PROGRAM KERJA MA. TARBIYATUL MUSTAFID BATU RIMPANG DESA BADRAIN KEC. NARMADA KAB.

LOBAR

DISUSUN OLEH KEPALA MA. TARBIYATUL MUSTAFID TAHUN PELAJARAN 2006/2007

.Pembagian Tugas dalam Proses Belajar Mengajar. A. 5... Struktur Organisasi MA.... Tarbiyatul Mustafid Batu Rimpang ...... Kalender Pendidikan 4. Matrik Program Kerja MA.... DAFTAR ISI BAB I. RUANG LINGKUP…………………………………………….DAFTAR ISI Halaman: KATA PENGANTAR.. Tarbiyatul Mustafid Batu Rimpang 2.. DASAR………………………………………………………… B..... Tarbiyatul Mustafid Batu Rimpang..... SK........ SASARAN……………………………………………………....... BAB...... 3. ... II. EVALUASI PROGRAM KERJA TAHUN PELAJARAN 2005/2006 SECARA UMUM…………………………………………………….......... DESKRIPSI TUGAS PENGELOLA MADRASAH……………....IV....... BAB.. D.. PENUTUP……………………………………………………………............. PENDAHULUAN…………………………………………………… A..III........ MAKSUD DAN TUJAUN……………………………………… C. URAIAN PROGRAM…………………………………………… B....... LAMPIRAN-LAMPIRAN : 1.... RAPBM MA.. Bimbingan dan Konseling. BAB.. PROGRAM KERJA TAHUN PELAJARAN 2006/2007……………...

Rasa syukur yang tiada terhingga karena atas limpahan rahmat. Program Kerja ini merupakan suatu upaya pembinaan dan pengembangan dalam proses pendidikan yang diselenggarakan pada MA. kami dapat menyusun dan menyelesaikan program kerja MA.KATA PENGANTAR Bissmillahirrahma nirrahiem Segala puji bagi Alloh Swt. Tarbiyatul Mustafid Batu Rimpang Tahun Pelajaran 2006/2007 ini sebagai mana yang diharapkan. Tarbiyatul Mustafid Batu Rimpang. Wakil Kepala Madrasah. 30 Juni 2006 Kepala Madrasah. selanjutnya salam dan sejahtra atas junjungan kita Nabi Muhammad Saw. bahwa program kerja ini masih sangat jauh dari sempurna karena keterbatasan kemampuan dan pengalaman yang kami miliki. sahabatnya. Batu Rimpang. semoga program kerja ini dapat berjalan lancar sehingga dapat bermanfaat untuk kemajuan pendidikan khususnya Madrasah Aliyah dan lembaga-lembaga lain dilingkungan Yayasan Tarbiyatul Mustafid Batu Rimpang. Jaelani NIP. beserta keluarganya. . Tata Usaha dan dewan guru dalam waktu satu tahun pelajaran. Selanjutnya Program Kerja ini dijadikan pegangan dan rujukan dalam pelaksanaan tugas dan tanggung jawab dari Kepala Madrasah. semata tempat kami bergantung dan menyerahkan diri. Akhirul kalam hanya kehadirat Alloh Swt.. kritik dan masukan apapun dari semua pihak demi kesempurnaan program kerja ini pada tahun-tahun yang akan datang. 150255883. Muh. Kami menyadari. taufiq dan hidayah-Nya. besar harapan kami agar diberikan saran. pengikutnya hingga akhir zaman. dengan sebenar-benarnya pujian. Oleh karena itu. Drs.

b. Kalender Pendidikan tahun pelajaran 2006/2007.BAB I PENDAHULUAN A. bagi madrasah dalam lingkungan pembinaan Kanwil Depag NTB. Untuk memperolah gambaran pemerataan pekerajaan dan kegiatan yang disesuaikan dengan tingkat kebutuhan / skala prioritas. Agar diperoleh penyelenggaraan kerja yang berjenjang. dan akhir tahun pelajaran 2006-2007. c. NTB. terprogram. MAKSUD DAN TUJUAN 1. 2. 2. Terselnggaranya kegiatan-kegiatan khusus yang scara langsung atau tidak langsung ikut menunjang proses belajar mengajar tahun pelajaran 2006-2007. Sebagai dasar melaksanakan evaluasi terhadap penyelenggaraan kegiatan pendidikan selama satu tahun pelajaran. tanggal 27 Januari 1997 tentang pedoman penyusunan program kerja tahunan madrasah dalam lingkungan Kanwil Depag. Tuajuan Khusus Terselnggaranya kegiatan yang bisa menunjang proses belajar mengajar secara optimal baik yang bersifat rutin atau insidentil selama tahun pelajaran 20062007. TUJUAN a. DASAR Program kerja Madrasah Aliyah Tarbiyatul Mustafid Batu Rimpang Tahun Pelajarn 2006/2007 ini disusun berdasarkan : 1. Tujuan Umum Memberikan gambaran secara menyeluruh tentang bidang kegiatan yang akan diselenggarakan selama tahun pelajaran 2006-2007. Pedoman umum penyelenggaraan administrasi madrasah yang dikeluarkan oleh Dirjen Depag. Tarbiyatul Mustafid b. berdaya guna. . Sebagai dasar pertanggujawaban atas penyelenggaraan seluruh kegiatan yang sedang dan atau telah dilaksanakan. Keputusan rapat pengurus Yayasan Pondok Pesantren Tarbiyatul Mustafi Batu Rimpang tanggal 17 Juli 2006. Dapat dimulainya secara baik semua kegiatan pada awal pertengahan. Sebagai pedoman kerja bagi semua unsur yang terlibat dalam pengelolaan pendidikan di lingkungan MA. 4. 3. Memberikan gambaran tentang rincian kegiatan yang akan dilaksanakan selama tahun pelajaran 2006-2007. B. MAKSUD a. Keputusan Kepala Kantor Departemen Agama Provinsi Nusa Tenggara Barat No. WX/b/55/97. dan berhasil guna.

Ketenagaan 3. c. 3. Sasaran Khusus a. Penataan dan pengaturan pembagain tugas. Sarna / Prasarana. Penataan dan pemeliharaan fisik madrasah. Program pokok yang meliputi kegiatan Penyelnggaraan kegiatan persiapan tahun pelajaran 2006-2007. Penataan lingkungan dan peningkatan ketahanan madrasah. Kesiswaan 4. Penataan dan penyempuranaan administrasi.C. yaitu: 1. RUANG LINGKUP Program kerja Madrasah Aliyah Tarbiyatul Mustafid Tahun Pelajaran 2006-2007 meliputi : 1. Tahap awal. tahap akhir. tahap inti. . Terselnggaranya proses belajar mengajar yang baik dan lancar. Program penunjang yang meliputi kegaiatan yang langsung maupun yang tidak langsung mempengarhui pencapian hasil belajar mengajar ((((((0)))))) . untuk mencapai mutu pendidikan yang diharapkan sesuai dengan tujaun pendidikan nasional. hubungan masyarakat 6. Kurikulum 2. Dalam penjadwalan program kegiatandi bagi atas tiga tahap. menjelang tahun pelajaran. Penyelenggaraan Persiapan kegiatan selama tahun pelajaran 2006-2007. Penyelnggaraan kegiatan menjelang tahun pelajaran 2006-2007. ketatalaksanaa Madrasah Semua kegiatan yang ada pada bidang-bidang ini diprogramkan dalam suatu rencana yang terarah dan terjadwal sehingga dapat di upayakan penyelesaian semua program menurut jdawal yang di teteakan dengan hasil maksimal. 2. Sasaran umum.selam berlangsungnya tahun pelajaran. SASARAN 1. Penataan halaman madrasah (6 K). dan keuangan 5. memulai tahun pelajaran 2.

6. 7. a. 8. untuk tolak ukur ketuntasan belajar siswa. Hasil tes sumatif belum dimanfaatakan dengan baik. Pengguanaan alat peraga yang masih kurang. Belum terlaksananya analisa hasil ulagan secara optimal. agar siswa yang lemah mendapatkan perhatian yang serius. 6. sesuai denagn rencana. walaupun sebagian besar sudah menggunakannya. 4. 7. dan dengan persiapan yang kurang matang. tidak berusaha belajar lebih giat. 3. Pengawasan belajar mengajar perlu ditingkatkan. Aspek Orang Tua : . Metode mengajar yang masih kurang memadai. sering tidak dibuat bahkan banyak yang mengerjakan di madrasah. Akhir tahun pelajaran UAN/UAS bagi siswa kelas XII dan kenaikan kelas bagi kelas X dan XI dapat terlaskana dengan sestinya. peningkatan cara belajar yang dengan kelompok belajar agar dimanfaatkan dengan baik. waktu / kesempatan yang ada di sekolah / di rumah tidak dimanfaatkan dengan baik. 2. 4. kurang efisien. Masih ada guru yang kurqang memanfaatkan waktu belajar / tatap muka dengan alasan yang kurang jelas. walaupun sebagian besar sudah melasanakannya. C. D. B. 3. bagi siswa yang mendapatkan nilai kurang. pekerjaan rumah yang diberikan guru. perlu peningkakatan hobi membaca dan kunjungan ke perpustakaan sebagai pendukung proses belajar mengajar. b. siswa banyak yang tidak memiliki buku pelajaran. 5. Aspek Guru : 1. 2. Kualifikasi guru yang masih mengajar pada bidang yang bukan keahliannya / spesipikasinya. karena beluam ada sarana pemondokan. c. siswa terbiasa belajar mendadak bila ada ulangan. Hambatan-hambatan : Aspek Siswa : 1.BAB II EVALUASI PROGRAM KERJA SECARA UMUM Secara umum evaluasi program kerja tahun pelajaran dapat kami laporkan sebagai berikut : A. Awal tahun pelajaran penerimaan siswa baru berjalan Proses belajar mengajar berjalan dengan baik dan lancar. 5. bahkan catatan yang diberikan guru tidak ada / hilang. Bnyak siswa yang belum mampu memanfaatkan waktu belajar dengan sebaiknya.

Kerja sama orang tua dengan madrasah / pengurus pondok pesantren perlu ditingkatkan lagi. masih kurang lengkapnya peralatan laboratorium. . Aspek Sarana dan Prasarana : 1. Kepala Madrasah.1. E. 2. 10. agar menyadari arti kebersihan adalah separuh dari iman. karena terbatasnya masalah dana. erbukti dengan kurangnya motivasi belajar siswa yang sekolah. sapu an lain-lain. Perlu adanya aula tersenddiri. tak tersedianya fasilitas komputersebagai sarana untuk keamajuan peserta didik. sebagai pendukung ketercapaian hasil belajar siswa yang optimal. d. BP/BK sering memberikan penjelasan / pengarahan. 6. 6. Guru BP/BK lebih meningkatkan pembinaan dan perhatian kepada siswa. Pembinaan guru sekolah oleh Kepala Masdarasah perlu ditingkatkan. 5. Menggadakan pembinaan bagi seluruh siswa. 8. Mengadakan pelatihan / penataran MGMP bagi guru agar benar-benar profesional di bidangnya masing-masing. agar memberikan waktu / jam pelajaran tambahan pada waktu lain. 4. yang selama ini masih bergabung dengan ruang kelas. 5. Kultur / latar belakang pendidikan orang tua yang masih ortodok. 4. lebih-lebih yang malas dan juga hubungan dengan orang tua siswa. Peralatan kebersihan perlu mendapat perhatian yang serius antara lain bak sampah. mengupayakan bantuan dari pihak pemerintah / swasta dalam bentuk materi / dan demi keterlaksananya PBM yangnyaman. 7. demikian juga terhadap wali kelas yang masih baru. 9. 3. Sementara ini penataan halaman belum bisa dilaksanakan dikarenakan pola membangun berkesinambuangan. Mengguanakan waktu belajar tambahan bagi siswa kelas XII untuk meningkatkan mutu/hasil UAN / UAS. Dukungan dan dari orag tua yang sangat minim sekali. 3. guru. 4. dan menyenangkan.Jalan Keluar mengatasi Hambatan-hambatan 1. Perhatian orang tua terhadap anaknya yang sekolah terasa kurang sekali. Bagi guru yang belum mencapai target kurikulum sesuai waktu yang ditetapkan. Membentuk / mengupayakan donatur tetap yang akan mendukung pendidikan di madrasah. karena orang tua masih /kurang memperhatikan cara belajar putraputrinya baik tinggal di asrama maupun yang pulang pergi. nasehat kepada siswa agar dapat memanfaatkan waktu sebaik-baiknya. 2. artinya tak sekolah sehingga kesadaran untuk mendorong anaknya untuk maju sangat kurang. Kurangnya gedung / ruang belajar yang menjadi hal utama pendukung pendidikan. sehingga pihak madrasah merasa kesulitan melaksanakan program dengan biaik. Kesadaran orang tua perlu ditingkatkan. 5. 2. tentram. agar mendapat perhatian dan pembinaan yang khusus. karena orang tua adalah penaggung jawab pendidikan anak. Bagi siswa yang nialainya kurang dan mentalnya lemah. 3.

karena dengan izin dan ridho-Nya sehingga program kerja Tahunan Madrasah Aliyah Tarbiyatul Mustafid Batu Rimpang Tahun Pelajaran 2006 / 2007 ini dapat kami susun. Amien Ya Rabbal Alamin.maka diharapkan agar semua guru. pengurus pondok pesantren.wakil kepala madrasah atau koordinator urusan.((((((0)))))) BAB IV PENUTUP Alhamdulillah kami panjatkan kehadirat Allah SWT. Kami harapkan agar seluruh keluarga besar Pondok pesantren Tarbiyatul Mustafid pada umumnya.kepala madrasah.guruguru. Program ini merupakan garis besar kegiatan pendidikan yang perlu dijabarkan. Akhirnya kami hanya mampu berdo’a kehadirat Allah SWT.wali kelas. ((((((0)))))) .semoga Allah yang maha pengasih lagi maha penyayang memberikan segala kemudahan dalam menjalankan kegiatan ini dan demi kesuksesan kita bersama.untuk itu kami hrapkan masukan. Program kerja tahunan ini. dan pengurus komite agar program kerja dapat dijadikan pedoman pelaksanaan kegiatan pendidikan di MA. Kami sadari bahwa program kerja ini.kami susun dengan segala keterbatasan dan kekurangan.pengurus komite agar menjabarkan tugasnya masing-masing berdasarkan pedoman ini.Tarbiyatul Mustafid pada khususnya untuk mengikuti dan meningkatkan disiplin kerja sama yang baik untuk mensukseskan tujuan pendidikan nasional serta terciptanya poses belajar mengajar yang lancar demi peningkatan mutu pendidikan.MA.Tarbiyatul Mustafid Batu Rimpang.wali siswa/siswi.diharapkan dapat membantu seluruh karyawan.pegawai termasuk pembina.kritik dan saran guna melengkapi atau menyempurnakan program kerja yang akan datang.pegawai.siswa –siswi .

Penyiapan program dan jadwal praktek keterampilan b. Pelaksanaan pengawasan / pemantauan kegiatan praktek f.RP) dan program kegiatan perbaikan /pengayaan.Jurnal kelas dan batasan pelajaran). Menyiapkan lembar kerja siswa ( LKS) c. Partisifasi dalam pertandingan g.maka program kerja Madrasah Aliyah Tarbiyatul Mustafid Batu Rimpang Tahun Pelajaran 2006 / 2007 diuraikan dalam komponen-komponen program sebagai berikut : 1. 9. c. Pendistribusian perangkat program pengajaran. 10. Pelaksanaan pelayanan perpustakaan . Penataan dan pengelolaan administrasi perpustakaan. b. KURIKULUM Sesuai dengan petunjuk Kepala Kantor Departemen Agama Provinsi Nusa Tengga Barat dan hasil keputusan Rapat Pondok Pesantren Tarbiyatul Mustafid Batu Rimpang. Pengadaan dan penambahan alat dan bahanpraktek d. Pengadaan dan pendistribusian perangkat kurikulum 2. Penyediaan dan pendistribusian format program pengajaran (SP.RP. URAIAN PROGRAM A.BAB III PROGRAM KERJA TAHUN PELAJARAN 2006 / 2007 A. Kegiatan Perpustakaan a. Kursus komputer h. Kegiatan praktek keterampilan : a. 4. Pelaksanaan praktek keterampilan e. 6. Keterampilan membuat alat – alat dari bambu i.PS. 8. Penyediaan penambahan koleksi buku-buku pelajaran dan sumber informasi lainnya. Keterampilan menjahit.ASP. petunjuk pelaksanaan dan perangkat kurikulum lainnya. Pengkajian kurikulum/GBPP. Penyedian dan pendistribusian kelengkapan persiapan mengajar guru (buku tulis dan kelengkapannya) 3.SP. 7. Penyediaan buku sumber dan penyusunan ringkasan materi/pengembangan materi pengajaran. Penyusunan program pengajaran (APS. Penetapan bidang-bidang ekstra kurikuler 5.

Kegiatan kerja sama dengan masyarakat dan instansi terkait . Kegiatan ekstra kurikuler d. Menyusun Perencanaan b. Menentukan kebijaksanaan h. Pengarahan d.Keuangan l. DESKRIPSI TUGAS PENGELOLA MADRASAH I. Perencanaan b. Kepala Madrasah selaku educator bertugas melaksanakan proses belajar mengajar secara efektif dan efisien 2. TUGAS KEPALA MADRASAH 1. Proses belajar mengajar b. Menyusun program ko kurikuler masing-masing mata pelajaran b. Ketenagaan j. Pengkoordinasian e. Kantor k. Mengkoordinasikan kegiatan e. Kesiswaan h. Perpustakaan m. Pengawasan f. Melakukan evaluasi terhadap kegiatan g. Pengadaan / penyiapan alat/bahan untuk kegiatan ko kurikuler.11. Pengorganisasian c. B. Kepala Madrasah selaku manager bertugas : a. Mengadakan rapat i. Kegiatan bimbingan dan konseling c. Mengorganisasi kegiatan c. Ketata Usahaan i. Kepala Madrasah selaku supervisor bertugas : a. Kurikulum g. Mengambil keputusan 3. Kepala Madrasah selaku administrator bertugas : a.Keterampilan dan laboratorium 4. Mengarahkan kegiatan d. Melaksanakan pengawasan f. Kegiatan ko kurikuler a.

e. Kegiatan OSIS . Sarana dan prasarana f.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful