You are on page 1of 5

SATUAN ACARA PENYULUHAN “ PENYAKIT GAGAL JANTUNG“

1. Topic : Gangguan Sistem kardiologi 2. Pokok Bahasan : Penyakit gagal jantung 3. Sub poko bahasan : Pengenalan secara dini penyakit gagal jantung oleh pasien dan keluarga 4. Sasaran : Pasien yang dirawat di ruang 28 RSSA malang dan keluarga yang mengunjunginya. 5. Waktu Penyuluhan : Hari / Tanggal Lama Pukul Metode Media 6. Tujuan : Umum : Setelah mengikuti penyuluhan ini peserta mampu memahami dan mengenal secara dini penyakit gagal jantung. Tujuan kusus : a. Pasien dan keluarga dapat mengetahui fungsi dari jantung b. Pasien dan keluarga dapat menyebutkan pengertian dari penyakit gagal jantung. c. Pasien dan keluarga dapat menyebutkan penyebab penyakit gagal jantung. d. Pasien dan keluarga dapat menyebutkan perawatan penyakit gagal jantung. : Rabu, 2 Mei 2012 : 30 Menit : 08:30 – 09:00 WIB : Ceramah Dan Tanya Jawab : Lembar Balik Dan Leaflet

1

Menjelaskan judul. Mendengarkan. Penutup 1. Melakukan pretest 2. Penyajian 1. Bertanya penguji. Tahap Kegiatan Pendahuluan Kegiatan Perawat 1. 15 Menit Leaflet Dan Lembar Balik Kegiatan Klien Dan Keluarga 1. Menjelaskan fungsi jantung 2. Menjawab pertanyaan pesrta pokok 1. 2. Menjelaskan tanda dan gejala penyakit gagal gagal gagal 1. Menjawab pertanyaan penyuluh. Menjelaskan pengertian penyakit jantung 3. 2. Menegakkan kembali poin-poin materi 3. 3. Memperkenalkan diri 2. Menjelaskan penyebab penyakit jantung 4. Menyimpulkan kembali penyuluhan.Kegiatan Belajar Mengajar : No 1. dari Waktu 5 Menit Media Leaflet Dan Lembar Balik ginjal menahun 3. Mendengarkan penjelasan. Menjawab pertanyaan pada 5 Menit Leaflet Dan Lembar Balik 2 . 2.

stress emosional. aritmia. PENGERTIAN PENYAKIT GAGAL JANTUNG Gagal ventrikel kiri dan atau kanan dari jantung yang mengakibatkan ketidakmampuan untuk memberikan haluaran yang cukup untuk memenuhi kebutuhan jaringan dan menyebabkan terjadinya kongesti pulmonal dan sistemik.Pencetus: Hipertensi. anemia. infark. menyuplai oksigen dan zat nutrisi lain selain sambil mengangkut karbondioksida dan sampah hasil metabolisme. .pembebanan sistolik (systolic overload) .Beban tekanan berlebihan . pemberian infus/tranfusi. 3 . febris. kehamilan/persalinan. Kegagalan jantung kongestif adalah suatu kegagalan pemompaan (di mana cardiac output tidak mencukupi kebutuhan metabolik tubuh). berlanjut infark miocard akut.Beban volume berlebihan .Disritmia (bradikardi. infeksi.Abnormalitas otot jantung (kardiomiopati.tachicardi) . 1993 C. aterosklerosis koroner) .Ruptur miokard . PENYEBAB PENYAKIT GAGAL JANTUNG Penyakit ini dapat diseabkan oleh : .Malfungsi katub (stenosis katub pulmonal/aortik) .pembebanan diastolic (diastolic overload) .MATERI PENYLUHAN A. FUNGSI JANTUNG Sebagai organ yang berfungsi untuk memompa darah ke jaringan. emboli paru. hal ini mungkin terjadi sebagai akibat akhir dari gangguan jantung.Angina pectoris. B.Peningkatan kebutuhan metabolik peningkatan kebutuhan yang berlebihanan (demand overload) . pembuluh darah atau kapasitas oksigen yang terbawa dalam darah yang mengakibatkan jantung tidak dapat mencukupi kebutuhan oksigen pada erbagai organ (Ni Luh Gede Yasmin.

D. nyeri dada dan syok Ortopnoe. Tanda dan gejala kegagalan ventrikel kanan : Curah jantung rendah Distensi vena jugularis Edema Disritmia S3 dan S4 ventrikel kanan Hipersonor pada perkusi Immobilisasi diafragma rendah Peningkatan diameter pada antero posterial E. Disritmia Foro Thoraks : Bayangan hili paru yang tebal dan melebar. dispnoe nocturnal paroxismal Batuk iritasi. Lapangan paru bercak-bercak karena edema paru. kepadatan makin ke pinggir berkurang. Tanda dan gejala Kegagalan ventrikel kiri: Kongesti vaskuler pulmonal Dispnoe. gallop ventrikel-S1 Crackles paru Disritmia pulsus alterans Peningkatan BB Pernafasan cyne stokes Bukti-bukti radiografi tentang kongesti vaskuler pulmonal 2. Pembesaran jantung. Distensi vena paru. Cardio-thoragic ratio meningkat 4 . PEMERIKSAAN PENDERITA PENYAKIT GAGAL JANTUNG SGOT/SGPT : meningkat pada CHF EKG : MCI. Hidrothorak. edema pulmonal akut Penurunan curah jantung Gallop atrial –S4. TANDA DAN GEJALA PENYAKIT GAGAL GINJAL MENAHUN 1.

Darah mengalir dari sistem ginjal dengan mantap dan sejumlah besar cairan dibuang sehingga mengurangi beban jantung. Digoksin 3. Jakarta : Media Aesulapius. PENGOBATAN PASIEN GAGAL JANTUNG Prinsip 3D : 1. Kapita Selekta Kedokteran. Morfin digunakan untuk menurunkan kecemasan dan sering menyebabkan pasien istirahat dan lega. S.minuman beralkohol G. Meningkatkan kekuatan dan efisiensi kontraksi jantung dengan bahan. 1999. 4. Jakarta : Balai Penerbit FKUI. Digitalis mempunyai pengaruh mempercepat denyutan jantung sehingga memompakan lebih banyak darah dan sehingga seluruh peredaran darah akan membaik. Pembatasan natrium dan garam 5. Tidak merokok 6. Sehingga ini merupakan kesempatan untuk memulihkan serta mengembalikan efisiensinya walaupun dalam keadaan jantung yang agak lemah Buku Sumber : Soeparman 1990. 1995.bahan farmakologis. Ilmu Penyaki Dalam Jilid II. Arief. Menghilangkan penimbunan cairan tubuh berlebihan dengna terapi diuretik dan istirahat 4. PERAWATAN PASIEN GAGAL JANTUNG Tujuan perawatannya adalah untuk menenangkan gangguan otot jantung Tindakan yang dilakukan adalah : 1. Istirahat untuk mengurangi beban kerja jantung 2. Diuretik digunakan untuk mengurangi cairan tubuh.- Kateterisasi Jantung: Pada gagal jantung kiri didapatkan (VEDP ) 10 mmHg atau Pulmonary arterial wedge Pressure > 12 mmHg dalam keadaan istirahat. Curah jantung lebih rendah dari 2. Tidak minum. 3. 2.7 lt/mnt/m2 luas permukaan tubuh F. 5 . Kesehatan Masyarakat. Heru Hadi. Jakarta : EGC Masjoer.