Komunikasi dan Koordinasi Pemerintahan

Komunikasi dan Koordinasi Pemerintahan I. Pengertian dan makna hakiki komunikasi Komunikasi berasal dari bahasa latin “ Communicare “ atau “ Communis “ artinya sama makna atau menjadikan sesuatu dapat dipahami secara sama. Pengertian komunikasi adalah penyampaian dan pemahaman pesan dari satu orang kepada orang lain yang merupakan suatu proses sosial. Kunci Komunikasi : 1. Bahasa 2. Cara penyampaian 3. Sarana dan prasarana 4. Tujuan yang sama Makna hakiki komunikasi adalah terciptanya “ kesamaan makna “ antara pihak – pihak yang berkomunikasi. Menurut Myers Komunikasi sebagai titik pusat kekuatan yang menyatukan diantara yang berbeda sehingga terjadi koordinasi antara orang-orang dan karenanya mereka bergerak pada suatu tindakan yang terorganisir. Fungsi dan tujuan komunikasi Tujuan 1. Mempelajari dan mengajarkan sesuatu 2. Mempengaruhi 3. Mengungkapkan perasaan 4. Menjelaskan perilaku 5. Melakukan interaksi dengan pihak lain 6. Menyelesaikan sebuah masalah 7. Menurunkan ketegangan dan menyelesaikan konflik 8. Menstimulasi minat pada diri sendiri atau orang lain 9. Memberikan hiburan atau menghibur

Mendidik ( to educated ) 3. (2) Proses komunikasi terdiri dari 2 perspektif a. kelompok dan masyarakat.Komunikasi dalam perspektif mekanistis bersifat situsional > tergantung pada situasi ketika komunikasi sedang berlandsung komunikasinya satu orang>komunikasi Interpersonal komunikasinya banyak> komunikasi kelompok komunikasi sangat banyak>membutuhkan media atau tif psikologi Komunikasi pemerintahan itu terdiri dari dua kata yaitu komunikasi dan pemerintahan. Mempengaruhi ( to intivence ) Proses Komunikasi (1) Proses komunikasi dalam konteks • Sesuatu yang dapat diketahui awalnya namun akhirnya kadang kala sulit dijangkau secara kongkret • Membutuhkan serangkaian kegiatan timbal balik antara komunikator dengan komunikan • Kadangkala membutuhkan pengulangan siklus komunikasi sesui tahapan yang terjadi untuk memaksimalkan pencapaian tujuan komunikasi. Maka sebelum berbicara lebih lanjut mengenai komunikasi pemerintahan. Objek materiil ilmu komunikasi ialah perilaku manusia. ada baiknya kita mengetahui pengertian dari komunikasi dan pemerintahan itu sendiri. Komunikasi dalam perspek b.Fungsi 1. Menginformasikan ( to Inform ) 2. yang dapat merangkum perilaku individu. Menghibur ( to entertain ) 4. Sedangkan objek formalnya ialah situasi .

pemerintah berarti badan yang melakukan kekuasaan memerintah. yakni kebersamaan. Menurut Gde secara etimologis mendefinisikan. Dengan demikian pengertian yang berkaitan dengan komunikas pada kenyataanya adalah fenomena sosial. ― komunikasi sebagai proses yang membuat suasana berbeda dalam kebersamaan kepada dua orang atau lebih yang tadinya monoopoli satu orang saja‖ Ada banyak pengertian dari komunikasi yang di berikan oleh beberapa para ahli komunikasi. perasaan. cara. Ada pendapat yang menyatakan bahwa komunikasi sebagai pengoperasian ide dan gagasan untuk menyatukan kekuatan sehingga terjadi interaksi antara orang-orang yang berkomunikasi. 1. gagasan-gagasan. 2. berasal dari bahasa latin yaitu communicatio bersumber dari perkataan communis yang berarti sama. . Menelusuri kata komunikasi. Dari pengertian dan asal komunikasi diatas apabila dicirikan merupakan suatu karakteristik dari makna yang relevan dengan komunikasi manusia. pemerintahan berarti perbuatan. Ada juga yang mengatakan bahwa komunikasi ialah proses interaksi yang di dalamnya terdapat ide-ide. dan pengaturan kelembagaan. menuju pencapaian tujuan bersama (kesamaan makna). hal atau urusan dari badan yang memerintah tersebut. Maka dapat kita tankap Substansi dari komunikasi yaitu kesamaan pola pandang walaupun terdapat perbedaan field of experience dan frame of reference. yang disampaikan oleh seseorang komunikator kepada komunikan baik secara verbal maupun non verbal dalam bentuk simbol-simbol atau lambang-lambang yang berarti dengan tujuan untuk merubah sikap atau perilaku seseorang. Dan adapun pengertian pemerintah dengan pemerintahan harus di bedakan yaitu. masyarakat.komunikasi yang mengarah pada perubahan sosial termasuk pikiran. sikap dan perilaku individu.

Perkembangannya komunikasi pemerintahan di indonesia dewasa ini mendapat perhatian yang cukup besar dari pemerintah yang di pimpin oleh bapak Susilo Bambang Yudhoyono.Di beberapa negara. Jadi regen digunakan untuk pemerintahan pada tingkat nasional atau pusat. Adapun komunikasi pemerintahan dari gabungan dua pengertian diatas yaitu komunikasi pemerintahan adalah. Bestuur diartikan keseluruhan badan pemerintahan dan kegiatannya langsung berhubungan dengan usaha mewujudkan kesejahteraan rakyat. Dalam hal ini pemerintah di asumsikan sebagai komunikator dan masyarakat sebagai komunikan. Inggris menyebutnya government dan prancis gouvernment keduanya berasal dari perkataan latin gubernacalum. namun bila merujuk pada komunikasi model circular. Musanef memberikan definisi ilmu pemerintahan sebagai berikut: Ilmu pengetahuan yang menyelidiki bagaimqana sebaiknya hubungan antara pemrintah dan yang di perintah. Sebagai seorang yang dididik dalam lingkungan militer sekaligus jendral sudah tentu dia merupakan ahli strategi di balik sifat yang dianggap oleh khalayak sebagai peragu dalam melakukan ataupun membuat kebijakan. proses penyampaian ide-ide. Dalam bahasa arab disebut hukumat sedangkan di belanda mengartikan regering sebagai penggunaan kekuasaan negara oleh yang berwenang dalam rangka mewujudkan tujuan negara. gagasan-gagasan dan program pemerintah kepada masyarakat dalam rangka mencapai tujuan negara yaitu kesejahteraan rakyat. Basik yang ia punya sebagai ahli strategy tentu sangat berguna jika di aplikasikan dalam peranannya sebagai komunikator pemerintahan. masyarakat pun dapat menjadi meberikan ide atau gagasan pada pemerintah atau sering dikatakan dengan proses feedback terhadap setiap kebijakan/ pesan yang dikeluarkan pemerintah terhadap rakyat. antara pemerintah dan pemerintahan tidak dibedakan. dan mengusahakan agar terdapat keserasian pendapat serta daya tindak efektif atau efisien dalam pemerintahan. . dan sebagai penguasa menetapkan perintah-perintah. dapat diukur sedemikian rupa sehingga dapat dihindari timbulnya berbagai pertentangan antara pihak yang satu dengan pihak yang lain. Dari definisi diatas dan tujuannya dapat disimpulkan bahwa tujuan dari komunikasi dan pemerintahan itu sama yaitu kesejahteraan rakyat. Pemerintah sebagai komunikator saat ini sering melakukan lemparan-lemparan nwacan untuk mengetahui keinginan atau reaksi masyarakat.

ataupun adanya pengalihan subsidi BBM agar subsidi tersebuit tepat sasaran. misalnya tata hubungan status di antara mereka yang terlibat. Komunikasi pemerintahan yang terjadi di indonesia pun lebih cenderung pada model komunikasi dua arah dimana komunikator/pemerintah mendapat masukan-masukan dari komunikan/masyarakat sebagai bahan pertimbangan dalam setiap langkahnya ketika membuat kebijakan-kebijakan yang berkenaan dengan masyarakat. Dan reaksi ini di tanggapi pemerintah dengan jalan menunda kenaikan BBM. Sosial-psikoilogis. B. hari. Temporal (waktu). Lingkungan komunikasi Lingkungan (konteks) komunikasi setidak-tidaknya memiliki tiga dimensi: 1. Komponen Komunikasi a. Enkoding-Dekoding . Sumber-Penerima c. dan persamaan persepsi di antara masyarakat dan pemerintah terhadap suatu kebijakan. 3. serius atau senda gurau. komponen dan tujuan komunikasi 1.Salah satu contohnya dalam setiap membuat kebijakan akan menaikan harga BBM. b. adalah ruang dimana komunikasi berlangsung yang nyata atau berwujud. meliputi. mencakup waktu dalam hitungan jam. peran yang dijalankan orang. Contoh tersebut menunjukan bahwa pemerintah saat ini menggunakan komunikasi pemerintahan sebagai alat untuk mencapai tujuan. seperti naiknya hrga minyak dunia. Fisik. formalitas atau informalitas. lalu memberikan pesan-pesan komunikasi dalam media massa atau setiap kesempatan pemerintah berbicara dengan memberi alasan-alasan mengapa harga BBM harus naik. 2. pemerintah jauh-jauh hari sudah mengatakan bahwa BBM pada tanggal sekian akan naik sehingga memicu reaksi dari masyarakat. Lingkungan atau konteks ini juga mencakup rasa persahabatan atau permusuhan. serta aturan budaya masyarakat di mana mereka berkomunikasi. atau sejarah dimana komunikasi berlangsung.

a. Etik dan Kebebasan Memilih 2. juga tidak perlu mereka yang terlibat menyepakati tujuan komunikasi mereka. Tujuan dapat disadari ataupun tidak. . Menemukan Dengan berkomunikasi kita dapat memahami secara lebih baik diri kita sendiri dan diri orang lain yang kita ajak bicara. Gangguan menghalangi penerima dalam menerima pesan dan sumber dalam mengirimkan pesan. Saluran g. Gangguan Gangguan (noise) adalah gangguan dalam komunikasi yang mendistorsi pesan.1984). (Arnold dan Bowers. dapat dikenali ataupun tidak. Umpan balik dapat berasal dari anda sendiri atau dari orang lain. bekerja dengan komputer. Naisbit. misalnya) tujuan komunikasi pada dasarnya tetap sama. Motif atau tujuan ini tidak perlu dikemukakan secara sadar. Tujuan Komunikasi Ada empat tujuan atau motif komunikasi yang perlu dikemukakan di sini. Tetapi. Umpan Balik Umpan balik adalah informasi yang dikirimkan balik ke sumbernya. bagaimanapun hebatnya revolusi elektronika dan revolusi-revolusi lain yang akan datang. Selanjutnya. 1984.d. Efek Komunikasi j. komunikasi juga memungkinkan kita untuk menemukan dunia luar—dunia yang dipenuhi objek. dan manusia lain. peristiwa. Untuk berhubungan Salah satu motivasi kita yang paling kuat adalah berhubungan dengan orang lain (membina dan memelihara hubungan dengan orang lain). i. Pesan f. h. Kompetensi Komunikasi e. b. teknologi komunikasi berubah dengan cepat dan drastis (kita mengirimkan surat elektronika. meskipun.

Untuk meyakinkan Media masa ada sebagian besar untuk meyakinkan kita agar mengubah sikap dan perilaku kita.transaksi komunikasi telah pula bergeser dari kualitas kebutuhan sederhana ke tingkat pemerintah kebutuhan yang semakin komplek yang mencakup semua aspek kehidupan.Sering kali ditemukan sarana dan prasarana serta kemampuan komunikasi dan koordinasi aparat pemerintah yang minim dalam pemerintahan daerah untuk dapat memenuhi tuntutan masyarakat tersebut. yang diarahkan untuk mendorong kita membeli berbagai produk. dan film sebagian besar untuk hiburan Berikut adalah hal – hal yang menjadi penghambat komunikasi dan koordinasi pemerintahan : 1. Interaksi mulai dari kalangan terbatas pada desa dalam skala kecil meningkat ke skala besar dalam ikatan warga masyarakat Kabupaten dan warga masyarakat provinsi sampai pada warga masyarakat bangsa. Asosiasi kedaerahan beralih ke asosiasi fungsional yang pada giliranya identitas reference group berada di ambang semu kalau tidak pudar sama sekali. Perubahan Masyarakat dan Organisasi Pmerintahan Para sosiolog sepaham bahwa setiap masyarakat akan selalu berubah dan berkembang cepat atau lambat. Perubahan yang terjadi sebagai produk interaksi – interaksi yang berlangsung dalam masyarakat bermula dari bentuk sederhana sampai kepada bentuk dan sifat yang lebih luas dan kompleks. Hal ini menyebabkan tuntutan masyarakat yang tinggi terhadap keterbukaan.Dalam kondisi ini masyarakat dituntut menginterpretasikan masalah – masalah local ke masalah nasional bahkan sampai ke masalah yang bersifat global.Konsekuensi dari peluasan transaksi komunikasi tersebut. d. Kita mendengarkan pelawak.c.keefisien dan keefektifan kinerja aparat dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat. Seiring dengan perubahan tersebut . . Untuk bermain Kita menggunakan banyak perilaku komunikasi kita untuk bermain dan menghibur diri. Media dapat hidup karena adanya dana dari iklan. pembicaraan. musik. maka reference group telah meluas ke members group.

Unsur social dubaya merupakan factor yang cukup berperan pada perilaku seseorang.2. Setiap orang memilki kebutuhan yang berbeda b. dengan masyarakat sebagai pelaksana Aparatur pemerintah dalam berkomunikasi dituntut untuk dapat lebih memahami orang lain bahwa: a. Penampilan dan cara berkomunikasi dapat berpengaruh penilaian orng lain terhadapnya f. Perilaku yang tampil hanya merupakan sebagian dari kepribadian seseorang e. Kebijakan yang ditetapkan oleh pemerintah harus tersampaikan dan dipahami oleh masyarakat sebagai implementator dari kebijakan. Pada masyarakat yang masih tertinggal dan jauh dari sentuhan teknologi informasi menjadikanya masyarakat yang tidak responsive dan partisipatif terhadap kebijakan pemerintah. Orang yang sama pada saat yang berbeda akan memiliki kebutuhan yang berbeda c. Pada keadaan masryarakat seperti ini aparat pemerintah daerah kesulitan dalam menyampaikan kebijakan yang telah ditetapkan pemerintah sehingga tidak terjadinya koordinasi antara pemerintah sebagai pemberi kebijakan kebijakan. Langkah – langkah untuk menanggulangi hambatan Komunikasi Pemerintahan : . Setiap orang memiliki kebutuhan untuk dihargai dan diakui d. Cara pandang seseorang tidak sama g. Pengaruh global tinggi yang tidak disertai dengan kemajuan masyarakat Globalisasi menuntut pemerintah yang bisa mempengaruhi masyarakatnya untuk berpartisipatif dalam pembangunan.

apakah komunikasi lisan. Memberikan Pelayanan Kepada Masyarakat Dengan Berbagai Alternative Pilihan Alat Komunikasi Jenis media atau saluran komunikasi yang digunakan. Mueler menyatakan bahwa ―sikap merupakan komponen penting nomor satu dalam jiwa manusia. Apabila implementasi berjalan efektif.tulisan.internet dan sebagainya)ikut berperan dalam tercapainya komunikasi yang efektif.non verbal maupun dengan menggunakan peralatan lainya (misalnya telepon. Edwards III menyatakan bahwa sikap dari implementator merupakan factor yang penting dalam study implementasi kebijakan public. Salah satu organisasi massa di Jakarta malah berencana akan melakukan pendudukan Gedung DPR beberapa bulan mendatang sebagai tanda ketidakpuasan terhadap kinerja pemerintahan ini. C. 3.faximilli.1. Adimihardja menyatakan bahwa tingkah laku itu beroperasi melalui pengetahuan (cognitive) dan presepsi. pemerintahan di bawah pimpinan Presiden SBY sekarang ini tidak sekuat yang pertama. ANALISIS DAN PERMASALAHAN PADA ZAMAN REFORMASI Pemerintah sudah memasuki usia 100 hari. dimana kognisi merupakan komponen dari pada sikap manusia. Apa boleh buat. Merubah Sikap dan Karakter Aparatur Pemerintahan Pentingnya sikap manusia (aparatur pemerintahan ) dalam mewujudkan tujuan dan sasaran organisasi pemerintah tidak terlepas dari apa yang dikemukakan para ahli berikut: 1.yang dengan kuat sekali mempengaruhi segala keputusan yang diambilnya‖ 2. Namun aksi penolakan terhadap pemerintah bukannya berhenti. Kalau pada periode pertama Presiden SBY memiliki Wakil Presiden Jusuf . 4.bukan hanya implementator mengetahui apa yang apa yang akan dialakuakan dan mempunyai kemampuan melakukan kebiajkan itu.

Kritik media terhadap keborosan pemerintah tidak ditanggapi. Presiden malah meluncurkan album baru. Masih ingat pula dengan pengadaan mobil mewah? Pemerintah maju terus padahal kritik bertubi-tubi sudah pula disampaikan. Padahal kapal senilai Rp14 miliar tersebut tidak layak untuk kepentingan dimaksud. Sementara itu. malah ada kecenderungan berkurangnya dukungan masyarakat terhadap pemerintah. Selain itu. Sayangnya banyak yang cenderung terlihat membela pemerintah secara membabibuta tanpa mempertimbangkan aspek komunikasi politik pemerintah secara keseluruhan. pemerintah kabarnya akan membeli pesawat kepresidenan karena dianggap sangat dibutuhkan. Akibatnya. Selain dari unsur kader partai Demokrat. masyarakat bukannya semakin mengapresiasi kinerja pemerintah. kita melihat pemerintah dan partai pendukungnya. dimana kesempatan berbicara. Tidak peduli terhadap momentum. Penurunan dukungan publik ini bisa dilihat dari survei yang dilakukan oleh banyak lembaga independen termasuk media massa. Salah satu persoalan pemerintah sekarang ini adalah persoalan komunikasi politik. para loyalis tersebut adalah para menteri. Jusuf Kalla. Presiden SBY malah sibuk melayani serangan lawan politiknya. mampu menantang debat dan menjawab setiap kritik dengan cara yang mudah diterima akal sehat. sehingga malah sering dikritik sebagai tidak komunikatif.Kalla yang tuntas dan lugas menghadapi setiap masalah. Pemerintah seolah hanya sibuk mempertahankan citranya. Sekarang ini memang terbentuk loyalis-loyalis terhadap pemerintah dalam hal ini Presiden SBY.Ada kesan pula bahwa pemerintah seolah tidak peduli pada apa yang terjadi. Pembelian kapal mewah untuk kepentingan pengawasan kelautan dianggap sepi. . Santer terdengar kabar kini bahwa pemerintah ingin menaikkan pula gaji para pejabat. Wapres sekarang cenderung tidak dapat berkomunikasi secara elegan. tanpa mau berbagi kesan dan tanggung-jawab dengan parpol lainnya. Presiden SBY sendiri masih sibuk menjaga citra. Entah karena kelak ingin menang sendiri atau karena memang tidak ingin terganggu oleh parpol lainnya. Di tengah kritik terhadap pemerintahannya. maka Wakil Presiden Boediono tidak demikian. yaitu Partai Demokrat cenderung bermain politik sendiri.

Kasus pembunuhan terjadi pada anak jalanan. Lihat dan saksikan saja bagaimana para pejabat negara di 100 hari pemerintahan ini sibuk memperlihatkan kepedulian kepada masyarakat. Jangan sampai setelah tiga bulan ini sampai lima tahun mendatang. harus menderita. Kita ingin menekankan ulang bahwa masalah komunikasi pemerintah adalah hal urgen yang harus dibenahi. tawuran antar warga. Bertubi-tubi masalah mendera masyarakat kecil. Kejadian tersebut jangan harap akan dilihat oleh pejabat negara kecuali karena kepentingan pencitraan. perkelahian antar suku. Entah karena memang tulus atau karena ada isu reshuffle. lupa bahwa rakyat kecil semakin hari semakin menderita.Masyarakat. semua kelihatannya sibuk bekerja. pemerintah hanya sibuk memoles diri. serta penggusuran rumah warga. semuanya adalah kejadian yang tidak dialami oleh pejabat negara atau elit politik. Struktur pemerintahan yang gemuk kelihatannya tidak diikuti dengan efektifitas pekerjaan. . di satu pihak lain.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful