PROPOSAL PROYEK SISTEM INFORMASI

RANCANG BANGUN SISTEM INFORMASI PENGGAJIAN PADA KANTOR IMIGRASI KLAS I KHUSUS SURABAYA

Nama NIM

: Mohammad Ammar Zaky Hilmi : 09.39010.0057

Program : DIII (Diploma Tiga) Jurusan : Manajemen Informatika

SEKOLAH TINGGI MANAJEMEN INFORMATIKA & TEKNIK KOMPUTER SURABAYA 2012

.RANCANG BANGUN SISTEM INFORMASI PENGGAJIAN PADA KANTOR IMIGRASI KELAS I KHUSUS SURABAYA PROPOSAL Diajukan sebagai syarat untuk mengerjakan Proyek Sistem Informasi Oleh: Nama NIM : Mohammad Ammar Zaky Hilmi : 09. 13 September 2012 Disetujui: Pembimbing Titik Lusiani. M.Kom.0057 Program: DIII (Diploma Tiga) Jurusan : Manajemen Informatika Surabaya. OCA NIDN 0714077401 .39010.

Sistem ini memiliki beberapa fungsi. Sistem informasi penggajian merupakan sebuah sistem informasi yang dibuat untuk menangani permasalahan-permasalahan yang telah disebutkan sebelumnya. . uang lembur. menangani proses perhitungan gaji. dan remunerasi serta pembuatan laporan-laporan. Dengan adanya penggunaan teknologi informasi pada instansi pemerintah diharapkan dapat menghilangkan kesalahan dalam penghitungan gaji pegawai. Beberapa kekurangan di atas mengakibatkan berkurangnya fungsi dari teknologi informasi sebagai pendukung dan alat untuk melakukan berbagai transaksi. dan pembuatan laporan gaji dan absensi pegawai yang masih terdapat kesalahan penghitungan. uang makan. Penerapan teknologi informasi pada Kantor Imigrasi Klas I Khusus Surabaya masih mempunyai beberapa kekurangan. uang makan. yaitu mengolah absensi pegawai. tidak adanya perangkat teknologi untuk melakukan perhitungan gaji. uang lembur dan remunerasi yang jelas dan lengkap.Judul Rancang Bangun Sistem Informasi Penggajian pada Kantor Imigrasi Klas I Khusus Surabaya. Kesalahan dalam penghitungan gaji pegawai dapat menurunkan kualitas pegawai yang mana juga berdampak pada pelayanan langsung kepada masyarakat. Latar Belakang Masalah Instansi pemerintah secara umum berperan dalam pemberian pelayanan kepada masyarakat sesuai dengan bidangnya masing-masing baik di tingkat pusat maupun daerah. pegawai instansi pemerintahan sebagai petugas yang memberikan pelayanan kepada masyarakat secara langsung berhak memiliki pendapatan yang layak demi terciptanya pelayanan yang prima. seperti kurangnya perangkat teknologi yang digunakan untuk absensi pegawai. B. Dalam rangka pelaksanaan tugas pelayanan tersebut.

Laporan yang dihasilkan dari sistem informasi penggajian adalah sebagai berikut: a. Sistem absensi b. Perumusan Masalah Berdasarkan latar belakang permasalahan yang telah diuraikan di atas.Dengan adanya sistem informasi penggajian ini. Laporan uang lembur pegawai d. Sistem remunerasi 3. Laporan absensi pegawai b. Sistem penggajian c. Laporan uang makan pegawai e. Data pegawai yang digunakan adalah data pegawai Kantor Imigrasi Klas I Khusus Surabaya tahun 2012. Laporan remunerasi pegawai . diharapkan dapat membantu mengatasi permasalahan dan mempercepat proses penggajian yang terjadi pada Kantor Imigrasi Klas I Khusus Surabaya. 2. Pembatasan Masalah Batasan masalah dalam rancang bangun sistem informasi penggajian adalah sebagai berikut: 1. maka diperoleh suatu rumusan masalah yaitu bagaimana merancang bangun sistem informasi penggajian pada Kantor Imigrasi Klas I Khusus Surabaya. Batasan sistem yang ada pada sistem informasi penggajian adalah sebagai berikut: a. C. Laporan gaji pegawai c. D.

F. Seseorang menerima gaji apabila . Tujuan Berdasarkan perumusan masalah di atas. adalah sebagai berikut: 1. 2.E. yakni imbalan jasa yang diberikan secara teratur atas prestasi kerja yang diberikan kepada seorang pegawai. Landasan Teori 1. G. Perbedaan gaji dan upah hanya terletak pada kuatnya ikatan kerja dan jangka waktu penerimaannya. maka diperoleh tujuan yaitu merancang bangun sistem informasi penggajian untuk menghilangkan kesalahan perhitungan dalam proses penggajian maupun proses membuat laporan. 3. Bagi Pegawai Manfaat sistem informasi pelayanan pelanggan bagi pegawai adalah dapat mengetahui dengan pasti berapa pendapatan yang diterima setiap bulan tanpa merasa khawatir adanya kesalahan perhitungan. Manfaat Pengerjaan dari sistem informasi ini memiliki beberapa manfaat terkait proses yang dilaksanakan. dimana keduanya merupakan suatu bentuk kompensasi. Bagi Pimpinan Manfaat sistem informasi penggajian bagi pimpinan adalah dapat mengetahui dengan benar laporan absensi dan penggajian pegawai sehingga dapat dijadikan pendukung dalam pengambilan kebijakan. Gaji Sering disebut juga sebagai upah. Bagi Operator Manfaat sistem informasi penggajian ini bagi operator adalah agar lebih mudah dan cepat dalam menghitung gaji pegawai dan menghilangkan kesalahan perhitungan. Penggajian Penggajian berasal dari kata dasar gaji yang berarti suatu bentuk balas jasa ataupun penghargaan yang diberikan secara teratur kepada seorang pegawai atas jasa dan hasil kerjanya.

sistem informasi penggajian adalah serangkaian aktifitas bisnis dan kegiatan pengolahan data yang terkait yang berhubungan dengan pengelolaan karyawan perusahaan secara efektif yang terdiri dari input. Dalam hal ini. Dilihat dari jangka waktu penerimaannya. Rancangan Penelitian Metode Survey Dalam merancang bangun sistem informasi dilakukan pendekatan dengan survey untuk mengetahui masalah apa yang bisa dikerjakan sesuai dengan materi ilmu yang dimiliki. biasanya terngantung dengan latar belakang pendidikan yang dimiliki. sedang seseorang menerima upah apabila ikatan kerjanya kurang kuat.ikatan kerjanya kuat. H. tidak adil 3. Metode Penelitian 1. Sistem Informasi Penggajian Definisi sistem informasi penggajian menurut Krismiaji (2005:25).2008). dan kinerja para staf. gaji pada umumnya diberikan pada setiap akhir bulan. 2. Sistem Penggajian merupakan suatu proses yang menentukan tingkat perkembangan. maka akan dapat menimbulkan berbagai masalah seperti: 1. Tanpa adanya suatu kebijakan yang tepat dalam suatu penggajian. proses dan menghasilkan output berupa informasi tentang gaji yang bermanfaat bagi perusahaan. Tunjangan diberikan kepada karyawan dimaksud agar dapat menimbulkan/meningkatkan semangat kerja dan kegairahan bagi para karyawan (Andi. kemajuan. kemampuan maupun pengalaman kerjanya. pengertian gaji untuk seterusnya disebut sebagai gaji pokok. a. sedang upah diberikan pada setiap hari ataupun setiap minggu. Prestasi yang rendah dan kurangnya motivasi dalam menyelesaikan suatu Semangat kerja yang rendah karena adanya system yang tidak stabil Kemarahan dan kegelisahan sebagai akibat adanya struktur penggajian yang . Besarnya gaji pokok yang diberikan kepada seorang karyawan. pekerjaan 2. Tunjangan adalah unsur-unsur balas jasa yang diberikan dalam nilai rupiah secara langsung kepada karyawan individual dan dapat diketahui secara pasti.

2. foto-foto dan bahan statistik. b. c. mengamati secara langsung operator dalam melakukan proses perhitungan gaji pegawai serta pembuatan laporan. Dokumen yang diperlukan dalam penelitian ini meliputi data pegawai. dan metode dokumentasi. metode interview. Metode Interview Metode ini disebut juga dengan metode wawancara. yaitu metode survey. solusi mengatasi kendala-kendala yang telah dijelaskan serta datadata yang ada relevanya dengan pokok persoalan peneliti. Metode Dokumentasi Dalam penelitian kualitatif terdapat sumber data yang berasal dari bukan manusia seperti dokumen. data operator. yakni sebagai berikut: .Hal yang dilakukan dalam metode pengamatan ini adalah. yaitu suatu metode pengumpulan data yang dilakukan melalui Tanya jawab secara langsung dengan sumber data. Dalam analisis sistem digunakan metode-metode yang telah dielaskan pada poin rancangan penelitian di atas. yaitu kendala-kendala yang dikeluhkan oleh operator. Perancangan. karena peneliti hanya mengamati benda mati dan apabila mengalami kekeliruan mudah untuk merevisinya karena sumber datanya tetap dan tidak berubah. a. dan Implementasi Analisis Menganalisa sistem merupakan langkah awal dalam membuat sistem baru. Metode dokumentasi ini merupakan salah satu bentuk pengumpulan data yang paling mudah. dan data-data lain yang dibutuhkan untuk melengkapi penyusunan proyek system informasi ini. Analisis. Dalam tahap analisis ini ditemukan beberapa transaksi yang sedang berjalan saat ini. Data wawancara yang dibutuhkan dalam penelitian ini.

Dokumen flow penggajian . Dokumen flow penggajian Pegawai Start Petugas Kepegawaian Rekap Absensi Jadwal Jam Kerja Petugas Keuangan Kepala Kantor Data Pegawai Hitung Uang Makan Slip Uang Makan Laporan Gaji Tertandatangani Absen Kalkulasi Kehadiran Pegawai Hitung Uang Lembur Slip Uang Lembur Laporan Uang Makan Tertandatangani Laporan Uang Lembur Tertandatangani Laporan Remunerasi Tertandatangani Hitung Remunera si Rekap Absensi Slip Remunerasi 1 Tanda Tangan Hitung Gaji Slip Gaji Slip Gaji Slip Uang Makan Buat Laporan Slip Uang Lembur Laporan Gaji Slip Remunerasi Laporan Uang Makan Laporan Uang Lembur Laporan Remunerasi Laporan Gaji Tertandatangani Laporan Uang Makan Tertandatangani Laporan Uang Lembur Tertandatangani 1 Laporan Remunerasi Tertandatangani 2 2 Gambar 1.1.

NET 2005. Implementasi Pada tahap ini. Entity Relational Diagram (ERD). Memory 512 MB. Processor Pentium III 1. Data Flow Diagram (DFD). 3. Context Diagram. 3. b.8 Ghz. dan mendesain input output untuk dibuat aplikasi selanjutnya. slip uang makan. SQL Server 2005. struktur tabel. Beberapa proses dalam perancangan sistem yaitu pembuatan sistem flow. slip uang lembur dan slip remunerasi. dijelaskan mengenai implementasi dari perangkat lunak yang harus dipersiapkan oleh pengguna. Laporan yang tertandatangani tersebut selanjutnya diserahkan ke kepala kantor. Adapun perangkat lunak yang digunakan. 2.Pada gambar 1 merupakan dokumen flow dari proses penggajian yang dimulai dari pegawai melakukan absensi di bagian kepegawaian lalu petugas kepegawaian di akhir melakukan kalkulasi kehadiran pegawai dan menghasilkan rekap absensi yang selanjutnya diserahkan ke bagian keuangan. Lalu petugas keuangan menghitung uang makan. 2. yaitu: 1. Slip dan laporan yang telah selesai dibuat diserahkan kepada setiap pegawai untuk dilakukan penandatangan sebagai bukti bahwa telah menerima slip gaji. Power Designer 6 32 bit. c. Hardisk 80 GB . Perancangan Perancangan sistem merupakan tahap pengembangan setelah analisis sistem dilakukan. Untuk perangkat keras. uang lembur dan remunerasi berdasarkan rekap absensi serta menghitung gaji dan membuat laporan dan slip. Hierarchy Input Output (HIPO). minimal pengguna harus mempersiapkan spesifikasi sebagai berikut: 1. Microsoft Visual Basic.

Tabel 1. Jadwal Kerja NO 1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 KEGIATAN Survey Interview Dokumentasi Penyusunan Proposal Perancangan Sistem Pembuatan Program Uji coba program Implementasi Program Penyusunan laporan Studi Kepustakaan September Oktober Nopember Desember Janurai 1 2 3 4 1 2 3 4 1 2 3 4 1 2 3 4 1 2 3 .Jadwal Kerja Jadwal kegiatan yang akan dilaksanakan dalam merancang bangun sistem informasi penggajian dapat dilihat pada Tabel 1. Jadwal Kerja.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful