KETEL UAP PIPA API KAPASITAS 4500 KG/JAM

Bagian-bagian Ketel Uap Pipa Api :

1. Tangki Ketel Tangki ketel ini terbuat dari bahan baja lelah tahan panas dengan penampang bulat yang disambung paku keling. Tebal plat front dibuat ebih tebal dari pada tangki karena pada front ini dipasang beberapa buahpipa api, sehingga kedudukannya dapat langsung diril atau dilas dengan front tersebut Pada waktu ketel bekerja, didalam boiler dan tangki ketel diisi air panas dengan batas ketinggian yang telah ditentukan yaitu tepatditengah-tengah gelas penduga dan diatas garis api. Pada bagian atas tangki terdapat ruang uap dan tekanan kerja tertentu akan dialihkan keluar melalui absuiler (katup) uap masuk. Tebal plat badan : 19 mm. Tebal plat muka : 26 mm. Diameter ketel : 2400 mm 2. Pipa Api Pipa api ini dipasang pada tangki ketel yang ujungnya dirol, dilaspada muka tangki ketel. Gas asap dari ruang pembakaran akan memberikan pemanasan pada badan ketel dan boiler masuk lewat ujung belakang, lewat pipa api selanjutnya kedepan baru keluar dan kesampingkanan kiri. Badan ketel akan meneruskan panas yang ada disekelilingnya sehingga air tersebut akan naik suhunya dan berubah menjadi uap. Sebagian dari pipapipa api ada yang langsung dipasang mur dari luar dengan tujuan untuk memperkuat kedudukan muka ketel dan mengurangi getaran. 3. Cerobong. Cerobong mempunyai peranan penting dalam suatu instalasi keteluap, yaitu: a.Untuk menarik atau menaikan gas asap dari ruang bakar agar dapat mengalir pada bagian-bagian ketel kemudian keluar dari ketel. b.Untuk membuang gas asap bekas yang keluar dari ketel uap, gas asapini harus dibuang dengan ketinggian sesuai dengan ketentuan agar tidak terjadi pencemaran udara. Gas asap ini mengandung debu dari ruang bakar dan gas-gas yang kurang baik bagi lingkungan,

4. Jadi. Jika udara kurang. maka untuk menentukannya dibuat skala ukuran nomor dari 1-10. Untuk mencegah agar gesekan roda-roda tidak terlalu besar maka roda harus diberi pelumas. yaitu apabila gas asap yang dihasilkan tidak berwarna dan lidah api kelihatan kekuning-kuningan. Boulleur Boulleur ketel uap PG.Damper ini dihubungkan dengan bandul melalui kawat baja yang terletak pada dua buah roda yang dapat mengatur buka pintu asap.maka akan mempengaruhi api pada ruang pembakaran. Gondang Baru berjumlah dua buah untuk setiap ketelnya. 5. Debu yang ikut gasa sap dapat diatasi dengan sistem penangkap tabir air. maka air akan langsung naik ke atas melalui leher-leher boiler dan mengisi ketel sampai pada batas yang telah ditentukan (tengah-tengah gelas penduga). . . kita dapat mengatur pada nomor berdasarkan letak yang terbaik. Berat bandul dengan berat damper diperkirakan sama. Damper Damper berfungsi sebagai pengatur keluarnya gas bekas yang akan menuju kecerobong. Hasil pembakaran yang baik.maka cara mengatasinya cerobong asap harus dibuat tinggi. maka api akan kecil dan mengakibatkan gas asap yang akan dihasilkan akan berkurang. Fungsi boulleur adalah untuk menampung air pada pengisian pertama kali dan jika sudah penuh terisi air. sehingga aliran dapat terjadi dengan sendirinya akibat adanya perbedaan tekanan. Gondang baru memakai system tarikan alam. Pengaturannya cukup ditarik dengan tangan pada tali bajanya karena tali baja ini ditumpu oleh dua buah roda. Tarikan ini terjadi karena sejumlah tahanan aliran-aliran gas asap di dalam ketel uap lebih kecil dibanding tarikan cerobong.Cerobong ketel uap di PG. Jika gas asap keluar melalui cerobong itu kurang. yaitu ketel uap yang aliran udara masuk ruang bakar dan aliran gasdi dalam ketel sampai keluar lewat cerobong terjadi tanpa bantuan alat lain seperti fan atau blower. Cerobong dibuatdari beton bertulang dengan tinggi cerobong ini ditentukan oleh besarnya tarikan yang diinginkan dari ketentuan-ketentuan yang berlaku pada daerah cerobong yang akan didirikan.

Rangka bakar ini terbuat dari beberapa balok besi cor yang disusun sejajar dandibuat miring ± 600 Susunan roaster ini dibuat agak longgar agar abuhasil pembakaran dapat mudah turun.6. Gambar : Bagan dari ketel uap pipa api . Rangka bakar adalah tempat untuk membakar bahan bakar (tempat terjadinya proses pembakaran antara bahan bakar dan oksigen). sehingga tidak mengganggu reaksi pembakaran. Rangka Bakar.

: 1929/4308. : 7172 mm. : 300 m2. : 900 mm.5/102 x 6550 . : 9 mm2. : 24 mm. : 2424 mm. : 4500 kg/jam. : 9 kg/cm2 : 6462 mm. : 18 mm. : Ø 106/114 x 6550.Spesifikasi ketel uap pipa api kapasitas 4500 kg/jam Pabrik pembuat Tahun/No Type VO RO Kapasitas produksi Tekanan kerja Panjang badan Diameter badan Tebal plat badan Tebal plat muka Panjang boilleur Diameter boilleur Tebal plat boilleur Ukuran leher Jumlah pipa api Ukuran pipa api Jumlah pipa penguat Ukuran pipa penguat : Stork & Co Hangelo Holland. : 31mm. : Ø300/400 x 6550 : 90 batang. : 22 batang. : Boilleur. : Ø87.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful