SISTEM INFORMASI MANAJEMEN PERCETAKAN

Proposal Penawaran

X-Ware IT Solution

10

Dengan adanya system ini diharapkan dapat membantu seluruh percetakan di Indonesia dalam mengelola bisnis percetakannya. Dan dengan sistem SMS Gateway yang ada aplikasi SIMPer dapat secara otomatis mengirimkan pesan kepada pelanggan jika pesanan mereka telah selesai. Seluruh Pesanan. dapat menangani berbagai macam permasalahan yang ada. Administrasi. Percetakan dapat melayani pelanggan mulai dari awal pemesanan.2 SISTEM INFORMASI MANAJEMEN PERCETAKAN TENTANG “Sistem Informasi Manajemen Percetakan” X-Ware IT Solution. percetakan baik kecil. menengah maupun besar. Dengan Aplikasi SIMPer. Aplikasi SIMPer juga meliputi administrasi percetakan. Aplikasi ini merupakan solusi terpadu bagi perusahaan percetakan yang ada di Indonesia. Dengan aplikasi SIMPer. merupakan perusahaan yang bergerak dalam bidang solusi software. Bahkan percetakan dapat pula menyimpan database pelanggan. Hal ini tentunya akan memudahkan pemilik dalam mengelola dan mengembangkan percetakannya. Dengan database pesanan dan pengawasan yang baik. Hal ini tentunya akan meningkatkan citra percetakan dimata pelanggan. Pengeluaran akan tercatat dengan baik. merupakan salah satu “Produk Unggulan” kami. akan meminimalisir kesalahan dan keterlambatan dalam proses produksi. jika sewaktu-waktu ada Promosi maka Percetakan dapat mengirimkan SMS Promo kepada pelanggan. Layanan Pelanggan. percetakan dapat membuat Surat Perintah Kerja (SPK) hingga membuat WORKFLOW proses produksi percetakan. produksi. Pemasukan. Jika sewaktu-waktu dibutuhkan pemilik percetakan dapat melihat laporan dalam bentuk grafik ataupun tabel. Sistem Informasi Manajemen Percetakan (SIMPer). hingga pengambilan atau pengantaran pesanan. Dengan satu aplikasi. Produksi. dan membawa bisnis percetakan di Indonesia kedalam langkah yang lebih maju. Selain itu. .

. Versi large memiliki sistem workflow pekerjaan. pembayaran. Pada versi large SPK ada dalam bentuk digital. Jumlah front office. VERSI MEDIUM Versi Medium ditujukan bagi percetakan yang memiliki 1(satu) kasir untuk menerima pembayaran dan mencatat pengeluaran. pembuatan SPK. sehingga meminimalisir kesalahan dalam proses kerja. dan pengambilan pesanan. yang berotasi sesuai dengan proses kerja yang sedang berjalan.3 SISTEM INFORMASI MANAJEMEN PERCETAKAN MACAM-MACAM VERSI SIMPER SIMPER Memiliki 3 Macam Versi 1. Versi Large VERSI SINGLE Versi Single ditujukan bagi percetakan yang memiliki 1(satu) orang kepercayaan atau owner pribadi yang bertugas untuk melayani penerimaan pesanan. dan pengambilan pesanan. Front office tidak terbatas untuk melayani penerimaan pesanan. pembuatan SPK. Versi Single 2. VERSI LARGE Versi Large ditujukan bagi percetakan skala besar yang memiliki kerumitan tinggi. Jumlah desainer pada versi single maksimal 4 desainer dengan jenis pesanan tidak terbatas. Jumlah desainer dan jenis pesanan tidak terbatas. Versi Medium 3. desainer dan pesanan pada versi large tidak terbatas.

Tahunan) dan tabular (Periode waktu tertentu) melalui komputer front office. Bulanan. . Kemudian front office mencetak spk untuk diberikan kepada penanggung jawab/desainer. Keuangan) dalam bentuk grafik (Harian. 2. Kemudian setelah selesai desainer/produksi melapor kepada front office. Front Office + Kasir mencatat pesanan serta menerima dp pembayaran. 3. Pekerjaan yang telah selesai akan otomatis diberitahukan kepada pelanggan melalui SMS Gateway. Pelanggan datang dengan membawa contoh baik dalam format kertas maupun digital. Owner dapat melihat laporan (Pekerjaan. Desainer + Produksi menyelesaikan pesanan sesuai dengan SPK.4 SISTEM INFORMASI MANAJEMEN PERCETAKAN PROSES KERJA Proses kerja versi single dapat digambarkan sebagai berikut 1. 4. 5. untuk dicatat bahwa pekerjaannya telah selesai. Data pesanan akan disimpan dalam arsip. Jika perlu diantar maka segera dilakukan pengantaran. Pelanggan mengambil pesanan dan melunasi pembayaran.

Owner dapat memantau pekerjaan. 4. untuk dicatat bahwa pekerjaannya telah selesai. Pelanggan datang dengan membawa contoh baik dalam format kertas maupun digital. pemasukan dan pengeluaran dalam bentuk grafik (Harian. Pelanggan mengambil pesanan dan melunasi pembayaran. Kemudian setelah selesai desainer/produksi melapor kepada front office.5 SISTEM INFORMASI MANAJEMEN PERCETAKAN Proses kerja versi medium dapat digambarkan sebagai berikut 1. Front Office mencatat pesanan kemudian mencetak spk untuk diberikan kepada penanggung jawab/desainer. Pekerjaan yang telah selesai akan otomatis diberitahukan kepada pelanggan melalui SMS Gateway. (Pelanggan yang belum melunasi pesanan tidak dapat mengambil pesanannya. Bulanan. . 2. 5. kecuali pelanggan adalah pelanggan terpercaya) 3. Kasir menerima pembayaran dp dari customer. Desainer + Produksi menyelesaikan pesanan sesuai dengan SPK. Tahunan) dan tabular (Periode waktu tertentu) dengan computer manapun selagi terkoneksi dengan jaringan. Data pesanan akan disimpan dalam arsip. kecuali tipe pelanggan adalah pelanggan terpercaya) 6. (SPK Belum dapat dicetak sebelum dp dibayarkan pada kasir. Jika perlu diantar maka segera dilakukan pengantaran.

Pelanggan datang dengan membawa contoh baik dalam format kertas maupun digital. Desainer menyelesaikan desain sesuai dengan SPK. Kemudian setelah desain selesai SPK otomatis mengalir kepada penanggung jawab produksi. . Kasir menerima pembayaran dp dari customer. Front Office mencatat pesanan. (SPK Belum dapat tampil di desainer sebelum dp dibayarkan pada kasir. Bagian produksi menyimpan hasil pekerjaan di gudang dan jika membutuhkan bahan produksi maka akan merequest ke bagian gudang. 6. 5.6 SISTEM INFORMASI MANAJEMEN PERCETAKAN Proses kerja versi large dapat digambarkan sebagai berikut 1. Produksi menyelesaikan pekerjaan sesuai dengan SPK. kemudian menscan/mengcopy contoh. 2. 4. kecuali pelanggan adalah pelanggan terpercaya) 3. setelah pekerjaan selesai SPK akan mengalir kepada bagian gudang dan pelanggan akan segera dikirimkan SMS. SPK otomatis mengalir kepada desainer.

Proses Utama: untuk melakukan proses pesanan. Opsi utama: untuk melakukan proses view. penambahan pelanggan. pemasukan dan pengeluaran dari computer manapun selagi terkoneksi dengan jaringan. Menu Utama: menu untuk menuju seluruh halaman yang ada 2. 3. 7.dsb pada data.edit. Judul: Judul field sekaligus untuk sorting atau pengurutan data 6. 4. Screen Shot SIMPER 1 2 3 5 4 6 1. hapus. Owner dapat memantau pekerjaan.7 SISTEM INFORMASI MANAJEMEN PERCETAKAN Jika order memerlukan pengiriman maka bagian gudang segera melakukan pengiriman. 5. Data tabular: perincian data yang ada . dsb. Pencarian data: melakukan pancarian berdasarkan field yang diinginkan.

lama proses pesanan dan pesanan yang harus selesai pada hari tertentu. • Dapat digunakan untuk promosi. Pencatatan pesanan pelanggan. • Melihat kembali arsip pembayaran yang telah lalu. • Mengetahui status pembayaran pelanggan. bulanan dan tahunan. Laporan • Laporan keuangan tersedia dalam bentuk grafik dalam jangka waktu harian. Sehingga posisi keuangan saat ini dapat diketahui dengan mudah. 6. • Pengeluaran dapat tercatat dengan baik. Proses pengeluaran. • Pesanan yang telah diambil atau diantar. • Pengantaran tercatat dalam sistem. 5. .8 SISTEM INFORMASI MANAJEMEN PERCETAKAN Mengapa sebaiknya menggunakan SIMPER: Semua Versi 1. • dapat memonitor status pesanan. 4. 3. Jenis Pesanan tidak terbatas dan dapat ditambah sewaktu-waktu. 2. disimpan dalam arsip. • Laporan pesanan yang masuk. pembuatan SPK dan SMS Selesai. siapa yang mengantar dan status pengantaran. atau pemberitahuan jika pesanan selesai dengan menggunakan sms gateway. • Menghindari resiko hilangnya SPK (SPK dapat di print ulang). sehingga rugi laba dapat diketahui dengan mudah. pemasukan dan pengeluaran dapat dilihat dalam bentuk tabular dalam jangka waktu tertentu. Penyimpan data pelanggan. • Dapat dengan mudah input dan membuat nota pembayaran. • Jika pesanan telah selesai akan secara otomatis diberitahukan kepada pelanggan melalui sms gateway. Proses pembayaran.

Memiliki fasilitas pay to get pelanggan harus melunasi pembayaran terlebih dahulu sebelum hasil pekerjaan dapat diambil. Jumlah front office dan desainer tidak terbatas 2. Memiliki fasilitas pay to go pelanggan harus membayar dp terlebih dahulu sebelum SPK bisa dicetak (medium) atau mengalir ke desainer (large).9 SISTEM INFORMASI MANAJEMEN PERCETAKAN Versi Medium dan Large 1. Menghilangkan resiko SPK hilang. 4. Pelanggan terpercaya memiliki pengecualian dalam fasilitas pay to go dan pay to get. . pekerjaan tidak terselesaikan atau terhambat. Memiliki fasilitas digital SPK pekerjaan mengalir dengan sendirinya bersama digital SPK. Versi Large 1. Memiliki fasilitas where the job untuk mengecek sampai dimanakah proses pekerjaan 2. 3.

Meliputi perbaikan. free update software. per support dikenakan biaya sebesar 200 ribu rupiah.10 SISTEM INFORMASI MANAJEMEN PERCETAKAN Daftar Harga No 1 Versi Single No SMS Harga 10 Juta Paket 1 License SIMPer 1 buah dongle Micro SD 2 GB Garansi 3 bulan 1 License SIMPer Modul SMS Gateway 1 buah dongle Micro SD 2 GB Garansi 3 bulan 1 License Simper 1 Keuangan Unlimited FO Unlimited Desainer 1 buah dongle Micro SD 2 GB Garansi 3 bulan* 1 License Simper 1 Keuangan Unlimited FO Unlimited Desainer Modul SMS Gateway 1 buah dongle Micro SD 2 GB Garansi 3 bulan* 1 License Simper 1 Keuangan Unlimited FO Unlimited Desainer Unlimited Job handler Modul SMS Gateway 1 buah dongle Micro SD 2 GB Training 1 minggu Garansi 3 bulan* 2 Single With SMS 12.5 Juta 3 Middle No SMS 15 Juta 4 Middle With SMS 17.4 jt rupiah.5 juta 5 Large 20 juta * Setelah masa garansi habis. dan backup database. . * Tersedia Paket service tahunan seharga 2.

com . S.11 SISTEM INFORMASI MANAJEMEN PERCETAKAN Akhir Dari Penawaran Untuk Pemesanan dan Demo Dapat menghubungi Bimo Sunuadhie.Kom (0811984433) Email Bimoxunu@gmail.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful