BAB 1 PENDAHULUAN

A. LATAR BELAKANG
Bahaya narkoba atau narkotika telah diketahui secara luas. Namun masih, saja banyak yang pengedar dan pemakai menikmati barang haram itu. Kami membuat karya ilmiah ini bertujuan menguraikan apa saja sih yang termasuk dalam golongan narkoba dan bahayanya bagi generasi muda agar kita semua menghindarinya.

Tak dapat dipungkiri bahwa narkoba merupakan wabah paling berbahaya yang menjangkiti manusia di seluruh pelosok bumi. Tidak diragukan lagi, bahwa kelemahan iman dan faktorfaktor pendorong dalam segala kesulitan merupakan hal terpenting yang mengkondusifkan kecanduan narkoba.

Manusia yang taat beragama pasti akan jauh dari neraka narkoba. Tidak mungkin dia akan mengulurkan tangannya pada narkoba, baik membeli, mengedarkan, maupun menyelundupkannya. Sebab, jalan narkoba adalah jalan setan dan jalan Allah tidak mungkin bertemu dengan jalan setan.

B. RUMUSAN MASALAH
a. b. c. d. e. f. g. Apakah pengertian narkoba ? Apa saja jenis – jenis narkoba ? Apa dampak narkoba bagi generasi muda ? Apa saja faktor – faktor masyarakat memakai narkoba ? Bagaimana gejala – gejala penyalahgunaan narkotika atau psikotropika ? Bagaimana penyebaran narkoba ? Bagaimana cara pencegahan narkoba ?

C. TUJUAN PENULISAN
Tujuan kami membuat karya ilmiah ini untuk mengetahui tentang bahaya dari narkoba bagi generasi muda bangsa Indonesia

Dampak dan Bahaya Narkoba Bagi Generasi Muda

1

hidung dan tenggorokan. gagal ginjal. dimana daun dari tanaman ini biasanya dikunyah oleh penduduk setempat untuk mendapatkan “efek stimulan”. Heroin dapat menyebabkan kecanduan. stroke.6-diasetil dari morfin (karena itulah namanya adalah diasetilmorfin) dan disintesiskan darinya melalui asetilasi. B. Prof Samsuridjal menuturkan untuk kokain belum banyak penggunanya.BAB 2 PEMBAHASAN A. Kokain Kokain adalah senyawa sintetis yg memicu metabolisme sel menjadi sangat cepat. HEROIN 2. akibatnya. yang berasal dari Amerika Selatan. depresi. tapi narkoba ini juga bisa merusak sel-sel otak. Heroin Heroin adalah derivatif 3. JENIS – JENIS NARKOBA Secara umum jenis narkoba itu dapat dikelompokan dalam tiga golongan yaitu : Narkotika. Saat ini Kokain masih digunakan sebagai anestetik lokal. gelisah dan kehilangan gairah untuk melakukan sesuatu. Kokain diklasifikasikan sebagai suatu narkotika. bersama dengan morfin dan heroin karena efek adiktif. diamorfin hidroklorida. cemas. perilaku agresif. Psikotropika dan Bahan berbahaya 1. pandangan kabur dan halusinasi. gemetar berlebihan. Efeknya adalah mudah marah. Kokain merupakan alkaloid yang didapatkan dari tanaman Erythroxylon coca. air dan oksigen dimana dibutuhkan untuk mempertahankan fungsi tubuh normal. Dampak dan Bahaya Narkoba Bagi Generasi Muda 2 . dan bahayanya memicu serangan jantung. PENGERTIAN NARKOBA Narkoba adalah Semua zat padat. karena efek vasokonstriksif-nya juga membantu. cair maupun gas yang dimasukan kedalam tubuh yang dapat merubah fungsi dan struktur tubuh secara fisik maupun psikis tidak termasuk makanan. Bentuk kristal putihnya umumnya adalah garam hidroklorida. Dampaknya. khususnya untuk pembedahan mata.

dan dengan meminum Bhang. GANJA 4. Efek samping morfin antara lain adalah penurunan kesadaran. lesu. Morfin Morfin adalah alkaloid analgesik yang sangat kuat dan merupakan agen aktif utama yang ditemukan pada opium. sebagian Sadhu yang menyembah dewa Shivamenggunakan produk derivatif ganja untuk melakukan ritual penyembahan dengan cara menghisap Hashish melalui pipa Chilam/Chillum. Ganja menjadi simbol budaya hippies yang pernah populer di Amerika Serikat. Hal ini biasanya dilambangkan dengan daun ganja yang berbentuk khas. Morfin bekerja langsung pada sistem saraf pusat untuk menghilangkan sakit. dan penglihatan Dampak dan Bahaya Narkoba Bagi Generasi Muda 3 .tetra-hydrocannabinol) yang dapat membuat pemakainya mengalami euforia (rasa senang yang berkepanjangan tanpa sebab). Selain itu ganja dan opium juga didengungkan sebagai simbol perlawanan terhadap arus globalisme yang dipaksakan negara kapitalis terhadap negara berkembang. Cannabis indica) adalah tumbuhan budidaya penghasil serat. namun lebih dikenal karena kandungan zat narkotika pada bijinya. Ganja Ganja (Cannabis sativa syn. tetrahidrokanabinol (THC. rasa kantuk. euforia. Di India.3.

yaitu efek dari narkoba yang bisa mengakibatkan kerja organ tubuh seperti jantung dan otak lebih cepat dari biasanya sehingga mengakibatkan penggunanya lebih bertenaga serta cenderung membuatnya lebih senang dan gembira untuk sementara waktu. Stimulan. ketagihan. Psikotropika Psikotropika adalah bahan lain yang tidak mengandung narkotika. dan Zat Aditif). dan Obat-obat berbahaya. yaitu efek dari narkoba bisa mengakibatkan seseorang menjadi ber-halusinasi dengan melihat suatu hal/benda yang sebenarnya tidak ada / tidak nyata bila dikonsumsi dalam sekian dosis tertentu. dihisap. Cara penggunaan bisa melalui suntikan. Depresan. Adiktif. Berdasarkan efek yang ditimbulkan terhadap pemakainya. Seseorang yang sudah mengonsumsi narkoba biasanya akan ingin dan ingin lagi karena zat tertentu dalam narkoba mengakibatkan seseorang cenderung bersifat pasif. atau dihirup. Syabu-Syabu dll. 6. Jenis-jenisnya adalah Ekstasi.kabur. karena secara tidak langsung narkoba memutuskan syaraf-syaraf dalam otak. Contohnya: ganja. Morfin menimbulkan ketergantungan tinggi dibandingkan zat-zat lainnya. Zat-zat tersebut dapat membuat berbagai efek samping seperti Halusinasi. merupakan zat buatan atau hasil rekayasa yang dibuat dengan mengatur struktur kimia. sehingga pemakai merasa tenang bahkan tertidur dan tidak sadarkan diri. Alkohol. Kadang disebut juga Napza(Narkotika. dimakan. Contohnya putaw. Morfin juga mengurangi rasa lapar. Psikotropika. merangsang batuk. Jika terlalu lama dan sudah ketergantungan narkoba maka lambat laun organ dalam tubuh akan rusak dan jika sudah melebihi takaran maka pengguna itu akan overdosis dan akhirnya mengakibatkan kematian. Narkoba Narkoba adalah singkatan dari Narkotika. Contohnya kokain & LSD. MORFIN 5. Contoh zat-zat berbahaya yang dikonsumi dengan cara dihisap adalah Opium yang menggunakan pipa hisapan. dan putaw. dan efek psikologi lainnya. Mempengaruhi atau mengubah keadaan mental dan tingkah laku pemakainya. Pasien morfin juga dilaporkan menderita insomnia dan mimpi buruk. heroin. dan meyebabkan konstipasi. narkoba dikelompokkan sebagai berikut:      Halusinogen. yaitu efek dari narkoba yang menimbulkan kecanduan. Dampak dan Bahaya Narkoba Bagi Generasi Muda 4 . yaitu efek dari narkoba yang bisa menekan sistem syaraf pusat dan mengurangi aktivitas fungsional tubuh.

perangai dan kepribadian. Menjadi mudah tersinggung dan cepat marah. Para pencandu narkoba itu pada umumnya berusia antara 11 sampai 24 tahun. mengantuk. Sering membolos. Sering menguap. menurunnya kedisiplinan dan nilai-nilai pelajaran. apalagi ketika pelajar tersebut bergabung ke dalam lingkungan orang-orang yang sudah menjadi pencandu narkoba. dan malas. Awalnya mencoba. Karena kebiasaan merokok ini sepertinya sudah menjadi hal yang wajar di kalangan pelajar saat ini. Suka mencuri untuk membeli narkoba ILUSTRASI KORBAN NARKOBA Dampak dan Bahaya Narkoba Bagi Generasi Muda 5 . lalu kemudian mengalami ketergantungan Dampak negatif penyalahgunaan narkoba terhadap anak atau remaja adalah sebagai berikut: · · · · · · Perubahan dalam sikap. pencandu narkoba ini perkembangannya semakin pesat. pelajar yang mengonsumsi narkoba biasanya diawali dengan perkenalannya dengan rokok. Dari kebiasaan inilah. pergaulan terus meningkat.C. Tidak memedulikan kesehatan diri. Pada awalnya. BAHAYA NARKOBA BAGI GENERASI MUDA Di Indonesia. Artinya usia tersebut ialah usia produktif atau usia pelajar.

Mengingat hampir seluruh penduduk dunia dapat dengan mudah mendapat narkoba dari oknum-oknum yang tidak bertanggung jawab. paling hebat. sering berdusta. GEJALA-GEJALA KETERGANTUNGAN NARKOBA 1. Dampak dan Bahaya Narkoba Bagi Generasi Muda 6 .kenakalan anak meningkat sampai mau mengambil barang berharga. dan pemerintah khawatir. kerabat dan martabat.habiskan makanan di rumah tanpa mengingat anggota keluarga yang lain. umum dan keluarga juga kehidupan tidak beraturan. merasa kuat dan sanggup untuk melakukan apa saja yang dia mau. FAKTOR-FAKTOR PENYALAHGUNAAN NARKOBA 1. Pada saat efek mulai penderita sangat gelisah. menghabis. 3. 3. E. Faktor individu Adanya pikiran selagi kacau menghadapi persoalan yang timbul dalam pekerjaan. ingin menyakiti dirinya sendiri sampai bunuh diri / membunuh orang lain. Pada dosis yang tinggi penderita merasa dirinya paling tinggi. Faktor keluarga Sejak dini orang tua dengan anak komunikasi kurang efektif dan efisien dengan alasan kesibukan pekerjaan atau kurang pengarahan terhadap anak hingga acuh tak acuh mengikuti perkembangan zaman hingga serba boleh. Pada proses yang lebih tinggi. Tingkah laku yang tidak dapat diterima oleh masyarakat sekelilingnya. merasa dikejar-kejar perasaan. ingin selalu keluar rumah. Upaya pemberantas narkoba pun sudah sering dilakukan. Tentu saja hal ini bisa membuat orang tua.D. namun masih sedikit kemungkinan untuk menghindarkan narkoba dari kalangan remaja maupun dewasa. Faktor lingkungan Terjadinya pergaulan bebas tanpa dipilah-pilah terhadap tetangga. rumah tangga. 2. 4. organisasi masyarakat. 2. PENYEBARAN NARKOBA Hingga kini penyebaran penyalahgunaan narkoba sudah hampir tak bisa dicegah. terlambat bangun pagi.indisipliner. bertindak semaunya sendiri. bahkan anak-anak usia SD dan SMP pun banyak yang terjerumus ke dalam penyalahgunaan narkoba. F. membolos sekolah.

Orang tua diharapkan untuk mengawasi dan mendidik anaknya agar selalu menjauhi penyalahgunaan Narkoba.Hingga saat ini upaya yang paling efektif untuk mencegah penyalahgunaan Narkoba pada anakanak adalah pendidikan keluarga. akhirnya mereka jalani. harus sigap dan waspada. akan bahaya narkoba yang sewaktu-waktu dapat menjerat anak-anak kita sendiri. pengajar. atau mungkin mengadakan razia mendadak secara rutin. Dengan berbagai upaya tersebut di atas. kita selaku pendidik. dari bahaya narkoba tersebut. sehingga perbuatan tercela seperti ini pun. sehingga harapan kita untuk menelurkan generasi yang cerdas dan tangguh di masa yang akan datang dapat terealisasikan dengan baik. Oleh sebab itu. mulai saat ini. G. Adapun upaya-upaya yang lebih kongkret yang dapat kita lakukan adalah melakukan kerja sama dengan pihak yang berwenang untuk melakukan penyuluhan tentang bahaya narkoba. UPAYA PENCEGAHAN NARKOBA Upaya pencegahan terhadap penyalahgunaan narkoba di kalangan pelajar. KATAKAN TIDAK PADA NARKOBA ! Dampak dan Bahaya Narkoba Bagi Generasi Muda 7 . pendidikan moral dan keagamaan harus lebih ditekankan kepada siswa. guru.Karena salah satu penyebab terjerumusnya anak-anak ke dalam lingkaran setan ini adalah kurangnya pendidikan moral dan keagamaan yang mereka serap. Kemudian pendampingan dari orang tua siswa itu sendiri dengan memberikan perhatian dan kasih sayang. dan sebagai orang tua. Dalam hal ini semua pihak termasuk orang tua. sudah seyogianya menjadi tanggung jawab kita bersama. mari kita jaga dan awasi anak didik kita. Yang tak kalah penting adalah. dan masyarakat harus turut berperan aktif dalam mewaspadai ancaman narkoba terhadap anak-anak kita.

• Penanaman nilai sejak dini bahwa Narkoba adalah haram • sebagaimana haramnya Babi dan berbuat zina.Berbagai cara telah dilakukan oleh pemerintah untuk mencegah peredaran narkoba. sebab peran keluarga sangat besar terhadap pembinaan diri seseorang. pendidikan moral dan keagamaan harus lebih ditekankan kepada siswa. • Meningkatkan iman dan taqwa melalui pendidikan agama dan • keagamaan baik di sekolah maupun di masyarakat. • Memberikan hukuman yang berat terhadap pengedar dan pemakai narkoba. di Sekolah oleh Guru/Dosen dan di masyarakat oleh tokoh agama dan tokoh masyarakat serta aparat penegak hukum Dampak dan Bahaya Narkoba Bagi Generasi Muda 8 . Cara tersebut antara lain : • Mengadakan pengawasan yang ketat terhadap barang barang yang masuk. karena biasanya penyebaran (transaksi) narkoba sering terjadi di sekitar lingkungan sekolah. • Meningkatkan peran keluarga melalui perwujudan keluarga sakinah. atau mungkin mengadakan razia mendadak secara rutin. • Yang tak kalah penting adalah. Hasil penelitia menunjukkan bahwa anak-anak nakal dan brandal pada umumnya adalah berasal dari keluarga yang berantakan (broken home). • Pihak sekolah harus melakukan pengawasan yang ketat terhadap gerak-gerik anak didiknya. • melakukan kerja sama dengan pihak yang berwenang untuk melakukan penyuluhan tentang bahaya narkoba. • Meningkatkan peran orang tua dalam mencegah Narkoba. di Rumah oleh Ayah dan Ibu. • Kemudian pendampingan dari orang tua siswa itu sendiri dengan memberikan perhatian dan kasih sayang.

Dampak dan Bahaya Narkoba Bagi Generasi Muda 9 . penyalahgunaan narkoba bisa membahayakan bagi keluarga. Narkoba adalah barang yang sangat berbahaya dan bisa merusak susunan syaraf yang bisa merubah sebuah kepribadian seseorang menjadi semakin buruk 2. Menimbulkan dampak negatif yang mempengaruhi pada tubuh baik secara fisik maupun psikologis Bahaya narkoba sudah menjadi momok yang menakutkan bagi masyarakat. sehingga harapan kita untuk menelurkan generasi yang cerdas dan tangguh di masa yang akan datang dapat terealisasikan dengan baik. karena biasanya penyebaran (transaksi) narkoba sering terjadi di sekitar lingkungan sekolah. dan masa depan bangsa. KESIMPULAN Dari karya ilmiah kami di atas bisa ditarik kesimpulan bahwa : 1. akhirnya mereka jalani. kita selaku pendidik. B. Yang tak kalah penting adalah. sehingga perbuatan tercela seperti ini pun. Hendaknya masyarakat peduli tentang kesehatan 2. Hendaknya Pihak sekolah harus melakukan pengawasan yang ketat terhadap gerak-gerik anak didiknya. Karena salah satu penyebab terjerumusnya anak-anak ke dalam lingkaran setan ini adalah kurangnya pendidikan moral dan keagamaan yang mereka serap. dari bahaya narkoba tersebut. SARAN 1. harus sigap dan waspada. Narkoba adalah sumber dari tindakan kriminalitas yang bisa merusak norma dan ketenteraman umum 3. Berbagai kampanye anti narkoba dan penanggulangan terhadap orang-orang yang ingin sembuh dari ketergantungan narkoba semakin banyak didengung-dengungkan. masyarakat. pendidikan moral dan keagamaan harus lebih ditekankan kepada siswa. mari kita jaga dan awasi anak didik kita. Pemerintah hendaknya segera mencari solusi agar penyebaran narkoba tidak terjadi lagi 3. dan sebagai orang tua. Oleh sebab itu. akan bahaya narkoba yang sewaktu-waktu dapat menjerat anak-anak kita sendiri. mulai saat ini.BAB 3 PENUTUP A. pengajar.Sebab. Dengan berbagai upaya tersebut di atas.

CATATAN Dampak dan Bahaya Narkoba Bagi Generasi Muda 10 .

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful