RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP

)

Disusun Oleh :

Siska Laras Asti K4309076 Pendidikan Biologi / VI

FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNIVERSITAS SEBELAS MARET SURAKARTA 2012

Afektif . Menganalisis perbedaan antara monocotyledoneae dan dicotyledoneae melalui pengamatan gambar. Menyebutkan ciri-ciri tumbuhan anggota kelas monocotyledoneae c. Menjelaskan dasar pembagian tumbuhan Angiospermae menjadi 2 kelas. Mengamati gambar beberapa organ tumbuhan dan macam-macam tumbuhan. d. c. diskusi dan kajian literature. Proses: a. Kognitif 1. Memahami manfaat keanekaragaman hayati II. b. Melakukan diskusi kelompok dalam mengelompokkan tumbuhan ke dalam kelas monocotyledoneae atau dicotyledoneae B. Menyebutkan ciri-ciri tumbuhan anggota kelas dicotyledoneae d.Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Sekolah Mata Pelajaran Kelas/Semester Alokasi waktu : SMA NEGERI 4 SURAKARTA : IPA BIOLOGI :X/2 : 25 menit I. Mengelompokkan tumbuhan ke dalam kelas monocotyledoneae atau dicotyledoneae 2. Produk a.3 Mendeskripsikan ciri-ciri Divisio dalam dunia Tumbuhan dan peranannya bagi kelangsungan hidup di bumi III. Mendiskusikan ciri-ciri tumbuhan anggota kelas dycotiledoneae dan monocotyledoneae. b. Kompetensi Dasar 3. Standart Kompetensi 3. Menjelaskan perbedaan antara monocotyledoneae dan dicotyledoneae e. Indikator Pertemuan Keempat A.

b. Menjelaskan dasar pembagian tumbuhan Angiospermae menjadi 2 kelas. Siswa mampu menjelaskan minimal 4 perbedaan antara kelas monocotyledoneae dan dicotyledoneae melalui pengamatan gambar.. Produk a. c. diskusi dan kajian literature. Siswa mampu menjelaskan minimal 4 ciri-ciri dicotyledoneae melalui pengamatan gambar. Karakter         Bertanggung jawab terhadap kelompok diskusi Teliti dalam melakukan pengamatan gambar Jujur dalam mengerjakan evaluasi Berani bertanya dan berpendapat Aktif dan kritis dalam menjawab maupun bertanya 2. . Siswa mampu menjelaskan minimal 4 ciri-ciri kelas monocotyledoneae melalui pengamatan gambar.  Mengklasifikasikan tumbuhan mana yang termasuk dalam monocotyledoneae dan dicotyledoneae  Mendiskusikan dalam kelompok tentang perbedaan antara kelas monocotyledoneae dan dicotyledoneae  Mengkomunikasikan hasil diskusi kelompok mengenai ciri-ciri dan perbedaan dari filum monocotyledoneae dan dicotyledoneae IV. Kognitif 1. Psikomotor Ketrampilan proses sains yang dapat dikembangkan meliputi :  Mengobservasi gambar beberapa organ tumbuhan dan macam-macam tumbuhan. d. Tujuan Pembelajaran Pertemuan keempat A.. Keterampilan Sosial Kerjasama antar anggota kelompok Memiliki toleransi yang tinggi terhadap pendapat teman Sopan dalam menyanggah pendapat teman saat diskusi C.1.

Proses a. Mendiskusikan dalam kelompok tentang perbedaan antara kelas monocotyledoneae dan dicotyledoneae d. Siswa mampu melakukan diskusi kelompok dalam mengelompokkan tumbuhan ke dalam kelas monocotyledoneae atau dicotyledoneae B. siswa dapat meningkatkan keterampilan proses sains dasar (basic skill) seperti: a. diskusi dan kajian literature. Mengklasifikasikan organisme mana yang termasuk dalam kelas monocotyledoneae dan dicotyledoneae c. Siswa mampu mengamati gambar beberapa organ tumbuhan dan macammacam tumbuhan dengan teliti. 2. Siswa mampu menganalisis perbedaan antara monocotyledoneae dan dicotyledoneae melalui pengamatan gambar. Mengkomunikasikan hasil diskusi kelompok mengenai ciri-ciri dan perbedaan dari kelas monocotyledoneae dan dicotyledoneae. b. Siswa mampu mengelompokkan tumbuhan ke dalam kelas monocotyledoneae atau dicotyledoneae. Psikomotor Setelah mengikuti proses belajar. d. c. Mengobservasi gambar beberapa organ tumbuhan dan beberapa macam tumbuhan b. Afektif 1. Siswa mampu mendiskusikan cirri-ciri tumbuhan anggota kelas dycotiledoneae dan monocotyledoneae. Karakter Selama proses pembelajaran siswa dapat menunjukkan adanya karakter berupa :      Bertanggung jawab terhadap kelompok diskusi Teliti dalam melakukan pengamatan gambar Jujur dalam mengerjakan evaluasi Berani bertanya dan berpendapat Aktif dan kritis dalam menjawab maupun bertanya kemajuan .e. C.

Tumbuhan bunga merupakan tumbuhan yang paling dikenal. dan mamalia yang berguna sebagai perantara dalam penyerbukan.2. dan bentuknya. alat perkembangbiakan yang terdiri dari putik dan benang sari. dan bahan obat-obatan. Materi Pembelajaran Tumbuhan Biji Tertutup (Angiospermae) Angiospermae berarti biji diselubungi oleh suatu badan yang berasal dari daun buah. makanan ternak. Presentasi VI. Benang sari terdiri atas tangkai sari dan kepala sari yang terdiri . Semua angiospermae ditempatkan dalam sebuah divisi tunggal Antophyta (tumbuhan bunga). dan bakal buah yang berisi bakal biji. bunga dapat memikat serangga. Ukuran tubuhnya bervariasi mulai dari jenis tumbuhan Eucalyptus yang tingginya dapat mencapai 100 m sampai pada rumput-rumput kecil. Model dan Metode Pembelajaran 1. Bunga merupakan organ utama bagi tumbuhan ini. tetapi memiliki bagian-bagian dasar yang sama. Model Pembelajaran Cooperative Learning tipe “Card Sort” dimodifikasi dengan TGT (Team Games Tournament). Banyak manfaat tumbuhan ini. Keterampilan Sosial Selama proses pembelajaran siswa dapat menunjukkan adanya karakter berupa Kerja sama antar anggota kelompok    Kerjasama antar anggota kelompok Memiliki toleransi yang tinggi terhadap pendapat teman Sopan dalam menyanggah pendapat teman saat diskusi kemajuan V. sayuran. Metode a. yaitu bakal buah. seperti biji-bijian sebagai makanan. Diskusi b. lebih dari 95% tumbuhan biji yang ada di bumi adalah tumbuhan bunga. bau. 2. tangkai putik. burung. bahan pakaian. melalui warna. Bentuk dan susunan bunga bermacam-macam. yaitu perhiasan bunga (tajuk bunga) dibedakan antara mahkota dan kelopak. Putik terdiri atas kepala putik.

Peristiwa melekatnya serbuk sari pada kepala putik disebut penyerbukan.atas dua kotak sari berisi serbuk sari. atau berbentuk bulu Berbeda dengan gymnospermae yang memiliki bakal biji terbuka. Kepala putik menghasilkan zat yang dapat melekatkan serbuk sari. serbuk sari baru dapat sampai ke bakal biji setelah melalui kepala putik. kadang memiliki saluran madu. putiknya bertangkai panjang menjulur keluar. Jika penyerbukannya dibantu angin. apa yang terjadi selanjutnya? Pelajari gambar daur hidup tumbuhan bunga pada Gambar 7.21 Perbedaan struktur bunga bergantung pada cara penyerbukan. mahkota dan kelopak besar dengan warna yang cerah.22. . mahkota dan kelopak kecil. bakal biji tumbuhan bunga letaknya tersembunyi. Jika cara penyerbukannya dibantu oleh serangga. bahkan tidak ada. Untuk lebih jelasnya bagian-bagian bunga dapat kamu lihat pada Gambar 7. Setelah penyerbukan.

Berdasarkan jumlah daun lembaga (kotiledon) yang dimilikinya. Zigot berkembang menjadi embrio. Pelajari gambar ini : . sedangkan pada tumbuhan bunga terjadi pembuahan ganda. kedua inti itu melebur dan menghasilkan zigot. Pada beberapa jenis dikotil. selanjutnya tumbuh menjadi tumbuhan baru. Fertilisasi pada gymnospermae disebut pembuahan tunggal karena hanya terjadi satu kali pembuahan. kemudian berkembang menjadi kecambah. pertama peleburan inti sel sperma dengan inti sel telur menghasilkan zigot. yaitu tumbuhan biji berkeping satu (monokotil) dan tumbuhan biji berkeping dua (dikotil). Peristiwa meleburnya sel kelamin jantan dan sel kelamin betina disebut pembuahan (fertilisasi). kedua peleburan inti sperma dengan inti kandung lembaga menghasilkan putih lembaga (endosperma) yang merupakan cadangan makanan bagi embrio. endosperm diserap oleh kotiledon kemudian menjadi keping biji. yaitu peleburan inti sperma dengan inti sel telur yang menghasilkan zigot.Serbuk sari yang melekat pada kepala putik tumbuh menjadi buluh serbuk yang mengantar inti sperma untuk bertemu dengan inti sel telur dalam bakal biji. tumbuhan bunga dibagi menjadi dua kelas.

.

macam-macam tumbuhan digunakan. jagung. spidol b. Bahan : Materi pelajaran subdivisi Angiospermae c. Di antara tumbuhan monokotil banyak yang memiliki nilai ekonomi tinggi.Sayur-sayuran dan buah-buahan yang kita makan kebanyakan berasal dari tumbuhan dikotil. Batangnya berkayu keras. Tumbuhan ini meliputi terna (tumbuhan basah). secara tidak langsung merupakan sumber makanan bagi manusia. Alat. semak. seperti biji-bijian: padi. dan gandum merupakan sumber energy bagi manusia. dan pohon. Media : Potongan gambar organ tumbuhan. perdu. Dikotil adalah tumbuhan yang paling tinggi keanekaragamannya. Rumput-rumputan sebagai makanan ternak. Alat : Papan tulis.23. Dapatkah kamu sebutkan contoh-contoh lain? Beberapa contoh dikotil dapat dilihat pada Gambar 7. LKS Buku Pelajaran . Gambar berikut memperlihatkan beberapa contoh monokotil. VII. dipakai sebagai bahan bangunan. Bahan Dan Media Pembelajaran a. Sebutkan contoh-contoh lainnya. Hampir semua tumbuhan pelindung merupakan tumbuhan dikotil. dan potongan frasa sebagai kartu.

2. hari ini adalah kelas monokotil dan dikotil . Menyampaikan materi yang pembelajaran akan dibahas oleh guru. Kegiatan Pendahuluan 1. Memberi salam dan 1. Merespon apersepsi tentang akan yang disampaikan oleh guru. yang disampaikan 5 menit oleh guru. dengan pertanyaan berikut:  Masih ingat materi tentang gymnospermae (tumbuhan terbuka)?  Apakah merupakan gymnospermae?  Pernahkah mengamati Biji mangga biji Mangga dan biji jagung?  Apakah perbedaan antara keduanya? 3. Memperhatikan apa yang disampaikan 3. disampaikan. Memperhatikan apa menanyakan kabar.VIII. Memberi berkaitan materi yang apersepsi 2. Proses Belajar Mengajar Pertemuan ke-4 No Tahapan Kegiatan Guru Kegiatan Siswa Alokasi Waktu 1.

4. Kegiatan Inti a. 2. Menjelaskan aturan 2. Elaborasi 2. Eksplorasi 1. Menyampaikan tujuan 4. Merespon pertanyaan dari guru. Memperhatikan apa kegiatan yang akan yang disampaikan . Memperhatikan apa pembelajaran agar siswa yaitu dapat yang guru disampiakn mengetahui cirri-ciri tumbuhan dan mengetahui perbedaanyya dapat mengelompokkan berbagai macam serta monootil dikotil. Guru mengulas pengetahuan siswa kelas monokotil dan dikotil misalnya dengan pertanyaan berikut:  Apakah tumbuhan monokotil?  Apakah  Apakah membedakan kedua kelas cirri-ciri cirri-ciri 1. 10 Menit tumbuhan dikotil? yang tumbuhan tesebut? b. tumbuah dalam kedua kelas tersebut.

Membagikan LKS kepada setiap siswa. 5. 3. 6. Menginstruksikan siswa untuk berdiskusi sesuai dengan materi yang dipelajari. Menerima satu set kartu 8. 6.(Membagi siswa menjadi 2 kelompok) 4. Menginstruksikan masing-masing siswa untuk mencari teman dalam satu kategori kartunya dan berkumpul. Menerima sortir kartu 4. Mempresentasikan hasil diskusi di depan kelas dan siswa lain memperhatikan presentasi temannya. Menunjuk perwakilan kelompok untuk mempresentasikan hasil diskusi. 9. Membagikan kartu sortir kepada siswa. Mengecek kebenaran anggota dari masingmasing kategori. 9. 7.dilakukan pembelajaran. Berkumpul teman dengan sekelompoknya. . Menerima LKS. dalam oleh guru. 7. Mencari teman dalam satu kategori kartunya 5. 3. Membagikan satu set kartu kepada setiap kelompok 8. Membaca instruksi pada LKS dan berdiskusi dengan teman sekelompoknya dalam mengerjakan LKS.

1. Mendengarkan dan soal berkelompok.10. Menyimpulkan kegiatan yang telah dilakukan. 3. c. 3. soal 10 Menit 2. Memberikan evaluasi kepada siswa dengan Tournament antar kelompok. 10. 3. 4. 11. Siswa memperhatikan guru . Mengerjakan evaluasi. Memperhatikan intruksi dari guru. Guru membacakan soal dan menghitung waktu selama 2 menit. soal mengerjakan secara 4. Konfirmasi 11. Guru memeriksa hasil pekerjaan masingmasing kelompok dan memberi tambahan nilai dan hadiah bagi kelompok dengan skor terbanyak. Mendengarkan konfirmasi yang diberikan oleh guru. Kegiatan Penutup 1. Mengintruksikan kepada siswa untuk bekerjasama dalam kelompok agar dapat melakukan turnamen dengan baik dan menjelaskan aturan permainan. Meminta salah satu siswa untuk menyimpulkan hasil diskusi yang telah dilakukan. 2. Memberikan konfirmasi terhadap hasil pembelajaran.

. 5. 2. Soal Turnament Lengkapilah bagan pembagian tumbuhan Angiospermae dan ciri-cirinya dengan menempelkan kartu-kartu yang berisi gambar dan kata-kata tersebut pada kolom yang benar! (waktu mengerjakan : 2 menit) ANGIOSPERMAE (Tumbuhan Berbiji Tertutup) Menurut keping bijinya Dibagi menjadi 2 kelas Monocotiledoneae Ciri-Ciri Biji berkeping 2 Akar serabut Pertulangan daun sejajar Dicotyledoneae Ciri-Ciri Biji berkeping 1 Akar Tunggang Pertulangan daun menjari . Sumber Pembelajaran 1. IX. Modul Belajar X. 1. Penilaian Hasil Belajar (Evaluasi) Ranah Kognitif   Teknik penilaian dilakukan dengan metode Turnamen antar kelompok Bentuk penilaian : Penilaian kinerja kelompok dengan menghitung skor gambar dan kata-kata yang kelompok dari ketepatan penempelan berhubungan dengan Kelas dicotyledoneae dan monocotyledoneae pada kolomnya. Buku Pedoman BIOLOGI SMA kelas X.5. Menutup dengan salam penutup. Menjawab salam.

6. 7. 7. 2. 5. 3. 2. Ranah Psikomotorik Aspek yang dinilai Criteria a. 6. 8. 4. 8. mendapat skor 1 Total Skor = 35 ( ) 2. 5. Mengklasifikasikan tumbuhan Tanggap dan cepat Nilai 4 3 2 1 4 . 3. 5 atau kelipatannya Contoh Tumbuhan Gambar: 1. 4. Mengobservasi gambar beberapa Mengobservasi dengan organ tumbuhan dan beberapa serius dan mendapatkan informasi yang dicari macam tumbuhan dengan tepat Mengobservasi dan informasi yang didapatkan kurang lengkap Mengobservasi dan informasi yang didpatkan salah Tidak melakukan observasi b. 9. Mangga Kacang tanah Petai Semnngka Cabai Mawar Jeruk Singkong Tomat Rubrik penilaian Setiap menempelkan 1 kertas dengan benar . 4.Pertulangan daun melengkung Pembuluh angkut tersebar Tidak ada cambium Perhiasan bunga 3 atau kelipatannya Contoh Tumbuhan Gambar : 1. 9. Anggrek Palem Bambu Gandum Tebu Bawang merah Jagung Talas Kunyit Pertulangan daun menyirip Pembuluh angkut tersusun dalam lingkaran Ada cambium Perhiasan bunga 2.

dalam menemukan anggota monocotyledoneae dan kelompok berdasarkan dari kartu yang diberikn dicotyledoneae Menemukan anggota kelompoknya namun tertingal dari temn yang lain Menemukan anggota kelompoknya setelah diberitahu oleh oranglain Tidak menemukan anggota kelompoknya c. Mengkomunikasikan hasil diskusi Mempresentasikan hasil kelompok mengenai ciri-ciri dan diskusi di depan kelas dengan jelas dan lancar perbedaan dari filum Mempresentasikan hasil monocotyledoneae dan diskusi dengan lancar tetapi kurang jelas dicotyledoneae Mempresentasikan hasil diskusi etapi tidak jelas dan tidak lancar Tidak mempresentaskan hasil diskusi Nama siswa 1 1. 3. dst. A 2 3 4 B c d Total nilai mana yang termasuk 3 2 1 4 3 2 1 4 3 2 1 1 2 3 4 1 2 3 4 1 2 3 4 Ket. 2. Keterangan : D : kurang = 1-4 . Mendiskusikan dalam kelompok Secara aktif berdiskusi dan menyampaikan tentang perbedaan antara kelas aktif pendapat monocotyledoneae dan Aktif berdiskusi sesekali dicotyledoneae menyampaikan pendapat Kurang aktif dalam berdiskusi dan tidak menyampaikan pendapat Tidak ikut berdiskusi d.

........ baik C.. sangat baik B...... NIP. tidak baik Skor 5 Skor 4 Skor 3 Skor 2 Skor 1 Jumlah Skor : 24 – 30 = sangat baik 18 – 23 = baik 12 – 17 = cukup 6 .. 1 November 2012 Guru Mata Pelajaran Biologi Mahasiswa...11 = kurang Surakarta......C : cukup B : baik A : Istimewa = 5-8 = 9-12 = 13-16 3.. kurang baik E... cukup baik D. Ranah Afektif ASPEK PENILAIAN Kemampuan Total nilai Kejujuran No Nama Kerja sama keaktifan Ketelitian mengemukakan pendapat Penskoran : A............ Siska Laras Asti K4309076 .. .............

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful

Master Your Semester with Scribd & The New York Times

Special offer: Get 4 months of Scribd and The New York Times for just $1.87 per week!

Master Your Semester with a Special Offer from Scribd & The New York Times