RADIKAL BEBAS dan ANTIOKSIDAN

Radikal bebas (dapat juga disebut oksidan) berasal dari molekul oksigen yang secara kimia strukturnya berubah akibat dari aktifitas lingkungan. Aktifitas lingkungan yang dapat memunculkan radikal bebas antara lain radiasi, polusi, merokok dan lain sebagainya.
Radikal bebas merupakan molekul dimana elektron yang terletak pada lintasan paling luar tidak mempunyai pasangan. Oleh karena itu molekul tersebut sangat reaktif. Radikal bebas dengan

mudah bereaksi dengan sel terutama sel lipid, protein dan DNA. Radikal bebas yang beredar

dalam tubuh berusaha untuk mencuri elektron yang ada pada molekul lain seperti DNA dan sel. Pencurian ini jika berhasil akan merusak sel dan DNA tersebut. Dapat dibayangkan jika radikal bebas banyak beredar maka akan banyak pula sel yang rusak. Kerusakan yang ditimbulkan dapat menyebabkan sel tersebut menjadi tidak stabil yang berpotensi menyebabkan proses penuaan dan kanker.
Dalam keadaan normal, oksidan yang terbentuk dapat dinetralisir oleh antioksidan. Antioksidan adalah zat kimia dengan konsentrasi rendah yang secara signifikan dapat mencegah atau mereduksi suatu zat. Antioksidan terdiri dari antioksidan enzimatik dan non enzimatik. Glutathione peroksidase merupakan antioksidan enzimatik yang mengandung selenium Di dalam tubuh, radikal bebas yang paling banyak terbentuk adalah superokside. Superokside dapat dirubah menjadi hydrogen peroksida. Hidrogen peroksida kemudian diubah menjadi radikal hidroksil. Radikal hidroksil inilah yang dapat menyebabkan peroksidasi lipid pada membran sel sehingga terjadi kerusakan sel. Karena kemampuannya inilah maka enzim ini disebut sebagai enzim antioksidan. Antioksidan dalam tubuh terdiri dari antioksidan enzimatik dan non enzimatik. Glutathione peroksidase adalah antioksidan enzimatik

Antioksidan membantu menghentikan proses perusakan sel dengan cara memberikan elektron kepada radikal bebas. Antioksidan akan menetralisir radikal bebas sehingga tidak mempunyai kemampuan lagi mencuri elektron dari sel dan DNA.
Contoh antioksidan yang dihasilkan oleh tubuh adalah glutathione. Enzim glutathione peroksidase terdiri dari 4 atom selenium yang terikat sebagai selenocystein. Enzim ini terdiri dari 4 tipe, yaitu seluler glutathione peroksidase (cGPx), ekstraseluler glutathione peroksidase (eGPx), gastrointestinal glutathione peroksidase (GPx-GI) dan fosfolipid glutathione peroksidase (PhGPx). Enzim glutathione peroksidase mencegah kerusakan sel dengan cara mengkatalisa peroksida menjadi air dan oksigen.

Penyakit yang berhubungan dengan radikal bebas Beberapa penyakit degeneratif berhubungan erat dengan radikal bebas. Diantaranya, kanker, penyakit jantung dan pembuluh darah, katarak dan penurunan fungsi kognitif. Proses

http://digilib.nih. Metabolism of Selenoamino Acids and Contribution of Selenium Methylation to Their Toxicity.html. 10. eksim. Journal of Health Science 2000. Nakamuro K. Saifuddin AB. Sel sendi : Rematik & Arthritis. 4. Gilstrap LC. 3. macular diseases. Syamsuri AK.ac. keriput. 11. Philadelphia. 7. Rachimhadhi T. 8.pdf  Rachimhadhi T.gov/ccc/supplements/selen. Sel/pembuluh darah ginjal : Gagal ginjal & cuci darah. Sel/pembuluh darah otak : Stroke. alzheimer. New York: McGraw hill 2001: 567-89 Soejoenoes A. Levander OA. Facts About Dietary Supplements. hipertensi. Penyakit yang ditimbulkan oleh radikal bebas tergantung dari jenis sel / pembuluh darah yang dirusaknya. dermatitis. 97% penyakit degeneratif (penyakit akibat kemunduran fungsi organ) disebabkan oleh RADIKAL BEBAS. Sel/pembuluh darah jantung : Jantung koroner. Hasegawa T.Preeklampsia dan eklampsia: WiknjosastroH. 2002. Antioksidan dipercaya mampu untuk mencegah beberapa penyakit ini.id/download/Selenium. Naskah lengkap KOGI X Padang . Wenstrom KD. pigmentasi. 6. DNA / inti sel : Kanker & tumor. Sel reproduksi : Mandul & impotensi. Sel mata : Katarak. Jakarta. Ilmu kebidanan edisi ketiga . Sel immune : Lupus & psoriasis. Okuno T. edisi ke-7. December 9.cc.unsri. st . 1. Yayasan Bina Pustaka Sarwono Prawirohardjo 1997: 281-301 Cunningham FG. 9. In: Modern Nutrition in Health and Disease.265-74. Naskah lengkap PIT III POGI malang. Sel paru : Sklerosis & radang paru. ablastio retina. parkinson. Burk RF. Gant NF. Sel kulit : Flek. Selenium. 5. Prevalensi dan resiko hipertensi pada kehamilan. Saleh AZ.46:418-21. Laveno KJ. 1988. 1983 Pangemanan WT.penuaan dini juga berhubungan dengan radikal bebas. arterio/atero sklerosis. 1996 Anonim. Didapat dari: www. Hubungan antara indeks gestosis dengan profil laboraratorium pada penderita gestosis di RSUP Palembang selam 2 tahun (19941996). Sel pankreas : Diabetes. 2. William Obstetrics 21 ed.

dan masuk ke usus halus disini akan diproses oleh enzim-enzim. dan bila sirkulasi darah berhenti 6 detik saja maka jantung akan berhenti berfungsi dan seluruh tubuh akan berhenti berfungsi juga. dan karbondioksida dibawa dari jantung ke paru-paru untuk dikeluarkan. yang biasanya terjadi karena Tekanan Darah Tinggi (tekanan darah yang naik turun terlalu sering sangat berbahaya) Yang menyebabkan penyumbatan adalah kolesterol LDL (Low Density Lipoprotein) atau sering disebut kolesterol jahat karena sangat mudah teroksidasi dan menyebabkan penyumbatan serta membuat pembuluh darah menjadi kaku. Jadi semua aktifitas transportasi darah keseluruh tubuh diatur oleh Jantung. disisi lain ada juga yang namanya kolesterol HDL (High Density Lipoprotein) atau kolesterol baik karena akan membuat pembuluh darah menjadi elastis. Biasanya kalau kita sering mengalami gangguan pencernaan seperti kembung dan sakit maag maka oleh dokter biasanya diberikan enzim akibat dari kekurangan enzim dalam pencernaan. dan bila itu terjadi maka timbul gangguan sirkulasi darah yang dapat digolongkan sebagai berikut : 1. Pembuluh darah yang penyumbatan tidak banyak tapi mengeras sehingga menyebabkan tekanan darah tinggi. Pembuluh yang normal harusnya bersih dan tidak ada endapan lemak sedikitpun. dan bersama dengan enzim sari-sari makanan akan diedarkan keseluruh tubuh. tapi sifatnya hanya sementara. Penyumbatan pembuluh darah oleh lemak yang disebut sebagai Arterosklerosis. dan bila sirkulasi darah ke otak yang berhenti maka dinamakan stroke. maka dari itu dapat diberikan Protein Powder. Darah juga mengambil sari-sari makanan yang sudah dihancurkan di lambung. Pecahnya pembuluh darah. 2. bila jantung berhenti berdenyut maka sirkulasi darah akan berhenti. 3.PENYUMBATAN PEMBULUH DARAH. nah untuk bisa tubuh menghasilkan enzim sendiri maka diperlukan protein. hal ini yang dinamakan serangan jantung. HIPERTENSI DAN JANTUNG KORONER Penyumbatan Pembuluh Darah Darah berfungsi untuk membawa oksigen yang diambil dari paru-paru dan zat-zat makanan yang diambil dari lambung melalui pembuluh darah ke seluruh tubuh manusia. disamping itu HDL juga berfungsi mengangkut . ada juga penyumbatan pembuluh darah akibat bekuan darah yang disebut Trombosis. Oksigen diambil dari paru-paru dan masuk kedalam jantung. serta mengambil karbondioksida diambil dari seluruh tubuh untuk dikeluarkan dan sisa-sisa zat makanan untuk dikeluarkan dari tubuh.

Penyumbatan kedua bsa terjadi karena bekuan darah atau trombosis. seperti superoksida (O 2-). maka terjadi inflamasi kronis pada tubulointerstistial ginjal. Radikal Bebas akan merusak dinding pembuluh darah. faktor nukleus kappa-β yang akan mencetuskan pembentukan sitokin proinflamasi dan kemokin yang nantinya menimbulkan inflamasi (Cutler and Matson.kelebihan LDL dalam darah untuk dibuang ke hati. dimana pada pembuluh darah yang rusak terjadi endapan sel darah putih yang kemudian melepaskan trombin serupa benang=benang atau jala. gangguan jantung dan hipertensi. Penyumbatan terjadi bila terjadi reaksi antara radikal bebas dengan LDL. 2009). dsb. LDL banyak ditemukan pada lemak hewani seperti kambing. babi. pada penderita hipertensi terjadi penurunan produksi NO yang disebabkan oleh karena meningkatnya produksi reaktif oksigen spesies (ROS). namun pentingnya sitokin pada hipertensi belum sepenuhnya dijelaskan. 2003). Selain itu. 2005). kemudian LDL yang sudah teroksidasi Radikal Bebas masuk atau menempel ke dinding pembuluh darah yang lama-lama akan menyebabkan pembuluh dari menjadi lebih sempit sampai akhirnya terjadi penyumbatan. Akibat terjadinya inflamasi kronik pada hipertensi. Mengkonsumsi Green Tea akan membantu menurunkan kadar LDL dalam darah. Hal ini menyebabkan terjadinya interkoneksi antara inflamasi dan stres oksidatif yang akan merusak endotel yang menyebabkan disfungsi endotel dan memperburuk kontrol tekanan darah (Sargowo. Sudah lama menjadi perhatian. Beberapa bukti menunjukkan bahwa kadar sitokin . benang-benang ini akan menangkap sel darah merah yang berbahaya adalah bila gumpalan ini terlepas da menyumbat pembuluh darah otak akan menyebabkan stroke. Walaupun peran sitokin pada aterosklerosis tidak dipersoalkan lagi. Akibat meningkatnya produksi radikal bebas pada penderita hipertensi. Terdapat kasus penderita dengan LDL tinggi tapi tidak terjadi penyumbatan pembuluh darah. Peningkatan produksi ini terjadi karena menurunnya metabolisme di mitokondria (Kashyap et al. Aktivitas sel imun akan melepaskan sejumlah besar ROS yang menyebabkan timbulnya stres oksidatif regional. bahwa adanya peran penting sitokin inflamasi pada patogénesis penyakit kardiovaskuler seperti aterosklerosis. Bagaimana terjadinya penyumbatan pembuluh darah karena radikal bebas LDL saja tidak bisa menimbulkan penyumbatan pembuluh darah.. sel pada susunan saraf pusat akan mangaktifkan sel neuron (neuroglia) untuk melepaskan sitokin proinflamasi. Sebaliknya stres oksidatif menyebabkan inflamasi dengan mengaktifkan faktor transkripsi redoksensitif.

Gangguan Penglihatan dan Impotensi. Migrain (sakit kepala sebelah). Burger Desease. aliran pembuluh darah ke ujung-ujung tangan dan kaki terganggu.id/id/wpcontent/uploads/2011/09/artikel2. lama-lama rasa kesemutan hilang diganti dengan rasa baal (mati rasa) kalau pergi pakai sandal jepit pulangnya bisa tinggal sebelah karena tidak terasa kalau terlepas. Hal ini ditandai dengan rasa dingin di ujung-ujung jari kaki dan tangan (gampang kedinginan) jadi sering pakai kaos kaki. Penyumbatan pembuluh darah bisa dikenali dengan cepat melalui mata seseorang.seperti Interleukin-6 (IL-6) dan Tumor Nekrosis Faktor-α (TNF-α) dilaporkan meningkat 2-3 kali pada penderita hipertensi (Granger. elvina zuhir. karena sudah rusak dan membusuk (Gangren).pdf . 2011. apabila terdapat cincin putih di sekitar bola mata itu berarti sirkulasi darah tidak bagus.unand. 6. Akibat dari Gangguan Sirkulasi Darah 1. Tekanan Darah akan meningkat (Hipertensi) dan komplikasi-komplikasinya 2. 5. 2004). Otak jadi mengecil (Artropi). Kalau penyumbatan terjadi di jantung akan menyebabkan penyakit jantung koroner. bagi yang terganggu motoriknya sangat kelihatan dari cara berjalan agak sedikit . Hubungan Gangguan Fungsi Kognitif dengan Hipertensi Ditinjau dari Aspek IL-6 dan TNF-αlfa. Biasanya tindakan yang diambil adalah Amputasi. http://pasca. karena pembuluh darahnya sangat halus. 4. 7. daya ingat menurun. Bagi yang merokok penyumbatannya bisa total. Cincin itu adalah sebenarnya endapan lemak di pembuluh-pembuluh kapiler yang halus yang membentuk semacam garis putih disekitar bola mata. konsentrasi.ac. tahap selanjutnya jadi gampang kesemutan. shg terjadi gangguan motorik. Kalau diotak akan terjadi stroke. karena aliran darah keotak terganggu. 3.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful