Badan Kerjasama Antar Desa ( BKAD ), Menurut Panduan Teknis Operasional (PTO) Kementrian Dalam Negeri adalah sebagai

berikut :

No.

Lingkup Tugas Umum serta Uraian Tugas Pokok dan Fungsi BKAD

Kompetensi BKAD

8. 5. 1. Mampu mendorong terwujudnya kelembagaan masyarakat partisipatif. 4. 7. Mempunyai kecakapan fasilitasi perdes partisipatif. 9. Melakukan pengelolaan hasilhasil musyawarah desa dan antar desa dalam kaitan pembangunan partisipatif. Mempunyai kecakapan . Mendorong lahirnya perdes partisipatif berkaitan dengan kelembagaan. dunia pendidikan. monitoring. 7. Memahami proses penggalian gagasan masyarakat. Meningkatkan kapasitas pelakupelaku yang ada di desa dan kecamatan dalam kaitan pengelolaan pembangunan partisipatif. 2. Memotivasi dan mendorong kelompok RTM agar berperan aktif dalam setiap kegiatan perencanaan. pelaksanaan dan pelestarian kegiatan. Memfasilitasi pembahasan. 8. dan hasil-hasil pembangunan partisipatif. Menjembatani terwujudnya penggalian gagasan yang lebih berpihak kepada kebutuhan pengembangan wilayah antar desa. aturan main. Mempunyai pemahaman yang utuh terhadap model pembangunan partisipatif 10. perumusan. legislatif dan pelaku lainnya dalam rangka memperkuat manajemen pembangunan partisipatif. 6. 11. Melakukan supervisi. dunia usaha. 2. 3. Mempunyai kemampuan untuk meningkatkan kapasitas pelaku-pelaku di desa dan antar desa. Menjaga sistem. Mempunyai kecakapan memotivasi RTM untuk lebih terlibat dalam kegiatan. 9. 2 Manajemen Kegiatan Antar Desa 1. dan prinsip-prinsip pembangunan partisipatif. evaluasi dan pelaporan setiap perkembangan kegiatan. 4. 3. Mempunyai kemampuan menjalin dan membina kerja sama dengan pihak ketiga. Mampu melakukan pengelolaan musyawarah masyarakat. Memahami syarat-syarat kelembagaan partisipatif. 5. 1 Lingkup Tugas Umum serta Uraian Tugas Pokok dan Fungsi BKAD Manajemen Pembangunan Partisipatif Kompetensi BKAD 1. Mempunyai kemampuan mengorganisir dan mengembangkan masyarakat. Mempunyai kemampuan melakukan supermonev-pel di lapangan. 10. Mendorong terwujudnya kelembagaan masyarakat yang lebih partisipatif. Meningkatkan kualitas musyawarah-musyawarah yang dilakukan masyarakat baik di desa maupun antar desa. dan penyusunan 1. mekanisme.No. 6. Menjalin sinergitas dan koordinasi dengan pemerintah daerah.

5. sumber daya lokal. Mempunyai kecakapan mengelola informasi potensi desa hasil identifikasi. sosial. Memfasilitasi keberlanjutan fungsi-fungsi kelembagaan desa dan antar desa dalam pengelolaan kegiatan dan kerja sama antar desa. 7. 5. Mempunyai kecakapan menangani perselisihan dan masalah antar desa. 3 1. Mampu melakukan akses ke sumber bantuan sesuai dengan kebutuhan. 4. Memfasilitasi pelaksanaan kegiatan kerja sama antar desa. 6. Mempunyai kemampuan melaksanakan kerja sama antar desa. . dan budaya antar desa. 7. 2. 2. Mengelola informasi masyarakat antar desa untuk menumbuhkan semangat transparansi. 3. Mampu melakukan identifikasi potensi desa. Meningkatkan kapasitas pelakupelaku yang ada di desa dan antar desa dalam kaitan pengelolaan kegiatan antar desa. Memfasilitasi terbentuknya kerja sama dengan pihak ketiga dalam kaitan pengelolaan aset produktif. teknologi tepat guna. 6. 2. dan kerja sama. 3. 4. akuntabilitas. Mempunyai kemampuan mengorganisir kegiatan pelestarian kegiatan. Membantu dan mendorong fasilitasi akses sumber bantuan bagi kelompok/lembaga usaha masyarakat Mempunyai kemampuan melakukan kerja sama dengan pihak ketiga. 8. 3. Melakukan identifikasi potensi desa yang dapat dikembangkan menjadi sentra pengembangan ekonomi. Mampu mengelola sistem informasi untuk masyarakat. Mendorong pelaksanaan pelestarian hasil-hasil kegiatan desa dan antar desa. 2. 9. Memfasilitasi penanganan dan penyelesaian masalah perselisihan antar desa dan masalah lain yang timbul dari pelaksanaan kerja sama antar desa. Mampu mendorong berfungsinya lembaga desa dan antar desa dalam kaitan kerja sama antar desa. dengan basis kegiatan sebagai lembaga keuangan mikro dan lembaga pengelola teknis program. Manajemen Aset Produktif Kompetensi BKAD fasilitasi kesepakatan kerja sama antar desa. Lingkup Tugas Umum serta Uraian Tugas Pokok dan Fungsi BKAD kesepakatan-kesepakatan kerja sama antar desa. 3. Mampu menyusun rencana strategis untuk pengembangan UPK dalam kaitan sebagai lembaga keuangan mikro dan pengelola teknis program.No. 1. 8. Mendorong pengembangan UPK sebagai pengelola kegiatan yang andal. Melakukan kelola informasi potensi desa-desa dalam lingkup wilayahnya.

2. fasilitasi. Mendorong kualitas partisipasi dan keswadayaan masyarakat. Mendorong pengembangan BPUPK sebagai badan pengawas dan pemeriksa keuangan UPK yang andal dan dapat dipercaya. Melakukan pemantauan setiap tahapan kegiatan. Meningkatkan efektivitas pemberlakuan dan pelaksanaan sanksi lokal sebagai komitmen bersama. 6. Melakukan evaluasi kinerja UPK terkait dengan tugas sebagai pengelola teknis program. Kompetensi BKAD 4. 3. 5. Mampu meningkatkan efektifitas pelaksanaan sanksi lokal. 8. Mempunyai kemampuan komunikasi publik lesan dan tulisan secara memadai. Mampu melakukan kajian dan evaluasi sederhana tentang pelaku-pelaku ekonomi di wilayahnya. 6. Mengkoordinasikan tugas Mempunyai kemampuan memimpin. Mampu meningkatkan mutu pemeriksaan dan pengawasan keuangan oleh BP-UPK. dan evaluasi terhadap kegiatan dan pelaku-pelaku kegiatan. 5. 4 Pengelola program PNPM maupun pihak ketiga 1. 4. 3. Mempunyai kecakapan sosialisasi. 4. 2. Mampu mendorong berfungsinya lembaga penunjang sesuai kebutuhan. pengorganisasian dan pengembangan masyarakat. distribusi maupun pemasaran. 1. 7. Mengkoordinasikan tugas pemantauan kegiatan sarana prasarana sosial dasar dan ekonomi. 4. Lingkup Tugas Umum serta Uraian Tugas Pokok dan Fungsi BKAD baik produksi. . manajerial. Mempunyai kemampuan advokasi kebijakan publik. Mendorong pengembangan lembaga penunjang UPK sesuai dengan kebutuhan tugas pokok dan fungsi masing-masing. 6. 8. Melakukan koordinasi dengan pihak kecamatan dan desa berkaitan dengan perencanaan dan pelaksanaan kegiatan. 5. Melakukan kajian dan evaluasi sederhana tentang pelaku-pelaku ekonomi di wilayahnya.No. Memotivasi pelaku-pelaku kecamatan dan desa terkait dengan pelaksanaan kegiatan. Mendorong terbentuknya kelompok dan lembaga usaha desa yang berbasis pengembangan sumber daya ekonomi lokal. 7. 7. Mampu memfasilitasi pembentukan kelompok/lembaga ekonomi masyarakat.

baik pengelolaan teknis oleh UPK maupun lembaga lainnya. 9. Kompetensi BKAD .No. Lingkup Tugas Umum serta Uraian Tugas Pokok dan Fungsi BKAD pengawasan terhadap pelaksanaan pengelolaan teknis program. Meningkatkan kinerja tim pelestarian yang telah terbentuk dan mendorong pihak desa untuk mengembangkan kegiatan pelestarian hasil-hasil kegiatan. 8. Melakukan evaluasi secara menyeluruh terhadap hasil kinerja pengelolaan program.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful