TUGAS KEWARGANEGARAAN

PELAKSANAAN DEMOKRASI DI INDONESIA

Disusun oleh: Kelompok 7      Okky Nugra R Prasekky Hanung P Rifai Prima A Risdiyanto Edy S Rizky Wahyu F I0409039 I0409040 I0409043 I0409044 I0409045

JURUSAN TEKNIK MESIN FAKULTAS TEKNIK UNIVERSITAS SEBELAS MARET SURAKARTA NOVEMBER 2012

Salah satu pilar demokrasi adalah prinsip trias politica yang membagi ketiga kekuasaan politik negara (eksekutif. yaitu “demos” yang berarti rakyat . Misi : 1.A. C. Walaupun masih terdapat masalah yang timbul ketika waktu pelaksanaan dan pemilihan tersebut. Istilah demokrasi berasal dari bahasa yunani. Pendahuluan Kesadaran akan pentingnya demokrasi penting. Landasan Teori Demokrasi adalah bentuk atau mekanisme sistem pemerintahan suatu negara sebagai upaya mewujudkan kedaulatan rakyat (kekuasaan warganegara) atas negara untuk dijalankan oleh pemerintah negara tersebut. Kesejajaran dan independensi ketiga jenis lembaga negara ini diperlukan agar ketiga lembaga negara ini bisa saling mengawasi dan saling mengontrol berdasarkan prinsip checks and balances. yudikatif dan legislatif) untuk diwujudkan dalam tiga jenis lembaga negara yang saling lepas (independen) dan berada dalam peringkat yang sejajar satu sama lain. DPD. Tetapi masih dapat dikatakan sukses. DPRD di tahun 2004. DPR. Pemilihan umum ini langsung dilaksanakan secara langsung pertama kali untuk memilih Presiden dan Wakil Presiden serta anggota MPR. hal ini dapat dilihat contohnya dari peran rakyat Indonesia yang dalam melaksanakan Pemilihan Umum. Walaupun masih terjadi banyak pertanyaan mengenai penilaian masyarakat yang cenderung masih subyektif. Fasilitas untuk mendapatkan kesempatan berpartisipasi Demokrasi adalah bentuk atau mekanisme sistem pemerintahan suatu negara sebagai upaya mewujudkan kedaulatan rakyat (kekuasaan warganegara) atas negara untuk dijalankan oleh pemerintah negara tersebut. Fasilitas untuk dapat melakukan kajian spiritual 3. Fasilitas untuk mendapat berbagai akses 2. Judul Pelaksanaan Demokrasi di Indonesia B. Pendidikan demokrasi : upaya sistematis yang dilakukan negara dan masyarakat sebagai fasilitas warganya untuk memahami perannya dalam masyarakat.

oleh rakyat. musyawarah adat dan pemutusan peraturan. Dan hal itu mempengaruhi pemerintahan di Indonesia. Berjalan melalui cara musyawarah Budaya demokrasi telah lama berkembang di masyarakat di seluruh pelosok tanah air. Demokrasi telah berkembang didaerah misalnya adanya rembug desa.demokrasi adalah suatu bentuk pemerintahan oleh rakyar dimana kekuasaan tertinggi ditangan rakyat dan di jalankan langsung oleh mereka atau oleh wakil-wakil yang mereka pilih . Demokrasi yang memiliki cangkupan lebih luas ini nyata diterapkan ketika adanya masalah yang terjadi dalam kehidupan bernegara. Demokratisasi bertujuan menghasilkan demokrasi yang mengacu pada ciri-ciri: 1. Dan perkembangan yang ada di Indonesia mengenai demokrasi di dasari dengan berbagai kemajuan yang ada di masyarakat.dan untuk rakyat”. Proses yang tak pernah selesai 2. Bersifat evolusioner 3. Perubahan bersifat damai 4. Hal itu di pengaruhi oleh keadaan bernegara dan juga keadaan politik yang terjadi di Indonesia .Pada saat itu Solon telah mengadakan pembaharuan dengan menyusun Undang-Undang yang menjamin keadilan dan persamaan bagi warga negara dan membentuk lembaga perwakilan rakyat atau majelis rakyat yang disebut Ecclensia. Jadi demokrasi berarti pemerintahan rakyat atau suatu pemerintahan dimana rakyat memegang kedaulatan yang tertinggi atau rakyat diikutsertakan dalam pemerintahan negara. John Locke dan JJ Rousseau yang cukup bervariasi di detiap negara. Ajaran demokrasi kemusian dikembangkan antara lain oleh Thomas Hobbes. Demikian pula dengan kebijakan yang di sahkan oleh pemerintah serta presiden pada khususnya. Dengan ajaran tersebut Solon mendapat julukan “ Bapak Demokrasi” .atau “kratos” berarti pemerintah. Pelaksanaan demokrasi di Indonesia berkembang dari masa ke masa. Menurut Internasional Commision of Jurits.sependapat dengan hal tersebut Abraham Lincoln menyatakan bahwa demokrasi adalah pemerintahan “dari rakyat. Ajaran demokrasi telah mulai dirintis sejak jaman sebelum demokrasi yaitu antara lain oleh Solon di Athena (+600 Tahun Masehi) .

5. Menurut C.dibawah sistem pemilihan yang bebas. 2. Demikian memikirkan demokrasi ada hubungan dan keterkaitan terhadap hubungan pemerintah sebagai pihak yang memiliki komitmen untuk mengadakan pengaturan dalam berkehidupan bangsa dengan rakyat yang dijadikan momentum sebagai pihak yang memiliki kedaulatan di negara ini.suatu sistem pemerintahan di mana mayoritas anggota dewasa dari masyarakat politik ikut serta atas dasar sistem perwakilan yang menjamin bahwa pemerintahan akhirnya mempertanggungjawabkan tindakan-tindakan kepada mayoritas itu. Kekuasaan didominasi presiden. Keluar dekrit presiden 5 juli 1959. 2.  Demokrasi Terpimpin (1959-1965) ORLA 1. Sebagi warga negara apalagi mahasiswa kita wajib mengetahui bagaimana perjalanan demokrasi di Indonesia karena pada kondisi ke kinian Indonesia memiliki berbagai masalah kompleks yang diawali karena demokrasi dan pelaksanaannya yang memiliki berbagai kekurangan. 4. 3. D. 17 agustus 1950 sistem demokrasi liberal selama 9 tahun tidak membuahkan hasil. Jadi. Sejak berlakunya UUDS 1950. 14 november 1945 terbentuk susunan kabinet berdasarkan parkenenter.F Strong. 18 agutus 1945 disahkan UUD 1945 dan UUD RI dan dasar negara. 3 november 1945 maklumat diperbolehkan membentuk multi partai. yang di utamakan dalam pemerintahan demokrasi adalah rakyat. Pancasila sebagai . Pelaksanaan Di Lapangan Pelaksanaan demokrasi di indonesia dapat dibagi menjadi beberapa periodesasi antara lain :  Demokrasi Liberal (1945-1959) 1. Lebih jauh demokrasi di Indonesia berjalan dengan berbagai gelombanng permasalahan dan mengalami berbagai perubahan. Pemerintah secara politis harus menerima berlakunya konstitusi ris 1949 sebagai hasil KMB di Den Haag.

2. Reformasi lahir sebagai anti klimaks pemerintahan Soeharto. Jika tidak ada sepakat dalam sidang keputusan diserahkan pada presiden. menjadi diktator. Pembahasan  Demokrasi Terpimpin (1959-1965) ORLA Masa Orde Lama berlangsung mulai tanggal 5 Juli 1959 sampai dengan 1 Maret 1966. Pemilu 2004 menobatkan SBY & JK sebagai presiden dan wapres. 3. Sejak tahun 1966 Soeharto sebagai pengemban Supersemar dan mengendalukan penerintahan. PKI. 5. Habibie menggantikan Soeharto.3. Demokrasi yang diterapkan adalah demokrasi terpimpin. 21 mei 1998 Soeharto mundur sebagai presiden. Berikut ini pelaksanaan demokrasi pada masa Orde Lama. 3. Di bidang politik terjadi penyederhanaan partai. Kerisis ekonomi melanda indonesia tahun 1997. 4. E. yaitu Soekarno. antara lain : 1. Pimpinan Habibie tidak mendapat dukungan sosial politik.Sekarang) 1. dan Angkatan Darat. Perpolitikan pada demokrasi terpimpin diwarnai dengan perebutan kekuasaan antara tiga kekuatan utama saat itu. Selalu mencari sintesa untuk melaksanakan amanat rakyat Dalam demokrasi terpimpin menempatkan Soekarno menjadi setter politik Indonesia. 4. Adanya rasa gotong royong 2. 2. 5. Penyalahgunaan wewenang berlangsung secara meluas dan sustenatis.Akhirnya membuat dia menjadi pemimpin yang sangat berkuasa. Banyak terjadi penyelewengan terhadap pancasila dan UUD‟45. Tidak mencari kemenangan atas golongan 3. 6. Pemerintahan ORLA jatuh setelah pemberontakan G30S/PKI di tahun 1965  Orde Baru (1966-1998) 1. Ciri umum demokrasi terpimpin.  Era Reformasi (1998. Hal yang menjadi penegasan atas .

e) Adanya rasa tanggung jawab dalam menghasilkan musyawarah. 3. antara lain sebagai berikut: a) Mengutamakan musyawarah untuk mufakat. Selain itu juga lebih ditekankan pada : . Ciri umum demokrasi Pancasila. Pelaksanaan demokrasi Pancasila antara lain sebagai berikut: a) Masih belum sesuai dengan jiwa dan semangat ciri-ciri umum.soekarno sebagi pemimpin yang otoriter adalah sebagai mana yang terjadi di sejarah bahwa soekarno diangkat sebagai presiden seumur hidup dan juga menerapkan NASAKOM dalam pemerintahannya. Ciri-ciri umum demokrasi Pancasila masa Reformasi. 2. Berikut ini pelaksanaan demokrasimasa Orde Baru: 1. b) Mengutamakan kepentingan negara dan masyarakat. Kekuasaan presiden begitu dominan baik dalam suprastruktur politik.  Era Reformasi (1998.Sekarang) Berlangsung mulai dari Mei 1998 sampai dengan sekarang. Ini mengakibatkan negara Indonesia terjerumus dalam berbagai krisis yang berkepanjangan. f) Dilakukan dengan akal sehat dan sesuai dengan hati nurani yang luhur. Demokrasi yang berkembang adalah demokrasi Pancasila sesuai dengan Pembukaan UUD 1945 Alinea keempat.hal itu menyebabkan terjadinya hal yang berbeda dan bertentangan terhadap pancasila di sila yang pertama. g) Hasil keputusan harus dapat dipertanggungjawabkan secara moral kepada Tuhan Yang Maha Esa berdasarkan nilai-nilai kebenaran dan keadilan. tumbang oleh adanya pergerakan G30SPKI. d) Selalu diliputi semangat kekeluargaan.  Orde Baru (1966-1998) Masa Orde Baru berlangsung mulai dari 11 Maret 1966 sampai dengan 21 Mei 1998.kekuasaan dan pemerintahan pada periode ini. c) Tidak memaksakan kehendak kepada orang lain. seperti yang tercantum pada demokrasi Pancasila. b) Banyak terjadi manipulasi politik dan KKN yang telah membudaya.

2. Indonesia melaksanakan demokrasi Pancasila secara baik dengan modernisasi pemerintahan yang jauh lebih baik dari masa sebalumnya. Walaupun masih terjadi kekurangan di berbagai sudut lini. 3. eksekutif. Dengan demikian. d) Periode 1959-1965 dengan UUD 1945 seharus berlaku demokrasi Pancasila. namun yang diterapkan demokrasi terpimpin (cenderung otoriter). ciri aspirasi. dan yudikatif. Demokrasi yang ada cenderung lebih baik dan mengalami kemajuan. . Pembagian secara tegas wewenang antara badan legislatif. Penegakkan kedaulatan rakyat dengan memberdayakan pengawasan sebagai lembaga negara. dan kemasyarakatan. Rotasi kepemimpinan juga berjalan dengan baik. yaitu sebagai berikut : a) Periode 1945-1949 dengan UUD 1945 seharusnya berlaku demokrasi Pancasila namun dalam penerapan berlaku demokrasi liberal b) Periode 1949-1950 dengan konstitusi RIS berlaku demokrasi liberal. f) Periode 1998 sampai sekarang dengan UUD 1945 berlaku demokrasi Pancasila (cenderung ada perubahan menuju demokratisasi). c) Periode 1950-1959 dengan UUDS 1950 berlaku demokrasi liberal dengan multipartai. lembaga politik. Hal ini sangat berkaitan dengan kehidupan perpolitikan yang akan semakin ramai dengan berbagai keputusan yang berpihak antar masyarakat. e) Periode 1966-1998 dengan UUD 1945 berlaku demokrasi Pancasila (cenderung otoriter). Pelaksanaan demokrasi di Indonesia selama kurun waktu 60 tahun terakhir telah banyak mengalami perubahan yang mencakup berbagai hal.1. dan program parpol yang multipartai. Penghormatan kepada keberadaan asas.

Adanya ideologi dan dasar yang kuat akan lebih mengedepankan hal yang menjadikan kita harus lebih kuat dan selektif dalam mengambil keputusan dan berkebang dengan demokrasi pancasila yang kita miliki. Kesimpulan Dan Saran  Kesimpulan Keberadaan demokrasi di Indonesia merupakan masalah klasik yang dianggap sebagai masalah yang belum terselesaikan. Setiap saat memiliki hal yang cukup ringkas dalam pemerintahan.Demokrasi adalah bentuk atau mekanisme sistem pemerintahan suatu negara sebagai upaya mewujudkan kedaulatan rakyat (kekuasaan warganegara) atas negara untuk dijalankan olehpemerintah negara tersebut.  Saran Demokrasi Pancasila dapat dilaksanakan dengan „ritme‟ dan hal yang sesungguhnya. Sehingga kedepan diharapkan tidak ada lagi perdebatan maupun tantangan terhadap ideologi dan demokrasi di Indonesia. baik itu globalisasi maupun politik dunia yang semakin mendesak pemerintah.F. Karena agenda kedepan pemerintah memiliki tantangan yang jauh lebih kuas dari kemarin yaitu tantangan global. Walaupun pada kenyataannya kini indonesia memiliki Demokrasi Pancasila yang dianggap demagai demokrasi yang pas untuk Indonesia nyatanya belum dilaksanakan sesuai dengan ketentuan dan aturan yang berlaku secara sempurna. Demokrasi pancasila sendiri yang menganut sistem kerakyatan dianggap sebagai demokrasi yang sesuai dengan undangundang dasar 45 dan pancasila sebagai dasar negara. .

Jakarta. Yudistira.G. M.Si. Jakarta.com/2012/08/pelaksanaan-demokrasi-diindonesia. . Kewarganegaraan 2 (2007). Drs. Pendidikan Kewarganegaraan SMA Kelas XI (2007). Nur Wahyu Rochmadi.com http://ilmu27.blogspot.html . M. Hasim. Pendidikan Kewarganegaraan Kelass XI (2007) Erlangga. M. Quadra. Budiyono. Daftar Pustaka Drs. http://aanindriantogunadarma.Pd. Jakarta.blogspot.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful