BAB II

DESAIN BARANG DAN JASA

PERUBAHAN : EKONOMI SOSIAL DEMOGRAFI TEKNOLOGI POLITIK LAINNYA

PRODUK BARU

KEPUTUSAN DESAIN PRODUK

INVESTASI PANGSA PASAR FUNGSI-FUNGSI OPERASI: BIAYA PERALATAN MODAL DESAIN TATA-LETAK KEBUTUHAN RUANG KEAHLIAN SDM PELATIHAN SDM BAHAN BAKU PROSES YANG DIGUNAKAN KEPUTUSAN DESAIN PRODUK SIKLUS HIDUP PRODUK LUAS LINI PRODUK .

PRODUCT LIFE CYCLES INTRODUCING GROWTH MATURITY DECLINE .

Marketability Manufacturability Serviceability .: Keharusan mendesain sistem yang dapat membantu pengenalan produk baru Cross functional team Mendesain produk yang mempunyai kemampuan.Tugas manajer operasi Adl.

peningkatan mutu & penurunan biaya . produksi dan pengenalan produk baru -dapat belajar lebih cepat -mendapatkan dampak kumulatif & efektif bukan hanya dalam hal pasar. tetapi juga dalam hal desain yang inovatif. pengujian.TIME-BASE COMPETITION Keuntungan yang diperoleh: -dapat menggunakan teknologi yang lebih baru -memperoleh pengalaman diberbagai isu yang terkait dengan desain.

DESAIN PRODUK JASA  1.: Mendesain produk di mana penyesuaian thp keinginan konsumen dilakukan dibelakang Membuat modul produk agar penyesuaian dilakukan dgn cara mencocokkan dengan modul. 2. 4. Mendesain produk dgn membagi jasa menjadi bagian kecil-kecil & mengidentifikasi bagian-bagian yg bisa diotomatisasi atau dikurangi interaksinya dgn konsumen Memfokuskan desain pd titik-titik terkesan (moment of truth) atau saat yg menunjukkan kesan mendalam yg bisa meningkatkan/mengurangi harapan konsumen .adl. 3. Teknik-teknik desain jasa yg tetap mempertahankan mutu namun dgn biaya yg lebih rendah.

-Pertanyaan operator spt sudah diformat. sehingga saya kira telpon terputus. -Saat diminta menunggu. Kesan positif: -Operator bicara dgn penuh pengertian. -Line telpon tidak sibuk. -Operator benar-benar mengerti masalah & tahu apa yg harus dilakukan. . -Telpon diterima tanpa menunggu lama. -Operator profesional. -Operator transparan. -Operator menawarkan perbaikan dikemudian hari.MOMENT OF TRUTH Kesan negatif. -Operator menyampaikan permohonan maaf dgn tulus. -Merasa diacuhkan krn telpon diterima mesin perekam. telpon terdengar sepi. Pengharapan standar: -Hanya satu nomor yang saya hubungi. -Operator membuat saya terburu-buru. -Telpon terlalu sulit dihubungi. -Operator mau mendengar masalah saya. ringan tangan & pengertian.

Lembar rute 4. Gambar perakitan 2. Pemberitahuan perubahan teknis . Diagram perakitan 3. Perintah kerja 5.DOKUMENTASI PRODUK 1.

Meningkatkan keandalan masing-masing komponen 2. 1. Memberikan unsur pendukung (back-up) . apapun penyebabnya. Untuk meningkatkan keandalan produk. yaitu. keseluruhan sistem akan gagal.KEANDALAN PRODUK Keandalan produk (sejauhmana produk dpt diandalkan) memberikan dampak positif bagi kepuasan konsumen. ada dua pendekatan yang dpt digunakan pada saat mendesain produk. Bila ada komponen yang gagal berfungsi.

Bagi jasa di mana interaksi dengan konsumen tinggi. maka fungsi SDM bisa memegang peranan penting dalam meningkatkan keandalan jasa lewat rekruitmen dan pelatihan .MENINGKATKAN KEANDALAN MASING-MASING KOMPONEN Karyawan bagian pembelian dapat meningkatkan komponen sistem dengan mengawasi produk dari pemasok serta secara langsung mengevaluasi kinerja pemasok.

MEMBERI UNSUR PENDUKUNG (REDUNDANCY) FORMULA : Probabilitas berfungsinya komponen 1 + { (probabilitas berfungsinya komponen 2) x (probabilitas kebutuhan diadakannya komponen 2) } .

BAB III DESAIN PROSES DAN KAPASITAS .

DESAIN PROSES Tujuan utamanya adalah mencari jalan untuk memproduksi produk yang memenuhi keinginan konsumen dan spesifikasi produk yang berada dalam jangkauan keterbatasan biaya ataupun hambatan manajerial lainnya. Fokus proyek Fokus proses berulang (cellular production) . Fokus proses Fokus produk 3. Ada beberapa strategi di dalam mendcsain proses. 4. 2. 1.

FOKUS PROSES Biasanya digunakan oleh perusahaan-perusahaan yang memproduksi produk dalam jumlah sedikit namun dengan variasi yang beraneka ragam. perguruan tinggi dll. restoran kelas atas. bank. Di dalam mendesain proses transformasi yang difokuskan pada proses. Misal: rumah sakit. Proses ini dikenal juga dengan istilah proses yang terputus-putus (intermittent processes). peralatan produksi diatur diseputar proses. konsultan hukum. .

Proses semacam ini dikenal dengan istilah proses terus-menerus (continuing processes). . dll. minuman dalam botol. roti. di mana peralatan produksinya diatur diseputar produk. Misalnya. Pabrik baja.FOKUS PRODUK Biasanya digunakan oleh perusahaan-perusahaan yang memproduksi produk dalam jumlah banyak namun dengan variasi produk yang sedikit. semen.

proyek kampanye presiden. proyek pengembangan produk baru.FOKUS PROYEK Desain ini tepat digunakan pada perusahaan yang sedang menghadapi pasar yang sangat cepat mengalami perubahan. Desain ini juga dipilih tatkala melaksanakan proses produksi terbatas. baik pada lingkungan internal maupun eksternal. dll. Desain ini menawarkan suatu jenis proses produksi yang mempunyai tingkat reaksi yang sangat cepat thdp perubahan. . produk yang dihasilkan mempunyai skala besar dan beraneka ragam serta adanya aktivitas proses produksi yg saling tergantung satu dgn yg lain dan membutuhkan suatu koordinasi tertutup. proyek bangunan. Misal.

Namun. Dll. perusahaan masing mungkin untuk melakukan penyesuaian lebih banyak atas produk yang akan dihasilkan dibandingkan dengan desain yang berfokus pada produk. restoran cepat-saji. Misal. Desain ini mempunyai struktur yg lebih banyak sehingga konsekuensinya mempunyai fleksibilitas yang lebih rendah dibandingkan dengan perusahaan yang berfokus pada proses. motor. dengan desain ini.FOKUS PROSES BERULANG Desain ini merupakan perpaduan antara desain proses yang difokuskan pada proses dan produk. proses produksi mobil. TV. .

produk. kecepatan pengiriman dan harga ? Apakah proses membantu memenangkan order ? Apakah proses memaksimalkan persepsi konsumen tentang nilai ? .REKAYASA ULANG PROSES     Apakah proses didesain untuk menciptakan nilai bagi konsumen ? Apakah dicapai keuntungan kompetitif dalam hal mutu.

Penurunan persediaan 2.Proses Produksi Ideal Lean Production 1.Menurunkan kebutuhan tempat 4. Menghilangkan semua kegiatan kecuali yg memberi nilai tambah 6.Pemasok yg konsen thdp kebutuhan konsumen 5.Secara konsisten memperbaiki desain kerja . Just-in-time 3.

atau dapat diukur dari banyaknya tempat tidur (pada rumah sakit). dll.KAPASITAS Adalah hasil produksi (output) maksimal dari sistem pada periode tertentu. banyaknya anggota aktif (pada LSM). . Kapasitas dapat dinyatakan dalam angka (jumlah berton-ton baja yang diperoduksi/minggu).

Kapasitas efektif adalah kapasitas yang diharapkan menghasilkan berbagai produk dengan metode penjadwalan. cara pemeliharaan dan standar mutu tertentu. Kapasitas efektif = kpst yg diharapkan / kapasitas Kapasitas efisien = Output aktual / kapasitas efektif .

Rate capacity adalah ukuran kapasitas di mana fasilitas tertentu sudah digunakan dengan maksimal. Rate capacity = (kapasitas) x (pemanfaatan) x (efisiensi) .

dengan mengidentifikasi proses yang biaya totalnya paling rendah dalam memproduksi sejumlah output yang diharapkan. dimana biaya sama dengan pendapatan . Tujuan analisis ini adalah menemukan titik. fokus proses.ANALISIS TITIK-IMPAS (BREAK-EVEN POINT ANALYSIS) Analisis ini dapat membantu manajemen dalam menyeleksi proses produksi apa yang akan digunakan (fokus produk. fokus berulang).

BEP (unit) = F / (P – V) BEP (Rp) = F / 1 – (V/P) .

Proses C (fokus produk) biaya produksinya paling rendah untuk memproduksi sejumlah produk di atas V2 . Proses B (fokus proses berulang) biaya produksinya paling rendah untuk memproduksi sejumlah produk diantara V1 dan V2.STRATEGI PEMILIHAN PROSES PRODUKSI BERDASARKAN BEP ANALYSIS (Lihat diagram cross-over) Proses A (fokus proses) biaya produksinya paling rendah untuk memproduksi produk dengan kuantitas dibawah V1.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful