Propulsi Kapal Cepat

Oleh:

Bernadetha Ta’bi D33109256 Teknik Sistem Perkapalan

Jurusan Teknik Perkapalan Fakultas Teknik Universitas Hasanuddin Makassar 2013

Hovercraft. Hovercraft merupakan sebuah wahana amphibi ( bisa bergerak di daratan dan perairan) dan juga kendaraan yang unik sekali dan sebetulnya sangat bermanfaat terutama di negara perairan seperti Indonesia ini.Hovercraft Sebuah hovercraft militer milik Angkatan Laut Amerika Serikat Kapal bantalan udara atau hovercraft (bahasa Inggris: "kapal melayang") adalah suatu kendaraan yang berjalan di atas bantalan udara (air cushion). Bantalan udara tersebut ditimbulkan dengan cara meniupkan udara ke ruang bawah hovercraft (plenum chamber)melalui skirt (sekat yang lentur) sehingga tekanan udara didalam plenum chamber lebih tinggi daripada tekanan udara luar sehingga timbul gaya angkat. mungkin teman teman ada yang tahu atau pernah melihat apa itu hovercraft. . Pengertian Hovercraft sendiri secara teknis adalah adalah suatu kendaraan yang berjalan diatas bantalan udara (air cushion). digunakan gaya dorong yang diperoleh dari propeller seperti pada pesawat udara. Bantalan udara tersebut ditimbulkan dengan cara meniupkan udara ke ruang bawah kapal ini (plenum chamber) melalui skirt (sekat yang lentur) sehingga tekanan udara di dalam plenum chamber lebih tinggi daripada tekanan udara luar sehingga timbul gaya angkat. Untuk menggerakkan hovercraft.

juga dari Inggris. Yang terakhir adalah bagian mesin yang merupakan sumber tenaga dari kendaraan ini untuk bergerak. Hull merupakan bagian bodi utama yang terbuat dari bahan alumunium atau fiberglass serta di buat kedap air untuk menahan kebocoran serta di dalam nya di beri bahanpolyurethane foam untuk menjaga tetap mengapung walau ada kebocoran dalam hull pada stadium tertentu. tersedia mesin bertenaga bensin atau diesel dan sebuah baling baling besar (propeller) untuk menghasilkan daya dorong. kendaraan ini dapat berjalan di atas lumpur. Untuk menggerakkan kapal bantalan udara. digunakan gaya dorong yang diperoleh dari baling-baling seperti pada pesawat udara.Hovercraft memiliki 3 bagian penting. yaitu sebuah bagian yang membuat kendaraan ini mengapung/mengambang dan fungsinya menahan udara agar tidak keluar skirt sendiri terbuat dari bahan kain (tekstil) yang dilapisi karet. Karena tidak adanya kontak langsung antara hovercraft dan permukaan daratan atau air. Ternyata metode baru Cockerell ini dinilai sebagai salah satu percobaan yang berhasil menakjubkan. skirt dan sumber tenaga (machine). air maupun daratan dengan membawa beban yang cukup berat. Pada tahun 1953. dikembangkan oleh Christoper Cockerell. yaitu Hull. Dengan demikian. Bagian Skirt adalah ciri utama sebuah hovercraft. Prinsip bantalan udara Prinsip penggunaan bantalan udara ini pertama kali dirancang oleh John Thorneycroft pada tahun 1879. sehingga tekanan terhadap tanah atau air (ground pressure) yang ditimbulkan tidak besar. maka hambatan yang terjadi kecil sehinggahovercraft dapat melaju dengan kecepatan tinggi. . Gaya angkat kapal ini bekerja pada penampang yang luas.

Udara dari transfer duct akan mengisi dan mengembangkan bantalan udara (skirt) yang dipasang di sekeliling bodi. Cara Kerja Hovercraft Penjelasan singkatnya adalah: Mesin memutar baling-baling (fan) melalui gearbox atau belt drive. yang menurutnya aka memperlambat jalannya kapal seperti pada kapal konvensional. Dengan penggunaan bantalan sebagai dasar kapal berarti resistan air menjadi kecil dan dengan dorongan tenaga propeler. Aliran udara yang dihasilkan fan akan mendorong hovercraft bergerak ke depan. kecepatan akan tiga kali lebih besar dibandingkan dengan kapal biasa. Hal itu dilakukan untuk menutup biaya produksi dan fungsi rok ini untuk menggantikan fungsi tabir udara dalam pengisian bantalan. Selain itu. untuk menimbulkan pendangkalan ke atas dan ke bawah dengan tekanan yang lebih ringan dari atmosfer. Setelah itu matikan mesin dan dan hovercraft akan menggelosor (sliding). dan memerangkap udara yang masuk dengan tabir udara yang bertakanan tinggi di sekitar sisi hull. sepertiga dari aliran fan disalurkan melalui transfer duct. Pada tahun 1961. Agar bisa berbelok. Agar hovercraftbisa mengambang (hover). Cockerell menciptakan model free-flight dengan menggunakan sistem ini diikuti konstruksi hovercraft bersekala penuh. diperkenalkan sistem baru yang dikenal sebagai "Flexible Skirt System" yaitu menggunakan material karet sebagai penutup sisi bantalan sekitar hull sehingga penutup ini menyerupai rok yang dinamakan skirt. di belakang fan dipasang rudder (kemudi belok) yang akan mengarahkan aliran udara ke kiri atau ke kanan. tidak hanya di air namun juga dirawa-rawa. Proses itu tercapai dengan cara meniupkan udara kedalam bantalan yang dipasang pada dasar kapal. dengan tujuan menghilangkan geseran pada hull kapal dari permukaan air. Bagian bawah bantalan udara dilubangi sehingga udara bisa mengalir ke bawah dan mengangkat hovercraft. . bantalan udara yang terbuat dari karet yang kuat memungkinkan kapal jenis ini dapat bergerak diberbagai medan.Prinsip Cockerell ini pada memerangkap udara ke dalam bantalan yang dipasang sebagai hull kapal. Sedangkan untuk pengereman dilakukan dengan cara mengurangi tenagadorong (reduce power) dan menggerakkan rucWerpada posisi tertutup (closed). Udara yang diperangkap dalam bantalan itu menghasilkan daya angkat sampai tiga kali lebih besar dibandingkan bila memasukkan udara secara langsung kedalam bantalan.

Mesin digunakan untuk memutar baling-baling yang akan menghasilkan gaya dorong. Rongga di dalam lambung ini diisi dengan busa poliuretana yang membuat hovercrafttetap mengapung jika terjadi kebocoran pada lambung.Komponen utama  Lambung yakni badan kapal yang dapat dibuat dari aluminium ataupun serat kaca yang dibuat kedap air. Jenis-jenis Hovercraft  Open Plenum Jenis ini menggunakan konstruksi ruang terbuka dengan sebuah ruang besar yang berisi udara bertekanan tinggi.  Skirt yaitu bagian hovercraft yang berfungsi untuk menahan udara di bawah hovercraft agar tidak mudah keluar.  Sumber tenaga hovercraft biasanya disediakan oleh mesin diesel atau bensin. Konstruksi semacam ini memerlukan tenaga/energi yang besar untuk menjamin adanya tekanan yang cukup tinggi.  Peripheral Jet . Skirt terbuat dari tekstil yang dilapisi karet untuk menjaga agar udara tetap berada di dalam ruang di bawah lambung kapal.

hovercraft dengan dinding sisi yang baku ini dikenal dengan itilah CAB (Capture Air Bubble atau Gelembung Udara yang Diperangkap).  Plexible Skirt Pada konstruksi ini. jenis selubung yang lain dari bantalan angin yang lazim berupa kantung yang ringkas dengan tonjolan yang berdungsi sebagai penjejak dengan permukaan yang dilalui dan membentuk sekat penutup di sekitar bantalan udara. dengan demikian hovercraft dapat melintasi medan darat yang permukaannya tidak rata maupun medan pantai yang kurang baik.  Fixed Wall Pada konstruksi ini. untuk membangkitkan alas bantalan udara secara terus menerus.Konstruksi rancangan Sir Christoper Cockerel memakai jet annular (cincin). udara dipompa ke sekeliling sisi kendaraan. dilengkapi dengan selubung yang bagian ringkas pada sisi haluan sedangkan dinding sisi dapat menutup rapat bantalan udara pada bagian bawah kendaraan. . Pada hovercraft. selubung flexible pada jet annular menyebabkan penambahan ketinggian letak hovercraft sampai 10 kali lipat. Tenaga yang diperlukan lebih sedikit.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful