You are on page 1of 6

Polyp Recty Pada Bayi

POLYP RECTI PADA BAYI

PENDAHULUAN Bentuk polyp ini banyak dijumpai pada anak-anak dan disertai dengan gejala yang bervariasi. Polyp biasanya menimbulkan gejala yang tidak begitu berat dan dapat ditangani dengan pembedahan minor, tetapi kadangkala dapat menyebabkan penyakit serius sehingga memerlukan operasi mayor yang lebih rumit disertai dengan terapi yang adekuat.(1,2,3,4) Pada praktek di kesehatan anak jarang dijumpai adanya keluhan perdarahan, walaupun ada tapi hanya sejumlah kecil kasus, dan kadang tidak memerlukan penanganan yang seriusdan terapi operasi. (1,2,3) Bila didapati perdarahan yang hebat memerlukan tindakan seperti dengan proctoscapy dan barium enema sehingga lesi dapat terlihat dengan demikian penderita dapat diobati dengan cepat dan efektif. (1,2,3) Polyp biasanya terjadi direktum, tapi dapat juga ditemukan pada beberapa tempat dibagian distal cardia dari isis abdomen. dari 203 kasus pada anak-anak yang dirawat di rumah sakit, 144 diantaranya dijumpai

Dewi Liliana Surbakti FK UMI KKS Bagian Bedah RSPM Medan ‘April 2003

1

biasanya pada polyp yang besar dan jumlah polyp yang banyak. sel-sel mukus dapat tersususn secara irreguler sehingga membentuk suatu adenomatosa. (1. (1.Polyp Recty Pada Bayi polyp hanya bagian rektum.3.4. (1.2. tapi lama kelamaan dapat membentuk massa karena terkumpulnya feses dibagian itu.3) MANIFESTASI KLINIS Ada tiga komplikasi penting yang dapat muncul yaitu :  Erosi permukaan yang menunjukkan tanda hemoragi. hemoragi. Nilai rata-rata 1 cm.2. Emua polyp akan menunjukkan tanda yaitu edema. Dan direrkirakan 2/3 pasien yang dirawat memiliki polyp tunggal dan kurang dari 1/3 dengan polyp yang berjumlah dua atau lebih (multipel). dan inflamasi yang kronik.3) Beberapa diantara polyp ini apat menjadi ganas. Biasanya terbentuk jaringan granulasi di permukaan ulserasi. polyp ini sangat lembut.5) PATOLOGI Polyp berukuran mulai dari diameter beberapa milimeter sampai ukuran sentimeter. Dewi Liliana Surbakti FK UMI KKS Bagian Bedah RSPM Medan ‘April 2003 2 .

Gejala yang dapat dialami antara lain adalah kram Dewi Liliana Surbakti FK UMI KKS Bagian Bedah RSPM Medan ‘April 2003 3 . Polyp pada rektum dapat menyebabkan perdarahan karena dapat teriritasi dan mengalami ulserasi karena massa feses yang padat melewati bagian ini. tapi pernah ditemukan pada anak perempuan dengan adenocarcinoma rektum. disamping terjadinya perdarahan dan kemungkinan prolapsus dari anus. (1. (1. maka pada waktu itupasien akan kehilangan darah beberapa cm3. Pada pasien dengan degenerasi karsinomatosa ini harapan hidup mereka adalah 50%.3) Nyeri abdomen. hanya beberapa saja yang menunjukkan perdarahan yang masif.2. polyp rekti yang bersifat tenang tapi dengan lesi yang lebih pada seluran atau rongga usus akan dapat menyebabkan ketidaknyamanan di abdomen.2) Pasase darah per rektum kebanyakan akan menimbulkan gejala. Bila polyp dengan posisi ini mengalami perdarahan yang sering. Jika terjadi perubahan menuju malgnansi. jarang dijumpai sebelum dewasa.Polyp Recty Pada Bayi  Dapat mencetuskan komplikasi-komplikasi penyakit lainnya. bahaya ini pada beberapa kasus dapat diabaikan.  Degenerasi malignansi. biasanya degenerasi malagnansi ini terjadi direktum. keadaan ini akan menjadi serius bila pada individu dijumpai polyposis.

polyp pada rektum biasanya dapat dirasakan dengan telunjuk dan biasanya berada dibagian dinding posterior atau postero-lateral. (1.Polyp Recty Pada Bayi pada abdomen serta adanya rasa nyeri yang hebat.2. untuk mendeteksi adanya polyp lain di usus kecil.3) Dewi Liliana Surbakti FK UMI KKS Bagian Bedah RSPM Medan ‘April 2003 4 . maka kolon juga harus diperiksa dengan menggunakan sinar X. Walaupun kebanyakan polyp pada anak-anak hanya terdapat pada satu tempat lesi.2) PEMERIKSAAN RADIOLOGI Identifikasi dari satu atau beberapa polyp rektum ini akan menimbulkan pertanyaan tentang apakah lesi juga terdapat ditempat lain di saluran cerna.3. (1.3) Bila ditemukan polyposis pada rektum. (1. tapi akan lebih baik apabila dilakukan pemeriksaan dengan menggunakan barium enema melalui rektum. (1. Nyeri bersifat kolik dan sering diikuti dengan muntah karena peningkatan peristaltik.4) PEMERIKSAAN FISIK Pada pemeriksaan Rectal Toucher.

Enema dengan kontras ganda efektif dalam visualisasi polyp. (1. harus berhati-hati dalam melakukan eksisi polyp.2. karena kesulitan ini. tapi manipulasi ini kadang sulit karena dinding rektum tidak dapat ditarik sesuai dengan posisi yang diinginkan.3.Polyp Recty Pada Bayi Polyp di kolon dapat ditemukan dengan melakukan pemeriksaan menggunakan fluroscopy atau dengan pemakaian barium.3. Dengan menggunakan anoscope pendek kemudian menarik polyp itu keluar.4) PENATALAKSANAAN Pengangkatan polyp menggunakan proctoscope pada polyp yang jaraknya jauh dan dengan menggunakan anoscope biasanya polyp dapat dipisahkan. (1. Polyp dapat dibedakan dengan pemeriksaan massa fecal yang tidak dapat berpindah dengan palpasi pada saat pemeriksaan menggunakan fluroskopy.2.4) Dewi Liliana Surbakti FK UMI KKS Bagian Bedah RSPM Medan ‘April 2003 5 .

Fourth Edition. A Publishing Division of Prentice Hall. Wim de Jong. Penerbit Buku Kedokteran EGC. 1995 5. Sjamsuhidajat R.medicalencyclopedia. 1997 3. Penerbit Binarupa Aksara. Cetakan I. 1990 : 465 – 6 4. The Surgery of Infancy and Childhood. Dalam Buku Ajar Ilmu Bedah.id Dewi Liliana Surbakti FK UMI KKS Bagian Bedah RSPM Medan ‘April 2003 6 . Cetakan Pertama. Staf Pengajar Bagian Bedah FK UI. Kumpulan Kuliah Ilmu Bedah. New York. Jakarta. www. Gross RE. Fiveth Edition. Swenson. Boston : 310 – 4 2.Polyp Recty Pada Bayi DAFTAR RUJUKAN 1. Jakarta. Pediatric Surgery. WB Saunders Company.com.