Kalimat yang baik tepat dan santun

KALIMAT YANG KOMUNIKATIF TETAPI TIDAK CERMAT

KALIMAT YANG CERMAT TETAPI TIDAK KOMUNIKATIF

PENGGUNAAN KALIMAT YANG EFEKTF DAN SANTUN

Ketidakcermatan kalimat dapat ditinjau dari beberapa segi yaitu : 1. Ketidaklengkapan unsurunsurnya. 2. Ketidaktepatan penempatan unsure unsurnya. 3. Penggunaan unsur – unsur kalimat yang berlebihan. 4. Pilhan katanya tidak tepat

Kalimat yang cermat tetapi tidak komunikatif disebabkan karena : 1. Kalimat terlalu luas. 2. Kalimat yang Terperinci tetapi Sudah umum. 3. Uraian kalimat terlalu sederhana 4. Kalimat tidak logis.

Pengertianaya : Penyampaian kalimat yang santun didasarkan oleh pemilihan kata yang baku , Untuk mengutarakan kalimat secara santun , pembicara harus dapat memilih dan menggunakan kata yang bernilai rasa bagus dan halus serta sesuai dengan situasi dan kondisi pada saat pembicaraan dilakukan.

Contoh kalimat tidak logis. Contoh Pilhan katanya tidak tepat - Kita harus mendapatkan solusi yang terbaik daripada rapat ini . Perbaikan - Kita harus mendapatkan jalan keluar yang terbaik dalam rapat ini. - Siapa yang memiliki telepon seluler agar segera dimatikan. Perbaikan - Siapa yang memiliki telepon seluler agar mematikan teleponnya. Contoh : - Sepanjang pengetahuan kami ,belum ada karyawan yang mengajukan pengunduran diri. Perbaikan - Sepanjang yang kami ketahui tentang hal itu ,belum ada karyawan yang mengajukan pengunduran diri.

RIO SUQRON RAMADHAN 17 X.RPL.5

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful