatan STIKBA Jambi Ketua pelaksana Sekretaris Mengetahui. Evaluasi proses  Peserta mengikuti penyuluhan dengan baik  Peserta tidak ada yang meninggalkan tempat selama proses penyuluhan 3. Evaluasi struktur      80% masyarakat hadir dalam penyuluhan kesehatan lingkungan Media dan alat sesuai perencanaan Peran dan fungsi masing-masing sesuai dengan yang direncanakan Setting tempat sesuai dengan yang direncanakan Pelaksanaan kegiatan sesuai dengan waktu yang direncanakan 2.Kep . KRITERIA EVALUASI 1.S. PMJK Keperawatan Komunitas STIKBA Jambi Ns.C.Yenita.

penyakit ini tidak mematikan. B. Tempat hidup nyamuk chikungunya: a. C. PENYEBAB Penyebab penyakit ini adalah sejenis virus. Mengingat penyebar penyakit ini adalah nyamuk Aedes aegypti maka cara terbaik untuk memutus rantai penularan adalah dengan memberantas nyamuk tersebut. terutama terjadi pada lutut. -Secara mendadak penderita akan mengalami demam tinggi selama lima hari. kulit kemerahan. danjuga kaleng atau botol bekas yang menampung air bersih.Materi Penyuluhan Tentang PENYAKIT CHIKUNGUNYA Pendahuluan A. yang berarti (posisi tubuh) meliuk atau melengkung mengacu pada postur penderita yang membungkuk akibat nyeri sendi hebat . Meski masih "bersaudara" dengan demam berdarah. sebagaimana sering disarankan dalam pemberantasan penyakit demam berdarahdengue. pergelangan kaki serta persendian tangan dan kaki. Mereka senang hidup dan berkembang biak di genangan air bersih seperti bak mandi.Pertama. Serangga bercorak hitam putih ini juga senang hidup di benda-benda yang menggantung seperti baju-baju yang ada di belakang pintu kamar. -Pada anak kecil dimulai dengan demam mendadak. . Nyeri sendi ini menurut lembar data keselamatan (MSDS) Kantor Keamanan Laboratorium Kanada. bKedua. PENGERTIAN Chikungunya berasal dari bahasa Swahili berdasarkan gejala pada penderita. Nyamuk yang sama juga menularkan penyakit demam berdarah dengue. yaitu Alphavirus dan ditularkan lewat nyamuk Aedes aegypti. c.GEJALA PEENDERITA CHIKUNGUNYA -tiba-tiba tubuh terasa demam diikuti dengan linu di persendian. nyamuk ini sangat menyukai tempat yang gelap dan pengap. vas bunga.Ketiga.

-Kadang-kadang timbul rasa mual sampai muntah. serta terjadi pembesaran kelenjar getah bening. sehingga terjadi pertukaran udara dan pencahayaanyang sehat. menguras tempat penampungan air bersih. demam biasanya diikuti rasa sakit pada otot dan sendi.Halaman atau kebun di sekitar rumah harus bersih dari benda-benda yang memungkinkan menampung air bersih. 3. -Sering dijumpai anak kejang demam. -Pada anak yang lebih besar.PENCEGAHAN PENYAKIT CHIKUNGUNYA 1. paling tidak seminggu sekali. -Pada orang dewasa. bak mandi. 2. mulai pagi hari sampai sore. mengingat nyamuk tersebut berkembang biak dari telur sampai menjadi dewasa dalam kurun waktu 7-10 hari. agar udara segar dan sinar matahari dapat masuk. terutama pada musim hujan seperti sekarang. -Mata biasanya merah disertai tanda-tanda seperti flu. -Pada umumnya demam pada anak hanya berlangsung selama tiga hari D. gejala nyeri sendi dan otot sangat dominan dan sampai menimbulkan kelumpuhan sementara karena rasa sakit bila berjalan.Pintu dan jendela rumah sebaiknya dibuka setiap hari.-Ruam-ruam merah muncul setelah 3-5 hari. vas bunga dan sebagainya. .