PEMERINTAH PROVINSI JAWA TENGAH

RSUD. Dr. MOEWARDI
INSTALASI KEDOKTERAN FORENSIK DAN MEDIKOLEGAL Jl. Kolonel Sutarto. Nomor 132. SURAKARTA 57126 Telp. 0271-634634 ext. 525, 526. Telp/ Fax. 0271-666952

VISUM ET REPERTUM Nomor : VER/103/IKF&ML/TGL/XI/2011 PROJUSTITIA :

Berdasarkan surat dari Kepala Kepolisian, yang ditandatangani oleh : I Ketut Sukarda, S.H; Jabatan :. Kapolsek Karang Malang; NRP 63110098; Nomor : B/1/XI/2011/Reskrim; Klasifikasi: rahasia; Lampiran: 1 (satu) rangkap; Perihal : Permintaan visum et repertum / autopsi terhadap mayat atas nama Mrs.X, maka saya yang bertanda tangan di bawah ini Dokter Budiyanto, Sp.F, dokter jaga pada Instalasi Kedokteran Forensik Dan Medikolegal RSUD. Dr. Moewardi menerangkan bahwa pada hari Senin tanggal 21 November 2011 pukul 09.00 WIB Waktu Indonesia Barat bertempat di Ruang Otopsi Instalasi Kedokteran Forensik dan Medikolegal RSUD. Dr. Moewardi telah melakukan pemeriksaan luar dan dalam atas jenazah yang menurut surat Saudara :----------------------------Nama Jenis Kelamin Tmpt / tgl Lhr Agama Pekerjaan Kewarganegaraan Tempat tinggal rumah : : : Mrs. X perempuan belum diketahui

: belum diketahui : belum diketahui : : belum diketahui belum diketahui

Hasil pemeriksaan itu ialah sebagai berikut :

:Jenazah terlentang. Bagian yang tertutup rambut penekanan ukuran 17x10 cm :didapatkan pembusukan jenazah :panjang badan 148 cm :Warna hitam beruban . Mudah digerakkan. Kelopak mata bagian luar berwarna . dalam keadaan basah :Tidak terdapat luka. Keadaan jenazah :Jenazah tak bermaterai. Di lengan atas kiri tidak hilang pada 5. dengan muka menghadap ke atas Lengan kanan lurus dengan tangan kanan membentuk sudut 180 derajat . Bercak jenazah 180 derajat. :Tidak terdapat kaku jenazah pada semua persendian. panjang 17 cm mudah dicabut. hematom maupun retak tulang pada bagian yang tertutup rambut c. Sikap jenazah di atas meja otopsi hitam bertuliskan BPBD Prov Jateng. Mata kanan Menutup . Pembusukan jenazah 6. Kaku jenazah 4. Dahi :Tidak terdapat luka. terletak di atas meja porselein warna hijau dibungkus dengan kantong jenazah warna 2. Kepala a. Di bagian pinggul tidak hilang pada penekanan ukuran 20x10cm.I. PEMERIKSAAN LUAR 1. tidak berlabel. Rambut b. rambut mata bagian luar tidak ada. hematom maupun retak tulang pada bagian yang tertutup rambut d. Ukuran jenazah 7. Ukuran 26x30cm. Lengan kiri lurus dengan tangan kiri membentuk sudut 3. :Terdapat bercak jenazah di bagian punggung tidak hilang pada penekanan.

tidak terdapat retak tulang. Telinga :Tidak terdapat luka. h.hijau kecoklatan. hematom maupun retak tulang pada bagian yang tertutup rambut Mata kiri Menutup . tidak ada memar. Bagian dalam rusak karena ada pembusukan. Dari lubang tidak keluar cairan. f. Pipi i. :Daun telinga terdapat luka robek pada telinga kanan ukuran 4x1 cm dan luka robek pada telinga kiri ukuran 3x1 cm. gigi tidak terlihat. rambut mata bagian luar tidak ada. tidak ada memar. hematom maupun retak tulang. hematom maupun retak tulang. Tidak terdapat luka. Mulut :Mulut dalam keadaan terbuka. hematom maupun retak tulang. Tidak terdapat luka. Bagian dalam rusak karena ada pembusukan. tidak didapatkan luka. luka maupun hematom.Mulut bawah tidak didapatkan g. Perabaan terasa kenyal. Hidung :Dari kedua lubang tidak keluar cairan. :Tidak terdapat adanya rambut. tidak terdapat retak tulang. Dagu luka atau hematom.Dalam mulut tidak dilakukan pemeriksaan.Mulut atas tidak didapatkan luka atau hematom. Tidak terdapat hematom maupun retak . Kelopak mata bagian luar berwarna hijau kecoklatan. luka maupun hematom. Perabaan terasa kenyal. lidah menjulur. e.

8. Pada perut sebelah kiri bawah terdapat terlihat warna hijau kehitaman. Terdapat luka lecet ukuran 5x4 cm pada bagian perut kiri bawah dan luka lecet ukuran 2x2 pada perut kanan atas. Tangan tidak terdapat luka. 12. hematom maupun retak tulang. Pada ketukan terdengar suara redup. Perut 11. panjang 3 cm mudah dicabut. Leher tulang :Tidak didapatkan bekas jeratan tali. :jenis kelamin perempuan. :Permukaaan lebih tinggi dari permukaaan dada. Pusat datar. Terdapat pengelupasa kulit pada vulva. hematom . Dari lubang kemaluan tidak keluar cairan. Pada ketokan terdengar redup. hematom maupun retak tulang. hematom maupun retak tulang :Terdapat bercak kemerahan pada dada sebelah atas kiri ukuran 10x6 cm. Tidak terdapat luka. Pada perabaan teraba kenyal. Dada 10. Tidak terdapat luka. Lengan bawah terdapat kulit terkelupas ukuran 17x10 cm. terdapat lukalecet di pergelangan tangan kanana ukuran 3x6 cm tidak terdapat hematom maupun retak tulang. Anggota gerak atas Kanan :Lengan atas terdapat kulit terkelupas ukuran 13x6 cm berjarak 3 cm dari sendi siku. Alat kelamin Rambut kelamin warna hitam keriting. 9. tidak terdapat luka.

hematom maupun retak tulang. hematom maupun . Anggota Gerak bawah Kanan : Paha tidak terdapat luka. hematom maupun retak tulang. tidak terdapat luka. Tungkai bawah tidak terdapat luka. tidak terdapat retak tulang. Kiri : Lengan atas terdapat kulit terkelupas ukuran 13x8 cm. :Tidak terdapat luka. Kaki terdapat luka lecet ukuran 3x0. :Tidak terdapat luka. Tangan terdapat kulit terkelupas ukuran 2x2 cm tidak terdapat luka. Kaki terdapat luka lecet ukuran 3x0. hematom maupun retak tulang. hematom maupun retak tulang. Pantat 16.maupun retak tulang. Tungkai bawah tidak terdapat luka. hematom maupun retak tulang. Dubur tulang. 13. hematom maupun retak tulang. lutut terdapat luka lecet ukuran 4x2 cm. Kiri : Paha terdapat luka memar ukuran 16x10 cm jarak 6 cm dari lutut. hematom maupun retak tulang. Lengan bawah terdapat luka lecet ukuran 6x4 cm jarak 12 cm dari sendi siku.5 cm tidak terdapat hematom maupun retak 14.5 cm tidak terdapat hematom maupun retak tulang. Punggung 15. hematom maupun retak tulang. :tidak terdapat luka.

retak tulang. konsistensi kenyal lunak. warna merah kecoklatan. :Tidak ada kelainan II. -paru-paru kanan / kiri tak ada perlekatan dengan dinding bagian dalam mudah dilepas. bagian jantung tak tertutup paru-paru bagian atas 6 cm dan bawah 14 cm -tulang dada bagian dalam tidak terdapat luka. terdapat massa ukuran 10x6 17. Setelah kuli dada dibuka -tinggi diafragma kanan pada setinggi ruang intercostal (antar ruang rusuk) enam dan kiri setinggi ruang intercostals enam. Jantung -Kantong jantung dibuka di dalam tidak terdapat cairan. -ukuran jantung 16x11x3 cm berat 175 cm -warna lemak -pada pembukaan jantung : lubang kuning kemerahan konsistensi kenyal tertutup jaringan . Sekitar dubur keluar cairan merah kehitaman. -dalam rongga dada tak terdapat cairan 2. Anggota tubuh yang lain cm. hematom maupun retak tulang. PEMERIKSAAN DALAM 1. -setelah tulang dada diangkat.

pada perabaan kenyal -otot papilaris tak ada kelainan -dalam kelainan -tebal otot jantung tak ada kelainan -tebal otot bilik kiri 1.antara bilik kiri dan serambi kiri dan lubang antara bilik kanan dan serambi kanan selebar 11 cm. permukaan berbenjolbenjol. konsistensi kenyal. -Terdiri dari dua baga Tiap bagian ada perlekatan mudah dilepaskan.5cm. warna merah kehitaman.5 cm. tidak terdapat luka. Tiap bagian ada perlekatan mudah dilepaskan. bilik kanan 1 cm. -keadaan klep jantung warna coklat. klepnya warna putih kemerahan -arteri pulmonalis dibuka ukuran ukuran lingkaran 7 cm klepnya putih kemerahan 3. -aorta lingkaran 8cm. Tepi tajam. Paru-paru kanan -Terdiri satu baga. warna merah kehitaman. -ukuran gram -pada merah Paru – paru kiri pengirisan kehitaman warna dan jaringan pada 26x14x1. konsistensi . Berat 175 ruang jantung tak ada pemijatan keluar buih.

Warna hijau kehitaman. 7. tidak terdapat retak tulang. 4. Leher -pada pembukaan leher terlihat warna kemerahan. . Tidak terdapat luka. Didapatkan pasir pada trachea. Tepi tajam. Berat ukuran 23x12x5cm -Pada lambung Usus pemeriksaan 50 gram. Pada pengambilan alat-alat : tidak didapatkan cairan :tampak menggelembung. 8.kenyal. Konsistensi kenyal. Lambung banyak udara. -ukuran 25x12x1 cm. -pada merah pengirisan kehitaman warna dan jaringan pada pemijatan keluar buih. Lidah Ukuran 11x6. mikroskopis ditemukan benda air (pasir) dalam -penggantung usus berwarna merah kehitaman 6. terisi dalam ruang perut 5. permukaan berbenjol-benjol. Kepala :Kulit kepaladibuka tidak terdapat pendarahan di atas selaput otak. Berat 125 gram. Selaput otak dibuka otak sudah hancur.

Saat kematian korban diperkirakan tiga sampai empat hari sebelum saat pemeriksaan. PENUTUP Demikian visum et repertum ini dibuat dengan mengingat sumpah pada waktu menerima jabatan berdasarkan Lembaran Negara Nomor 350 tahun 1937 dan Undang-undang Nomor 8 Tahun 1981. Sp.III. Surakarta. Budiyanto.F . KESIMPULAN Korban adalah seorang wanita dengan identitas yang tidak jelas dan tidak dikenal. 21 November 2011 Dokter Pemeriksa. dr. Korban meninggal karena mati lemas akibat sumbatan jalan nafas atas akibat tenggelam IV.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful