MAKALAH PENGARUH BUDAYA ASING

PENDAHULUAN Westernisasi adalah sebuah arus besar yang mempengaruhi kehidupan suatu bangsa maupun negara yang bertujuan

untuk mewarnai kehidupan seharihari bangsa-bangsa dengan gaya Barat. Westernisasi di Indonesia menurut saya merupakan suatu masalah yang perlu dicermati bersama karena menyebabkan perubahan terhadap masyarakat Indonesia. Dan apabila warisan kepribadian bangsa yang telah menjadi ciri khas bangsa kita Indonesia tidak dilestarikan maka sesungguhnya akan memberikan suatu perubahan yang signifikan dalam kehidupan bangsa Indonesia, sehingga apa yang menjadi keunikan bangsa Indonesia akan tertelan secara perlahan-lahan oleh budaya asing terutama budaya barat dan tidak menjadikan bangsa Indonesia menjadi bangsa yang memiliki kepribadian bangsa yang berbeda. Sekarang ini begitu banyak generasi bangsa Indonesia yang bersikap “kebarat-baratan”, kini jati diri bangsa hanya tampak pada sebagian kecil kelompok masyarakat. Generasi kita terlalu bangga dengan kebiasaan dan adat orang-orang Barat, sementara dengan adat sendiri malu apabila menunjukkan adat tersebut di depan umum.beberapa contoh perubahan yang bersifat negatif yang muncul dari pengaruh budaya “kebarat-baratan” ini antara lain, yang pertama adalah gaya hidup. Bisa kita lihat di kalangan artis banyak sekali yang kehidupannya itu glamour, padahal seyogyanya kehidupan seseorang yang terlalu glamour itu menandakan bahwa dirinya secara utuh telah terpengaruh oleh budaya barat. Biasanya kehidupan orang-orang berbudaya Indonesia pastinya sederhana sopan dan tidak terlalu memamer-mamerkan hartanya. Selain itu juga gaya hidup yang

ataupun makan malam selalu memakan nasi tetapi sekarang sudah banyak orang-orang kalangan atas yang mengikuti gaya bangsa barat yaitu mengganti sarapan pagi yang biasanya menggunakan nasi diganti dengan memakan roti dan susu. Ada juga sisi negatif lainnya yang menimbulkan banyak perubahan dalam citra diri bangsa Indonesia yaitu Cara berpakaian yang telah sebagian meniru budaya barat Sebagai contoh warga Indonesia sendiri banyak yang menyalah gunakan produk industri. apalagi masyarakat yang muslim yang mewajibkan seorang perempuan untuk berjilbab. makan siang. garpu. Padahal adat yang digunakan dalam masyarakat indonesia apalagi masyarakat jawa lebih sering menggunakan tangan secara langsung untuk makan daripada repot-repot menggunakan sendok. mereka pasti menggunakan tata cara yang sudah ditentukan dalam suatu acara. dan pisau. Budaya barat ini sangat bertentangan dengan adat istiadat. Selain itu juga cara makan yang digunakan orang-orang berkelas yang mengikuti budaya barat. entah itu sarapan pagi. biasanya makanan pokok masyarakat Indonesia adalah nasi. akan tetapi di Indonesia malah digunakan untuk bergaya di depan umum. dan ilmu agama. misalnya thank top yang diluar negeri digunakan pada musim panas. seperti tata cara memegang sendok. norma. sudah tergambar jelas bahwa budaya barat sangat berpengaruh. mereka lebih sering berada di cafe-cafe pinggir jalan yang biasa disebut cafe remang-remang ataupun berada di club-club yang di .glamour ini juga mempengaruhi etika makan yang biasanya digunakan oleh bangsa Indonesia. Ini yang menimbulkan banyak kontroversi di kalangan masyarakat. Yang lebih parah lagi tentang aktifitas malam yang sering dilakukan orang-orang berbudaya barat.

Adapun dalam lingkungan bermasyarakat kebiasaan orang barat yang telah merubah kesadaran masyarakat Indonesia yang terkenal dengan kesopanan dan keakraban apabila bertemu dengan orang lain walaupun kita belum mengenalnya dan juga mengaplikasikan secara baik bahwa kita adlah makhluk sosial yang saling membutuhkan. lebih baik kita merayakan suatu acara atau kegiatan dengan syukuran semata-mata untuk mensyukuri sesuatau yang diberikan oleh Allah. Selain itu kebiasaan orang barat yang glamour dengan mengadakan pesta-pesta yang sebenarnya menurut kepribadian bangsa Indonesia kegiatan pesta hanya semata-mata membuang biaya saja. berjudi. Menyangkut dengan pesta yang mengikuti budaya barat secara otomatis kegiatan pesta ini dilakukan oleh orangorang yang memiliki pergaulan yang tidak sesuai dengan adat dan karakteristik bangsa Indonesia. namun di era modernisasi ini orang- . biasanya juga saat pesta ada kegiatan yang tidak sesuai dengan nilai agama seperti mabuk-mabukan dan lain-lain.gunakan untuk klabing dan hanya untuk kesenangan sesaat saja seperti mabukmabukan. jangan dengan mengadakan pesta yang glamour yang hanya menimbulkan banyak kerugian. Pergaulan yang sekarang nampak di sekitar kita ini merupakan pergaulan yang telah terkontaminasi dengan budaya barat. banyak di kalangan anak remaja yang telah mengenal seks bebas ataupun narkoba dan obat-obatan terlarang itulah salah satu contoh pengaruh budaya barat yang merusak peneruspenerus bangsa indonesia. dan main perempuan ini yang menimbulkan perubahan yang sangat merugikan bangsa Indonesia yang dulunya lebih sering menggunakan aktifitas malam untuk istirahat ataupun melaksanakan suatu kegiatan seperti pengajian ataupun berkumpul dengan keluarga.

namun apabila kita berada di sebuah lingkungan pekerjaan yang di dalamnya ada orang asing ataupun orang luar negerinya secara otomatis kita sebagai warga Indonesia tidak ingin disaingi oleh mereka maka dari itu semangat kerja kita sebagai orang Indonesia menjadi lebih tinggi. Selain itu juga tentang ketepatan waktu sudah terpatri jelas di benak kita bahwa kebiasan orang Indonesia adalah jam karet. Namun selain adanya dampak negatif juga ada sedikit dampak positif yang dapat kita ambil dari masuknya arus besar dari budaya barat ini yaitu seperti etos kerja yang tinggi padahal pada hakikatnya orang jawa lebih suka bekerja yang biasa saja dan standar-standar saja jarang ingin berkembang.orang semakin jarang melakukannya banyak diantara mereka yang justru cuek dan selalu menunjukkan bahwa seolah-olah orang itu hidup sendirian (individualis). Selain itu juga ada hal baik yang bisa kita contoh dari budaya barat yaitu tentang kebersamaan dalam keluarga. Di Indonesia jarang kita dengar budaya makan bersama satu keluarga di ruang makan. yaitu bila ada suatu acara ataupun kegiatan apapun pasti orang-orang indonesia datang terlambat ataupun mepet dari acara tersebut. padahal kita tahu sikap dan gaya individualis adalah gaya orang-orang Barat. dan tidak sesuai dengan budaya negara kita. tetapi lain halnya dengan orang-orang barat mereka sesibuk apapun pasti menyempatkan diri untuk hanya sedikit makan pagi atau sarapan bersama dengan seluruh keluarga di ruang makan. berbeda dengan budaya barat yaitu bila ada suatu acara tertentu apalagi itu adalah acara yang dibuat berdasarkan janji pasti orang-orang barat ini akan datang lebih awal dari sebelum acara itu dimulai ataupun tepat saat acara dimulai. Ataupun saat makan malam mereka juga menyempatkan untuk .

serta dilakukan penanaman.1 Apa yang Menyebabkan Terjadinya Perubahan Budaya Indonesia Seiring dengan kemajuan zaman serta teknologi yang canggih. persatuan. Serta juga diperlukan peningkatkan jiwa nasionalisme. Untuk itulah diperlukan kesadaran bersama baik pemerintah maupun masyarakat.S. Indonesia bangkit menjadi negara berkembang yang semakin lama semakin tumbuh menjadi negara maju dan ini merupakan salah satu perkembangan zaman yang sangat cepat yang sering disebut dalam bahasa sosiologi sebagai REVOLUSI seperti dalam al-qur‟an yang terdapat dalam surat yaasin („‟wassyamsu tajrii limustaqarrillaha dzaalika taqdiirul azizi al-„aliem‟‟)yang artinya „‟ dan matahari berjalan di tempat peredarannya demikianlah ketetapan yang maha perkasa lagi maha mengetahui‟‟(Q. PEMBASAHAN 2.berkumpul bersama agar bisa sharing tentang kegiatan masing-masing anggota keluarga. Yaasin: 38) Hilangnya budaya indonesia secara bertahap . Masyarakat harus bisa mengambil hal-hal yang baik dari suatu budaya asing serta membuang hal-hal yang buruk dari budaya asing yang tidak sesuai dengan kepribadian maupun jati diri bangsa kita. penghayatan. dan kesatuan agar tertanam rasa lebih mencintai semua yang berasal dari negeri sendiri daripada dari orang negara lain. dan pengamalan lebih mengenai pengetahuan akan kepribadian ataupun jati diri bangsa kita sehingga nantinya budaya asli kita tidak akan hilang tergilas oleh perkembangan roda zaman yang diboncengi masuknya berbagai budaya asing ke dalam negara kita terutama budaya-budaya barat yang merusak.

moral.B. atau pertentangan dari masyarakat itu sendiri. Faktorfaktor yang berasal dari dalam masyarakat dapat berupa penemuan baru. menurut Selo Soemardjan (1986) perubahan sosial dangan perubahan budaya memiliki satu segi kesamaan. 8) Adanya kontak dengan masyarakat luar yang menyebabkan terjadinya percampuran budaya.di akibatkan karena adanya perubahan sosial yang terjadi dalam masyarakat. kepercayaan. antara lain sebagai berikut: 1) Sistem pendidikan formal yang maju. hukum. 5) Ketidak puasan masyarakat terhadap bidang-bidang kehidupan tertentu yang terjadi dalam waktu yang lama akan menyebabkan kejenuhan. Menurut E. 7) rientasi ke masa depan yang lebih baik. 6) Penduduk yang heterogen adalah masyaarakat yang terdiri atas kelompokkelompok sosial yang mempunyai latar kebudayaan yang berbeda beda dan ideologi yang berbeda pula. dikatakan sebagai perubahan budaya. Perubahan sosial juga memiliki persamaan terhadap perubahan budaya. Tylor dalam buku perubahan sosial di yogyakarta karya Selo Soemardjan (1986) kebudayaan adalah keseluruhan kompleks yang mencakup ilmu pengetahuan. 2) Sikap menghargai hasil karya orang lain dan berkeinginan untuk maju. 3) Sistem yang terbuka dalam lapisan masyarakat. Faktor yang berasal dari luar masyarakat dapat berupa adanya pengaruh budaya dari masyarakat lainnya.oleh karena itu apa bila terjadi perubahan pada salah satu bagian dari keseluruhan kompleks itu. kesenian. faktor yang terjadi dalam masyarakat maupun luar masyarakat itu sendiri. adat. Perubahan sosial dapat dibedakan dengan perubahan budaya. Menurut Soejono Soekanto (1990: 326-328) perubahan sosial yang terjadi dalam masyarakat dipengaruhi oleh beberapa faktor. 4) Toleransi terhadap perbuatan-perbuatan yang menyiimpang. yaitu kedua-duanya menyangkut suatu adaptasi atau perbaikan dalam cara . dan tiap kemampuan serta kebiasaan lainnya yang didapatkan oleh manusia sebagai anggota masyarakat.

yaitu suatu keadaan dimana masyarakat tidak mamapu menahan berbagai pengaruh kebudayaan yang datang dari luar sehingga terjadi ketidakseimbangan dalam kehidupan masyarakat yang bersangkutan. Dampak Masuknya Budaya Asing ke Indonesia Masuknya budaya asing ke indonesia disebabkan salah satunya karena adanya krisis globalisasi yang meracuni indonesia. Tentu saja pengaruh tersebut akan menghasilkan dampak yang sangat luas pada sistem kebudayaan masyarakat. Namun dalam keadaan seperti ini masyarakat indonesia malu akan budaya sendiri.masyarakat memenuhi kebutuhan-kebutuhannya berdasarkan penggunaan konsep-konsep sosial dan budaya tersebut. adapun faktor yang mendukung masuknya budaya asing ke indonesia diantaranya yaitu kemajuan teknologi yang sedikit demi sedikit dapat mempengaruhi kebudayaan nasional. Adanya penyerapan unsur budaya luar yang di lakukan secara cepat dan tidak melalui suatu proses internalisasi yang mendalam dapat menyebabkan terjadinya ketimpangan antara wujud yang di tampilkan dan nilai-nilai yang . Begitu cepatnya pengaruh budaya asing tersebut menyebabkan terjadinya goncangan budaya(culture shock).kemudian dari situlah masyarakat indonesia mulai terkena virus-virus kebudayaan asing yang perbedaan budayanya sangat jauh dengan budaya indonesia. Pengaruh tersebut berjalan sangat cepat dan menyangkut berbagai bidang kehidupan. mereka menganggap bahwa budaya indonesia ketinggalan zaman ini merupakan salah satu penyebab terjadi masuknya budaya asing ke indonesia dengan mudahnya.

• Polusi tanah. kriminalitas. Artinya ada jurang pemisah yang lebar antara si kaya dan si miskin.mata pedih. 2) Dampak Negatif Budaya yang masuk ke Indonesia seperti cara berpakaian.hal berikut ini: • Lahirnya kelompok kelompok sosial tertentu seperti adanya pengamen yang banyak berkeliaran di jalanan yang menyebabkan masyarakat terganggu dan keberadaan pengamen tersebut sering menimbulkan masalah yang dapat meresahkan masyarakat sekitar disamping itu juga terdapat kelompok pengangguran yang semakin hari semakin meningkat jumlahnya dan jika tidak dtanggulangi secara cepat maka akan menimbulkan kasus atau kriminalitas b) Kerusakan Lingkungan Hidup Pencemaran yang terjadi di lingkungan masyarakat menimbulkan dampak sebagai berikut: • Polusi udara. dan pandangan mata kabur. dan makmur. Menurut Soerjono Soekanto (1990) masuknya budaya asing ke indonesia mempunyai pengaruh yang sangat peka serta memiliki dampak positif dan negatif. menyebabkan lahan pertanian menjadi rusak. jasmani dan rohani.menjadi landasannya atau yang biasa disebut ketimpangan budaya. menyebabkan sesak nafas. c) Masalah Kriminalitas . menyebabkan air tidak bersih dan tidak sehat isi. kesenjangan sosial ekonomi. a) Kesenjangan Sosial Ekonomi Kesenjangan sosial ekonomi adalah suatu keadaan yang tidak seimbang di bidang sosial dan ekonomi dalam kehidupan masyarakat. akibat tidak meratanya pembangunan. Teknologi yang berkembang pada era globasisasi ini mempengaruhi karakter sosial dan budaya dari lingkungan sosial . pergaulan dan yang lainnya sering menimbulkan berbagai masalah sosial diantaranya. etika. • Polusi air. maju. Apabila jurang pemisah ini tidak segera ditanggulangi dan menimbulkan kecemburuan masyarakat sosial yang dapat menyebabkan keresahan dalam massyarakat. dan kenakalan remaja. Kesenjangan sosial itu sendiri akan mengakibatkan hal. kerusakan lingkungan hidup. 1) Dampak Positif Modernisasi yang terjadi di Indonesia yaitu pembangunan yang terus berkembang di Indonesia dapat merubah perekonomian indonesia dan mencapai tatanan kehidupan bermasyarakat yang adil. Hal tersebut dihaarapkan akan mewujudkan kehidupan masyarakat yang sejahtera baik batin.

pendidikan di sekolah. Kenakalan remaja dapat disebabkan oleh beberapa faktor. perusakan barang milik masyarakat. Artinya. Dalam kriminologi kejahatan disebabkan karena adanya kondisi dan proses. berasal dari lingkungan hidup remaja tersebut. perkelahian. 1. Seseorangyang hidup dalam keluarga yang tidak harmonis cenderung akan memepnyai perilaku yang kurang baik dan menyimpang dari norma dan nilai yang berada pada masyarakat. pencurian. kenakalan remaja dapat disebabkan karena adanya pemenuhan kebutuhan pokok yang tidak seimbang dengan keinginan remaja sehingga menimbulkan konflik pada dirinya dan kurang mampunya si remaja itu menyesuaikan diri dengan lingkungan. Pengaruh global terhadap eksistensi jati diri bangsa Adanya unsur budaya asing yang tidak sosuai dengan kepribadian bangsa indonesia sangat menghawatirkan karena dapat menyebabkan terjadinya goncangan budaya. seperti korupsi. Sutherland ( dalam Soejono Soekamto. terdapat hubungan antara variasi angka kejahatan dan variasi organisasi – organisasi sosial dimana kejahatan tersebut terjadi. 1990: 367) kriminalitas (perilaku jahat) merupakan proses asosiasi diferensial. yaitu faktor yang berasal dari luar diri remaja itu artinya. pemerkosaan dan lainnya. Misalnya kehidupan keluarga. Misalnya tawuran. .Kriminalitas adalah perbuatan yang melanggar hukum atau hal. pembunuhan. karena apa yang dipelajari dalam proses tersebut sebagai akibat interaksi dalam pola dan perilaku yang jahat. Selain itu. Misalnya seorang anak yang sering melihat orang tuanya bertengkar dapat melarikan diri pada obat-obatan karena ia idak tahan melihat pertengkaran orang tuanya. dan penyalahgunaan narkotika serta obat-obatan terlarang.proses sosial yang sama yang menghasilkan perilaku sosial lainnya. d) Kenakalan Remaja Kenakalan remaja adalah penyimpangan perilaku yang dilakukan generasi muda (sekelompok remaja). penyimpangan seksual.sebagaimana dikatakan E. Faktor eksternal yaitu faktor yang berasal dari remaja atau keadaan pribadi remaja itu sendiri. yaitu faktor eksternal dan internal. 2. Misalnya.H. di sisi lain masuknya unsur budaya asing de indonesia juga sangat bermanfaat bagi kehidupan bangsa indonesia. pergaulan.hal yang bersifat kejahatan. pembawaan sikap negatif dan suka dikendalikan yang juga mengarah pada perbuatan nakal. Faktor eksternal. dan media massa. Namun.

Untuk melestarikan kesinambungan kehidupan masyarakat agar tetap eksis tentu saja kita harus menjunjung tinggi jati diri bangsa. kita pun harus mampu mempertahankan diri dari derasnya arus globalisasi. sedangkan yang tidak sesuai kita tinggalkan.Menurut Bierens de Haan. misalnya perubahan linkungan alam. dalam masyarakat terdapat dua unsur berlawanan. peduli terhadap lingkungan. dan perubahan struktur sosial. Unsur-unsur budaya asing yang sesuai kepribadian bangsa dapat kita ambil. Sebaliknya. Keberadaan bangsa kita pun tidak diketahui di mata dunia apalagi jika kita tidak mampu menstarakan diri dari bangsa lain. Dengan demikian. nilai-nilai sosial. . yaitu statika dan dinamika. Apa yang akan terjadi jika kita tidak mampu menghadapi tantangan global? Apabila kita tidak mampu menghadapinya. unsur dinamika merupakan unsur yang menghendaki adanya perubahan. keberadaan bangsa kita akan terus ada meskipun begitu derasnya pengaruh dari luar. dan adanya kerja sama yang baik. bangsa kita pun akan mampu mengikuti perkembangan yang ada dengan tetap menjaga dan melestarikan budaya bangsa sendiri. Unsur statika merupakan unsur-unsur dalam masyatakat yang cenderung memepertahankan suatu keadaan untuk tetap (tidak berubah). Adanya unsur statika dan dinamika inilah sesinambungan masyarakat tetap tejadi meskipun terjadi perubahan-perubahan di dalam masyarakat. Untuk itu. Selain itu. Budaya bangsa kita yang harus dipertahankan misalnya budaya gotong royong. kita akan terisolasi dari bangsa lain. seperti adanya vested interest atau golongan orang yang menghendaki status quo.

Bertambah atau berkurangnya penduduk.KESIMPULAN Dari hasil karya tulis yang berjudul “Pengaruh Budaya Asing Terhadap Bangsa Indonesia” dapat disimpulkan bahwa: masuknya budaya asing terdiri dari beberapa faktor yang berasal dari dalam masyarakat maupun dari luar masyarakat. Dengan bertambahnya penduduk masyarakat mulai mengenal hak milik seseorang atas tanah. Pertentangan masyarakat Pertentangan masyarakat yang terjadi diantara individu dapat menyebabkan perubahan social . Hal ini terjadi karena adanya perubahan dalam struktur masyarakat terutama lembaga kemasyarakatan berkurangnya penduduk karena perpindahan ke daerah lain menyebabkan kekosongan. atau adanya sistem bagi hasil. Penemuan baru Penemuan baru sebagai sebab terjadinya perubahan dapat terwujud dalam bentuk penemuan unsur kebudayaan yang baru. b. lembaga masyarakat sampai pada keluarga yang mendiami negara tersebut. Terjadinya pemberontakan atau revolusi Hal ini dapat mendorong terjadinya perubahan bessar mlai dari bentuk negara. gadai tanah. sewa tanah. c. d. Faktor-faktor yang berasal dari dalam masyarakat itu sendiri meliputi hal-hal berikut: a.

akibatnya masyarakat yang mengalami kebimbangan. munculnya sifat konsumerisme. angin topan dan banjir. Selain dampak negatif terdapat juga dampak positif diantaranya tumbuhnya indonesia menjadi negara berkembang dan maju serta pembangunan yang semakin pesat terjadi di kota-kota besar.Faktor-faktor yang berasal dari luar masyarakat maliputi hal berikut: a. Dampak negatif yang terlihat jelas pada indonesia diantaranya goncangan budaya atau sering disebut dengan culture shock. Peperangan terjadinya dengan negara lain juga dapat menyebabkan perubahan. Perubahan sosial yang terjadi karena kebudayaan dari masyarakat lain melancarkan pengaruhnya. misalnya adanya penggusuran karena ada pembangunan gedung atau bangunan. b. ini terjadi karena adanya anggota masyarakat yang tidak siap menerima perubahan-perubahan akibat budaya asing yang masuk. Selain itu akan terjadinya pergeseran nilai budaya indonesia yag menimbulkan kebimbangan. . perekonomian indonesia semakin maju dan berkembang. Kebimbangan yang dialami masyarakat dapat mendorong perbuatan menyimpang seperti pergaulan bebas. karena masuknya usur-unsur budaya asing yang sangat cepat dan pesat mengakibatkan perubahan sosial yang berkesinambungan. sukarnya mencari lahan tempat tinggal maka hal ini membuat mereka frustasi dalam menghadapi biaya hidup yang semakin besar akhirnya mereka pun melakukan perilaku menyimpang. Bencana alam seperti gempa bumi. dimana mereka tidak mempunyai pegangan menyebabkan anggota masyarakat tidak mampu mengukur tindakannya. c.

DAFTAR PUSTAKA http://lifestyle.com/urban/2010/11/02/westernisasi/ www.com .google.pengaruhbudayaasing.kompasiana.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful