Metode-metode yang digunakan Penunjang Keputusan (SPK

)
prosedur yaitu : untuk mengelola persediaan

dalam

Sistem

1. Material Requirement Planning (MRP) adalah suatu teknik atau

dalam

suatu

operasi

manufaktur. MRP dibagi dan didefinisikan dalam tiga kategori,

• MRP yang berhubungan dengan sistem kontrol persediaan,

berhubungan dengan sistem pengontrolan tentang order dari manufaktur dan pembelian untuk menghitung jumlah yang tepat dan waktu yang tepat untuk menunjang jadwal induk.
• MRP yang berhubungan dengan sistem kontrol persediaan dan

produksi, digunakan untuk merencanakan dan mengontrol persediaan manufaktur.
• MRP

dan

juga

kapasitas

dari

suatu sistem

perusahaan perencanaan

yang

berhubungan

dengan

manufaktur, digunakan untuk merencanakan dan mengatur semua komponen dari manufaktur yaitu persediaan, kapasitas, uang, personel, fasilitas dan perlengkapan umum lainnya.
2. Fuzzy Multiple Attribute Decision Making (FMADM) adalah

suatu metode yang digunakan untuk mencari alternatif optimal dari sejumlah alternatif dengan kriteria tertentu. Inti dari FMADM adalah menentukan nilai bobot untuk setiap atribut, kemudian dilanjutkan dengan proses perankingan yang akan menyeleksi alternatif yang sudah diberikan. Pada dasarnya, ada 3 pendekatan untuk mencari nilai bobot atribut, yaitu pendekatan subyektif, pendekatan obyektif dan pendekatan.

3. Adaptive

Neuro Fuzzy Inference System (ANFIS). ANFIS

merupakan metode yang menggunakan jaringan syaraf tiruan untuk mengimplementasikan sistem inferensi fuzzy. ANFIS akan dilatih dengan menggunakan algoritma Least Square Estimator pada arah

Promethee. 5. ELECTRE digunakan untuk kasus-kasus dengan banyak alternatif namun hanya sedikit kriteria yang dilibatkan. dan kestabilan. Dengan kata lain. Di dalam metode ini.maju dan Gradient Descent pada arah mundur untuk menentukan nilai akhir dan rangking. 4. ELECTRE (Elimination berdasarkan and Choice Translation outranking Reality). Metode ELECTRE digunakan pada kondisi di mana alternatif yang sesuai dapat dihasilkan. Permasalahan utama di dalam metode ini adalah kesederhanaan. semua parameter yang dinyatakan mempunyai pengaruh nyata menurut pandangan ekonomi . adalah suatu metode penentuan urutan (prioritas) dalam Multi-criteria Decision Making (MCDM). dengan ELECTRE merupakan salah satu metode pengambilan keputusan multikriteria pada konsep menggunakan perbandingan berpasangan dari alternatif-alternatif berdasarkan setiap kriteria yang sesuai. Dugaan dari dominasi kriteria yang digunakan dalam Promethee adalah penggunaan nilai dalam hubungan outranking. kejelasan.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful