LAPORAN TUTORIAL BLOK 15 SKENARIO B

Grup 12
Tutor : dr. Dwi Handayani
Didi Kurniawan Tasya Beby Tiara Arini Dwi Yulian Dita Nelly Nevira Gieza Ferrani Anggun Permata Sari Arzi Larga Guhpta Putri Natasia Kinsky M. Komarul Hakim Previnder Singh Zarrif Fahim Dhatchaayiny Chelvam 04101401006 04101401017 04101401025 04101401026 0410140103 4 04101401037 04101401038 04101401064 04101401069 04101401133 04101401134 04101401135

Fakultas Kedokteran Universitas Sriwijaya

Januari 2013 Penulis . Allah SWT. 3. bimbingan dan saran. Teman-teman sejawat dan seperjuangan. Dr. Pada kesempatan ini. dan pengikutnya hingga akhir zaman. Nabi Besar Muhammad SAW beserta para keluarga. Penulis menyadari bahwa laporan tutorial ini jauh dari sempurna. Shalawat beriring salam selalu tercurah kepada junjungan kita. penulis ingin menyampaikan rasa hormat dan terima kasih kepada : 1. Dalam penyelesaian laporan tutorial ini. 4.KATA PENGANTAR Puji syukur penulis haturkan kehadirat Allah SWT atas rahmat dan karunia-Nya penulis dapat menyelesaikan laporan tutorial skenario B blok 15 sebagai tugas kompetensi kelompok. penulis banyak mendapat bantuan. Oleh karena itu penulis mengharapkan kritik dan saran yang bersifat membangun guna perbaikan di masa mendatang. Semua pihak yang membantu penulis. Dwi handayani selaku tutor. 5. 2. Palembang. sahabat. Semoga Allah SWT memberikan balasan pahala atas segala amal yang diberikan kepada semua orang yang telah mendukung penulis dan semoga laporan tutorial ini bermanfaat tidak hanya untuk penulis tetapi juga untuk orang lain dalam perkembangan ilmu pengetahuan di masa yang akan datang. Kedua orang tua yang memberi dukungan materil maupun spiritual.

Tercapainya tujuan dari metode pembelajaran tutorial dan memahami konsep dari skenario ini. . Pada kesempatan ini dilaksanakan tutorial studi kasus sebagai bahan pembelajaran untuk menghadapi tutorial yang sebenarnya pada waktu yang akan datang. Penulis memaparkan kasus yang diberikan mengenai Tn.BAB I PENDAHULUAN 1.2 Maksud dan Tujuan Adapun maksud dan tujuan dari materi praktikum tutorial ini. yaitu : 1. Abu. petani. Dapat menyelesaikan kasus yang diberikan pada skenario dengan metode analisis dan pembelajaran diskusi kelompok. dibawa k UGD RS Ernaldi Bahar karena meresahkan keluarga dan pernah mencoba untuk bunuh diri (tentamen suicidum). 1. 2. 30 tahun. Sebagai laporan tugas kelompok tutorial yang merupakan bagian dari sistem pembelajaran KBK di Fakultas Kedokteran Universitas Sriwijaya Palembang. 1 Latar Belakang Blok Psikiatri adalah blok 15 pada semester 5 dari Kurikulum Berbasis Kompetensi (KBK) Pendidikan Dokter Umum Fakultas Kedokteran Universitas Sriwijaya Palembang. 3.

Alat komunikasi dinonaktifkan. Tn. Satu tahun yang lalu ia mengeluh selalu mendengar suara seperti ada orang yang mengobrol dan kadang mengomentari dirinya. Tidak diperbolehkan makan dan minum.2 Skenario B Blok 16 tahun 2012/2013 Tn. Dalam 1 tahun . kadang menangis tanpa sebab. Tidak diperkenankan meninggalkan ruangan selama proses tutorial berlangsung. Abu. Kemudian suara ini makin mengganggu dan memerintahkan untuk melakukan sesuatu dan dia tak kuasa untuk menolaknya. makin mengisolasi diri dan tak ada interakdi sosial sama sekali. 2. 4. 30 tahun. 7 Januari 2013 Rabu. 9 Januari 2013 Peraturan tutorial : 1. petani. Keluarganya menyatakan bahwa mulai terdapat perubahan perilaku sejak 3 tahun yang lalu.BAB II PEMBAHASAN 2. Dwi Handayani : Didi Kurniawan : Previnder Singh : Anggun Permata Sari : Senin. ditandai dengan secara berangsur-angsur menarik diri dari pergaulan dan lebih suka mengurung diri di dalam kamar sepanjang hari. Seminggu yang lalu suara tersebut memaksanya untuk melukai dirinya sendiri. Abu sering sedih. 3. 2. Kepribadian premorbid mengarah ke skizoid dan pada umur 20 tahun menjadi makin nyata. Semua anggota tutorial harus mengeluarkan pendapat dengan cara mengacungkan tangan terlebih dahulu dan apabila telah dipersilahkan oleh moderator. padahal orangnya tidak ada.1 Data Praktikum Tutorial 2 Tutor Moderator Notulis Sekretaris Waktu : dr. dibawa k UGD RS Ernaldi Bahar karena meresahkan keluarga dan pernah mencoba untuk bunuh diri (tentamen suicidum).

kadang menangis. kalimat yang diucapkan kacau dan sukar dimengerti. Tanda-tanda autisme jelas terlihat dan tak ada gejala ambivalensi pada saat pemeriksaan. dan sulit untuk menjawab pertanyaan. f. ada riwayat skizofrenia dalam keluarga da taraf kecerdasan normal. Tentamen suicidium b. Pemeriksaan fisik tak ada kelainan 2. emosional dan tingkah laku Interaksi sosial : hubungan timbal balik antara individu dengan kelompok atau sebaliknya Mendengar suara padahal : halusinasi pendengaran.3 Klarifikasi Istilah a. dan okupasi pada orang dewasa Stresor : stimulus/ peristiwa yang menimbulkan respon stres pada organism Autisme : bahan pikiran yang berasal dari dalam diri sendiri hingga orang tersebut mempunyai dunianya sendiri Skizofrenia : gangguan kejiwaan yang mempengaruhi fungsi otak. Premorbid c. d.tetapi belum tentu. h. psikologi. GAF scale sekitar 20-11 saat pemeriksaan (saat ada upaya bunuh diri menurun sampai 10-0). dan kadang menolak untuk bicara sama sekali. i. orangnya tidak ada berupa halusinasi yang berkomentar terus-menerus terhadap perilaku pasien . tak ada stresor dalam 1 tahun terakhir. taj begitu jelas. agak malu-malu\ Skizoid : gangguan kepribadian berupa pelepasan diri dari lingkungan sosial yang ditandai dengan ekspresi emosi yang tidak terbatas Ambivalensi : adanya sikap emosi ide ataupun harapan yang bertentangan terhadap 1 objek yang sama secara bersamaan GAF scale : Global Assesment of Functioning yang merupakan sesuatu scala numerik yang digunakan untuk menentukan fungsi dari sosial. g. Informasi Tambahan Terdapat riwayat perkawinan yang baik. : suatu tindakan untuk mencoba membunuh diri : kepribadian yang khas. kurang bisa mengurus diri dan tak dapat mengerjakan pekerjaan sehari-hari. Jawaban hanya sepatah dua kata saja. Pada autoanamnesis tampak pasien terlihat diam dan tak banyak bergerak. e. bicaranya terbatas.fungsi normal kognitif. j.kurungan.terakhir kemunduran makin hebat. Menurut keluarga tak ada stressor yang memicu perubahan perilaku ini. tanda mayor skizofrenia.

padahal orangnya tidak ada. makin mengisolasi diri dan tak ada interakdi sosial sama sekali e. yang memerintahkan Tn.sulit untuk menjawab pertanyaan . Tn. Abu. Pada autoanamnesis tampak pasien terlihat: . Abu dapat disebabkan oleh halusinasi auditorik yang mengganggu.kadang menangis .tidak ada gejala ambivalensi . Kepribadian premorbid mengarah ke skizoid dan pada umur 20 tahun menjadi makin nyata. 30 tahun. Mencoba bunuh diri ini dapat juga diakibatkan oleh command halusinasion. Abu . Abu untuk menghilangkan halusinasi ini yaitu dengan cara bunuh diri. yang merupakan salah satu manifestasi dari pertahanan imatur schizofrenik. Dalam 1 tahun terakhir kemunduran makin hebat. dan menangis tanpa sebab. tak ada stresor dalam 1 tahun terakhir. petani datang ke RS Ernaldi Bahar dengan keluhan pernah mencoba bunuh diri dan meresahkan keluarganya serta sering sedih.tanda autisme tampak terlihat . ada riwayat skizofrenia dalam keluarga da taraf kecerdasan normal. Keluarganya menyatakan mulai terdapat perubahan perilaku sejak 3 tahun yang lau ditandai dengan secara berangsur-angsur menarik diri dari pergaulan dan mengurung diri dalam kamar sepanjang hari c.jawaban hanya sepatah dua kata saja.diam dan tak banyak bergerak . b. 2.kadang menolak untuk bicara sama sekali .2. GAF scale sekitar 20-11 saat pemeriksaan (saat ada upaya bunuh diri menurun sampai 10-0).4 Identifikasi Masalah a. kurang bisa mengurus diri dan tak dapat mengerjakan pekerjaan sehari-hari. kalimat yang diucapkan kacau dan sukar dimengerti.menurut keluarga tidak ada stresor g. Satu tahun yang lalu ia mengeluh selalu mendengar suara seperti ada orang yang mengobrol dan kadang mengomentari dirinya.5 Analisis Masalah 1. mungkin cara Tn. Informasi Tambahan Terdapat riwayat perkawinan yang baik. f. Apa saja faktor-faktor yang bisa membuat seseorang terpacu untuk bunuh diri? Bunuh diri dalam kasus Tn. tak begitu jelas . Seminggu yang lalu suara tersebut memaksanya untuk melukai dirinya sendiri d. bicaranya terbatas. Kemudian suara ini makin mengganggu dan memerintahkan untuk melakukan sesuatu dan dia tak kuasa untuk menolaknya.

arga 5. autisme pada penderita skizofrenia dapat disebabkan oleh maladaptasi yang mengakibatkan disorganisasi kepribadian. zarif. yaitu hilangnya inisiatif untuk melakukan sesuatu.Tak dapat mengerjakan pekerjaan sehari-hari Gejala-gejala diatas merupakan manifestasi dari negative symptoms. sehingga area yang melebar tersebut diisi dengan caira cerebrospinal dan dapat mengganggu perkembangan otak. Bagaimana hubungan usia.putri 2. Menarik diri dari lingkungan merupakan salah satu negative symptom yang disebabkan oleh adanya gangguan pada sistem neurotransmitter.gieza. Ini mungkin dapat disebabkan oleh abnormalitas pada sistem neurotransmitter.jenis kelamin.arini. Jawab:arini. Abu. pekerjaan dan keluhan yang dialami? 75% penderita skizofrenia sudah mulai memperlihatkan gejala nya sejak usia 16-25 tahun pada pria. Menurut Teori Adolf Meyer. Bagaimana mekanisme perubahan perilaku 3 tahun yang lalu pada kasus ini? 3 tahun yang lalu Tn. Apa makna Tn. Abu berangsur-angsur menarik diri dari pergaulan dan lebih suka mengurung diri dikamar.putri. Abu sering menangis tanpa sebab pada kasus ini? Jawab:didi. Menurut beberapa penelitian. hal itu disebabkan oleh faktor hormon yaitu estrogen yang bersifat antidopaminergik. gieza. gejala ini merupakan salah satu manifestasi dari fase prodormal berupa autisme yang sedang dialami Tn.untuk bunuh diri. Abu mulai menimbulkan gejala: . Jawab : dita. Abu yang mendorongnya untuk mencoba bunuh diri.anggun.previnder 3. terutama regulasi dopamin yang mengakibatkan terjadinya aktivitas hypodopaminergik pada sistem mesokortikal. Faktor anatomis berupa pelebaran ventrikel otak. Jawab: tasya. terutama regulasi dopamin. Dalam kasus ini masalah pekerjaan dan pengaruh sosial ekonomi dapat menjadi faktor pencetus yang mengakibatkan depresi. yaitu aktivitas . ini juga bisa mempengaruhi beratnya gejala pada pria lebih besar dari wanita. termasuk mengurus diri. akibatnya terjadi gangguan terhadap pola pikir Tn.arga. Abu? Satu tahun yang lalu Tn.dutch 4. Apa makna dan mekanisme dari gejala 1 tahun yang lalu yang dialami Tn. dan gejala pada wanita muncul diusia 25-30 tahun.Kurang bisa mengurus diri .kokom.

Halusinasi pendengaran non-organik asal yang paling sering bertemu dengan dalam skizofrenia paranoid. mengejek.dita. Rekan visual mereka dalam penyakit yang non-perasaan berbasis realitas menjadi melihat atau menatap. sehingga ia mengalami keterbatasan dalam mengungkapkan pikiran secara verbal. Distorsi pikiran dan perkembangan otak yang kemungkinan didapat secara genetik juga dapat mempengaruhi persepsi dan olah bahasa Tn. terus makna khusus dalam mendiagnosis kondisi ini. Halusinasi auditori (juga dikenal sebagai Paracusia). Abu.- hypodopaminergik pada sistem mesocortical yang mempengaruhi negative symptoms pada kasus schizophrenia. Gejala-gejala ini juga dapat disebabkan oleh gangguan asosiasi yang mengakibatkan inkoherensi sehingga kalimat yang diucapkan kacau dan sulit dimengerti. Selain itu. pasien itu mendengar suara yang membicarakan. abnormalitas secara anatomis berupa pelebaran ventrikel dan pengisian area yang melebar tersebut dengan carian cerebrospinal dapat mengakibatkan gangguan perkembangan otak. Jawab:tasya. Halusinasi dengar (akustik.didi 6. Abu. menertawakan. miskin kosa kata. . terutama dikaitkan dengan gangguan psikotik seperti skizofrenia atau mania. meskipun banyak orang tidak menderita penyakit mental diagnosa kadang-kadang mendengar suara juga. terutama dari satu atau lebih suara berbicara. Bagaimana klasifikasi daripada halusinasi? Klasifikasi halusinasi sebagai berikut : 1. atau mengancam padahal tidak ada suara di sekitarnya. dan mengakibatkan bicara menjadi terbatas.kokom. auditorik). Bicara terbatas Kalimat yang diucapkan kacau dan sukar dimengerti Bicara terbatas dan kalimat yang diucapkan kacau dan sukar dimengerti dapat disebabkan oleh defisit kognitif pada penyakit skizofrenia yang dialami Tn. sehingga dapat bermanifestasi menjadi gangguan dalam mengerjakan pekerjaan seharihari.

Halusinasi visual yang berhubungan dengan perintah dos organik otak dan penyakit terkait narkoba dan alkohol. ensefalitis. namun mengalami halusinasi visual tidak dengan sendirinya berarti ada gangguan tentu. Bau yang paling umum adalah bau yang tidak menyenangkan seperti daging busuk. dan kelumpuhan dapat terjadi selama tidur. atau abses. kotoran. bau mayat. yang tidak ada sumbernya. bau kemenyan. dan psikologis (misalnya pengalaman bermakna kesadaran). Halusinasi bau / hirup (olfaktori). Banyak gangguan dapat melibatkan halusinasi visual. orang akan mendengar musik bermain di pikiran mereka. juga. Halusinasi pendengaran juga merupakan hasil dari mencoba bangun-inisiasi mimpi jernih. Phantosmia adalah fenomena berbau bau yang tidak benar-benar hadir. . Modalitas yang paling umum disebut ketika orang berbicara tentang halusinasi. Halusinasi lihat (visual). Alasan lain termasuk gangguan pendengaran dan aktivitas epilepsi. pasien itu melihat pemandangan orang. Hal ini dapat disebabkan oleh: lesi pada batang otak (yang sering dihasilkan dari stroke). 2. yang telah diklasifikasikan sebagai psychophysiologic (gangguan struktur otak). asap. psychobiochemical (gangguan neurotransmiter). muntah. mulai dari gangguan psikotik dengan demensia untuk migrain. Halusinasi ini jarang di dapatkan. 3. atau orang lain.Jenis lain dari halusinasi pendengaran termasuk sindrom kepala meledak dan sindrom telinga musik. Ada banyak penyebab yang berbeda. urin. biasanya lagu-lagu mereka yang akrab dengan. Laporan terbaru juga menyebutkan bahwa ini juga mungkin untuk mendapatkan halusinasi musik dari mendengarkan musik untuk waktu yang lama. binatang atau sesuatu yang tidak ada. Pasien yang mengalami mengatakan mencium bau-bauan seperti bau bunga. Ini termasuk fenomena melihat hal-hal yang tidak ada atau persepsi visual yang tidak berdamai dengan realitas konsensus. tumor. Pada yang terakhir.

Jenis lain dari halusinasi menciptakan sensasi taktil input sensorik. simulasi berbagai jenis tekanan pada kulit atau organ lain. Halusinasi singgungan (taktil. Bila rabaab ini merupakan rangsangan seksual halusinasi ini disebut halusinasi heptik. tumor otak. seperti seseorang yang merasa bug merangkak pada mereka (dikenal sebagai formication) setelah periode lama kokain atau menggunakan amfetamin. namun dirasakan berbeda dari bau biasa. Phantosmia juga dapat disebabkan oleh epilepsi mempengaruhi korteks penciuman dan juga diduga mungkin memiliki asal-usul kejiwaan. Jawab:anggun. operasi. Pasien itu merasa (mengecap) suatu rasa di mulutnya Jenis halusinasi biasanya berfokus pada makanan dan umum kepada individu menyajikan persepsi persecutory bersama dengan pengalaman aura epilepsi.previnder 7. walaupun frekuensi halusinasi tersebut tidak jelas. Halusinasi kecap (gustatorik). 6. Halusinasi penciuman juga telah dilaporkan pada migrain. Jenis halusinasi yang sering dikaitkan dengan penggunaan narkoba. 4. Biasanya terjadi bersamaan dengan halusinasi bau / hirup.zarif. robek.dutch. Kasus yang dilaporkan lainnya adalah invasi oleh hewan dalam organ internal seseorang seperti ular di perut atau katak dalam rektum. Individu yang bersangkutan merasa ada seseorang yang meraba atau memukul. kinaestatik). atau disembowelled.Phantosmia sering hasil dari kerusakan pada jaringan saraf dalam sistem penciuman. Kerusakan dapat disebabkan oleh infeksi virus. trauma. dan mungkin terkena racun atau obat-obatan. Phantosmia berbeda dari parosmia. Apa interpretasi dari kepribadian premobid yang mengarah ke skizoid? . di mana bau sebenarnya hadir. Sensasi somatik Umum Umum Sensasi somatik yang bersifat halusinasi yang dialami ketika seseorang merasa bahwa tubuhnya sedang dimutilasi yakni memutar. 5.

anggun d. Abu. zarif.zarif.didi 8. apabila kepribadian premorbid yang mengarah ke skizoid ini ditemukan pada usia yang lebih muda.arga.dutch.dita. Apa makna dan mekanisme dari gejala-gejala berikut : Apus aja nggun analisis ini. Mengapa pada umur 20 th gejala tampak lebih nyata? Jawab:arini.dita. jawabannya digabungin aja sama analisis yang pertanyaannya sama  a.gieza.previnder Bicara terbatas dan kalimat yang diucapkan kacau dan sukar dimengerti dapat disebabkan oleh defisit kognitif pada penyakit skizofrenia yang dialami Tn.kokom c. Distorsi pikiran dan perkembangan otak yang kemungkinan didapat secara genetik juga dapat mempengaruhi persepsi dan olah bahasa Tn.zarif. Kalimat yang dibicarakan kacau dan sukar dimengerti Jawab: anggun. Abu.tasya. Bicara terbatas Jawab:tasya.arga 11.kokom.previnder. Gejala-gejala ini juga dapat disebabkan oleh gangguan asosiasi yang mengakibatkan inkoherensi sehingga kalimat yang diucapkan kacau dan sulit dimengerti. Jawab: anggun. Biasanya gejala premorbid diikuti oleh gejala prodormal dengan fase akut.didi. maka ini dapat memperburuk prognosisnya.putri. gejala-gejala skizofrenia juga dapat dihilangkan. karena dengan menghilangkan stresor.putri b. Bagaimana interpretasi dan mekanisme daripada hasil autoanamnesis? Jawab: arini.arga. 10. Tidak dapat mengerjakan pekerjaan sehari-hari Jawab:arini. dan mengakibatkan bicara menjadi terbatas.dutch. miskin kosa kata.previnder . Kurang bisa mengurus diri Jawab:gieza. dengan tidak adanya stressor dapat mempersulit tatalaksana dan memperburuk prognosis Jawab: tasya. Apa hubungan ada dan tidak adanya stresor dengan keluhan yang dialami? Stressor sebenarnya dapat membantu tatalaksana kasus skizofrenia.Kepribadian premorbid merupakan gejala yang dialami Tn. Kepribadian premorbid yang mengarah ke skizoid dapat disebut juga premorbid tipikal.dutch 9. gieza. Abu sebelum sakit. sehingga ia mengalami keterbatasan dalam mengungkapkan pikiran secara verbal.

Apa etiologi dan faktor resiko nya? Jawab: dita. Apa Diagnosis Banding? Diagnosis Banding Skizofrenia 1. dan penyakit endokrin. dapat berupa post traumatic stress disorder  Beberapa gangguan kepribadian (autisme. Jawab:arini. Organic disorder:  Drug induced psychosis  Temporal lobe epilepsy  Encephalitis  Alcoholic hallucination  Dementia  Derilium yang disebabkan oleh : infeksi. Bagaimana perkembangan kepribadian sesuai dengan kasus ini? Jawab:anggun. gangguan metabolik.anggun.zarif. ADHD)  Panic disorder Jawab:gieza. 30 tahun mengalami gangguan skizoafektif. 60.dutch.kokom. Apa gejala nya? .dutch 16. Bagaimana interpretasi dan mekanisme informasi tambahan ? Jawab: arini.arga. Abu.zarif.1 Gangguan Kepribadian Skizoid o Axis 3 : Tidak ditemukan o Axis 4 : Tidak ditemukan o Axis 5 : GAF score  Saat dalam keadaan mencoba bunuh diri : 10-01  Saat tidak dalam keadaan mencoba bunuh diri : 20-11 WD : Tn. Apa Working Diagnosis dan Penegakan Diagnosis nya? Penegakan diagnosis dengan multiaksial: o Axis 1 : F.didi 14.putri. 25 Gangguan Skizoafektif o Axis 2 : F. Psychiatric condition:  Mania  Psychotic depresion.previnder 17.kokom 15.arga.didi 18.dutch.zarif.didi. Bagaimana klasifikasi skizofrenia? Jawab:dita. penyakit neurologis. Bagaimana Epidemiologi nya? Jawab: anggun.gieza 19.kokom.12.tasya. dengan gangguan kepribadian skizoid dan GAF score saat tidak mencoba bunuh diri 20-11.  Cerebral syphilis 2.dutch.gieza 13.

fungsi sosial. perjalanan penyakit dapat disebabkan oleh abnormalitas secara : 1.didi 20. Makin cepat fase prodormal ditemukan makin buruk prognosis penyakitnya. Disamping gejala gejala yang terjadi pada ketiga fase diatas.Jawab: anggun. halusinasi (terutama halusinasi auditorik dan halusinasi perintah) disertai gangguan afek. Pada fase aktif gejala positif / psikotik menjadi jelas seperti tingkah laku katatonik (tidak ditemukan dalam kasus ini). dapat ditemukan pembesaran ventrikel. Gejala tersebut meliputi : hendaya fungsi pekerjaan. 2.Pada fase prodromal biasanya timbul gejala gejala non spesifik yang lamanya bisa minggu. Bagaimana perjalanan penyakitnya? Perjalanan penyakit Skizofrenia dapat dibagi menjadi 3 fase yaitu fase prodromal. abnormalitas ini dapat berupa aktivitas hypodopaminergik pada sistem mesocortical yang bermanifestasi sebagai negative symptoms. Pemeriksaan MRI dapat menunjukkan abnormalitas pada jaringan neocortical dan area limbik dan saluran penghubung white matter. pendenta skizofrenia juga mengalami gangguan kognitif berupa gangguan berbicara spontan. waham.dutch. fase aktif dan fase residual. hubungan sosial) Selain fase diatas. Hampir semua individu datang berobat pada fase ini. fungsi penggunaan waktu luang dan fungsi perawatan diri.arga. konsentrasi. Perubahan pada area prefrontal berhubungan dengan peningkatan beratnya gejala psychotic. kewaspadaan dan eksekutif (atensi. inkoherensi (dalam kasus ini bermanifestasi sebagai bicara dengan kalimat yang sulit dimengerti dan kacau). Sistem neurotransmitter Abnormalitas pada sistem dopaminergik diperkirakan ada pada penderita skizofrenia. sedangkan aktivitas hyperdopaminergik pada sistem mesolimbik bermanifestasi sebagai positive symptoms. Semakin lama fase prodromal semakin buruk prognosisnya. mereka akan mengatakan telah terjadi perubahan perilaku. Fase aktif akan diikuti oleh fase residual dimana gejala gejalanya sama dengan fase prodromal tetapi gejala positif / psikotiknya sudah berkurang. bila tidak mendapat pengobatan gejala gejala tersebut dapat hilang spontan suatu saat mengalami eksaserbasi atau terus bertahan. Perubahan perubahan ini akan mengganggu individu serta membuat resah keluarga dan teman. Anatomis Abnormalitas ini dapat diperiksa dengan neuroimaging. . mengurutkan peristiwa. bulan ataupun lebih dari satu tahun sebelum onset psikotik menjadi jelas. penurunan volume otak di area medial temporal dan perubahan di hippocampus.

Pada beberapa penelitian terlihat keterlibatan reseptor antagonis glutamat NMDA yang dapat menyebabkan gejala psikotik pada subjek yang sehat.First line : newer atypical antipsychotic. merupakan pilihan terakhir 3. 3. Resistensi insulin dan gangguan metabolik sering terjadi pada populasi skizofrenik yang berhubungan dengan inflamasi.arini. sehingga bila terjadi gangguan pada jalur ini secara otomatis akan terjadi gangguan dalam regulasi dopamin yang bermanifestasi terhadap berbagai perubahan perilaku pada penyakit skizofrenia.didi. sedikit lebih berperan dari rapid tranquilisation. . Jawab:tasya. efek samping lain berupa gejala ekstrapiramidal yang tidak seberat obat lain. tapi Haloperidol masih digunakan Efek samping utama adalah turunnya berat badan. Peningkatan proinflammatory sitokin dapat mengaktivasi jalur kynurenine yang menyebabkan triptophan dimetabolisme menjadi kynurenic dan quidinic acids yang meregulasi aktivitas reseptor NMDA dan terlibat dalam regulasi dopamin. contohnya Resperidone / Olanzapine. dan dapat membahayakan dirinya dan orang lain. Terapi psikososial o Social skills training o Family-oriented therapies o Assertive community treatment (ACT) o Group therapy o Cognitive behavioural therapy . biasanya digunakan untuk pasien yang agresif. Inflamasi dan fungsi imun Fungsi sistem imun terganggu pada penderita skizorenia. Rujuk ke Rumah Sakit Jiwa 2. o Pengobatan lain o Terapi biologis lain o ECT.Depot formulation dipertimbangkan untuk pasien setelah episode akut atau jika tidak ada kemajuan dengan pengobatan .Bezodiazepin. Bagaimana terapi nya? 1. tidak kooperatif. serotonin dan GABA juga mungkin terlibat.Sistem neurotransmitter lain yaitu norepinephrine. Overaktivasi sistem imun dapat menyebabkan overekspresi dari stiokin inflamasi dan alterasi pada struktur dan fungsi otak. Somatic treatment atau terapi biologis o Farmakoterapi .dutch 21.

Abu. terdapat negative symptoms yang menunjukkan penyakit kronis. Apa Prognosis nya? Jawab: dita. Apa KDU nya? Jawab: arini. diberikan terapi psikososial berupa edukasi pada keluarga pasien untuk mendukung pasien dan terapi psikososial lain.tasya. tidak ada faktor pencetus. serta rujuk ke Rumah Sakit Jiwa.previnder 2.o o Individual psychotherapy Vacational therapy Pada kasus Tn.zarif.arga 23.didi) Halusinasi adalah gangguan pencerapan (persepsi) pasca indera tanpa adanyarangsangan dari luar yang dapat meliputi semua system penginderaan di mana terjadi pada saat kesadaran individu itu penuh / baik. 24. Karena terdapat gejala berupa kurangnya inisiatif.6 Hipotesis Tn.zarif. petani mencoba membunuh diri dan meresahkan keluarga karena menderita skizofrenia LI: Skizoprenia (arini. Abu dengan keadaan yang sudah membahayakan dirinya dan meresahkan keluarganya dapat diberikan Benzodiazepin. Jawab:putri. terdapat perilaku autisme dan penarikan diri dari lingkungan sosial.dutch) Halusinasi dan klasifikasinya(anggun. Biasanya kalimat tadi membicarakan mengenai keadaan pasien sedih atau yang dialamatkan pada pasien itu.kokom. Apa komplikasi nya? Jawab:anggun. Bisa pula pasien .dutch.gieza. 30 tahun.dita.zarif. halusinasi yang menetap hingga lebih dari 1 tahun. ada riwayat skizofrenia dalam keluarga.previnder.didi.previnder.kokom) Perkembangan kepribadian(putri. Halusinasi merupakan bentuk yang paling sering dari gangguan persepsi. tapi yang paling sering berupa kata-kata yang tersusun dalam bentuk kalimat yang agak sempurna.gieza.dita.gieza Malam. Akibatnya pasien bisa bertengkar atau bicara dengan suara halusinasi itu. onset pada usia muda.kokom 22.arga. Bentuk halusinasi ini bisa berupa suara-suara yang bising atau mendengung.

atau mengancam padahal tidak ada suara di sekitarnya. orang akan mendengar musik bermain di pikiran mereka. terutama dari satu atau lebih suara berbicara. dan kelumpuhan dapat terjadi selama tidur. Klasifikasi halusinasi sebagai berikut : 6. terutama dikaitkan dengan gangguan psikotik seperti skizofrenia atau mania. atau abses.terlihat seperti bersikap dalam mendengar atau bicara keras-keras seperti bila ia menjawab pertanyaan seseorang atau bibirnya bergerak-gerak. Delirium dan kondisi yang berhubungan dengan penggunaan alkohol dan substansi lingkungan. Laporan terbaru juga menyebutkan bahwa ini juga mungkin untuk mendapatkan halusinasi musik dari mendengarkan musik untuk waktu yang lama. Pada yang terakhir. Halusinasi ini kadang-kadang menyenangkan misalnya bersifat tiduran. Berdasarkan hasil pengkajian pada pasien dirumah sakit jiwa ditemukan 85% pasien dengan kasus halusinasi. terus makna khusus dalam mendiagnosis kondisi ini. biasanya lagu-lagu mereka yang akrab dengan. mengejek. Rekan visual mereka dalam penyakit yang non-perasaan berbasis realitas menjadi melihat atau menatap. Depresi. ensefalitis. Halusinasi pendengaran non-organik asal yang paling sering bertemu dengan dalam skizofrenia paranoid. tumor. Halusinasi dengar (akustik. Jenis lain dari halusinasi pendengaran termasuk sindrom kepala meledak dan sindrom telinga musik. auditorik). . Hal ini dapat disebabkan oleh: lesi pada batang otak (yang sering dihasilkan dari stroke). Menurut May Durant Thomas (1991) halusinasi secara umum dapat ditemukan pada pasien gangguan jiwa seperti: Skizoprenia. Halusinasi auditori (juga dikenal sebagai Paracusia). Sehingga penulis merasa tertarik untuk menulis kasus tersebut dengan pemberian Asuhan keperawatan mulai dari pengkajian sampai dengan evaluasi. ancaman dan lain-lain. menertawakan. juga. meskipun banyak orang tidak menderita penyakit mental diagnosa kadang-kadang mendengar suara juga. Kadang-kadang pasien menganggap halusinasi datang dari setiap tubuh atau diluar tubuhnya. pasien itu mendengar suara yang membicarakan.

muntah. Phantosmia adalah fenomena berbau bau yang tidak benar-benar hadir. Modalitas yang paling umum disebut ketika orang berbicara tentang halusinasi. Phantosmia juga dapat disebabkan oleh epilepsi mempengaruhi korteks penciuman dan juga diduga mungkin memiliki asal-usul kejiwaan. operasi. tumor otak. . Kerusakan dapat disebabkan oleh infeksi virus. kotoran. Ada banyak penyebab yang berbeda. bau mayat. Halusinasi lihat (visual). mulai dari gangguan psikotik dengan demensia untuk migrain. Ini termasuk fenomena melihat hal-hal yang tidak ada atau persepsi visual yang tidak berdamai dengan realitas konsensus. Phantosmia sering hasil dari kerusakan pada jaringan saraf dalam sistem penciuman. namun mengalami halusinasi visual tidak dengan sendirinya berarti ada gangguan tentu. atau orang lain. binatang atau sesuatu yang tidak ada. Banyak gangguan dapat melibatkan halusinasi visual. Bau yang paling umum adalah bau yang tidak menyenangkan seperti daging busuk. di mana bau sebenarnya hadir. Halusinasi pendengaran juga merupakan hasil dari mencoba bangun-inisiasi mimpi jernih. urin. pasien itu melihat pemandangan orang. 7. Halusinasi visual yang berhubungan dengan perintah dos organik otak dan penyakit terkait narkoba dan alkohol. 8. yang tidak ada sumbernya. Halusinasi ini jarang di dapatkan. dan mungkin terkena racun atau obat-obatan. dan psikologis (misalnya pengalaman bermakna kesadaran). namun dirasakan berbeda dari bau biasa. psychobiochemical (gangguan neurotransmiter). Phantosmia berbeda dari parosmia. Halusinasi bau / hirup (olfaktori). yang telah diklasifikasikan sebagai psychophysiologic (gangguan struktur otak). bau kemenyan. Pasien yang mengalami mengatakan mencium bau-bauan seperti bau bunga.Alasan lain termasuk gangguan pendengaran dan aktivitas epilepsi. asap. trauma.

simulasi berbagai jenis tekanan pada kulit atau organ lain.. 9. Bila rabaab ini merupakan rangsangan seksual halusinasi ini disebut halusinasi heptik.. robek. atau disembowelled. Halusinasi kecap (gustatorik).yg dk kirim namony idk ditulis di laporan. seperti seseorang yang merasa bug merangkak pada mereka (dikenal sebagai formication) setelah periode lama kokain atau menggunakan amfetamin. walaupun frekuensi halusinasi tersebut tidak jelas.makasih  .supaya teman2 lebih banyak baco dan ngebantu sekmej buat laporan. Individu yang bersangkutan merasa ada seseorang yang meraba atau memukul.:).maaf juga pembagian analisis dan LI nya banyak. Biasanya terjadi bersamaan dengan halusinasi bau / hirup.amiiinnn. Maaf telat teman2.Halusinasi penciuman juga telah dilaporkan pada migrain.. Perasaan umum bahwa seseorang adalah daging membusuk juga diklasifikasikan jenis halusinasi. Sensasi somatik Umum Umum Sensasi somatik yang bersifat halusinasi yang dialami ketika seseorang merasa bahwa tubuhnya sedang dimutilasi yakni memutar. Kasus yang dilaporkan lainnya adalah invasi oleh hewan dalam organ internal seseorang seperti ular di perut atau katak dalam rektum.. Pasien itu merasa (mengecap) suatu rasa di mulutnya Jenis halusinasi biasanya berfokus pada makanan dan umum kepada individu menyajikan persepsi persecutory bersama dengan pengalaman aura epilepsi.. kinaestatik). Jenis halusinasi yang sering dikaitkan dengan penggunaan narkoba.. Jenis lain dari halusinasi menciptakan sensasi taktil input sensorik. 10... 6. Halusinasi singgungan (taktil.mohon kerja sama dan bantuannya  Kirim LI paling lambat hari rabu jam 9 ya.semoga kito dak maju pleno..

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful