You are on page 1of 3

PENANGGULANGAN PENDERITA GAWAT DARURAT (PPGD) / BASIC TRAUMA AND CARDIAC LIFE SUPPORT(BTCLS) UNTUK PERAWAT / BIDAN

PELATIHAN

PERSI CAB. DIY
PENGANTAR Keadaan Gawat Darurat bisa terjadi kapan saja, siapa saja dan dimana saja. Kondisi ini menuntut kesiapan petugas kesehatan untuk mengantisipasi kejadian itu. Bila kita cermati, kematiankematian karena henti jantung dan henti nafas selama ini cukup banyak khususnya pada area Pre Hospital. Management pertolongan keadaan Gawat Darurat pada area tersebut sampai saat masih sangat menyedihkan. Banyak kematian-kematian di masyarakat yang mestinya bisa dicegah bila kita punya kepedulian terhadap masalah tersebut. BAKER PGDM PERSI CABANG DIY adalah Badan Kerjasama Penanggulangan Dawat Darurat Medik yang salah satu misinya adalah Melakukan peningkatan ketrampilan petugas dalam bidang pelayanan gawat darurat medik dengan melaksanakan pendidikan dan pelatihan, memasyarakatkan pertolongan pertama keadaan gawat darurat pada seluruh lapisan masyarakat dengan melalui pendidikan dan pelatihan serta mengupayakan peningkatan sarana pelayanan penanggulangan gawat darurat medik. BAKER PGDM PERSI Cab. DIY memfasilitasi kepentingan tersebut diatas, untuk meningkatkan pengetahuan dan ketrampilan perawat khususnya dibidang kegawatdaruratan dengan mengadakan Pelatihan PPGD / BTCLS untuk perawat yang diadakan secara terus-menerus.

Diselenggarakan oleh :

Perawat sebagai bagian dari petugas kesehatan yang tinggal di masyarakat mempunyai tanggung jawab besar terhadap masalah ini. Namun ironisnya kemampuan tenaga perawat untuk mengatasi kondisi kegawatdaruratan pre hospital juga masih kurang. Basic Life Support (Bantuan Hidup Dasar) adalah Tindakan pertolongan pertama yang harus dilakukan pada pasien yang mengalami keadaan yang mengancam nyawa (henti jantung-paru). Perawat harus mempunyai ketrampilan tentang hal ini. Kemampuan menanggulangi kegawat daruratan dan BLS ini sangat diperlukan baik di area pre hospital maupun intra hospital. PPNI sebagai organisasi profesi perawat, saat ini juga mewajibkan setiap perawat agar mempunyai ketrampilan penanggulangan gawat darurat / BTCLS. Sehingga PPGD / BTCLS juga sebagai salah

BADAN KERJASAMA PENANGGULANGAN GAWAT DARURAT MEDIK (BAKER PGDM) – Pusbankes 118

Bidan 3. Manekin untuk Defibrilator beserta dng peralatannya 9. DIY – PUSBANKES 118 2. NARA SUMBER : 1. Laptop 2. Airway management. Mahasiswa Akademi Keperawatan Semester 6 4.LAMA TRAINING : 5 hari dari jam 8.000. Perawat 2. Peralatan untuk Stabilisasi dan Transportasi SASARAN : 1. Defibrilator.co.400. untuk tambahan @ 750. Mahasiswa Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan semester 8 MATERI Initial Assesment Sistem PPGD Airway & Breathing Bantuan Hidup Dasar/Basic Life Support Intoksikasi Luka Bakar Trauma Extremitas Stabilisasi & Transportasi Shock & Perdarahan Informasi lebih lanjut hubungi : Sekretariat BAKER PGDM PERSI DIY dr. Wireless Pointer 4. DIY – PUSBANKES 118 EKG Arithmia Lethal Penanganan Serangan Jantung Penanganan Henti Jantung Manajemen DC Shock Trauma Thorax Trauma Abdomen Trauma Kepala Biomekanik Trauma Peran Fungsi Perawat Gawat Darurat Triase Skenario Skill station meliputi : RJP.satu syarat perawat untuk memperoleh SIPP (Surat Ijin Praktek Perawatan) PELAKSANAAN Tempat :Menyesuaikan Waktu : Menyesuaikan BIAYA : Biaya Pelatihan PPGD 38. Manekin Airway beserta dengan peralatannya 8. LCD 3. Manekin RJP beserta dng peralatannya 7.00 – 18.000 untuk 32 peserta. Bisa dimaximalkan menjadi 40 peserta. Stabilisasi & Transportasi SARANA DAN PRASARANA : 1. Sertifikat PPGD / BTCLS 6. DIY – PUSBANKES 118 INSTRUKTUR : Perawat Senior + berpengalaman dari BAKER PGDM PERSI CAB.id Anang Rudiyanto 081 128 21 96 081 578 518 118 .00 Mulai hari Rabu sampai dengan hari Minggu. Buku Materi PPGD / BTCLS 5. Dokter Spesialis + Sub Spesialis dari BAKER PGDM PERSI CAB. Perawat Senior + berpengalaman dari BAKER PGDM PERSI CAB. Yanti Wulandari HP : Email : dr_yantiwidarto@yahoo.

HP : Email : anangrudi_ppgd@yahoo.com 081 328 114 118 081 914 222 118 .