You are on page 1of 4

Karies/Gigi berlubang

:

Apa Itu karies/Gigi Berlubang? Karies / gigi berlubang adalah daerah yang membusuk di dalam gigi, yang terjadi akibat suatu proses yang secara bertahap melarutkan email (permukaan gigi sebelah luar yang keras) dan terus berkembang ke bagian dalam gigi.

Tanda & Gejala karies/gigi Berlubang?  Karies ditandai dengan adanya lubang pada jaringan keras gigi, dapat berwarna coklat atau hitam.  Terdapat lubang pada gigi.  Terdapat adanya lubang pada gigi dengan sentuhan lidah.  Terasa nyeri.

Penyebabnya apa sih???  Plak Gigi Bakteri, asam, sisa makanan, dan ludah akan membentuk lapisan lengket yang melekat pada permukaan gigi. Lapisan lengket inilah yang disebut plak.  Sering makan Makanan yang manis dan lengket, makanan berserat rendah, kurang vitamin D.  Malas Menggosok gigi.

Oleh :

HARNALIA POHAN 01.207.5492

FAKULTAS KEDOKTERAN UNIVERSITAS ISLAM SULTAN AGUNG SEMARANG

2013

3. dilakukan kerusakan pencabutan.Penanganan Karies/gigi berlubang  segera ditambal untuk Apa yang perlu dilakukan untuk mencegah karies/gigi berlubang??? mencegah lebih lanjut. kerusakan 1. Pada pagi setelah makan dan malam hari sebelum tidur. . manis dan lengket. Minimal 2xsehari. Lakukan kunjungan rutin ke dokter gigi tiap 6 bulan sekali. Gosok gigi yang baik dan benar. TERIMA KASIH 2. Banyak mengkonsumsi  Bila sudah makanan berserat seperti buah terlalu luas dan gigi tidak & sayuran. Hindari makanan dapat maka diperbaiki harus lagi.