The Song Of Reading Thorax Radiography

1. Evaluasi jantung, lagunya : Bentuk dan besar jantung saat ini tampak… o Normal o Membesar o Sulit dievaluasi

2. Evaluasi paru, lagunya : Paru saat ini tampak… o Normal o Gambaran infiltrat / fibroinfiltrat / fibrotik / kalsifikasi pada… o Kolaps pada hemithoraks… (dekstra / sinistra) o Air fluid level pada… o Infiltrat kecil-kecil seperti beras tumpah / gambaran badai salju / snow storm appereance. o Kavitas pada… o Nodul / multipel nodul / coin lesion pada… o Tuberkel pada… o Gambaran honeycomb / honeycomb appereance pada… o Hilus yang melebar. o Bronkovaskular pattern / pulmovaskularity / bronkovaskularity yang meningkat. o Butterfly appereance. o Bat wing appereance. o Perivaskuler infltrat. o Perselubungan homogeny pada… o Massa pada… 3. Evaluasi sinus costophrenicus / phrenicocostalis, lagunya… Sinus costophrenicus / phrenicocostalis tampak… (tajam / tumpul / sulit dievaluasi).

4. Evaluasi lain-lain(tidak usah ditulis jika tidak nampak), seperti : Tulang-tulang, lagunya tergantung kondisi tulang yang bersangkutan: o Normal, jika normal tidak usah dinyanyikan. o Fraktur ??? lagunya: Tampak fraktur…(jenisnya) pada…(tulang yang bersangkutan). Misal: Tampak fraktur pada 1/3 medial clavicula dekstra. o Kondisi lainnya, seperti tumor, penurunan/peningkatan trabekulasi tulang, dsb. lagunya juga berbeda.

TB milier. 6. Tumor… (tergantung tempat) Tulang tampak gambaran osteoporosis. Notes : 1. Gabungan dari 2 kelainan atau lebih (misal. Bronkitis. TB far advanced. Pneumothoraks Fluidopneumothoraks. Tidak menutup juga ada kelainan-kelainan lainnya yang mungkin tampak pada bacaan. Suspect massa di regio coli. Dx bronkitis ditegakkan apabila hanya ada peningkatan bronkovaskuler pattern SAJA. beri . Kardiomegali. bronchitis + efusi pleura sinistra). Oedema pulmo. Trakea. lagunya: Tampak massa di daerah coli. 3. TB minimal lesion. Kesimpulan. Dikatakan TB minimal lesion apabila infiltrat tampak sedikit pada bagian paru. Suspect bronkiektasis. Dx odemea pulmo ditegakkan diagnosanya apabila ada (1) kardiomegali + peningkatan bronkovaskuler pattern atau (2) kardiomegali + butterfly appereance atau (3) kardiomegali + bat wing appereance atau (4) kardiomegali + perivaskuler infiltrat. Jadi waktu ujian dimana kita tidak bisa melihat pasien. Dx kardiomegali apabila kelainan yang tampak hanya berupa perbesaran jantung SAJA (besar jantung hitung dengan Cardio Thorax Ratio. 5. lagunya : Saat ini tidak tampak kelainan pada foto thoraks. 4. Dikatakan TB far advanced apabila: o Tampak kavitas o Ada infiltrat yang luas 2. Hematopneumothoraks. Dikatakan dx PASTI TB milier apabila tampak snow strom appereance. dikatakan cor membesar bila hasil hitung >50%). tapi diagnosa ini sulit ditegakkan tanpa melihat klinis pasien. apa ada: o Deviasi ??? lagunya: Tampak deviasi trakea ke arah… 5. Tulang tampak gambaran osteoblastik. Efusi pleura.- Massa pada regio coli.

sinus phrenicocostalis tumpul. 14. Dx pneumothoraks ditegakkan apabila ada kolaps paru karena terdesak udara (gambar desakan warnanya hitam). 19. 7. 12. 11. ICS melebar. Dx tumor harus menyertakan letak dimana tumor berada. 16. contoh : penarikan trakea ke arah dekstra oleh karena fibrosis pada paru dekstra. (1) salah satu atau kedua sudut phrenicocostalis tumpul. Dx suspect bronkiektasis ditegakkan apabila ada gambaran honeycomb appereance. misal: Tumor mediastinum superior.opsi diagnosa: (1) bronkitis. Dx hematopneumothoraks ditegakkan apabila ada gambaran pneumothoraks disertai efusi dan ada riwayat klinis trauma atau bisa juga ada fraktur tulang daerah thoraks yang memungkinkan terjadinya perdarahan. 17. Dx fluidopneumothoraks ditegakkan apabila ada gambaran pneumothoraks disertai efusi / ada air fluid level. tapi tidak sama dengan garis pembuluh darah (harap diperhatikan baikbaik. Kenapa hanya suspect ??? Karena dx pasti hanya dapat diperoleh dengan tindakan bronkoskopi. Menandakan TB lama. Dx metastase dari tempat lain ditegakkan apabila ada gambaran coin lesion. (2) saat ini tidak tampak kelainan. Dx osteoblastik ditegakkan apabila tampak trabekulasi tulang meningkat. Khas kadang ada penarikan organ tertentu (sifat fibroretraktif). 18. Dx osteoporosis ditegakkan apabila tampak trabekulasi tulang menurun. (2) tampak gambaran air fluid level. Gambaran fibro-infiltrat (SUPER SUSAH !!!) gabungan infiltrat+gambaran fibrotik. Gambaran infiltrat tampak seperti kapas menendakan TB masih aktif. 8. karena kita tidak bisa melihat pasien. karena gambaran fotonya mendukung. 9. 13. 10. Gambaran fibrotik tampak garis. Dx efusi pleura ditegakkan pada dua hal. SUSAH SEKALI…). Dx emfisema ditegakkan apabila ada gambaran radiolusen relatif pada paru (tidak hitam seperti pada pneumothoraks). Menandakan TB lama yang masih aktif. costa yang memotong tengan diafragma kanan >costa 6. diafragma rata/datar. . 15.

a. 5. lagunya: saat ini tidak tampak kelainan. sehingga langsung fokus pada kelainannya saja.). o …( kelainan lainnya tergantung keadaan. b. Evaluasi alignment. maka urutan nyanyiannya adalah: 1. lagunya: celah dan permukaan sendi tampak normal. lagunya: tidak nampak fraktur/dislokasi tulang/sendi. Jika HANYA pada kasus soft tissue swelling tanpa fraktur atau kelainan lainnya maka lagu dari evaluasi trabekulasi dan alignment lagunya: trabekulasi dan alignment tampak normal. Evaluasi soft tissue swelling. Evaluasi soft tissue swelling. Jika ADA kelainan pada trabekulasi atau alignment TANPA disertai fraktur atau kelainan lainnya. 3. 7. lagunya: korteks tulang tampak normal/tidak ada kelainan. 6. lagunya: alignment normal/baik. lagunya: Tampak soft tissue swelling pada… (lokasinya) Tidak tampak soft tissue swelling. maka lagunya(tidak harus urut seperti di atas) adalah : 1.The Song Of Reading Ekstremity Radiography  Jika tidak tampak kelainan. lagunya: - 5. maka evaluasi trabekulasi dan alignment dilakukan. Tampak fraktur pada… (lokasinya + jenis) Tampak dislokasi pada… (lokasinya + jenis) Celah dan permukaan sendi tampak… o Melebar o Menyempit o dsb… 4. 4. Evaluasi korteks tulang. c. o Kalsifikasi. TAPI jika ada fraktur atau kelainan lain maka evaluasi alignment dan trabekulasi tidak usah dilakukan. 3. Lagunya: Korteks tampak gambaran… o Destruksi. Evaluasi celah dan permukaan sendi.  Jika tampak kelainan. lagunya: tidak nampak soft tissue swelling. 2. Lagunya: . Evaluasi fraktur/dislokasi. 2. Evaluasi celah dan permukaan sendi. Evaluasi alignment dan trabekulasi. lagunya: trabekulasi normal/baik. lagunya: - . Kesimpulan. o Meningkat. Evaluasi trabekulasi. Evaluasi fraktur/dislokasi. Evaluasi korteks.Trabekulasi tampak… o Menurun.

. 4. Kalus dapat nampak pada fraktur yg lama(minimal sekitar 7 hari sejak hari pertama fraktur).6. lagunya: tampak massa/tumor pada… (lokasinya) Gambaran khas penyakit tertentu seperti Sunray appereance atau segitiga Codman. Pada fraktur ekstremitas sebaiknya diambil 2 posisi foto. Dx gout HAMPIR pasti dapat ditegakkan apabila terjadi kerusakan tulang secara bilateral atau sistemik. Jenis fraktur ada banyak macam. lagunya: Saat ini tidak tampak kelainan. 5. 8. 3. Pada gambaran AP. dsb… (kallus ??? osteofit ???). baca di bedah !!! 2. bila tampak pedikel hancur. tampak gambaran segitiga Codman). maka dx PASTI adalah proses malignansi. Tidak menutup juga ada kelainan-kelainan lainnya yang mungkin tampak pada bacaan. tapi hallux dekstranya juga. Kesimpulan. sehingga pembacaan jadi tidak meragukan. Nama fraktur yang khas(Colles. Soft tissue swelling yang dicurigai terjadi akibat dari fraktur. Kalus tidak akan nampak pada fraktur baru.). misal pada kaki yg terkena bukan hanya hallux sinistra. seperti: Massa/tumor. dsb. Osteosarkoma. Bennet. Smith. Gabungan dari 2 kelainan atau lebih. Tampak atau tidaknya kalus pada fraktur boleh saja ditulis pada pembacaan. 7. 6. Notes: 1. Lokasi disebutkan mulai dari lokasi terkecil sampai area yang luas. Osteosarkoma PASTI ditegakkan dx-nya apabila ada sunray appereance. Osteomielitis. Fraktur… (jenis + lokasinya). Lagunya: tampak… (misal. Gout Artritis. boleh juga tidak. 7. dsb. Evaluasi lain-lain(tidak usah ditulis jika tidak nampak). hampir dapat dipastikan lokasinya terdapat disekitar fraktur penyebab pembengkakan tersebut.

Evaluasi gambaran radioopak.) radioopak pada… atau setinggi… 6. Ileus paralitik. Evaluasi ren.The Song Of Reading BOF Radiography 1. lagunya: o Tampak gambaran…(batu / IUD / dll. 7. Tulang tampak kelainan. lagunya: Tidak tampak gambaran radioopak. Ca rectum. lagunya: Pola distribusi gas dalam usus tampak… o Normal o Distensi o Terdesak ke arah… 2. lagunya: tidak tampak gambaran radioopak. lagunya: Tulang-tulang tampak normal. lagunya: Kontur hepar dan lien tampak… o Normal o Membesar o Sulit dievaluasi 3. . lagunya: Kontur kedua ren tampak… o Normal o Membesar o Sulit dievaluasi 4. Kesimpulan. Evaluasi psoas shadow. Ca colo-rectal. lagunya: tidak tampak kelainan pada tulang. Evaluasi tulang-tulang. lagunya: Psoas shadow tampak… o Simetris o Tidak simetris o Sulit dievaluasi 5. lagunya: SAMA DENGAN NYANYIAN KELAINAN PADA PEMBACAAN FOTO VERTEBRA LUMBAL-SAKRAL. Ileus obstruksi. lagunya: Saat ini tidak tampak kelainan pada foto BOF. Evaluasi kontur hepar dan lien. Ca Colon. Tampak gambaran radioopak. Evaluasi distribusi gas dalam usus.

Notes : 1. maka psoas shadow dapat menghilang. 2.- Suspect nefrolithiasis. berarti ada cairan pada rongga peritoneum. Bila ada kebocoran cairan di rongga peritoneum akibat trauma atau sebab lain. Nefrolithiasis. atau kelainan lain yang menyebabkan bocornya plasma ke rongga peritoneum. Ileus obstruksi dx pastinya ditegakkan dengan klinis dan barium enema. maka dipastikan ada proses retroperitoneal atau abses pada musulus psoas. Pada gambaran usus yang floating / mengambang. Peritonitis. . sehingga tampak gambaran tulang ikan(hering bone sign) maka curiga adanya suatu ileus obstruksi atau tumor/keganasan/massa pada bagian distal dari usus yang mengalami distensi. Bila tampak ground glass appereance. cairan tampak hanya pada saat jumlah cairan banyak sekali. atau dapat juga dipastikan ada massa di daerah retroperitoneal (ada apa dengan ginjalnya ??? coba dicek apakah besar atau ada batu radioopak). Bila terjadi peningkatan jumlah gas dalam usus atau gas dalam usus mengalami distensi. Cholelithiasis. dapat terjadi karena adanya cairan dalam jumlah besar pada rongga peritoneum atau kelainan lain yang menyebabkan bocornya plasma ke rongga peritoneum. Suspect vesicolithiasis. Bila psoas shadow tidak simetris atau ada salah satunya yang hilang. Tumor/keganasan/massa dx pastinya ditegakkan dengan barium enema. Ascites. 6. 4. biasanya dengan USG baru bisa menegakkan dx pastinya. Batu empedu dapat terlihat pada foto BOF pada area kuadran kanan atas abdomen. 3. Suspect hidronefrosis. Curiga perdarahan profus atau peritonitis. Jika jumlah cairan sedikit. Tapi tidak juga menutup adanya kemungkinan lain seperti Hirchsprung disease. dx pasti hanya dapat ditegakkan dengan menggunakan IVP. Dx hidronefrosis pada foto BOF hanya bersifat SUSPECT. Tidak menutup juga ada kelainan-kelainan lainnya yang mungkin tampak pada bacaan. Gabungan dari 2 kelainan atau lebih. dx pasti JARANG SEKALI dapat ditegakkan. Vesicolithiasis. 5. 8. Bila tampak step ladder sign. 7.

2. Jika ada dilatasi kontras. lagunya: tampak gambaran kontras terdilatasi pada…(lokasinya) Ada tidaknya filling defect. Tampak invaginasi pada… (lokasi) Suspect massa pada… (lokasi) Suspect Ca pada… (lokasi) Mendukung adanya kemungkinan Hirchsprung disease. Kesimpulan. Mendukung adanya kemungkinan Ca / keganasan pada… (lokasinya).Colon tranversum . 3. Gabungan dari 2 kelainan atau lebih. Jika ada kelainan atau cut off. lagunya: tampak filling defect pada… (lokasinya) Ada tidaknya additional defect. lagunya: tampak apple core pada… (lokasinya) Dan tanda kelainan lain yang mungkin tampak pada foto. lagunya: tampak coiled spring pada… (lokasinya) Ada tidaknya apple core appereance.Colon pada flexura hepatica . Evaluasi kelainan lain. 2. lagunya: Jika normal. Notes: 1. Evaluasi kontras.Iliocaecal juction.Colon descenden .Colon sigmoid . Tidak menutup juga ada kelainan-kelainan lainnya yang mungkin tampak pada bacaan.Caecum . Dx Ca (pasti atau suspect) ditegakkan bila ada gambaran filling defect atau shoulder sign atau apple core.Colon ascenden . maka lagunya tampak kontar mengisi rektum-colon sigmoid-colon descenden-colon pada flexura lienalis-colon transversum. lagunya: tergantung dimana letak cut off disitu nyanyian berhenti. lagunya HARUS URUT: tampak kontras mengisi… o Rektum .The Song Of Reading Barium Enema / Colon in Loop Radiography 1. lagunya: tampak shoulder sign pada… (lokasinya) Ada tidaknya coiled spring. contoh: jika pada foto hanya terisi sampai colon transversum. lagunya: Saat ini tidak tampak kelainan. Dx Hirchsprung disease harus melihat klinis dan pada foto tampak dilatasi pada usus bagian proksimal dari usus yang bermasalah. Dx invaginasi ditegakkan bila ada gambaran coiled spring. seperti: - 3.Colon pada flexura lienalis . lagunya: tampak additional defect pada… (lokasinya) Ada tidaknya shoulder sign. .

Setelah ini langsung evaluasi batunya. 5. 2. Bila pada *evaluasi 5* tidak normal adanya batu radioopak. o Flattening. o Clubing disertai dengan penipisan korteks. lagunya: Ukuran dan kontur ginjal tampak… o Normal. Tampak indentasi atap buli. Tampak gambaran pine tree pada buli. lagunya: tampak cut off setinggi… (vertebra lumbal… / sakral…). langsung evaluasi batunya. lagunya: tampak batu radioopak setinggi… (vertebra lumbal… / sakral…). Tampak cut off setinggi… (vertebra lumbal… / sakral…) Bila pada *evaluasi 4* terjadi cut off kontras pada ureter karena batu radioopak. o Mengecil. Evaluasi buli-buli. lagunya: Tampak kontras mengisi ureter. o Blunting. 6. Evaluasi nefrogram. Contoh bila batu tampak di ureter maka evaluasi batu dilakukan setelah evaluasi ureter. Setelah ini langsung evaluasi batunya. Evaluasi ureter. o Clubing. Evaluasi sistem pelvicocalyceal. Evaluasi lain-lain(tidak usah ditulis jika tidak nampak): . lihat apakah kontras mengisi pelvis dan calix ginjal ???: Normal. Tampak indentasi dasar buli. lagunya: sistem ekskresi ginjal tampak normal. lihat ujung dari calix ginjal: Ujung kaliks ginjal tampak… o Cupping. Evaluasi sistem ekskresi. lagunya: tampak batu radioopak pada… (pelvis/caliks mayor/caliks minor ren dekstra/sinistra). lagunya: tampak batu radioopak pada cavum pelvis. lagunya: sistem ekskresi ginjal terganggu. Bila pada *evaluasi 1* tidak normal karena batu radioopak. tetapi sebaiknya evaluasi batu radioopak ditempatkan dimana evaluasi batu tersebut terjadi setelah evaluasi salah satu dari nomer 1-5. 3. 1. lagunya: Buli-buli tampak normal. Tampak dilatasi ureter. lihat ukuran serta kontur ginjal. 4.The Song Of Reading IVP Radiography PS: Evaluasi batu radioopak terserah mau ditempatkan di nomer berapa. o Membesar.

Nefrokalsinosis. Dx Hidronefrosis grade I ditegakkan apabila ujung kaliks ginjal gambarannya adalah blunting. Dx Hidronefrosis grade II ditegakkan apabila ujung kaliks ginjal gambarannya adalah flattening. Nefrolithiasis. Batu uretra. 6. lagunya: Saat ini tidak tampak kelainan. Hidronefrosis grade III. 4. Notes: 1. Batu radiolusen tidak tampak pada IVP. 3. sedangkan batu semi-radioopak dapat tampak tapi sulit ditemukan.- Evaluasi kortek ginjal. Tidak menutup juga ada kelainan-kelainan lainnya yang mungkin tampak pada bacaan. Dx Hidronefrosis grade IV ditegakkan apabila ujung kaliks ginjal gambarannya adalah clubing disertai dengan penipisan korteks. 7. Indentasi pada atap buli dapat dikarenakan ada massa pada uterus. Batu ureter. Gambaran pine tree pada buli dapat disebabkan karena adanya cystitis berulang. 8. . Gabungan dari 2 kelainan atau lebih. 7. 5. Hidronefrosis grade II. Hidronefrosis grade I. Dx nefrokalsinosis ditegakkan apabila ada gambaran radioopak kecil-kecil pada korteks ginjal. Vesikolithiasis. bila tampak gambaran radioopak. Dx Hidronefrosis grade III ditegakkan apabila ujung kaliks ginjal gambarannya adalah clubing. 2. Indentasi pada dasar buli dapat diakibatkan oleh adanya keadaan Benign Prostat Hiperplasia. 9. Batu ada yang sifatnya radiolusen dan semi-radioopak. lagunya: tampak gambaran radioopak pada korteks ginjal. Hidronefrosis grade IV. Kesimpulan.

Evaluasi fraktur. Kesimpulan Notes: 1. Evaluasi soft tissue: Apakah ada swelling ? Apakah ada massa ? 6. sutura bertukar. Pada proses metastase punched out lession ukurannya tidak seragam. Evaluasi lain-lain: Osteoma ? Destruksi tulang ? Sinus paranasalis ? 7. 5. Evaluasi peningkatan TIK. gak jelas. 3. tampak sphenoid wing. Evaluasi trabekulasi. . Pada multipel myeloma tampak punched out lession yang ukurannya sama. 2.The Song Of Reading Skull Radiography 1. Evaluasi sella tursica. Tanda-tanda TIK antara lain : impresio digipiti… (pada umur 16 tahun apa gitu…. sella tursica melebar. 3. mohon ditanyakan). 4. 2.

The Song Of Reading The Other Method Of Radiography > WATERS < 1. Misal ada cairan mengisi penuh sinus maxillaris dekstra. ethmoidalis. Evaluasi kontras. . Sinusitis… (lokasinya )dengan penebalan mukosa pada sinus… (lokasinya). Jika mengisi penuh. sphenoidalis. apakah kontras mengisi seluruh lumen appendix atau tidak. lagunya tergantung lokasi kelainannya: o Tampak sinus…(lokasi) terisi … (sebagian / penuh) oleh cairan. Evaluasi kontras. Tampak kelainan. 2. lagunya: - > BARIUM INTAKE < 1. curiga appendisitis. 4. baik normal atau kelainan lagunya sama dengan evaluasi kontras pada colon inloop hanya saja urutannya berubah jadi esofagus-gaster-duodenum > APPENDIKOGRAM < 1. maka appendix normal. lagunya: tampak deviasi septum nasalis ke arah… 3. lagunya: sinus maxillaris. Evaluasi septum nasal: Normal. Ada kelainan. Fraktur basis orbita. dan frontalis tidak tampal kelainan. Sinusitis… (lokasinya). Tidak menutup juga ada kelainan-kelainan lainnya yang mungkin tampak pada bacaan. Jika mengisi sebagian atau malah tidak terisi sama sekali. Ada kelainan. o Bila tampak mukosa sinus menebal. lagunya: tampak sinus maxillaris destra terisi penuh oleh cairan. Gabungan dari 2 kelainan atau lebih. Kesimpulan. lagunya: septum nasalis tidak tampak kelainan. lagunya: tidak nampak kelainan pada tulang tengkorak. Evaluasi tulang skull: Normal. lagu sesuai deskripsi kelainan. lagunya: Tampak penebalan mukosa sinus…(lokasi). Evaluasi sinus paranasalis: Normal.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful