ASAS-ASAS STRATEGI BELAJAR MENGAJAR

(diajukan guna memenuhi tugas kuliah Learning and Intructional Stratrgy kelas X rabu pukul 12.30 di ruang X2)

MAKALAH

Oleh:

Kelompok 1 Andika Kristinawati Fimatu Rizka Erviani Findi Dian Sari Geraldin Cintia Rosa 110210152002 112010152010 110210152012 110210152019

PROGRAM STUDI PENDIDIKAN FISIKA JURUSAN PENDIDIKAN MATEMATIKA DAN ILMU PENGETAHUAN ALAM FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNIVERSITAS JEMBER Semester Ganjil 2012-2013

karena berkat limpahan rahmat dan hidayah-Nya kelompok kami dapat menyelesaikan penulisan makalah ini. Jember.KATA PENGANTAR Puji syukur kami penjatkan kehadirat Allah SWT. Dengan segala kerendahan hati kami mengharap kritik dan saran dari semua pihak yang bersifat membangun demi kesempurnaan penyusunan makalah ini. Akhirnya dengan terselesaikannya penulisan makalah ini. Dalam penulisan makalah ini kami banyak memperolah bimbingan dan arahan dari banyak pihak. Ucapan terima kasih juga kami sampaikan kepada kedua orang tua. Dosen pembimbing mata kuliah Strategi Belajar Mengajar yang dengan tekun dan kesabarannya telah memberikan bimbingan. September 2012 Penulis . 2. karena kami menyadari keterbatasan kemampuan kami. dapat memberikan manfaat bagi semua pihak dan semoga mendapatkan petunjuk dan Hidayah dari Allah SWT. petunjuk dan arahan dalam rangka penyusunan makalah ini.rekan-rekan dan semua pihak yang telah membantu dalam penyusunan makalah ini. Maka dalam kesempatan ini kami menyampaikan ucapan terima kasih terutama kepada : 1.

BAB I PENDAHULUAN 1. karena di dalam wadah berupa pendidikan suatu bangsa di ajarkan berbagai ilmu baik ilmu moral. budaya.Maka dari itu dibutuhkan azas – azas strategi dalam belajar mengajar untuk mengatasi masalah pendidikan yang kompleks. Apa saja macam asas-asas straregi belajar mengajar? 1. Apa yang dimaksud asas-asas strategi belajar mengajar? 2. Mengetahui apa yang dimaksud asas-asas strategi belajar mengajar 2. Mengetahui dan memahami macam-macam asas-asas strategi belajar mengajar .Di dalam pendidikan lah semua watak dan kepribadian dapat di bentuk. Di dalam pelaksanaan pendidikan tersebut tidak semata-mata dilaksanakan begitu saja. 1.3 Tujuan 1.1 Latar Belakang Dewasa ini banyak orang yang selalu menggembar-gemborkan tentang segala hal yang berbau pendidikan.Ada azas-azas strategi belajar mengajar yang diterapkan guna membentuk sebuah karakter pendidikan yang lebih bagus.Pendidikan adalah salah satu upaya untuk meningkatkan kualitas dari SDM suatu bangsa.Pendidikan merupakan sarana untuk menggali semua potensi yang ingin kita gali. Maka dari itu di susunlah sebuah makalah yang berjudul “Azas – Azas Strategi Belajar Mengajar” guna memberitahukan kepada khalayak umum tentang apa dan bagaimana serta contoh dari azas-azas strategi pendidikan yang harus diterapkan di dunia pendidikan ini. social.Pendidikan merupakan masalah yang sangat fundamental di dalam sebuah Negara.2 Rumusan Masalah 1. sains dan lain sebagainya.

Selain itu guru menceritakan tentang betapa indah dan menariknya fenomena-fenomena tersebut.BAB II ISI 2. Ini berarti bahwa di dalam penyusunan suatu strategi baru sampai pada proses penyusunan rencana kerja belum sampai pada tindakan. Sedangkan pengertian dari asas adalah dasar (sesuatu yg menjadi tumpuan berpikir atau berpendapat).Seorang guru memberikan motivasi terhadap siswanya sebelum memberikan suatu pengajaran. petir atau pelangi.1 Definisi Asas-Asas Stratrgi Belajar Mengajar Secara umum strategi dapat diartikan sebagai suatu garis-garis besar haluan untuk bertindak dalam usaha mencapai sasaran yang telah ditentukan. kemudian guru memulai mata pelajaran . artinya disini bahwa arah dari semua keputusan penyusunan strategi adalah pencapaian tujuan. strategi juga bisa diartikan sebagai pola-pola umum kegiatan guru dan anak didik dalam perwujudan kegiatan belajar mengajar untuk mencapai tujuan yang telah digariskan. Setelah siswa merasa tertarik. 1998:171). motivasi itu umumnya berhubungan dengan materi pelajaran yang akan disampaikan (Purwanto. pemanfaatan berbagai fasilitas dan sumber belajar semuanya diarahkan dalam upaya pencapaian tujuan. sehingga penyusunan langkah-langkah pembelajaran.Dihubungkan dengan belajar mengajar. 2.2 Macam-macam Asas-asas Strategi Belajar Mengajar Terdapat beberapa asas-asas strategi belajar mengajar yang harus diperhatikan dalam penggunaan metode pembelajaran sebagai berikut: 1.Namun sebelumnya perlu dirumuskan suatu tujuan yang jelas yang dapat diukur keberhasilannya. Jadi dari beberapa pengertian di atas dapat disimpulkan bahwa asas strategi belajar mengajarmerupakan suatu landasan rencana tindakan (rangkaian kegiatan) yang termasuk juga penggunaan metode dan pemanfaatan berbagai sumber daya/kekuatan dalam pembelajaran. Asas motivasi Pendidik harus berusaha membangkitkan motivasi anak didiknya sehingga seluruh perhatian mereka tertuju dan terpusat pada bahan pelajaran yang sedang disajikan. Contoh: Guru menceritakan tentang fenomena-fenomena alam yang terjadi seperti: terjadinya halilintar. Strategi disusun untuk mencapai tujuan tertentu.

senantiasa dilakukan dengan bantuan pengetahuan yang sudah ada.Selain itu menerangkan hal-hal yang baru hubungkan dengan pengetahuan yang sebelumnya dimiliki anak. hendaknya guru memulai pelajaran dengan mengulangi apa yang telah diajarkan kepada siswanya. mengatasi kesukaran sendiri. Sehingga ada kesinambungan antara gaya dan usaha. Contoh: . Hal tersebut disebabkan memahami sesuatu yang baru. peniruan tingkah laku guru di dalam kelas untuk memperjelas keterangan (dramatisasi).Dalam hukum appersepsi ini maka dalam mengajar hendaknya guru mengulangi pelajaran yang lampau sebelum memulai pelajaran yang baru.) 3. Asas peragaan Pada setiap pengajaran guru harus berusaha agar bahan pelajaran yang sukar bagi siswa disajikan dengan menggunakan alat peraga.Sebab.Juga bisa berupa gerak yang dilakukan oleh siswa yang merupakan perintah dari guru (sosiodrama). Contoh: Ketika seorang guru akan menjelaskan materi tentang usaha maka sebelum itu guru tersebut seharusnya mengulang kembali materi sebelumnya yaitu materi tentang gaya.Alat peraga bisa berupa gerak-gerik. maka pengetahuan yang baru itu tetap asing bagi kita.Jika pengetahuan yang ada tidak bisa dijadikan sandaran bagi pengetahuan yang baru. mengerjakan soal dan melakukan percobaan (Munsyi. Usahakan agar sebanyak-banyaknya anak mengerjakan sendiri. berpikir sendiri. pengetahuan itu harus menjadi milik anak.. guru dapat menggunakan alat peraga berupa miniatur tata surya dalam menjelaskan materi . Asas aktivitas Pada setiap pengajaran guru harus mengusahakan jasmani dan rohani anak ikut aktif dalam proses belajar. Alat peraga adalah alat yang dapat membantu anak untuk dapat menangkap apa yang dimaksud oleh guru. mencari sendiri. seperti: menggambar.Memberikan pekerjaan rumah (menjawab soal-soal yang harus dikerjakan di rumah) . Contoh : Pada materi tentang system tata surya. Asas apersepsi Di saat guru mengajar.yang akan diajarkan yang sesuai dengan fenomena yang telah diceritakan sebelumnya. 4. 2.Memberikan pelajaran yang berhubungan dengan pekerjaan tangan. perbuatan.

Sebab peristiwa belajar mengajar adalah menyeluruh. Contoh: Seorang guru akan menjelaskan materi tentang hukum III newton tentang aksi dan reaksi. Misalnya melalui ceritera yang ada hubungannya dengan bahan pelajaran. Enam kali mengulang selama tiga menit lebih baik dari empat kali mengulang selama tiga menit”. Asas ulangan Makin sering segala sesuatu diulangi bagi siswa maka semakin dalam berkesan dalam jiwanya.Sehingga pada setiap pengajaran guru harus berusaha agar bahan pelajaran yang diajarkan dapat menarik perhatian siswa. UTS (Ulangan Tengah Semester) maupun UAS ( Ulangan Akhir Semester) 6. 5. Berbagai cara dapat dilakukan untuk menarik perhatian siswa dan upaya menarik perhatian siswa tergantung kepada seberapa besar tingkat kemampuan dan kreatifitas guru tersebut.Dengan demikian siswa akan lebih mengerti dan memahami bagaimana bentuk dan system tata surya kita. Asas korelasi Di setiap pelajarannya guru berusaha agar bahan pelajarannya berhubungan dengan bahan pelajaran lainnya. mencakup berbagi dimensi yang kompleks. post-test. Hukum Jost berbunyi: “Dalam mencanangkan bahan pelajaran. Guru tersebut dapat mengaitkan hukum tersebut dengankehidupan dalam masyarakat. Contoh: .tersebut. yaitu semua yang kita lakukan atau yang kita usahakan itulah yang nantinya kita dapatkan atau dapat diungkapkan dengan pribahasa “apa yang kita tanam itulah yang kita tuai”. Contoh: Seorang guru memberikan ujian atau ulang pada setiap awal atau akhir pembelajaran seperti :pre-test.Seorang guru menjelaskan bahwa pelajaran di dalam masyarakat adalah sebagai suatu kebulatan yang yang tidak terpisah-pisah. Asas Perhatian Tidak semua siswa tertarik dengan semua pelajaran yang di ajarkan oleh guru. ulangan-ulangan itu dibagibagi dalam waktu yang lebih lama. 7.Mengajar dengan menggembirakan dan menjalin hubungan baik dengan murid. Jadi jika kita menanam kebaikan dengan sesama maka kita juga akan dapatkan kebaikan dari semama. . hasil-hasil.

- Menggunakan memakai alat peraga dan usaha kerja sendiri.Aplikasi asas ini adalah guru dapat mempelajari pribadi setiap anak. lalu memberikan tugas pada kelompok tersebut. Contoh: Guru lebihmemberikan perhatian yang lebih terhadap siswa ketika kegiatan belajar mengajar berlangsung. serta kekurangan dan memberi tugas sebatas dengan kemampuannya. Asas sosialisasi Asas yang memperhatikan penciptaan suasana sosial yang dapat membangkitkan semangat kerjasama antara anak didik dengan guru atau sesama anak didik dan masyarakat sekitarnya. . Asas Koperasi Saat mengajar guru mengusahakan agar kesanggupan anak untuk bekerja sama dengan teman-temannya diperkuat. berceritera dengan mimik dan berirama (Munsyi. misalnya guru membuka gambar di papan tulis yang ada hubungannya dengan bahan pelajaran. pengabdian kepada masyarakat. Hal tersebut didasarkan bahwa manusia adalah makhluk individu dan sosial. bakat serta lingkungan yang mempengaruhinya. Dengan demikian seorang guru dapat mengetahui bagaimana karakteristik siswanya. survey. 9. dan perkemahan (school camping). guru dapat memfungsikan sumber-sumser fasilitas dari masyarakat untuk kepentingan pembelajaran.) 8. Contoh: Membawa anak didik untuk karyawisata. Asas individualisasi Asas yang memperhatikan perbedaan-perbedaan individu.Guru menyarankan kepada siswanya untuk melakukan kegiatan organisasi atau kegiatan ekstra yang lain.Dalam menerima pelajaran agar lebih berdaya guna dan berhasil guna. kelebihan. seperti perbedaan jasmani.Guru membagi siswa di kelas menjadi beberapa kelompok. terutama tentang kepandaian. Contoh: . baik pembawaan dan lingkungan yang meliputi seluruh pribadi anak didik. intelegensi. . kedua kesanggupan itu harus berkembang secara harmonis. 10. watak.

asas sosialisasi. asas individualisasi.BAB III PENUTUP 3. asas perhatian. asas apersepsi. asas koperasi. asas korelasi.1 Kesimpulan 1. Macam-macam asas strategi belajar mengajar adalah asas motivasi. 2. asas ulangan. asas aktivitas. Asas strategi belajar mengajarmerupakan suatu landasan rencana tindakan (rangkaian kegiatan) yang termasuk juga penggunaan metode dan pemanfaatan berbagai sumber daya/kekuatan dalam pembelajaran. asas peragaan. .

DAFTAR PUSTAKA .

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful