Tugas Individu

Pentingnya Komunikasi Dalam Promosi Kesehatan

OLEH AISYAH H.S. 1120015

SEKOLAH TINGGI ILMU KESEHATAN YAYASAN PENDIDIKAN TAMALATE MAKASSAR 2012

baik masyarakat di pedesaan maupun perkotaan yang disebabkan karena kurangnya pengetahuan dan kemampuan masyarakat dibidang kesehatan. Yang sangat besar pengaruhnya adalah keadaan lingkungan yang tidak memenuhi persyaratan kesehatan dan perilaku masyarakat yang merugikan kesehatan. Menyadari hal tersebut. Hanya dengan sumberdaya yang sehat akan lebih produktif dan meningkatkan daya saing bangsa. Salah satu ciri bangsa yang maju adalah mempunyai derajat kesehatan yang tinggi. perencanaan dan pelaksanaan pembangunan disemua sektor harus mampu mempertimbangkan dampak negatif dan positif terhadap sektor kesehatan. Pembangunan kesehatan bertujuan meningkatkan kesadaran. Blum. perilaku. sejahtera lahir dan bathin. Disektor kesehatan sendiri upaya kesehatan akan lebih mengutamakan upaya-upaya preventif dan promotif yang proaktif. Derajat kesehatan merupakan salah satu faktor yang sangat berpengaruh pada kualitas sumberdaya manusia. pemerintah Republik Indonesia telah mencanangkan kebijaksanaan dan strategi baru dalam suatu “Gerakan Pembangunan Berwawasan Kesehatan sebagai Strategi Nasional menuju Indonesia Sehat 2010” pada tanggal 1 Maret 1999. kemauan dan kemampuan hidup sehat bagi setiap penduduk agar dapat mewujudkan derajat kesehatan yang optimal. Di daerah tersebut sebagian besar rumah tangga belum mempunyai akses penggunaan air bersih dan . Dasar pandangan baru dalam pembangunan kesehatan ini disebut “Paradigma Sehat”. keluarga maupun masyarakat. karena derajat kesehatan mempunyai pengaruh yang sangat besar terhadap kualitas sumberdaya manusia. baik bagi individu. Sumberdaya manusia yang sehat akan lebih produktif dan meningkatkan daya saing manusia. pelayanan medis dan keturunan. Latar Belakang Pembangunan yang ingin dicapai oleh bangsa Indonesia adalah tercapainya bangsa yang maju dan mandiri. penyakit yang penularannya berkaitan dengan air dan lingkungan terutama penyakit diare masih endemis dan masih merupakan masalah kesehatan. derajat kesehatan manusia dipengaruhi oleh beberapa faktor yaitu lingkungan. tanpa mengabaikan upaya kuratif dan rehabilitatif. Dengan kebijaksanaan dan strategi ini. Menurut L. Di daerah pedesaan terutama dengan masyarakat berpenghasilan rendah. ekonomi maupun teknologi.PENTINGNYA KOMUNIKASI DALAM PROMKES A.

kurangnya peningkatan perilaku hidup bersih dan sehat terhadap penggunaan sarana air bersih dan sanitasi menyebabkan kurangnya kesinambungan / keberlanjutan program air bersih. Masyarakat kurang memperhatikan pentingnya kegiatan untuk operasional dan pemeliharaan sarana. kurang memberikan dampak terhadap peningkatan derajad kesehatan. sanitasi dan kesehatan. serta usaha peningkatan kualitas air dan lingkungan. Perilaku hidup bersih dan sehat belum membudaya pada masyarakat pedesaan karena kurang pengertian dan kesadaran pentingnya terhadap perilaku hidup bersih dan sehat (healthy life style). . padahal pembangunan sarana air bersih tanpa disertai pembangunan sarana sanitasi dan kesehatan. Masyarakat masih menempatkan prioritas pada pembangunan sarana air bersih daripada pembangunan sarana sanitasi dan program kesehatan. karena belum semua rumah dilengkapi sarana.sanitasi.

pengalaman. Mereka tidak meminta si pendiam itu untuk memberi komentar atau berbicara kepadanya. kesukuan.MENGAPA KITA BERKOMUNIKASI A. Dengan bersikap pasif si pendiam gagal menggunakan pembicaraan untuk menyatakan eksistensi-dirinya. Melalui komunikasi.dan ini dilakukan lewat komunikasi. rupa fisik. Kita belajar makna cinta. Dan bila kemudian si pendiam memutuskan berbicara. dan itu hanya bisa kita peroleh lewat informasi yang diberikan orang lain kepada kita. dan memenuhi kebutuhan psikologis kita seperti sukses dan kebahagiaan. orang lain akan memperlakukan kita seolah-olah kita tidak ada. Aspekaspek konsep did seperti jenis kelamin. Respon kelompok yang demikian mungkin tidak akan terjadi bila sejak awal si pendiam membuat komentar dalam diskusi dan kemudian menunggu giliran untuk berbicara lagi. anggota lainnya sering bereaksi seolah-olah si pendiam itu mengganggu saja. pendidikan. . terhindar clad tekanan dan ketegangan. untuk kelangsungan hidup. simpati. agama. keintiman. Sejak lahir kita tidak dapat hidup sendin untuk mempertahankan hidup. kasih sayang. Fungsi-Fungsi Komunikasi Fungsi komunikasi sebagai komunikasi sosial mengisyaratkan bahwa komunikasi itu penting untuk membangun konsep-diri. Konsep-diri adalah pandangan kita mengenai siapa diri kita. rasa bangga. Mereka mengharapkan si pendiam itu tidak berbicara. kita tanam kepada diri kita lewat pernyataan (umpan balik) orang lain dalam masyarakat yang menegaskan aspek-aspek tersebut . orang lain akan segera menganggap bahwa si pendiam itu tidak ada sama sekali. Kita perlu dan harus berkomunikasi dengan orang lain untuk memenuhi kebutuhan biologis kita seperti makan dan minum. kita dapat mengalami berbagai kualitas perasaan itu dan membandingkannya antara perasaan yang satu dengan perasaan lainnya. Orang berkomunikasi untuk menunjukkan dirinya eksis. Bila kita berdiam diri. untuk memperoleh kebahagiaan. aktualisasi-diri. Pengamatan juga menunjukkan bahwa bila seorang anggota diskusi tidak berbicara sama sekali dan memilih tetap diam. Melalui komunikasi pula kita dapat memenuhi kebutuhan emosional kita dan meningkatkan kesehatan mental kita. bahkan irihati dan kebencian. rasa hormat. Mereka memperhatikannya sedikit saja.

Suatu komunitas sering melakukan upacaraupacara berlainan sepanjang tahun dan sepanjang hidup yang disebut para antropolog sebagai rites of passage.lukisan dan pemberian bunga maupun drama. namun pembicaraan itu membuat keduanya merasa senang. dan mengubah perilaku atau menggerakkan tindakan dan juga untuk menghibur. prihatin. sunatan. simpati. Bila diringkas kesemua tujuan tersebut dapat disebut membujuk (bersifat persuasive). Erat kaitannya dengan komunikasi sosial adalah komunikasi ekspresif yang dapat dilakukan sendirian ataupun dalam kelompok. pertunangan (melamar. ulang tahun perkawinan hingga upacara kematian. Emosi juga dapat disalurkan lewat puisi. Erat kaitannya dengan komunikasi ekspresif adalah komunikasi ritual yang biasanya dilakukan secara kolektif. namun dapat dilakukan sejauh komunikasi tersebut instrumen untuk menyampaikan perasaan-perasaan (emosi) kita. tukar icin). sawer dsb. mengubah sikap dan keyakinan. marah dan benci dapat disampaikan lewat kata-kata. namun terutama lewat perilaku nonverbal. ny aman dan t ent eram dengan diri sendiri dan juga orang lain. mendorong. Bahkan komunikasi yang menghibur (to entertain) pun . Selanjutnya Komunikasi instrumental mempunyai beberapa tujuan umum: menginformasikan.). PON. sungkem kepada orang-tua.Komunikasi sosial mengisyaratkan bahwa komunikasi dilakukan untuk pem enuhan. mulai dan upacara kelahiran. gembira.lagu. Komunikasi yang berfungsi memberitahukan atau menerangkan (to inform) mengandung muatan persuasive dalam arti pembicara menginginkan pendengamya mempercayai bahwa fakta atau informasi yang disampaikan akurat dan layak untuk diketahui. Komunikasi eskpresif tidak otomatis bertujuan mempengaruhi orang lain. sedih. Piala Dunia Sepakbola. ulang tahun (nyanyi Happy Birthday dan pemotongn kue). takut. Pesanpesan yang mereka pertukarkan mungkin hal-hal yang remeh. mengajar. misalnya Olimpiade. siraman. peduli. rindu. Kini kegiatan olahragapun sudah menjadi komunikasi ritual. pernikahan (ijab-qabul. Perasaanperasaan tersebut terutama dikomunikasikan melalui pesan-pesan nonverbal. Dua orang dapat berbicara berjam jam dengan topik yang berganti-ganti tanpa mencapai tujuan yang telah ditetapkan sebelumnya. Perasaan sayang. tarian. Dalam acaraacara itu orang mengucapkan kata-kata atau menampilkan perilaku-perilaku tertentu yang bersifat simbolik.dir i untuk merasa ter hibur.

Gorden: "Komunikasi secara ringkas dapat didefinisikan sebagai suatu transaksi dinamis yang melibatkan gagasan dan perasaan" Judy C. Pearson dan Paul E. Janis dan Kelley : 1953) Komunikasi adalah proses penyampaian informasi. keahlian dan lain-lain melalui penggunaan simbol-simbol seperti kata-kata.secara tidak langsung membujuk khalayak untuk melupakan persoalan hidup mereka. (Barelson dan Steiner. Anderson: "Komunikasi (manusia) adalah berbagi informasi antara dua orang atau lebih" William 1. Wenburg dan William Wilmot: "Komunikasi adalah suatu usaha memperoleh makna" Donald Byker dan Loren J. (Hovland. gambar-gambar. Definisi Komunikasi Istilah ‘komunikasi’ (communication) berasal dari bahasa Latin ‘communicatus’ yang artinya berbagi atau menjadi milik bersama. Tubbs dan Sylvia Moss: "Komunikasi adalah proses pembentukan makna di antara dua orang atau lebih" C. pendapat atau perilaku baik secara langsung (lisan) maupun tak langsung Komunikasi adalah suatu proses melalui mana seseorang (komunikator) menyampaikan stimulus (biasanya dalam bentuk kata-kata) dengan tujuan mengubah atau membentuk perilaku orang lain (khalayak). gagasan. Menurut Effendi (1995) komunikasi itu sendiri bisa diartikan sebagai suatu proses penyampaian pesan oleh seseorang kepada orang lain untuk memberikan atau untuk mengubah sikap. 1964). emosi. B. John R. Nelson: "Komunikasi adalah proses memahami dan berbagi makna" Stewart L. angka-angka dan lain-lain. Dengan demikian komunikasi menunjuk pada suatu upaya yang bertujuan berbagi untuk mencapai kebersamaan. Pentingnya Komunikasi Dalam Promosi Kesehatan Karya awal yang mempengaruhi perkembangan komunikasi kesehatan di susun oleh National Cancer Institute (NCI) dan diberi judul Making Health .

Sejauh ini komunikasi senantiasa berkembang seiring berkembangnya dunia teknologi komunikasi. Ada dua perspektif utama yang diambil ketika mempertimbangkan komunikasi kesehatan dalam praktik promosi kesehatan saat ini. Jadi. seorang pelopor dalam bidang komunikasi. Antar personal yang mungkin berlangsung antara pendidik kesehatan dan kliennya. komunikasi yang dulunya biasa dilakukan dengan penyuluhan yang secara langsung berhadapan dengan masyarakat dan dilakukan dengan media audio/radio sekarang lebih popular dengan penyampaian pesan atau informasi kesehatan melalui media internet maupun media cetak dan elektronik. Praktisi ini memandang komunikasi kesehatan sebagai strategi atau aktifitas sempit seperti publikasi informasi atau sejenis komunikasi. Panduann ini menyatakan bahwa bidang ilmu seperti pendidikan kesehatan. Media yang berkembang tersebut sangat membantu dalam ketercapaian komunikasi kesehatan karena tercapai atau tidaknya komunikasi kesehatan lebih dikarenakan penggunaan media informasi yang tepat. Kenyataannya. pesan yang sistematis dan mudah dimengerti. dan komunikasi massa secara bersama mendefinisikan komunikai kesehatan. pemasaran sosial.Communication Programs Work: A Planner’s Guide. . komunikasi kesehatan diperlukan di bidang kesehatan karena komunikasi dalam kesehatan merupakan kunci pencapaian peningkatan tarap atau tingkat kesehatan masyarakat. Beberapa praktisi memandang komunikasi massa sebagai proses menyeluruh yang membingkai penerapan intervensi promosi kesehatan. Kedua pemikiran itu menyebabkan komunikasi kesehatan rentan terhadap penafsiran yang luas dan kesalahpahaman. Tidak hanya bernilai praktis namun mempunyai nilai ekonomis dan tampilannya lebih menarik. sebagai segala jenis komunikasi manusia yang berhubungan dengan kesehatan. komunikasu kesehatan telah didefinisikan secara luas oleh Everett Rogers. Bukan hal luar biasa apabila mendengar peryataan bahwa komunikasi kesehatan bahkan merupakan nama yang lebih baik untuk profesi daripada promosi kesehatan atau pendidikan kesehatan bahwa segala sesuatu yang dilakukan dalam promosi kesehatan melibatkan komunikasi untuk kesehatan.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful