2012

PERGERAKAN LEMPENGAN BUMI

WAHYU MULIA RIZKI
SMA NEGERI 4 TANAH PUTIH
12/14/2012

yaitu lempeng Pasifik. Inti dari teori lempeng tektonik adalah kerak Bumi sebetulnya terdiri atas lempenganlempengan besar yang seolah mengapung dan bergerak pada lapisan inti Bumi yang lebih cair. Selain itu. Gerakan inilah yang menyebabkan benua-benua bergeser. 1. air. menjauh dan berpapasan.PERGERAKAN LEMPENG BUMI Bumi merupakan satu-satunya planet di sistem tata surya ini yang dapat dihuni. Tiap lempeng bergerak terhadap lempenglain. keluarnya lava di permukaan bumi. palung. Lempeng Tektonik Teori lempeng tektonik muncul setelah Alfred Lothar Wagener. Amerika Utara. sehingga menimbulkan deformasi di atas permukaan bumi (terbentuknya gunung. Pengertian Pergerakan lempeng bumi Lempeng bumi adalah berbagai luasan area yang terbentuk dari pechaan kerak bumi yang masing-masing memiliki gerakan ke arah tertentu akibat konveksi di dalam bumi (astenosfer). yaitu lempeng Indo-Australia yang mendesak ke arah utara. dsb). lempeng Pasifik. atmosfer dan lain sebagainya. Banyak beberapa faktor yang menyebabkan bumi dapat dihuni oleh berbagai mahluk hidup diantaranya ketersediaan oksigen. Akibat pergerakan lempeng tektonik tersebut menyebabkan timbulnya rangkaian gunung api di Indonesia. Berikut ini video tentang perkembangan muka bumi dari awal hingga 300 juta tahun dari sekarang berdasarkan hipotesa tektonik lempeng. Indo-Australia. Dalam sejarah perkembangannya bentuk muka bumi ini terus berkembang dikarenakan tenaga endogen yang menyebabkan pergerakan lempeng kerak bumi. seorang ahli meteorologi dan geologi dari Jerman dalam buku The Origin of Continents and Oceans (1915). Amerika Selatan. dan tidak jarang pada batas antar lempeng terjadi gesekan ketika salah satu atau keduanya bergerak. dan lempeng Indo-Australia. dan Antartika. Oleh karena panasnya. lempeng Pasifik bergerak ke barat. yaitu lempeng Eurasia. Indonesia diimpit oleh tiga lempeng tektonik. mengemukakan bahwa benua yang padat sebenarnya terapung dan bergerak di atas massa yang relatif lembek. Benua Asia terletak di antara tiga lempeng besar. dan getaran yang disebut gempa. bagian inti yang cair ini selalu bergolak. Di permukaan bumi terdapat beberapa lempeng besar. Lempeng tersebut ada yang saling bertumbukan. Hal itu juga didasarkan hasil pengamatannya yang menunjukkan ada beberapa bagian benua yang memiliki kesamaan bentuk pantai antara benua satu dengan lainnya. fenomena alam seperti gunung meletus dan gempa bumi sering terjadi . 2. dan lempeng Eurasia ke arah selatan.

Panas naik dan terjadi perpindahan dari inti Bumi ke selubung Bumi. Selain itu. Indo-Australia. dan Pasifik. Gerakan Divergen Gerakan divergen merupakan gerakan lempeng tektonik yang saling menjauh dan bergerak secara perlahan. Karena panasnya. Pergeseran lempeng yang terjadi di dasar laut dapat menyebabkan gempa besar yang dapat memicu terjadinya tsunami.di Indonesia sebagai akibat pergerakan lempeng Eurasia. Berikut ini pemaparannya. Arus panas mengalir dengan sangat lambat sambil menggerakkan lempeng. . Gerakan sel konveksi Lempeng-lempeng tektonik bergerak dengan tiga cara. Retakan-retakan yang terjadi merupakan jalan keluarnya magma yang terus-menerus mengalir. yaitu saling menjauh (divergen). dan saling bergeser (sesar). Ketika selubung Bumi mendingin. bagian inti yang cair ini selalu bergolak. tempatnya digantikan oleh selubung baru yang panas. seperti yang terjadi pada tanggal 26 Desember 2004 yang menimpa Aceh dan Sumatra Utara. a. Gerakan inilah yang kemudian menyebabkan benua-benua bergeser. saling mendekat/ bertemu (konvergen). gerakan ini menyebabkan gempa serta membentuk gunung dan pegunungan. Perpindahan arus panas di selubung menekan lempeng (baik yang berupa lempeng benua ataupun lempeng samudra). demikian seterusnya terjadilah pergantian antara selubung-selubung yang panas dengan selubung yang dingin.

Tumbukan atau tabrakan antarlempeng dapat terjadi antarlempeng benua. Akibat tekanan terhadap tiap-tiap lempeng. terbentuknya Palung Pare–Cile (Peru–Cile Trench) di Amerika Selatan dan Palung Jawa di Indonesia. Akibatnya. Gerakan divergen di dasar laut memunculkan kenampakan yang disebut sea floor spreading atau hamparan dasar laut.Aliran magma yang muncul sedikit demi sedikit sampai di permukaan Bumi dapat membentuk pulaupulau vulkanik baru. dapat memunculkan kenampakan parit samudra dan pegunungan. sisi lempeng samudra akan melengkung dan masuk ke bawah lempeng benua karena lempeng benua memiliki beratjenis lebih ringan. . gerakan konvergen menimbulkan tabrakan antarlempeng. antarlempeng samudra. c. Kenampakan ini dapat dijumpai di tengah Samudra Atlantik dan disebut dengan mid-atlantik ridge atau pematang tengahAtlantik. Contohnya pulaupulau yang muncul di tengah Samudra Atlantik karena merupakan perbatasan antara lempeng Eurasia dan lempeng Amerika Utara. Contohnya. Proses masuknya sisi lempeng samudra ke bawah lempeng benua dikenal denganpenunjaman (subduction). Apabila lempeng samudra menabrak lempeng benua. Gerakan Sesar Gerakan lempeng-lempeng tektonik yang mendatar menyebabkan sesar. Gerakan Konvergen Gerakan konvergen merupakan gerakan lempeng tektonik yang saling mendekat. serta Pegunungan Himalaya di Asia. dan antara lempeng benua dengan lempeng samudra. Gerakan ini terjadi karena dualempeng tektonik saling bergeser dan menimbulkan patahan batuan lapisan kulit Bumi. Contoh kenampakanakibat gerakan sesar adalah Patahan San Andreas (San Andrean Fault) di Amerika Utara. Gerakan divergen di daratan membentuk kenampakan seperti great rift valley atau lembah retak b.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful