By, Wiewiet..

,

By : RUSWID, S. PD YAYASAN PENDIDIKAN PONDOK PESANTREN AL HIKMAH 1

SMK AL HIKMAH 1 SIRAMPOG
Alamat : Jl. Masjid Jami Benda sirampog  0289 432422 2007

Pengetahuan Dasar Mesin “Mekanisme Katup”

1

. Sedangkan untuk besarnya pembukaan minimal katup in/ masuk berkisar pada 12° sebelum TMA (Titik Mati Atas) atau Before TDC (top Dead Centre) dan besarnya penutupan maksimal katup in/ masuk akan berkisar pada 10° setelah TMB (Titik Mati Bawah) atau After BDC (Bottom Top Dead Centre). Proses maju atau mundurnya katup hanya terjadi pada katup in/ masuk/masuk dengnan kata lain pengaturan VVTi dimaksudkan untuk mengatur efisiensi pemasukan campuran bahan bakar dan udara. Untuk besarnya pembukaan dan penutupan katup ex/ katup buang tetap. Artinya proses pembukaan dan penutupan katup dapat berubah-ubah baik lebih cepat/maju ataupun lebih lambat/mundur. dan beban mesin. Besarnya pembukaan maksimal katup in/ masuk berkisar pada 30° sebelum TMA (Titik Mati Atas) atau Before TDC (top Dead Centre) dan besarnya penutupan maksimal katup in/ masuk akan berkisar pada 52° setelah TMB (Titik Mati Bawah) atau After BDC (Bottom Top Dead Centre). Wiewiet. Pengetahuan Dasar Mesin “Mekanisme Katup” 2 . VVTi Variable Valve Timing Intelegent A. Pengertian VVTi (Variabel Valve Timing Intelegent) adalah suatu system mekanisme katup yang bekerja bervariasi sesuai dengan kondisi putaran mesin.By.. yakni untuk pembukaan berkisar 30° sebelum Titik Mati Bawah dan besarnya penutupan berkisar 2°setelah Titik Mati Atas.

Mesin berputar kecepatan tinggi pada beban berat TMA TMB IN EX IN EX IN EX IN EX IN EX Pengetahuan Dasar Mesin “Mekanisme Katup” 3 . Fuel Economy naik kira kira 6 % 3. NOx turun kira kira 40% C.. Mesin berputar idle/idling 2. Wiewiet. Teknologi VVTi menerapkan kerja mekanisme katup in/ masuk/ masuk akan bekerja bevariasi pada saat : 1.. Valve Timing Valve Timing merupakan derajat waktu dimana katup harus mulai membuka dan menutup. Keunggulan Penerapan mekanisme katup jenis VVTi merupakan kemajuan teknologi bidang otomotif yang mana dengan adanya pengaturan efesiensi pemasukan campuran bahan bakar dan udara akan didapatkan keuntungan sebagai berikut : 1.By. Mesin berputar kecepatan tinggi dengan beban ringan dan 4. Engine Performance (Torque) naik kira kira 10 % 2. Mesin berputar sedang dengan beban ringan 3. B.

. 2 Mengurangi overlap Gas buang yang balik ke intake port akan tidak ada Pembakaran stabil Menambah hemat bahan bakar Pengetahuan Dasar Mesin “Mekanisme Katup” 4 . Wiewiet.  Mesin Berputar Idle/Idling Saat mesin bekerja pada putaran idle/idling. Kisaran derajat pembukaan dan penutupan katup in/ masuk terjadi Sedangkan untuk besarnya pembukaan minimal katup in/ masuk berkisar pada 12° sebelum TMA (Titik Mati Atas) atau Before TDC (top Dead Centre) dan 52° setelah TMB (Titik Mati Bawah) atau After BDC (Bottom Top Dead Centre). Dengan tidak adanya tekanan tersebut akan terjadi proses pembakaran campuran yang stabil yang diikuti penghematan bahan bakar. besarnya derajat overlapping dikurangi sehingga terjadinya tekanan balik pada intake port tidak akan terjadi..By.

Disamping itu penambahan nilai overlapping akan mengurangi besarnya pumping loss sehingga penghematan bahan bakar akan tercapai.. Menambah overlap Internal EGR rate bertambah Mengurangi pumping loss Mengurangi emisi Nox dan membakar kembali HC Menambah hemat bahan bakar Pengetahuan Dasar Mesin “Mekanisme Katup” 5 . kebalikan dari mesin saat idle yakni menanmbah besarnya overlapping..By.  Mesin berputar sedang dengan beban ringan Pengaturan derajat pembukaan katup pada saat mesin dengan beban ringan. Hal ini dimaksudkan untuk menambah internal EGR (Exhaust Gas Recirculation) rate yang akan berpengaruh pada penurunan kadar NOx pada gas buang dan akan membakar HC yang belum terbakar sehingga tingkat polusi gas buang dapat terjaga. Wiewiet.

Sehingga proses pemasukan campuran bahan bakar akan lebih efektif dan hal ini tentunya akan di imbangi dengan peningkatan daya mesin yang dihasilkan oleh sebuah proses pembakaran yang sempurna. Dengan penutupan katup in/ masuk lebih maju membuat tekanan balik gas buang ke intake port tidak terjadi. Wiewiet.. Saat menutup intake valve maju Gas buang yang balik ke intake port akan tidak ada Memperbaiki volumetric efficiency Menambah out put Pengetahuan Dasar Mesin “Mekanisme Katup” 6 ..  Mesin berputar kecepatan tinggi dengan beban ringan Pengaturan derajat pembukaan katup saat mesin berputar pada kecepatan tinggi dengan beban ringan adalah dengan memajukan proses pembukaan katup lebih maju kira-kira 30° sebelum Titik Mati Atas dan memajukan katup untuk lebih cepat menutup kira-kira 10° setelah Titik Mati Bawah.By.

sehingga akan dihasilkan peningkatan daya mesin... Pengetahuan Dasar Mesin “Mekanisme Katup” 7 .  Mesin berputar kecepatan tinggi pada beban berat Pengaturan derajat pembukaan katup saat mesin berputar pada kecepatan tinggi dengan beban ringan adalah dengan memundurkan proses pembukaan katup lebih mundur kira-kira 12° sebelum Titik Mati Atas dan memundurkan katup untuk lebih lama membuka kira-kira 52° setelah Titik Mati Bawah. Saat penutupan katup in/ masuk yang sesuai dengan gaya inersia tekanan aliran udara masuk membuat adanya peningkatan volume efisiensi campuran udara dan bahan bakar.By. Wiewiet.

Wiewiet.By. ECU akan menerima sinyal listrik berbentuk pulsa dari sensor : 1. Pressure sensor 3. Cam angle sensor Engine ECU Throttle sensor Pressure sensor OCV Target valve timing Feedback control Compensation Water temp. Throttle sensor 2. System Control VVTi System control dari VVTi adalah pengaturan kerja dari pembukaan dan penutupan katup oleh camshaft dimana kerja dari camshaft diatur oleh DVVT controller yang dikontrol oleh tekanan oli dari OCV (Oil Control Valve)... Water temperature sensor 4. sensor Crank angle sensor Cam angle sensor8 Pengetahuan Dasar Actual valve timing Mesin “Mekanisme Katup” . sedangkan OCV bekerja berdasarkan perintah dari Target Valve Timing Engine ECU (electronic Control Unit). Saat penutupan valve sesuai dengan gaya inersia aliran udara yang masuk Improved volumetric efficiency Improved output D. Saat menutup intake valve mundur sesuai dengan kecepatan mesin. Crank angle sensor 5.

Wiewiet. Keterangan :  Throttle sensor Throttle sensor merupakan sensor yang berfungsi untuk mengukur besarnya pembukaan katup gas.. informasi Pengetahuan Dasar Mesin “Mekanisme Katup” 9 . informasi besarnya pembukaan katup gas tersebut akan dijadikan data untuk pemajuan atau pemunduran pembukaan dan penutupan katup in/ masuk..By. informasi besarnya tekanan udara dalam intake manifold tersebut akan dijadikan data untuk pemajuan atau pemunduran pembukaan dan penutupan katup in/ masuk.  Pressure sensor Pressure sensor merupakan sensor yang berfungsi untuk mengukur besarnya tekanan udara dalam intake manifold.  Water temperature sensor Water temperature sensor merupakan sensor yang berfungsi untuk mengukur besarnya temperatur pendingin.

 Cam angle sensor Cam angle sensor merupakan sensor yang berfungsi untuk mengukur besarnya sudut camshaft. Prinsip Kerja Prinsip kerja dari VVTi adalah pengaturan pembukaan dan penutupan katup in/masuk dengan menggunakan media fluida yang disupaly dari OCV (oil Control Valve yang diatur saat kapan mulai bekerja oleh TVT (target Valve Timing).. Panjang langkah maju atau mundur dari sebuah kerja intake camshaft akan diatur oleh gerak maju mundur spool valve OCV berdasarkan besar kecilnya sinyal pulsa dari TVT Engine ECU..By. Pengetahuan Dasar Mesin “Mekanisme Katup” 10 . besarnya temperatur pendingin tersebut akan dijadikan data untuk pemajuan atau pemunduran pembukaan dan penutupan katup in/ masuk. Catatan : Terjadinya kerusakan/throuble pada salah satu sensor akan mempengaruhi efektifitas kerja VVTi E.  Crank angle sensor Crank angle sensor merupakan sensor yang berfungsi untuk mengukur besarnya sudut poros engkol. informasi besarnya sudut camshaft tersebut akan dijadikan koreksi untuk ketepatan pemajuan atau pemunduran pembukaan dan penutupan katup in/ masuk. informasi besarnya sudut poros engkol tersebut akan dijadikan koreksi untuk ketepatan pemajuan atau pemunduran pembukaan dan penutupan katup in/ masuk. Wiewiet.

1 2 Pengetahuan Dasar Mesin “Mekanisme Katup” 11 . OCV (Oil Control Valve) Gerakan spool valve akan mengatur aliran oli bertekanan menuju ke VVTi Controller dan VVTi Controller akan menggerakan intake camshaft sesuai besar kecilnya tekanan oli dari OCV. Lock pin akan bekerja mengunci vane yang menyatu dengan intake camshaft terhadap housing manakala tekanan aliran oli telah mendorong vane.. Wiewiet..By.

 Posisi Maju Hydoulic pressure yang disuplay dari OCV akan masuk chamber (1) dan menekan vane intake camshaft untuk bergerak maju beberapa derajat dari putaran Housing. hyddoulic yang berada di chamber (1) akan mengalir kembali ke oil pan.By. Pengetahuan Dasar Mesin “Mekanisme Katup” 12 ... hyddoulic yang berada di chamber (2) akan mengalir kembali ke oil pan. 1 2  Posisi Mundur Hydoulic pressure yang disuplay dari OCV akan masuk chamber (2) dan menekan vane intake camshaft untuk bergerak mundur beberapa derajat dari putaran Housing. Wiewiet.

OCV (Oil Control Valve) 2.. 2.  Posisi Menahan Spool Valve akan bergerak menutup saluran hydoulic yang menuju chamber 1 atau 2 sehingga vane intake camshaft untuk tidak bergerak maju/mundur. VVTI Controller 3.By. Cam Angle Sensor 4. Pengetahuan Dasar Mesin “Mekanisme Katup” 13 . OCV (Oil Control Valve) berfungsi untuk mengatur aliran fluida yang akan disuplay ke VVTi Conttroller. Wiewiet. VVTi Controller berfungsi untuk menghubungkan putaran dari putaran msein ke intake camshaft dan mengatur pemajuan atau pemunduran kerja intake camshaft. Crank Angle Sensor Keterangan : 1. Komponen-Komponen akan tertahan Konstruksi VVTI terdiri dari komponen-komponen sebagai berikut : 1.. F.

. Sebutkan komponen-komponen dari VVTi dan Jelaskan Jelaskan system control pada VVTi. Pengetahuan Dasar Mesin “Mekanisme Katup” 14 . 4. 3. Crank Angle Sensor berfungsi sebagai sensor koreksi terhadap ketepatan pembukaan dan penutupan katup in/masuk terhadap sudut engkol yang di bentuk. 3.By. Wiewiet. Sebutkan keunggulan dari mekanisme katup model VVTi dan Jelaskan. 2. 4. Apa perbedaan mekanisme katup biasa dibanding dengan mekanisme katup VVTi. Cam Angle Sensor berfungsi untuk memberikan koreksi kepada engine ECU terhadap sudut cam yang terjadi. Jelakan prinsip kerja dari VVTi yang anda ketahui. 5. EVALUASI Soal Essay : 1..

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful