Nama : Iin Windarti (9) Kelas : XII TKJ A Hari/Tanggal : Rabu, 9 Januari 2013 I.

Tujuan

DML (Data Manipulation
Language)

Pembimbing : Kingkin, S.Pd Trimans Yogiana Mata Pelajaran : Database Web Nilai/Paraf :

 Siswa mampu melakukan penyisipan / penambahan data pada suatu basis data.  Siswa mampu melakukan penghapusan data pada suatu basis data.  Siswa mampu melakukan pengubahan data pada suatu basis data.  Siswa mampu melakukan pengambilan atau pemanggilan data yang tersimpan pada suatu basis data.  Siswa mampu memahami fungsi-fungsi lainnya pada pernyataan SQL.

II. Pendahuluan Data manipulation Language (DML) merupakan bahasa basis data yang berguna untuk melakukan modifikasi dan pengambilan data pada suatu basis data. Modifikasi data terdiri dari : 1. Penyisipan/penambahan data baru ke database (INSERT). 2. Penghapusan data dari database (DELETE). 3. Pengubahan data pada database (UPDATE). 4. Pemanggilan data yang tersimpan dalam database (SELECT) Selain itu kita juga dapat menerapkan fungsi agregasi berupa : 1. MAX : mencari data terbesar dari sekelompok data. 2. MIN : mencari data terkecil dari sekelompok data. 3. COUNT : mencari cacah data (data NULL tidak akan dimasukkan dalam perhitungan, kecuali disebutkan secara khusus). 4. SUM : mencari jumlah dari sekumpulan data numeris. 5. AVG : mencari rerata dari sekumpulan data numeris. Sedangkan syntax SQL untuk pengelompokkan yaitu : a. SELECT [daftar-kolom-non-agregasi,] daftar-kolom-agregasi b. FROM daftar-tabel c. [WHERE kondisi-record-dalam-tabel] d. [GROUP BY daftar-kolom-agregasi]

e. [HAVING kodisi-filter-hasil-agregasi] f. [ORDER BY daftar-kolom-pengurutan]

III. Alat dan Bahan a. 1 unit PC atau laptop b. Software mysql

IV. Langkah Kerja dan Hasil Kerja A. Membuat Database dan Tabel 1. Buka Software XAMMP Control Panel, dan aktifkan Mode MySQL.

2. Koneksi MySql melalui Command Prompt) 2.1. Buka Command Prompt.

2.2. Masuk pada tempat dimana MySQL berada yaitu C:\xampp\mysql\bin dengan menggunakan perintah cd. *Sesuaikan dengan letak pada saat proses installasi.

2.3. Masuk pada MYSQL dengan menggunakan perintah mysql –u root .

3. Buatlah database bernama latihan dengan menggunakan perintah CREATE DATABASE NIM_DML1; dan lihat hasilnya dengan menggunakan perintah show databases;.

3. Gunakan perintah use latihan untuk mengubah atau memilih database yaitu latihan.

B. Mengisi Data 1. Buatlah tabel Siswa dengan menggunakan perintah CREATE TABLE sirkulasi peminjaman; dengan data-data dalam tabel seperti gambar berikut :

#Dengan menggunakan perintah CREATE TABLE dan diikuti dengan nama-nama field beserta tipe data yang digunakan dan dimasukkan ke dalam tabel sirkulasi_peminjaman tersebut.

2. Setelah membuat database, maka masukkanlah data sebagai berikut dengan menggunakan perintah insert to ke dalam field-field yang telah kita buat tadi.

4. Gunakan perintah insert into.

Perintahnya adalah sebagai berikut : a. insert into sirkulasi_peminjaman values('','0902261','Trimans','2013-01-06 10:43:54','2013-01-09 11:44:04','1000'); b. insert into sirkulasi_peminjaman values ('','0902262','Yogiana','2013-01-07 11:48:59','2013-01-08 10:49:26','0'); c. insert into sirkulasi_peminjaman values ('','0902263','Nuri','2013-01-01 11:51:03','2013-01-03 11:51:06','0'); d. insert into sirkulasi_peminjaman values ('','0902261','Trimans','2013-01-01 11:51:35','2013-01-04 11:51:41','2000'); e. insert into sirkulasi_peminjaman values ('','0902264','Yudi','2013-01-06 11:54:39','2013-01-16 11:54:42','10000'); Keterangan ; Perintah insert to digunakan untuk memasukkan atau menginsert suatu data pada suatu tabel yang diikuti dengan nama tabel yang akan dimasukkan datanya, kemudian isi dari setiap field dimasukkan ke dalam values dengan menggunakan tanda (‘ ‘).

C. Menampilkan Data 1. Menampilkan Data Keseluruhan

Keterangan : Perintah select digunakan sebagai perintah untuk memilih yang diikuti dengan perintah tambahan yaitu * yang digunakan untuk menampilkan seluruh data yang terdapat pada tabel sirkulasi_peminjaman tersebut.

2. Menampilkan anggota yang pernah melakukan transaksi menggunakan distinct

Keterangan : Perintah select distinct digunakan untuk menampilkan data yang apabila terdapat nama suatu data yang sama tidak akan ditampilkan secara berulang.

3. Tampilkan data keseluruhan dan diurutkan berdasarkan denda dari yang terbesar ke yang terkecil menggunakan ORDER BY.

Keterangan : Perintah order by digunakan untuk menampilkan data record menurut daftar kolom pengurutan dan diikuti dengan perintah desc untuk mendeskripsikan datadata tersebut.

4. Tampilkan record yang memiliki denda lebih dari 1000 menggunakan WHERE.

Keterangan : Perintah where digunakan untuk menujukkan kondisi record dalam tabel. 5. Tampilkan record yang memiliki karakter “an” pada nama_anggota

menggunakan WHERE dengan wildcard.

Keterangan : Perintah where digunakan untuk menujukkan kondisi record dalam tabel, dimana jika diikuti dengan perintah like ‘%an%’ maka akan perintah tersebut akan mengeksekusi record pada filed tertentu dimana terdapat kumpulan huruf ‘an’ pada record tertentu tersebut.

6. Tampilkan record yang memiliki denda antara 1000 dan 5000 menggunakan WHERE.

Keterangan : Perintah between digunakan untuk menampilkan data yang terdapat pada rentang data tertentu.

7. Tampilan

record

selain

nama_anggota

Trimans

menggunakan WHERE

dengan operator IN / NOT IN.

Keterangan : Perintah NOT IN digunakan untuk menampilkan data selain dari kata tertentu.

8. Tampilkan record yang waktu_pinjam diatas tanggal 5 Januari 2013 menggunakan WHERE dan Fungsi Date.

Keterangan : Dengan menggunakan perintah date kita dapat menampilkan suatu data yang berisi tanggal kemudian bila diperlukan ditambahkan operator “>” kita dapat mengeksekusi record data yang datanya(tanggal) lebih dari suatu data(tanggal) yang telah ditentukan.

9. Tampilkan record yang waktu_kembali diatas jam 11:00:00 menggunakan WHERE dan Fungsi Date.

Keterangan : Dengan menggunakan perintah time kita dapat menampilkan suatu data yang berisi waktu kemudian bila diperlukan ditambahkan operator “>” kita dapat mengeksekusi record data yang datanya(waktu ) lebih dari suatu data(waktu) yang telah ditentukan.

10. Tampilkan record yang waktu_kembali diatas tanggal 5 Januari 2012 dan denda diatas 5000 (Gunakan WHERE dengan operator logika dan Fungsi Date).

Keterangan : Dengan menggunakan perintah AND kita dapat menggabungkan 2 data atau record yang ingin ditampilkan dalam sekali eksekusi.

11. Tampilkan denda tertinggi (Gunakan Fungsi Agregasi SQL).

Keterangan : Dengan menggunakan perintah fungsi untuk agregasi max(nama_filed) kita dapat mencari data terbesar pada suatu kelompok data, sedangkan perintah as digunakan untuk mengubah nama field yang akan ditampilkan sesuai dengan apa yang kita inginkan, misalkan denda as denda_tertinggi maka akan ditampilkan menjadi denda_tertinggi.

12. Tampilkan jumlah anggota yang pernah melakukan transaksi dan jumlah transaksi keseluruhan (Gunakan Fungsi Agregasi SQL dan DISTINCT).

Keterangan : Dengan menggunakan perintah fungsi agregasi (count) kita dapat mencari cacah data (kecuali data NULL yang disebutkan secara khusus), kemudian diikuti dengan perintah distinct sehingga data yang sama tidak akan dihitung.

13. Tampilkan

nama_anggota

beserta

jumlah

dendanya

(Gunakan

Fungsi

Agregasi dengan GROUP BY).

Keterangan : Perintah group by digunakan untuk menampilkan daftar kolom agregasi.

14. Tampilkan nama_anggota yang jumlah dendanya lebih dari 2500 (Gunakan Fungsi Agregasi dengan GROUP BY dan HAVING)

Keterangan : Perintah sum(nama_field) digunakan untuk mencari jumlah dari sekumpulan data numeris, perintah having digunakan untuk menampilkan kondisi filter hasil agregasi.

15. Tampilkan data mulai dari record ke 3 dan ke 4 dari data tersebut (Gunakan LIMIT)

Keterangan : Perintah limit digunakan untuk menampilkan data yang terbatas sesuai dengan keinginan dimana syntaxnya berupa limit (data dimulai,berapa banyak data yang akan ditampilkan).

D. Update Data 1. Update data di tabel tersebut untuk record dengan id = 3 dengan nama Nuri. Ganti waktu kembali di record tersebut menjadi 2013-01-04 11:51:06 dan denda

menjadi 500, sehingga record akan berubah menjadi seperti berikut :

2. Gunakanlah syntax update.

Keterangan : Fungsi update digunakan untuk mengubah atau memodifikasi data jika suatu data diperbaharui, set merupakan data yang akan diganti atau dirubah diikuti dengan perintah where atau dimana data lama tersebut berada.

3. Hasil dari modifikasi data untuk mengubah waktu_kembali dan denda.

E. Hapus Data 1. Hapus data transaksi atas nama Nuri di tabel tersebut.

Keterangan : Perintah delete digunakan untuk menghapus suatu data pada suatu tabel.

2. Hasil setelah field dengan nama_anggota Nuri dihapus.

V. Kesimpulan Dengan menggunakan DML kita dapat memanipulasi database kita, mulai dari menginputkan atau menyisipkan data menggunakan perintah insert into, menghapus data (delete), mengubah atau memodifikasi data yang telah ada pada database menggunakan perintah update dan memanggil data menggunakan perintah select. Selain itu kita juga dapat menerapkan fungsi agregasi berupa : 1. MAX : mencari data terbesar dari sekelompok data. 2. MIN : mencari data terkecil dari sekelompok data. 3. COUNT : mencari cacah data (data NULL tidak akan dimasukkan dalam perhitungan, kecuali disebutkan secara khusus). 4. SUM : mencari jumlah dari sekumpulan data numeris. 5. AVG : mencari rerata dari sekumpulan data numeris. Sedangkan syntax SQL untuk pengelompokkan yaitu : g. SELECT [daftar-kolom-non-agregasi,] daftar-kolom-agregasi h. FROM daftar-tabel i. [WHERE kondisi-record-dalam-tabel] j. [GROUP BY daftar-kolom-agregasi] k. [HAVING kodisi-filter-hasil-agregasi] l. [ORDER BY daftar-kolom-pengurutan]

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful