Gugus Fungsi

Suatu senyawa organic adalah senyawa yang utamanya terdiri dari kombinasi atom C, H, O dan N. sifat suatu zat biasanya ditentukan oleh suatu struktur khusus pada molekul zat tersebut yang dikenal dengan gugus fungsional.Beberapa contoh gugus fungsional serign ditemui pada senyawa organic adalah alcohol, aldehid, keton, asam karboksilat, ester dan benzena.Beberapa diantaranya menghasilkan senyawa turunan seperti fenol, amina dan amida. Setiap gugus memiliki suatu reaksipada berbagai indicator, maka diperlukan suatu uji gugus : 1. Uji gugus alcohol(R-OH),dengan berbagai cara seperti reaksi oksidasi, reaksi dengan logam natrium, reaksi pembentukan ester. 2. Uji gugus fenol, dapat dididentifikasi dengan memanfaatkan FECl3 atau Br2. Larutan fenol yang ditetesi larutan FECl3 atau Br2 lama kelamaan akan membuat warna kuning FECl3 atau Br2 hilang karena bereaksi membentuk kompleks fenol dengan Cl dan ion Fe3+. 3. Uji gugus karbonil,(R-CO-H/R’), dengan berbagai cara seperti : reaksi dengan d,n,p(2,4dintrofenilihidrogina), oksidasi aldehida dan uji dengan Iodofrom. 4. Uji gugus karboksil, dengan cara keasaman(direaksikan dengan larutan Na2CO3 akan menghasilkan gelembung gas CO2) dan pemebentukan ester apabila direaksikan dengan alcohol. (Elisabeth,2010). Kedudukan kereaktifan kimia dalam molekul disebut gugus fungsi. Senyawa denag gugus fungsi yang sama cenderung megalami reaksi kimia yang sama. Sebagai cintih masing-masing senyawa dalam deret berikut ini mengandung gugus hidroksil(R-OH) yang tergolong dalam senyawa Alkohol. Dan berbagai jenis gugus fungsi dan gologan senyawanya: Gugus Fungsi Struktur C=C CC -NH2 Rumus umum Ikatan rangkap Ikatan ganda tiga Gugus Amino Golongan Senyawa Nama golongan R2C=CR2 RC CR’a RNH2 Nama Alkena Alkuna Amina

bahan pelekat urea-fomaldehida. dan hidrolisis nitril. bahan baku. Formaldehida diproduksi untuk memebuat Bakelite.1992) Gugus hidroksil Gugus alkoksil ROH R’ORa Alkohol Eter Gugus fungsional juga digunakan dalam industri. reduksi alkil halide dengan ammonia. Pembuatan amina di laboratorium dapat dilakukan ddengan beberapa cara. dan berbagai macam produk polimer. misalnya pembuatan propanol (senyawa pengaktivasi jantung) melalui SN2 anatara epoksida dengan isopropilamina. obat-obatan. reduksi asil klorida. dan bahan pengawet spesimen biologi. Aldehid keton. dan tersedia dalam jumlah yang melimpah dan berharga murah.dapat dibuat dengan metode oksidasi alkohol primer dan alkil benzene. dan fermentasi karbohidrat. dan asilasi friedel-craft. Alkohol. resin fenol-formaldehida. adisi karbon dioksida pada pereaksi grinard. reduksi aminasi. antara lain : reduksi senyawa nitro. dan pereaksi untuk pembuatan produk seperti senyawa formaldehida atau lebih dikenal formalin. oksidasi metal benzena. Berikut adalah peran gugus fungsi dalam industri dan metode pembuatannya. dan degradasi Hotmann. Amina . .dalam industri banyak dipakai sebagai bahan awal untuk membuat insectisida dan bahanbahan farmasi. Selain metode tersebut ada juga metode lain yaitu dengan oksimer kurasi-demerkurasi. Pembuatan keton dapat dilakukan dengan oksidasi alkohol sekunder. Pembuatan aldehida dapat dilakukan dengan cara oksidasi alkohol primer. proses oxo. banyak dipakai sebagai pelarut. selain itu juga memiliki cara atau metode pembuatan yang berbeda satu sama lain. Asam karboksilat . ozonasi alkena. bahan baku asam asetat. merupakan bahan baku yang paling penting dalam kimia hidrokarbon.-OH -OR (Ralph dan Joan. Ada 3 metode untuk menghasilkan alkohol sederhana antara lain hidrasi alkena yang diperoleh dari reaksi cracking petroleum. hidrobrasi-oksidasi dan sintesis Grignard. reduksi senyawa nitril.

.2009).Fenol. dan hIdroperoksida kumen (RISWIYANTO. erupakan bahan kimia industri yang penting karena dapat dijadikan bahan baku industri untuk menghasilkan produk komersial seperti aspirin (obat-obatan) dan plastik metode untuk pembuatan fenol dapat dilakukan dengan cara hidrolisis klorobenzena (proses Dow). peleburan natrium benzensulfonat.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful