TUGAS MANAJEMEN KESELAMATAN DAN KESEHATAN KERJA (K3) PERUSAHAAN JASA KESELAMATAN DAN KESEHATAN KERJA(K3) BIDANG PEMBINAAN K3

(Kelas B) Ariska Mei N.R.H (R0011019)

PROGRAM DIPLOMA III HIPERKES DAN KESELAMATAN KERJA FAKULTAS KEDOKTERAN UNIVERSITAS SEBELAS MARET Surakarta 2013 PROFIL PERUSAHAAN

1

kerja keras yang berwawasan global PT. GLOBAL INDAH akan berperan aktif dalam membangun bangsa.R. GLOBAL INDAH untuk selau memberikan kepuasan kepada stakeholder. solutif. PT. PT. GLOBAL INDAH adalah perusahaan yang bergerak di bidang Jasa Keselamatan dan Kesehatan Kerja( PJK3) khususnya bidang jasa pembinaan Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) dengan nomor Surat Keputusan Direktur Jenderal Pengawasan Ketenagakerjaan Depnakertrans RI No. inovatif . dinyatakan dalam kebijakan mutu perusahaan yang terintegrasikan dalam sistem manajemen mutu ISO 9001-2008. harmonis. Wb.122/Ket/7/1994 Tentang Tata Cara Pengadaan Jasa Konsultansi. 80/M/DJPPK/2012.H President Director VISI & MISI 2 . Dengan tema profesionalitas. sistem manajemen K3/OHSAS 18001-2007 dan sistem manajemen lingkungan ISO 14001-2007 serta pelaksanaan tata kelola perusahaan yang baik secara menyeluruh serta Keputusan Menteri Negara Perencanaan Pembangunan Nasional/Ketua Bappenas No.: Kep. Selaras dengan program pembangunan pemerintah. Kep.Assalaamu’alaikum Wr. Peningkatan kinerja yang berkelanjutan adalah usaha PT. GLOBAL INDAH siap bekerja sama dengan semua instansi dan seluruh sektor yang terkait didalam bidang Jasa Keselamatan dan Kesehatan Kerja( PJK3) baik swasta maupun pemerintah dengan penuh tanggung jawab dan saling menguntungkan. ARISKA MEI N. Salam Sejahtera bagi kita semua. dilandasi kerja cerdas. PT. dengan berlandaskan kepercayaan akan kemampuan diri secara profesional dan bertanggung jawab. GLOBAL INDAH bertekad berperan aktif didalam melaksanakannya.

keuntungan • • Quality Assurance. Maksud dari layanan terbaik adalah bahwa perusahaan akan berusaha untuk memberikan jasa yang sesuai dengan apa yang menjadi keinginan client dengan tidak mengabaikan undang-undang dan aturan hukum yang ada. Usaha maksimal dan dedikasi tinggi untuk selalu memberikan yang terbaik adalah salah satu misi kami dalam bekerja. dan Pembelajaran Organisasi. menurunkan produktivitas. 3. atau bahkan dampak yang dapat mengganggu image dan reputasi perusahaan. yang dapat menyebabkan hilangnya jam kerja. baik yang merupakan insiden/accident. mengikuti dan menerapkan teknologi terkini. Adapun Ruang Lingkup pekerjaan kami adalah : 1. 4. 2. Membangun budaya kerja dan hubungan kerja yang kondusif dan harmonis Memberikan pelayanan yang memuaskan pada semua pelanggan Meningkatkan Kualitas dan profesionalisme sumber daya manusia. penyakit akibat kerja. Daya saing. Serta Pengembangan peningkatan sumber daya manusia melalui jasa keselamatan dan kesehatan kerja (PJK3) TUJUAN PERUSAHAAN Tujuan perusahaan pada akhirnya adalah untuk memberikan layanan yang terbaik kepada stock holders perusahaan. MISI 1.VISI Menjadi mitra yang handal dan terpercaya dalam bidang jasa konsultan keselamatan dan kesehatan kerja (K3) dengan senantiasa mengedepankan kualitas. Jasa Pelatihan berbasis Kompetensi di bidang K3 3 . Memberikan Totalitas Pelayanan Kepada Pelanggan dalam meningkatkan kinerja. Akademisi dan Praktisi yang berpengalaman dalam memberikan PEMBINAAN K3 merupakan poin terpenting dan menjadi nilai lebih kami sebagai perusahaan K3 bidang pembinaan yang professional berbasis pada akademik dan praktisi. 5. sehingga dapat menurunkan tingkat kerugian (loss). Jaminan kualitas nyata yang kami berikan kepada setiap klien. Tugas yang kami laksanakan adalah menangani berbagai kegiatan yang berkaiatan dengan bidang jasa konsultan keselamatan dan kesehatan (K3) MANFAAT Membantu perusahaan dalam mencari solusi dan menyelesaikan berbagai permasalahan K3 di tempat kerja.

pengendalian. Dengan demikian. Penetapan wewenang dan tanggung jawab mencakup penjelasan-penjelasan mengenai bagaimana dan kepada siapa wewenang dan tanggung jawab atas semua aktivitas perusahaan dibebankan dan memungkinkan setiap karyawan untuk mengetahui bagaimana tindakannya saling berhubungan dengan karyawan lainnya agar tercipta suatu kerja sama dalam usaha mencapai tujuan perusahaan. h. d.globalindah@yahoo. Sutami Jebres.globalindahindonesia. i.id STRUKTUR ORGANISASI PERUSAHAAN Struktur organisasi merupakan salah satu gambaran yang memperlihatkan aspek . serta setiap karyawan jelas akan bertanggung jawab atas hal apa. terarah. dan terawasi karena struktur organisasi dapat menyediakan kerangka kerja yang menyeluruh atas perencanaan.com Web : www. Pelatihan Ahli K3 Umum Pelatihan Ahli K3 Kimia Pelatihan Ahli Muda K3 Konstruksi Pelatihan SMK3 Pelatihan K3 Tehnisi Listrik Pelatihan Operator Pesawat Uap Pelatihan Operator Generator dan Turbin Pelatihan Operator Pesawat Angkat Angkut Pelatihan Juru Ikat Pelatuhan Petugas Pemadam Kebakaran (Kelas C dan D) Pelatihan Operator/Supervisor Perancah dan lainnya : Alamat Jl. struktur organisasi yang baik penting sekali bagi pengendalian intern perusahaan.a. c. j.Surakarta Telp: 0761-28493. Tiap perusahaan mempunyai struktur organisasi yang biasanya ditunjukka dalam suatu bagan organisasi yang secara tepat memperlihatkan garis wewenang dan 4 . pelaksanaan. Melalui struktur organisasi yang baik. Ir. Fax: 0761-28493 Kontak: AJENG Posisi: HUMAN RESOURCH DEVELOPMENT (HRD) Email : pt. f. k. dan pemantauan aktivitas suatu perusahaan. semua aktivitas dapat dilaksanakan secar efektif. l.aspek penting dari suatu perusahaan yang meliputi wewenang dan tanggung jawab masing-masing fungsi dalam perusahaan yang berkontribusi terhadap kemampuan suatu perusahaan untuk memenuhi tujuan.co. b. e. g.

Merumuskan dan menetapkan program kerja dan kebijakan umum yang diperkirakan sebagai pedoman dalam menjalankan perusahaan. b. f. GLOBAL INDAH adalah sebagai berikut: Uraian Tugas dan Wewenang Uraian tugas dan wewenang masing-masing bagian dalam perusahaan adalah sebagai berikut: 1. Bentuk struktur organisasi PT. 5 . Menyetujui atau mengadakan perubahan terhadap anggaran yang diajukan oleh manager. Direktur Tugas dan wewenang Direktur adalah: a. 1.hubungan pelaporan. Kepala Surveyor  Mengkoordinir kegiatan team dalam melakukan survey topografi dan bathimetri serta mengumpulkan data primer. Oleh karena itu. struktur organisasi berbeda-beda pada setiap perusahaan tergantung pada ukuran perusahaan dan sifat dari aktivitasnya. Mewakili perusahaan baik di dalam maupun di luar perusahaan. Bertanggung jawab sepenuhnya atas kegiatan operasional perusahaan sehari-hari dan perkembangan perusahaan secara keseluruhan.  Mengarahkan dan memberi petunjuk kepada surveyor topografi dan bathimetri dalam pelaksanaan kegiatan lapangan. e. Tenaga Ahli Tugas Tenaga ahli adalah : 2. d. c. Merencanakan dan menetapkan strategi perusahaan untuk mencapai tujuan jangka pendek dan jangka panjang yang ingin dicapai. Secara berkala melakukan evaluasi terhadap pelaksanaan program kerja dan tujuan perusahaan secara keseluruhan serta mempertimbangkan dan mengadakan penyesuaian-penyesuaian yang diperlukan.

d. Bertanggung jawab langsung kepada Direktur. Membuat program kerja terutama mengenai jadwal perekrutan tenaga kerja baru dan jadwal pelatihan ketrampilan. Menanggapi dan menyelesaikan masalah yang timbul seputar kepegawaian. Sekretaris Tugas dan tanggung jawabnya adalah: a. briefing. Melakukan kegiatan korespondensi (surat-menyurat). Memastikan keselamatan kerja memenuhi persyaratan EHS hukum. HSE (Health Safety Environment) Tugas dan wewenang HRD adalah: a. b. Menandatangani bukti-bukti pengeluaran dan penerimaan uang d. Membuat laporan keuangan perusahaan secara berkala sehingga dapat diperiksa bila diperlukan c. c. c. Melakukan inspeksi situs keamanan rutin dan tindak lanjut. HRD (Human Resourch Development) Tugas dan wewenang HRD adalah: a. Bertanggungjawab atas administrasi keuangan perusahaan b. Bertanggung jawab kepada General Manager. e. serta menyimpan arsip dan perjanjian-perjanjian penting perusahaan. Melakukan Diklat keamanan rutin. c. Melakukan dan menyajikan temuan keselamatan bulanan. f. dll.  Memeriksa data lapangan dan membantu melakukan analisis data pengukuran. Membantu penyelidikan insiden.  Bertanggung jawab terhadap hasil pekerjaan topografi. Koordinasi dalam penentuan referensi yang digunakan dengan direksi pekerjaan. Mengevaluasi prestasi karyawan. b. d. e. a. g. Menerapkan dan mempromosikan program EHS. 4. Bendahara Tugas dan wewenang bendahara antara lain : 6. 5. Menerima dan menyimpan uang milik perusahaan 6 . b. 3. Menyusun agenda kegiatan sehari-hari Direksi. Membuat anggaran biaya dari program kerja. Melaksanakan penilaian risiko dan kontrol pada kegiatan situs.

74. SH. SH 7. Robertinus Silalahi. M Sidit. DR. Ir. Drs. Suyanto. MS 3. Dr. MM 5. Tri Oemar.1008-1228 − Akta Notaris : H Rakhmat Syamsul Rizal. 025 / DJPKK / PJK3 – LAT / V / 2010 tentang Penunjukan Perusahaan Jasa Keselamatan dan Kesehatan kerja / PJK3 Jasa Kegiatan − Pelaksanaan Pembinaan dan Pelatihan di bidang Keselamatan dan Kesehatan kerja Wilayah Kegiatan − Seluruh wilayah Negara Kesatuan Ripublik Indonesia (NKRI) Para Profesionalisme Facilitator Kami 1. Dr. Dr. 7 . Membuat laporan laba rugi. Membuat laporan pembelian dan penjualan baik tunai maupun kredit k.942.000 Bank : Mandiri Cabang Surakarta Jl.Ir Sutami. Teguh Santoso.e. neraca dan perubahan modal perusahaan j. MM 6. SKM. A Baktiar.7-011. Dwi Susanto. Membuat sistem pembukuan perusahaan i. MM 8. Ir. Hanif Tri SM 4. Mencatat dan membayat gaji/upah setiap karyawan h. MKK. MBA 10. SH. H Amin B. SH. 22 /2007 Ijin Penunjukan Perusahaan − Keputusan Direktur Jenderal (Dirjen) Pembinaan Pengawasan Ketenagakerjaan DEPNAKERTRAS RI NO . MM 9. GLOBAL INDAH NPWP : 02. Mengeluarkan uang sesuai dengan keperluan berdasar kan persetujuan direktur utama f. MM No. Mencatat setiap penerimaan dan pengeluaran perusahaan g. No. INFORMASI TAMBAHAN THS (Technology Health & Safety Services) adalah brand servies of PT. Rekening : 070-00-0607631-4 − TDY : 08-31.02.671. Prof . Candra Gunawan. SpOK 2.

……………… 8 ....……………….

…………………………. semoga bapak berkenan mengabulkannya. Bapak Walikota Solo Cq. Diketahui : Lurah/ Kepala Desa Pemohon. Sambeng Kab.000.. H Umur : 19 Tahun Pekerjaan : Mahasiswa Alamat : Ds.. 3. Perekonomian diSurakarta SURAT PERMOHONAN Saya yang bertanda tangan dibawah ini : Nama : Ariska Mei N.Candisari Kec. Kabag. Lampiran : 9 .Lamongan – Jawa Timur Dengan ini saya mengajukan permohonan diatas kertas bermatrai Rp. Adm.. terima kasih.Kelurahan ……………….Nomor Lampiran Perihal : : : Permohonan Izin Tempat Usaha (SITU) Kepada Yth.Kecamatan……………………Kemudian saya berjanji kepada Bapak. ……. Demikian permohonan ini saya ajukan. yang mana maksudnya ialah meminta Surat Izin Tempat Usaha (SITU) : Nama Tempat Usaha : Bidang Usaha : PT. R. kehadapan bapak. akan mematuhi segala ketentuan/ peraturan dan petunjuk yang diberikan atas usaha yang akan saya kelola. GLOBAL INDAH PERUSAHAAN JASA K3 Yang terletak di : ……………. Untuk pertimbangan Bapak lebih lanjut bersama ini saya lampirkan 1 (Satu) berkas persyaratan.

5. Akte Notaris Surat Izin Usaha Perdagangan(SIUP) Kabupaten / Kota Surat Keterangan DomisiliPerusahaan Bukti NPWP dari Kabupaten Data Wajib Lapor Ketenagakerjaan 10 .1. 2. 3. 4.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful