You are on page 1of 2

BAB I PENDAHULUAN

LATAR BELAKANG Pengertian struktur secara garis besar ialah sebuah gambaran yang mendasar dan kadang tidak berwujud, yang mencakup pengenalan, observasi, sifat dasar, dan stabilitas dari pola-pola dan hubungan antara banyak satuan terkecil di dalamnya. Sedangkan definisi struktur dalam konteks hubungan nya dengan bangunan adalah sebagai sarana untuk menyalurkan beban akibat penggunaan nya atau kehadiran bangunan ke dalam tanah (Scodek, 1998). Pada jaman dahulu ketika ilmu gaya dan teknologi belum dikenal, perencanaan bangunan berdasarkan intuisi atau "bisikan kalbu" di samping bakat yang ada. Pada taraf permulaan sekali, struktur massa yang betul-betul padat dapat dikatakan struktur tumpuk yang terdiri dari batu-batu yang ditumpuk dengan bentuk bangunan yang stabil dan statis, Contoh : piramida-piramida di Mesir dan candi Borobudur di Indonesia. TUJUAN   Memenuhi tugas semester pendek Struktur dan Konstruksi 5 mengenai struktur rangka pada bangunan Memahami pengertian dan bagian-bagian struktur rangka pada bangunan.

METODOLOGI PENGUMPULAN DATA Dilakukan dengan metode deskriptif, yaitu dengan mengumpulkan dan mengidentifikasi data dan informasi yang berkaitan dengan Struktur rangka bangunan yang diperoleh dari :  Studi Pustaka, yaitu dengan mempelajari buku dan literatur dari internet yang berkaitan dengan Struktur Rangka bangunan untuk memperoleh hasil yang relevan.

BAB II STRUKTUR RANGKA
A. Pengertian Struktur Rangka Struktur rangka adalah struktur yang terdiri dari batang-batang yang panjangnya jauh lebih besar dibandingkan dengan ukuran penampangnya. Bentuk konstruksi rangka adalah perwujudan dari pertentangan antara gaya tarik bumi dan kekokohan; dan konstruksi rangka yang modern adalah hasil penggunaan baja dan beton secara rasional

Small Grid / Grid . Small Grid / Narrow Grid Grid merupakan kisi-kisi yang bersilangan tegak lurus satu sama lain dan dalam arsitektur merupakan sebuah cara untuk mencapai keteraturan. B. Contoh sederhana struktur rangka adalah payung dan tenda.dalam bangunan. Jenis Struktur Rangka 1. di mana kulit atau kain sebagai "membran" dipentang (ditarik) kuat dan dihubungkan dengan kerangka.