You are on page 1of 19

2011

Unified Modeling Language
Metode Perancangan Program

Kelompok 10: Andika Nugraha Alfred Mansel Daniel Sidarta Marcell Bonfilio (1401094756) (1401095506) (1401096433) (1401094850)

http://contoh.in

Bina Nusantara University 12/20/2011

Diagram yang akan dibahas pada makalah ini yaitu Class diagram. seiring berjalannya waktu UML juga terus dikembangkan oleh para desainer-desainer yang menguasai bidang ini dan beberapa desainer memiliki pemikiran yang berbeda dalam menerapkan UML.Pendahuluan Unified Modeling Language (UML) adalah bahasa standar untuk menulis rancangan peranti lunak. dan mendokumentasikan sistem peranti lunak. UML dapat digunakan untuk memvisualisasikan. 1 http://contoh. Sequence diagram. membuat spesifikasi. Akhirnya ada beberapa dasar teori UML yang memiliki perbedaan. membangun. dan Collaboration diagram. Use case diagram. di mana UML ini merupakan bahasa yang dapat menghubungkan pemikiran terutama rancangan yang diinginkan oleh client dengan desainernya.in . Dalam makalah ini penulis menyajikan deskripsi masingmasing diagram per teori disertai contoh masing-masing diagram. Maka dalam makalah ini penulis ingin membahas mengenai diagram-diagram UML berdasarkan teori-teori dari perancang UML terkenal. Di kehidupan nyata saat ini UML sangat berguna terutama dalam membangun sebuah sistem. Namun. Activity diagram.

in . Contoh class diagram : Pelanggan -uang : int -pesanan : string 1 1 Outlet 1 1 1 1 Mesin kasir -uang : int -struk : string Kasir Dapur -stok makanan : string -stok minuman : string Gambar 1. Class diagram yang memasukan kelas aktif menangani sudut pandang proses sistem secara statik.1. Class diagram digunakan dalam melihat sudut pandang sistem secara statik. class diagram menampilkan kumpulan kelas-kelas. & Jacobson a. dan kolaborasi dan hubungan mereka. Diagram ini adalah diagram yang paling umum ditemui pada pemodelan sistem berorientasi objek. Teori Booch.1: Class Diagram 2 http://contoh. antarmuka. Class Diagram Menurut teori Booch .a. Rumbaugh.

Gambar 1. Use Case Gambar 1. Use Case Diagram Menurut teori Booch. Aktor digambarkan menyerupai orang.b. «extends» Gambar 1.b.in . use case diagram adalah kumpulan gambaran relasi antara use case dengan aktor.1: Aktor Aktor adalah segala sesuatu yang berinteraksi dengan use case.b.4: Extend Extend digunakan untuk menetapkan bahwa use case yang dituju memperpanjang perilaku dari sumber use case .b. <<include>> 3 http://contoh. Diagram ini sangat penting untuk mengorganisasi suatu sistem.3: Communicate Communicate adalah garis yang menghubungkan antara aktor dengan use case. Use case digambarkan menggunakan elips. Actor Gambar 1. Diagram ini sangat penting dalam mengorganisasi dan pemodelan perilaku suatu sistem. Use case diagram digunakan untuk melihat sudut pandang sistem secara statik.b.2: Use case Use case adalah deskripsi dari sekumpulan urutan tindakan.

in .b.b.Gambar 1. Contoh use case diagram : System Pemesanan Makanan Restoran Siap Saji Memesan makanan Menyiapkan makanan Pelanggan Kasir Melakukan pembayaran Mengambil makanan Gambar 1.6: Use Case Diagram 4 http://contoh.5: Include Include digunakan untuk menetapkan bahwa use case awal secara eksplisit menggabungkan perilaku dari use case yang ditunjuk oleh use case awal.

in .c. tapi juga merepresentasikan contoh dari objek lainnya. komponen.c. Objek umumnya dinamai atau anonim dari kelasnya. contohnya kolaborasi. Contoh sequence diagram : Proses Memesan Makanan : Pelanggan Menyapa pelanggan Menanyakan Pesanan : Kasir : Mesin kasir Memesan makanan Mendata pemesanan Gambar 1. sequence diagram adalah diagram interaksi yang menekankan pada pengiriman waktu pesan. dan simpul.1: Sequence Diagram 5 http://contoh. Sequence Diagram Menurut teori Booch. Sequence diagram menunjukan sekumpulan objek dan pesan yang dikirim dan diterima oleh objeknya.

Proses Menyiapkan Makanan : Pelanggan : Kasir Menyiapkan makanan Menyediakan makanan Menyajikan makanan : Dapur Gambar 1.2: Sequence Diagram Proses Melakukan Pembayaran : Pelanggan : Kasir Menginput pesanan Menampilkan total biaya Menghitung total biaya : Mesin kasir Menginformasikan total biaya Membayar Menginput uang pelanggan Menghitung kembalian Menampilkan jumlah kembalian Mencetak struk Mengambil uang kembalian Memberikan uang kembalian & struk Mengambil uang kembalian & struk Gambar 1.in .c.3: Sequence Diagram 6 http://contoh.c.

Proses Pengambilan Makanan : Pelanggan : Kasir Mengambil Makanan Gambar 1. Objek biasa dinamai atau anonim dari kelasnya. hubungan antara objek dan pesan yang dikirim dan diterima oleh objek.c.in .4: Sequence Diagram d. Collaboration Diagram Menurut teori Booch.1 M en : Mesin Kasir 7 http://contoh. Contoh collaboration diagram : Proses Memesan makanan 1: Menyapa pelanggan 2: Menanyakan pesanan 3: Memesan makanan : Pelanggan ta da pe m a es na n : Kasir : 3. collaboration diagram adalah diagram interaksi yang menekankan pada struktur organisasinya dari objek yang dikirim dan diterima oleh pesan. Collaboration diagram terdiri dari objek.

in .1: Men ena lkan tak 3 : i e 6 1: M mp enc .3: Collaboration Diagram 8 http://contoh.1 Gambar 1.Gambar 1.d. na M 2 e 5: :M 4.d.2: Menginformasikan total biaya 7: Memberikan uang kembalian & struk 3: Membayar 8: Mengambil uang kembalian & struk : Pelanggan : Kasir 2: Menghitung total biaya 4: Menghitung kembalian : Mesin kasir n n na ga sa lang lian pe e a ut g p b ya an np uan kem l bia bali gi en ut ng ta m M inp il ua n to h ke 1: ng b ilka la k e u M gam mp jum str .1: menyajikan makanan : Pelanggan n na ka anan a k nm a ka an m p yia ak en yedi M 1: Men 2: : Kasir : Dapur Gambar 1.2: Collaboration Diagram Proses Melakukan Pembayaran 2.d.1: Collaboration Diagram Proses Menyiapkan Makanan 2.

d.Proses Pengambilan Makanan 1: Mengambil makanan : Pelanggan : Kasir Gambar 1. Mereka biasanya penting dalam pemodelan fungsi dalam sistem dan menekankan pada kontrol aliran di antara objek.4: Collaboration Diagram e. activity diagram adalah diagram yang merupakan bentuk lain dari statechart diagram yang menunjukan aliran dari aktivitas ke aktivitas lainnya dalam sebuah system. Activity diagram menangani sudut pandang sistem secara dinamis. Activity Diagram Menurut teori Booch.in . Contoh activity diagram : 9 http://contoh.

e: Activity Diagram 10 http://contoh.Pelanggan Kasir Mesin Kasir Dapur Menyapa customer Menanyakan pesanan Memesan makanan Mendata pemesanan Menyiapkan makanan Menyediakan makanan Menyajikan makanan Menginput pesanan Menghitung total biaya Menginformasikan total biaya Menampilkan total biaya Membayar Menginput uang pelanggan Menghitung kembalian Menampilkan jumlah kembalian Mengambil uang kembalian Mencetak struk Memberikan uang kembalian dan struk Mengambil uang kembalian & struk Mengambil makanan Gambar 1.in .

Detail berikutnya dapat menambahkan hak akses public atau private pada atribut dan operasi. Use case diagram adalah aktor eksternal di dalam konteks suatu sistem. dan lainnya. class diagram adalah sekumpulan kelas dan hubungan timbal balik struktural. seperti one to one. Use Case Diagram Menurut teori Mathiassen. Tingkat kedetilan perlu dibuat sesuai kebutuhan. Teori Lars Mathiassen a.b. dan hubungan timbal balik struktural.in . Contoh class diagram: sama dengan teori Booch. Detail berikutnya dapat ditambahkan stereotype. Class diagram memiliki tingkat kedetilan. kemudian dapat menambahkan jenis tipe atribut dan operasi parameter. b. Kumpulan use case dalam suatu sistem disebut use case group.1: Actor 11 http://contoh. use case yang didukung oleh sistem. one to many. Class diagram dapat ditambahkan detail dengan menambahkan atribut dan operasi. Dapat juga berisi perumpaan dalam bentuk objek dan tautan. Biasanya use case dijadikan satu grup karena relasinya terhadap sistem. Associations dan aggregations dapat memiliki hubungan banyaknya objek. «actor» Actor Gambar 2. Class Diagram Menurut teori Mathiassen.2. Semua Aggregation dideskripsikan sebagai logical.

Setiap use case dapat memungkinkan terjadinya beberapa kemungkinan akibat interaksi antara aktor dan sistem.2: Alternative Actor Use case group Gambar 2.in .b.3: Kumpulan dari use case Aktor dan use case adalah dua elemen utama di dalam deskripsi.Gambar 2.b. 12 http://contoh.

Sequence diagram mendeskripsikan interaksi antara beberapa objek dalam kurun waktu tertentu.b: Use case diagram c. Lifeline sebuah objek ditunjukan dengan batang. Sequence Diagram Menurut teori Mathiassen. Di dalam sequence diagram.Contoh use case diagram: System Pemesanan Makanan Restoran Siap Saji Memesan makanan Menyiapkan makanan «actor» Pelanggan «actor» Kasir Melakukan pembayaran Mengambil makanan Gambar 2. garis horizontal menunjukan partisipasi objek dan garis vertical menunjukan urutan / sequence dalam waktu. Interaksi ditunjukan dengan pesan yang saling dikirim oleh objek. 13 http://contoh.in . Sequence diagram menitik beratkan pada waktu atau pada hubungan antar objek. sequence diagram adalah interaksi dari waktu ke waktu antara sekumpulan objek.

Activity diagram dapat menggambarkan aktivitas-aktivitas yang dilakukan secara bersamaan 14 http://contoh. Dalam sebuah activity diagram semua pernyataan adalah aktivitas dan transisi antar aktivitas tersebut terjadi karena aktivitas tersebut telah selesai dijalani. Keuntungan dari activity diagram ini adalah: Activity diagram dapat memunculkan berbagai kemungkinan yang dapat terjadi kemudian kondisi yang memungkinkan barulah diambil. activity diagram adalah diagram yang mirip dengan state diagram namun lebih memfokuskan dengan pernyataan yang ada dan transisi dari pernyataan tersebut. Activity diagram biasanya digunakan untuk menunjukkan sebuah aliran internal dalam sebuah proses misalnya alur kerja dalam sebuah organisasi atau menjelaskan secara terperinci bagaimana sebuah operasi dapat berlangsung. Activity Diagram Menurut teori Carol.Contoh sequence diagram: sama dengan teori Booch. Activity diagram merupakan cara yang paling efektif untuk menunjukkan pengerjaan suatu operasi. 3. Teori Carol Britton a.in .

a.1: Simbol-simbol dalam activity diagram Contoh Activity diagram: sama dengan teori Booch. Hal ini menunjukkan bahwa sebenarnya antara kelas yang satu dengan yang lain memiliki hubungan. Di dalam collaboration diagram terdapat pesan di antara objek yang satu dengan objek yang lain. collaboration diagram adalah diagram yang menyerupai sequence diagram namun memiliki perbedaan yang spesifik yaitu tidak adanya timeline dalam colaborration diagram. Contoh collaboration diagram: 15 http://contoh. Collaboration Diagram Menurut teori Carol.in .Gambar 3. b.

1 : nda Me ta nan esa pem : Kasir : Mesin Kasir Gambar 3.e.in .2: Collaboration diagram 16 http://contoh.1: menyajikan makanan : Pelanggan «actor» an kan nan ma a kan n mak iap a eny ediak 1: M eny 2: M : Kasir «actor» : Dapur Gambar 3.1: Collaboration diagram Proses Menyiapkan Makanan 2.e.Proses Memesan makanan 1: Menyapa pelanggan 2: Menanyakan pesanan 3: Memesan makanan «actor» «actor» : Pelanggan 3.

1 enga ampil jumla uk 6: M : Men ilkan ak str 2.2: Menginformasikan total biaya 7: Memberikan uang kembalian & struk 3: Membayar 8: Mengambil uang kembalian & struk : Pelanggan «actor» : Kasir «actor» 2: Menghitung total biaya 4: Menghitung kembalian : Mesin kasir nan an esa langg e ut p an inp ang p mbali a ng t u e ay ke n 1: M ginpu uang otal bi balia n m il an t e mb e k :M hk 3.Proses Melakukan Pembayaran 2.e.e.in .3: Collaboration diagram Proses Pengambilan Makanan 1: Mengambil makanan : Pelanggan «actor» : Kasir «actor» Gambar 3.1 Gambar 3.4: Collaboration diagram 17 http://contoh.1 namp encet e :M 5: M 4.

(2000). M... Mathiassen. I. J.. & Doake. L. & Jacobson. C. P. Marko Publishing.in . A. J. 18 http://contoh.Bibliography Booch. Burlington: Elsevier. (1999). Britton. Massachusetts: Addison Weslev. & Stage. (2005). The Unified Modeling Language User Guide. Object Oriented Analysis and Design... A. Rumbaugh. G.. A Student Guide to Object Oriented Development. Madsen. Nielsen. J.