MAKALAH KOMUNIKASI INTERPERSONAL “Kiamat Prestasi : Olahraga Di Indonesia Antara Ada Dan Tiada”

Disusun oleh : LALU FAESAL AHMAD 11018106

PROGRAM STUDI TEKNIK INFORMATIKA FAKULTAS TEKNOLOGI INDUSTRI UNIVERSITAS AHMAD DAHLAN YOGYAKARTA 2012

1

. Tidak lupa pula kami ingin mengucapkan terima kasih kepada pihak-pihak yang telah membantu kami.. Dalam pembuatan makalah ini tentu masih jauh dari kesempurnaan dan terdapat kekurangan-kekurangan. Yogyakarta. Amin. Oleh karena itu. kritik dan saran yang membangun sangat kami harapkan demi kesempurnan makalah ini. Semoga dengan selesainya makalah ini. atas segala limpahan rahmat dan karunia-Nya kepada kami sehingga dapat menyelesaikan makalah yang berjudul “Kiamat Prestasi : Olahraga Di Indonesia Antara Ada Dan Tiada” kami sadari bahwa dalam pembuatan makalah ini tidak luput dari hambatan karena kurangnya refensi. dapat bermanfaat bagi pembaca dan temanteman. 30 Desember 2012 PENULIS 2 . namun atas berkat dan tuntunan dari Tuhan melalui orang-orang disekitar kami.. makalah ini dapat kami selesaikan.KATA PENGANTAR Dengan memanjatkan puji syukur kehadirat Tuhan Yang Maha Esa.

.. i ii 4 4 4 4 8 9 10 11 3 ......................Apa Solusi Yang Tepat Untuk Menyelesaikan Masalah Tersebut....................................................................................................................................... Daftar isi................................................... A......................PEMBAHASAN.................................................RUMUSAN MASALAH.................................................. B................................................................................ II....................KESIMPULAN..................................................................... C......................... I..........................................................................................................................................................................................................................................................DAFTAR ISI Kata pengantar........................Prestasi-prestasi yang pernah diraih diajang internasional...................... III..... IV... Daftar Pustaka..................................Alasan Mengapa Olahraga Indonesia Semakin Menurun........PENDAHULUAN......

dll.Juara All England empat kali (1990.Prestasi-prestasi yang pernah diraih diajang internasional.Juara tunggal putri bulutangkis Olimpiade Barcelona.Prestasi-prestasi yang pernah diraih diajang internasional. Indonesia pun menang emas pertamanya.Oleh karena itu di dunia sering diadakan ajang olahraga internasional yang dilakukan untuk menjadi barometer dan ajang unjuk gigi para atlit-atlit seluruh dunia termasuk Indonesia. LATAR BELAKANG Olahraga merupakan satu hal yang sangat berpengaruh terhadap citra suatu bangsa. Prestasi: .Indonesia adalah negara yang pernah mengukirkan nama di sejarah dunia dengan rekor dan prestasi-prestasi yang pernah diraih. Mengapa? Karena atlet-atletnya memiliki prestasi yang cemerlang.Alasan Mengapa Olahraga Indonesia Semakin Menurun.PEMBAHASAN A. Susi Susanti berlaga di Olimpiade Atlanta.RUMUSAN MASALAH A. 1993. Berikut ini merupakan prestasi-prestasi yang membanggakan yang pernah diraih oleh Indonesia di ajang Internasional:  Bulutangkis Cabang bulutangkis Indonesia selalu dijagokan.PENDAHULUAN 1.”Mengapa?” hanya itu yang orang-orang katakan dengan kondisi olahraga Indonesia saat ini.saat ini dunia olahraga Indonesia sedang mengalami penurunan.hampir tanpa prestasi apapun. 1. B.Apa Solusi Yang Tepat Untuk Menyelesaikan Masalah Tersebut. C. Spanyol (1992) .I.karena bisa menjadi alat ukur seberapa hebat dan berjayanya suatu negara. 1991.Namun hal itu hanyalah masa lalu. 1994). III. Berikut beberapa atlet yang menjadi primadona di masanya. II.harusnya Indonesia mampu menjadi slah satu nama dalam nominasi juara di Dunia. Susi Susanti Atlet perempuan ini memberikan Indonesia medali emas olimpiade pertamanya.Dengan jumlah penduduk yang sangat banyak. 4 .

Ricky Subagja & Rexy Mainaky Ganda putra Indonesia yang pertama kali memenangkan medali emas olimpiade. prestasinya masih terus bertambah.2. 1998)  Tinju 1.Juara Dunia tahun 1993-1994 . Alan memenangkan medali emas Olimpiade Atlanta (1996) kategori tunggal putra.dll. Lawan: Ju Do Chun dari Korea Selatan dan Wayne Mulholland dari Australia (1985) . Kartono. Ellyas Pical Pukulan Hook dan Uppercut kirinya yang cepat dan keras. membuat Ellyas Pical dijuluki "The Exocet" oleh pers. Chris John muncul.Juara Dunia WBA sementara (2003). Prestasi: . Prestasi: . Prestasi: . 1996 . Prestasi: . Icuk Sugiarto Legenda tunggal putra bulutangkis Indonesia bersama Liem Swie King. Nama julukan itu diambil dari nama rudal Perancis lho. Hingga kini.Medali emas Olimpiade Atlanta.Medali emas Asian Games (Hiroshima. . Jejak prestasi Icuk Sugiarto dilanjutkan oleh suami Susi Susanti. Chris John Setelah Indonesia lama tak mempunyai juara tinju yang bisa dibanggakan. 5 . Lawan: Hee Yun Chun dari Korea Selatan dan Matsuo Watanabe dari Jepang (1984 ) .Juara dunia kelas super terbang versi International Boxing Federation (IBF). Lawan: Oscan Leon dari Kolombia. Lawan: Tae-ill Chang dari Korea Selatan (1987) 2. Lawan: Cesar Polanco dari Republik Dominika (1986) . Hastomo Arbi.Juara Dunia kelas bantam junior versi IBF. Alan Budikusuma.Juara I kelas super bantam versi OPBF.Juara dunia kelas super terbang versi IBF. Terbayang kan cepat dan dahysatnya. Lius Pongoh.Juara Dunia WBA. 1994 & Bangkok.Juara Dunia tahun 1983 dan 1986 3.Juara I PON X Jakarta (1981) .

1997. Prestasi: . 1997. Dede Suryana. 2. kelas 53 kg Grup A (Olimpiade Athena. Namanya Raema Lisa Rumbewas. Medali perak di SEA Games XXI. Korea Selatan. Dalam turnamen Grand Slam berhasil mencapai babak perempat final Wimbledon pada tahun 1997. 2000. Enam gelar tunggal Tur WTA dan sembilan gelar dari ganda. Prestasi: 1.PON XI.  Tenis Kalau kamu suka main tenis. Foto: quicksilver 2. 2001 dan 2005 . Prestasi: 1. Elfira Rosa Nasution Mantan perenang nasional ini dikenal selalu membawa buku pelajaran ke kolam renang. 6 . pasti tahu siapa Yayuk Basuki. 1999 dan 2001 . 1999. meraih 8 emas dan 2 perak (1985) .Pemegang Medali Perunggu di Asian Games Beijing untuk cabang 100m pada tahun 1990 Indonesia punya surfer hebat juga lho. Jakarta.Medali perak di Asian Games 1983 di Seoul. 2004) 2. Jadi meskipun aktif berenang.Pemegang Medali Emas di Sea Games untuk cabang renang 50m pada tahun 1995.  Renang 1. Medali perak untuk kategori angkat besi putri. 1991. Posisi ke-19 dunia untuk bagian tunggal dan ke-9 untuk bagian ganda. Prestasi: . Angkat Besi Cabang angkat besi mungkin terdengar untuk laki-laki saja. Richard Sambera Perenang ini telah ikut serta dalam beberapa olimpiade dan kejuaraan renang nasional maupun internasional. 3. 1995. 3. dia tidak pernah ketinggalan pelajaran di sekolah. Dia adalah petenis Indonesia pertama yang menjuarai turnamen profesional.Pemenang Medali Emas di Sea Games untuk cabang renang 100m pada tahun 1989. Richard Sambera juga pemegang beberapa rekor nasional dan Sea Games untuk beberapa cabang renang. Namun ternyata ada juga atlet angkat besi perempuan yang berprestasi. Medali perak di Olimpiade Sydney.

disiplin belajar dan latihan. Kelly Slater. Hawaii tahun 2003. surfing . 1995.Peringkat 11 Olimpiade Atlanta. 1993.Juara TODD Chesser Memoriam. 1996 . Selancar 1. 2004 . Kuta.  Selancar Angin I Gusti Made Oka Sulaksana Oka dikenal sebagai atlet yang tak pernah menyerah. Bali .Peringkat 15 Olimpiade Athena. 1993. 2004. sportif. Dede pernah mengalahkan juara dunia delapan kali. Prestasi: . dan membanggakan negara. Prestasi atlet Indonesia tidak berhenti di sini.Medali emas Asian Games 1998 dan 2002 . Masih banyak yang belum Nesi masukkan. 1996. dan 2001 . Oka selalu berlatih sendiri sebagai tambahan.Medali emas SEA Games 1989. Apakah kamu tahu persamaan semua atlet di atas? Mereka semua cinta olahraga. Dede Suryana. 2000 .Medali emas cabang selancar kelas Aerial Putera. tidak pernah menyerah. Prestasi: .Medali emas PON 1989.Peringkat 13 Olimpiade Sydney. Atlet selancar atau surfer Indonesia. Meski sudah diberi jadwal latihan. Asean Beach Games 2008. 7 . tidak kalah dengan orang barat lho. 2000.Dede Suryana Selancar lebih dikenal dengan bahasa Inggrisnya.

Ironisnya. Oleh karena itu diperlukan adanya peraturan perundangan yang jelas dalam pembagian dan penggunaan dana APBD bahkan juga sampai APBN untuk tiap cabang olahraga yang ada baik di tingkat daerah maupun tingkat nasional Sehingga bibit-bibit atlet yang berpotensi bisa benarbenar terbina dengan optimal tidak setengah-setengah. dampak positif bagi kemajuan sepak bola Indonesia.B. kalaupun kalah harus terhormat) 8 . hampir dapat dipastikan prestasi olahraga Indonesia di ajang-ajang internasional tidaklah seterpuruk seperti sekarang ini.8 triliun uang dari dana APBD. miliaran rupiah dana yang dikonsumsi klub-klub sepak bola itu sebagian besar lari ke luar negeri karena dipakai untuk menggaji pemain-pemain asing. dari Rp 5.Alasan Mengapa Olahraga Indonesia Semakin Menurun. tak sanggup menghidupi dirinya sendiri mereka selama belasan tahun menggantungkan hidupnya kepada keringat uang rakyat. Lebih ironis. Pergantian pengurus yang tidak becus (masa ada pengurus di penjara. Keseriusan semua pihak dalam mendukung prestasi semua bidang olahraga tanpa ditunggangi kepentingan yang bersifat mengail di air keruh (baca. Sekiranya.  Penyebab pertama : minimnya biaya pembinaan bagi atlet solusi : fakta menyebutkan bahwa sejak tahun 1994. Seimbangkan dengan mental bahwa atlet bermental juara (dalam artian semangat menjadi juara.9 triliun. disalurkan ke cabang-cabang olahraga lain. Penelitian dan pengembangan dalam teknik dan taktik 3. sekitar Rp 2.  Penyebab Kedua : Pembinaan dan teknologi di bidang olahraga di Indonesia yang monoton Solusi : Mungkin salah satu yang perlu dikaji : 1. keterlaluan jelas mentalnya jelek dan tak punya malu) 4. setengahnya saja. proyek dan duit semata) 5. seleksi pemain dengan jujur (jangan gunakan politik uang suap) 6. Pembinaan atlet sejak dini 2. para bupati dan wali kota yang mengetuai klub-klub sepak bola eks perserikatan sudah membelanjakan sekitar Rp 5. Dengan demikian negeri yang sesungguhnya memiliki bibit atlet-atlet tangguh dengan jumlah cukup besar bisa terbina dengan baik dan nantinya bisa meningkatkan prestasi olahraga Indonesia. Sudah menjadi rahasia umum bahwa klub-klub sepak bola Indonesia yang berkompetisi. terutama di divisi utama. para pemain asing tersebut praktis tidak memberikan demonstration effect.8 triliun dana yang mengalir ke klub-klub sepak bola.

Menyiapkan anggaran yang sesuai 8.Mengutamakan kejujuran bukan KKN(Korupsi Kolusi Dan Nepotisme).Apa Solusi Yang Tepat Untuk Menyelesaikan Masalah Tersebut. kalaupun kalah harus terhormat) 7. Seimbangkan dengan mental bahwa atlet bermental juara (dalam artian semangat menjadi juara. 9 .C. Penelitian dan pengembangan dalam teknik dan taktik 3.Turun tangan semua badan pemerintahan dalam mengembangkan olahraga Indonesia 11. Pergantian pengurus yang tidak becus (masa ada pengurus di penjara.Dukungan moral yang tinggi agar semua atlit memiliki kepercayaan diri yang tinggi 10. Pembinaan atlet sejak dini 2. seleksi pemain dengan jujur (jangan gunakan politik uang suap) 6.Fasilitas yang lengkap dan bimbingan yang ketat untuk semua cabang olahraga 9. Keseriusan semua pihak dalam mendukung prestasi semua bidang olahraga tanpa ditunggangi kepentingan yang bersifat mengail di air keruh (baca. proyek dan duit semata) 5. keterlaluan jelas mentalnya jelek dan tak punya malu) 4. 1.

Semoega Indonesia kembali berjaya dan berkibarlah bendera kemenagan untuk Indonesia.kenapa tidak? Hal itu dijadikan sebagai motivasi untuk berubah dan menjadi lebih baik lagi.IV.Indonesia memiliki potensi untuk menjadi negara yang aju di bidang olahraga jika syarat-syarat dan ketentuan diterapkan dalam melakukan hal tersebut.Kejujuran adalah hal yang selalu menjadi permasalah di Indonesia. 10 .KESIMPULAN Indonesia adalah negara dengan jumlah penduduk yang banyak begitu juga dengan potensipotensi yang ada.Tidak ada yang tidak mungkin sebelum kita mencoba dan berusaha untuk meraihnya.Indonesia adalah negara yang berjaya dengan prestasi olahraga yang pernah terukir di dalam sejarah.

com/Kidnesia/Sekitar-Kita/PengetahuanUmum/Prestasi-Olahraga pada tanggal 30 Desember 2012  Diakses dari http://indonesiarayanews.com/2008/06/08/mengapa-prestasiolahraga-indonesia-menurun/ pada tanggal 30 Desember 2012 11 .blogspot.kidnesia.com/news/kesehatan/09-24-2012-12-01/prestasiolahraga-indonesia-australia-berbanding-terbalik pada tanggal 30 Desember 2012  Diakses dari http://gabsi.or.id/?ForceFlash=true#/submenu/data-prestasi-olahragabridge.com/ pada tanggal 30 Desember 2012  Diakses dari http://www.wordpress.DAFTAR PUSTAKA  Diakses dari http://tetti-ekadharma.html pada tanggal 30 Desember 2012  Diakses dari http://terpaksabikinwebsite.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful