You are on page 1of 8

USUS HALUS EMBRIOLOGI Pada usia janin bulan kedua dan ketiga, terjadi suatu proses yang dapat

menerangkan timbulnya cacat bawaan pada bayi di kemudian hari. Usus tumbuh dengan cepat dan berada di dalam tali pusat. Sewaktu usus menarik diri masuk kembali ke dalam rongga perut, duodenum, dan sekum berputar dengan arah berlawanan jarum jam. Duodenum memutar di dorsal arteri dan vena mesenterika superior, sedangkan sekum memutar di ventralnya sehingga kemudian sekum terletak di fosa iliaka kanan. Gangguan perkembangan selama minggu ke-10 atau ke-11 akan mengakibatkan kelainan yang ditandai dengan misalnya, tidak terbentangnya mesenterium pada dinding belakang, atau sekum tidak berada di kanan bawah perut, melainkan lebih jauh ke kranial, atau sekum ada di tempat yang normal, tetapi tidak stabil dan tidak terpancang (sekum mobile). Sisa duktus omfalomesenterikus dapat merupakan divertikulum Meckel. Gangguan terbentuknya kembali saluran atau disebut gangguan rekanalisasi, memungkinkan terjadinya atresia usus atau obstruksi usus oleh sekat.

Gambar Fase Embriologi dan Tingkatan Putaran Usus (Buku Ajar Ilmu Bedah Edisi 2 hal.616)

A. Mesenterika superior (3). Mesenterika superior (1). duodenum(3) C. duodenum sebagian retroperitoneal (3). Setelah putaran lengkap (2700) : a. sekum dan appendiks bergerak terus ke sisi kanan (2). a. dan sigmoid yang didarahi oleh a. Mesenterika superior (1). Kolika media merupakan cabang terakhir a. perbatasan duodenum dan jejunum pada ligamentum Treitz (4). bakal akar mesenterium terletak tegak lurus : a. akar mesenterium terletak mendatar : a.616) Gambar Pendarahan Usus Depan (Buku Ajar Ilmu Bedah Edisi 2 hal. kolon desendens. pars horisontalis duodenum terletak di dorsal a. Usus dengan arteri dan vena mesenterika superior di dalam bakal mesenterium. sebagian besar duodenum terletak di retroperitoneal kanan. Mesenterika superior (1). Mesenterika superior. sedangkan sekum dengan kolon berputar di ventral kanan. perbatasan usus halus dengan kolon (2) B.617) . Putaran duodenum sebelah dorsal a. usus belakang membentuk sebagian kolon transversus. Mesenterika superior (5) (Buku Ajar Ilmu Bedah Edisi 2 hal. sekum terletak di fosa iliaka kanan (2). Mesenterika inferior (6) D. Putaran berlangsung terus : sekum di sebelah kanan masih turun ke kanan bawah (2).

Kolika dekstra (5). Mesenterika superior dicabangkan dari aorta mungkin dengan sudut tajam sehingga dapt menekan duodenum pars horisontalis yang mungkin mengakibatkan obstruksi duodenum (3).jejenales dan aa.ileae. trunkus seliakus (2).dibagi menjadi 3 kelompok sebagai berikut: Dekat jejunum dan ileum. a. pembuluh-pembuluh darah berjalan di dalam mesenterium. Panjang radix mesenteri kira-kira 15cm. VASCULARISASI Aliran darah bersumber pada arteria mesenterica superior melaui cabang aa. bahkan sampai kedalam cavum pelvicum dan difiksasi oleh mesenterium. Ileokolika (4). Radix mesenteri menyilang disebelah ventral pars horizontalis duodeni.pembuluh lymphe dan jaringan lemak. Didalam mesenterium terdapat cabang –cabang dari arteri mesenterica superior . LYMPHONODUS Di dalam mesenterium terdapat banyak limphonodus dari berbagai ukuran. maka jejuno ileum terletak berkelok-kelok. Oleh karena jejuno ileum bentuknya lebih panjang dari radix mesenteri . dimulai dari flexura duodeno jejenalis ( setinggi corpus vertebra lumbalis II) sampai setinggi articulation sacroiliaca dextra. Pada radix mesenteri INNERVASI 3 jenis serabut saraf fungsional : .Pendarahan usus halus dengan arkus yang banyak sebagai pembuluh kolateral di mesenterium (1). (Buku Ajar Ilmu Bedah Edisi 2 hal. serabut saraf. melekat pada dinding dorsal abdomen dan tempat melekatnya disebut radix mesenterii. Kolika media. Mengikuti pembuluh-pembuluh darah. Mesenterika superior (6). sangat mobil dan mudah bergerak. limphonodus. terletak miring dari cranial kiri ke kaudal kanan. Mesenterium berbentuk kipas dengan bagian yang terlebar dibagian tengah sebesar 20 cm. corpus vertebra lumbalis III dan ureter dextra. yaitu cabang terakhir a. pangkal a. a. a.617) LOKALISASI Jejunum dan ileum menempati sebagian besar cavum abdominis.

Proses kontraksi segmentasi berlangsung 8. dinding usus halus akan berkontraksi secara local. Gerakan peristaltic Gerakan peristaltic pada usus halus mendorong makanan menuju kearah kolon dengan kecepatan 2cm/detik dimana bagian proksimal lebih cepat dari bagian distal. Pergerakan usus halus berfungsi untuk mencampur makanan dengan enzim percernaan dan mendorong makanan kearah kolon. Gerakan peristaltic menghilang setelah berlangsung sekitar 3-5cm dan jarang lebih dari 10 cm.♦ Neuron kolinergik/parasimpatis (n.12 kali/menit. Bila bagian mengalami distensi oleh makanan. pada saat suatu segmen usus halus yang berkontraksi mengalami relaksasi. Kontraksi segmentasi berlangsung oleh karena adanya gelombang lambat yang merupakan basic electrical rhytm (BER) dari otot polos saluran cerna. ratarata pergerakan makanan pada usus halus hanya 1 cm/menit. sekitar 7kali/menit pada ileum dan setiap kontraksi berlangsung 5-6 detik.Gerakan Segmentasi. . 1.splanchnicus) → menghambat kontraksi ♦ Serabut inhibisi non-adrenergik → ↓ motilitas → ATP PERGERAKAN USUS HALUS Kontraksi usus halus disebabkan oleh aktifitas 2 lapis otot polos yaitu lapisan otot polos longitudinal di bagian luar dan lapisan otot sirkuler dibagian dalam. 2. Tiap kontraksi ini melibatkan segmen usus halus sekitar 1-4cm. sehingga makanan bercampur dengan enzim pencernaan dan mengadakan hubungan dengan mukosa usus halus lalu terjadi absorsi. segmen lainnya segera berkontraksi. pada duodenum 9kali/menit.vagus) → memudahkan kontraksi ♦ Neuron adrenergik/simpatis (n. Dibutuhkan waktu 3-5 jam agar makanan dari pylorus tiba di ileocaecal junction. Otot yang terutama berperan pada kontraksi untuk mencampur makanan adalah otot longitudinal.

sedangkan sukrosa akan dipecah menjadi molekul fruktosa dan glukosa. dimana liur pancreas dan empedu masuk ke duodenum. Pada sel epitel usus halus. dan mikrovilli dapat memperluas pemurkaan 20 kali. saraf simpatis menghambat sekresi mucus. Pada saat meninggalkan lambung. Jadi kombinasi dari ketiga struktur tersebut menyebabkan luas permukaan absorbsi dapat mencapai 600 kali. hampir semua pati akan didigesti di duodenum. Kelenjar ini menghasilkan mucus akibat adanya ransangan saraf vagus serta hormone sekretin.5-8. DIGESTI PROTEIN PADA USUS HALUS Aktifitas pepsin yang sangat efektif dalam suasana asam terhambat pada saat makanan memasuki duodenum yang mempunyai pH rata.FUNGSI SEKRESI USUS HALUS Usus menghasilkan mucus dan liur pencernaan yang berfungsi untuk melindungi duodenum dari asam lambung. protein dalam makanan umumnya berbentuk protease. serta eksopeptidase (karboksipeptidase. laktosa dan sukrosa sebelum masuk ke duodenum atau bagian atas jejunum. terdapat 4 enzim yang memecahkan maltosa. Jadi hasil akhir proses digesti adalah monosakarida. Kriptus Lieberkhn (Crypts of Lieberkhn) menghasilkan liur pencernaan 1800ml/ hari.rata 6. Dalam waktu 15 menit sampai 30 menit setelah makanan di kosongkan dari lambung. aminopeptidase) yang memecahkan rantai . Lipatan Kerkring’s memperluas permukaan absorbsi sampai 3 kali. villi memperluas permukaan absorbsi sampai 10 kali. Mucus yang dihasilkan oleh kelenjar mucus (kelenjar Brunner’s) yang berlokasi antara pylorus dan papilla vater.0 serta dengan cepat diabsorbsi kembali oleh vili. Makanan yang masuk ke usus halus merangsang sekresi sekretin dan CCK.5. laktosa dan sukrosa ke dalam bentuk monosakarida. Maltosa akan dirubah menjadi molekul glukosa dan galaktosa. Cairan ini sedikit alkalis dengan PH 7. hanya lebih kuat. peptone dan polipeptida dengan berat molekul besar. Kedua hormone ini selanjutnya merangsang pancreas untuk menghasilkan HCO3 dan enzim proteolitik ke dalam lumen usus halus. diubah menjadi maltosa.(4) DIGESTI KARBOHIDRAT DALAM USUS HALUS Amilase pancreas mempunyai mekanisme kerja yang sama dengan ptyalin. kemotripsin dan elastase ) yang memecahkan bagian dalam ikatan peptide. Terdapat dua jenis enzim proteolitik pancreas yaitu endopeptidase (tripsin. Proses sekresi oleh kriptus Lieberkhn terjadi melalui transport aktif.

Digesti lemak sebagian besar terjadi di usus halus yaitu di duodenum oleh enzim lipase pankreas. Proses ini disebut sebagai proses emulsifikasi lemak. DIGESTI LEMAK Lemak yang terdapat dalam diet sebagian besar merupakan lemak netral (trigliserida) yang tersusun atas molekul gliserol. Empedu tidak mengandung enzim pencernaan tetapi mengandung garam empedu dan lesitin-fosfolipid yang sangat penting untuk . pH yang lebih rendah dari 3. EMULSIFIKASI LEMAK Tahap pertama dari digesti lemak ialah memecahkan globulus lemak kedalam ukuran yang lebih kecil sehingga enzim-enzim lipolitik yang larut dalam air dapat bekerja pada permukaan globulus. Lipase ludah dihasilkan oleh kelenjar Ebner di pemurkaan dorsal lidah. dan 3 molekul asam lemak. Namun demikian proses digesti lemak dalam mulut dan lambung sangat kecil jumlahnya.0 akan merusak enzim ini. yang berlangsung di bawah pengaruh empedu yang dihasilkan oleh hati. Sekresi berbagai jenis enzim lipase dan asam empedu    Emulsifikasi Hidrolisis enzimatik Pelarutan (solubilisasi) hasil lipolisis di dalam garam empedu Digesti lemak dalam mulut dan lambung Digesti lemak sudah mulai terjadi di mulut dan lambung oleh enzim lipase ludah dan lipase lambung. Lipase ludah berfungsi untuk hidrolisa asam lemak.karboksil dan rantai amino dari polipeptida.Enzim ini melakukan hidrolisa semua trigliserida hanya dalam waktu beberapa menit. Tetapi bila pankreas mengalami gangguan fungsi. Lipase lambung berfungsi untuk hidrolisa asam lemak dan gliserol.0. Aktifitas enzim lipase pankreas mencapai puncaknya pada pH 8. Sel epitel usus halus juga menghasilkan lipase enterik dalam jumlah kecil. aktifitas lipase ludah dan lambung akan meningkat. proses emulsifikasi dan membantu kerja lipase pankreas. Pada sel epitel yang melapisi vili terdapat banyak enzim peptidase antara lain adalah aminopolipeptidase dan beberapa dipeptidase yang berfungsi untuk memecahkan dipeptida dan tripeptida menjadi asam amino yang selanjutnya akan diabsorbsi ke dalam sirkulasi.

Pembentukan micelles akan melarutkan lemak yang selanjutnya memungkinkan lemak tersebut di absorbsi melalui sel epitel usus halus.emulsifikasi lemak.6nm yang terdiri dari molekul garam empedu dan molekul lemak yang terutama asam lemak. Fibroma 3. Sifatnya familier. hanya saja cukup mengganggu pencernaan . Leiomyoma 2. atau feses keras) Nyeri kolik Kadang-kadang tampak massa tumor di luar (agak besar) A. TUMOR USUS HALUS Dikenal 2 jenis : . Polyp 5. monogliserida dan asam lemak akan diproses oleh retikulum endoplasmik halus . Benign Small Bowel Tumor 1. Setelah melewati epitel usus halus . Bila garam empedu di dalam usus meningkat. timbul 30 – 40 tahun . dan kholesterol. tidak menjadi ganas. ggn pencernaan. Hemangioma  Pertumbuhan lambat  Gejala : perdarahan dan obstruksi usus  Peutz – Jeghers Syndrome terdiri atas poliposis dari GIT disertai dengan Melanin Spots (bintik-bintik melanin) pada mukosa mulut. lemak dan garam empedu secara spontan membentuk micelles yang merupakan globulus dengan ukuran 3.Maligna (kecuali lymphosarcoma. bibir serta jari-jari. Carcinoma Benigna 4. rasa tak enak.Benign (♂ : ♀ = 1 : 1). yang lain timbul di usia lanjut) Paling sering terjadi di : 1/3 proximal jejunum dan 1/3 distal ileum Gejala : ♪ ♪ ♪ Dyspepsia (kembung. mencret. monogliserida.yang kemudiannya akan dirubah menjadi molekul trigliserida yang baru dan ditransportasi ke dalam limpe chylomicrons dan mengalir melalui duktus thoracikus limpatikus dan selanjutnya ke sirkulasi darah.

Carcinoid (Argentaffinoma) 3. dengan segala konsekuensinya  Tumor ini mengeluarkan serotonin (5-hydroxy tryptamine) http://ilmubedah. Lymphoma (umunya lymphosarcoma) 4. radiasi (pada lymphoma .html . tersering di appendix  Biasanya jinak  Sedangkan yang maligna carcinoid (contoh argentaffinoma) dpt metastase ke liver. Adenocarcinoma 2.B.info/usus-halus-20110221. menyerang usia muda  Therapy : reseksi. Reticulum cell sarcoma  Biasanya usus bagian atas dihinggapi adenocarcinoma dan carcinoid Usus bagian bawah biasanya oleh lymphoma  Tumbuh ganas. Malignant Small Bowel Neoplasms 1. adenoca tidak bisa diradiasi) Carcinoid  Dapat timbul di semua tempat di GIT.