PROPOSAL TAK (TERAPI AKTIVITAS KELOMPOK): SOSIALISASI

PADA KLIEN DENGAN ISOLASI SOSIAL di Ruang Mawar RSJ. Dr. Radjiman Wediodiningrat Lawang

DI SUSUN OLEH: Kelompok V:

PROGRAM PENDIDIKAN PROFESI NERS

FAKULTAS ILMU KESEHATAN

UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH MALANG
2013

BAB I PENDAHULUAN

A. LATAR BELAKANG Manusia adalah mahluk sosial yang terus menerus membutuhkan orang lain disekitarnya. Salah satu kebutuhannya adalah kebutuhan sosial untuk melakukan interaksi sesama manusia. Kebutuhan sosial yang dimaksud adalah rasa dimiliki oleh orang lain, pengakuan dari orang lain, penghargaaan orang lain, serta pernyataan diri. Interaksi yang dilakukan tidak selamanya memberikan hasil yang sesuai dengan apa yang diharapkan oleh individu sehingga mungkin terjadi suatu gangguan terhadap kemampuan individu untuk berinteraksi dengan orang lain. Untuk mengatasi gangguan interaksi pada klien jiwa, terapi aktivitas kelompok sering diperlukan dalam praktek keperawatan kesehatan jiwa karena merupakan keterampilan therapeutik. Terapi aktivitas kelompok merupakan bagian dari therapi modalitas yang berupaya meningkatkan psikotherapi dengan sejumlah klien dalam waktu yang bersamaan. Pada pasien dengan gangguan jiwa isolasi sosial, teknik terapi aktivitas kelompok ini memiliki pengaruh besar untuk pasien, Ada dua tujuan umum dari terapi aktivitas kelompok dengan pasien isolasi sosial ini yaitu tujuan terapeutik dan tujuan rehabilitatif. Tujuan terapeutik meliputi : 1) Menggunakan kegiatan untuk memfasilitasi interaksi, 2) Mendorong sosialisasi dengan lingkungan (hubungan dengan luar diri klien), 3) Meningkatkan stimulus realitas dan respon individu, 4) Memotivasi dan mendorong fungsi kognitif dan afektif, 5) Meningkatkan rasa dimiliki, 6) Meningkatkan rasa percaya diri, 7) Belajar cara baru dalam menyelesaikan masalah. Sedangkan tujuan rehabilitatif meliputi 1) Meningkatkan kemampuan untuk ekpresi diri, 2) Meningkatkan kemampuan empati, 3) Meningkatkan keterampilan sosial, 4) Meningkatkan pola penyelesaian masalah.

Beberapa aspek dari klien yang harus diperhatikan dalam penjaringan klien yang akan diberikan aktivitas kelompok adalah : 1. jika ditanya klien menjawab seperlunya. menghindar dari orang lain 2. sosial. tidak diperhatikan. jawaban klien sesuai dengan pertanyaan perawat 3. curiga. tidak dihargai. merasa terpencil. klien mengatakan bersedia mengikuti therapi aktivitas. menyalurkan emosi secara konstruktif. merasa disisihkan. menyendiri. klien merasakan takut dan cemas. Aspek emosi Gelisah. meningkatkan keterampilan hubungan interpersonal atau sosial C. meningkatkan kesadaran terhadap hubungan reaksi emosi dengan tindakan atau perilaku defensive. TUJUAN Tujuan terapi aktivitas kelompok adalah untuk meningkatkan kemampuan uji realitas melalui komunikasi dan umpan balik dengan atau dari orang lain. tidak dicintai. meningkatkan pengetahuan dan kemampuan pemecahan masalah . klien mau berinteraksi minimal dengan satu perawat lain ke satu klien lain Kelompok memilih Terapi aktivitas kelompok isolasi sosial ini karena presentase pasien isolasi sosial di Ruang Mawar RSJ Lawang untuk bulan Desember ini lebih banyak dari presentase dengan gangguan jiwa lainnya dan diharapkan dapat membantu pasien dalam berinteraksi dengan orang lain. Aspek sosial Klien sudah dapat membina hubungan saling percaya dengan perawat. meningkatkan kepercayaan diri. melakukan sosialisasi. B. Aspek intelektual Klien tidak ada inisiatif untuk memulai pembicaraan. Tujuan khususnya adalah meningkatkan identitas diri. empati. MANFAAT Manfaat dari terapi aktivitas kelompok adalah agar klien mampu menigkatkan keterampilan ekspresi diri. dan meningkatkan motivasi untuk kemajuan fungsi kogniif dan afektif. merasa tidak berguna.

isolasi sosial : menarik diri b. klien yang mengalami kerusakan komunikasi verbal yang telah berespon sesuai dengan stimulus. Membuat kontrak dengan kllien c. Langkah Pelaksanaan SESI 1 : TAKS Tujuan Klien mampu memperkenalkan diri dengan menyebutkan : nama lengkap. Orientasi Pada tahap ini terapis melakukan : . Klien yang mempunyai indikasi TAKS adalah klien dengan gangguan hubungan social berikut : klien menarik diri yang telah mulai melakukan interaksi interpersonal. nama panggilan. Tujuan umum dilakukannya TAKS. Mempersiapkan alat dan tempat pertemuan 2. Persiapan a. Memilih klien sesuai dengan indikasi yaitu. dan hobi. yaitu klien dapat meningkatkan hubungan dalam kelompok secara bertahap. Langkah kegiatan : 1. asal.BAB II TERAPI AKTIVITAS KELOMPOK : SOSIALISASI (TAKS) Terapi aktivitas kelompok (TAK) : sosialisasi (TAKS) adalah upaya memfasilitasi kemampuan sosialisasi sejumlah klien dengan hubungan social. Sementara tujuan khusus adalah : 1) Klien mampu memperkenalkan diri 2) Klien mampu berkenalan dengan anggota kelompok 3) Klien mampu bercakap-cakap dengan anggota kelompok 4) Klien mampu menyampaikan dan membicarakan topik percakapan 5) Klien mampu menyampaikan dan membicarakan masalah pribadi kepada orang lain 6) Klien mampu bekerja sama dalam permainan sosialisasi kelompok 7) Klien mampu menyampaikan pendapat tentang manfaat kegiatan TAKS yang telah dilakukan Aktivitas TAKS dilakukan tujuh sesi yang melatih kemampuan sosialisasi klien.

hobi dan asal.a. Rencaan tindak lanjut 1) Menganjukan tiap anggota kelompok untuk melatih memperkenalakn diri kepada orang lain dikehidupan sehari. Jelakan kegiatan yaitu kaset pada tape recorder dihidupkan serta bola diedarkan berlawanan dengan arah jarum jam (yaitu ke arah kiri) dan pada saat tape dimatikan maka anggota kelompok yang memegang bola memperkenalkan dirinya. e. Berikan pujian untuk setiap keberhasialan anggota kelompok dengan memberi tepuk tangan. Evaluasi/validasi : menanyakan perasaan klien saat ini c. Ulangi b. 4. Pada saat tape dimatikan anggota kelompok yang memegang bola mendapat giliran untuk menyebutkan : salam. dimulai dari terapi ssebagai contoh. Hidupka kaset pada tape recorder dan ederkan bola tenis berlawanan dengan arah jarum jam. Tahap Kerja a. c. b. nama panggilan.hari 2) Memesukkan kegiatan memperkenalkan diri pada jadwal kegiatan harian klien. Kontrak : 1) Menjelakan tujuan kegiatan yitu memperkenalkan diri 2) Menjelaskan aturan main berikut : Jika ada klien yang meninggalkan kelompok harus meminta ijin kepada terapis Lama kegiatan 45 menit Setiap klien mengikuti kegiatan dari awal sampai selesai 3. Tulis nama pada kertas/papan nama dan tempel atau pakai. . d. Evaluasi 1) Menanyakan perasaan klien setelah mengikuti TAK 2) Memberikan pujian atas keberhasialan kelompok b. f. c dan d sampai semua anggota kelompok mendapat giliran. Tahap terminasi a. nama lengkap. Memberi salam terupetik : salam dari terapis b.

asal. dan hobi. yaitu : berkenalan dengan anggota kelompok. Untuk taks sesi 1. Langkah kegiatan : 1. klien mempi memperkenalkan diri secara verbal dan non verbal. b. nama panggilan. dievaluasi kemampuan klien memperkenalkan diri secara verbal dan nonverbal (lampiran 1) Dokumentasi Dokumentasi kemmpuan yang dimiliki klien ketika TAK pada catatan proses keperawatan tiap klien. Peserta dan erapis memakai papan nama .c. Orientasi Pada tahap ini terapis elakuakan: a. Persiapan a. Salam dari terapis 2. asal. nama panggilan. Memberi salam terapeutik 1. Menanyakan diri anggota kelompok lain: nama lengkap. dianjukan klien memperkenalakn diri pada klien di ruang rawat (buat jadwal). Mengingatkan kontrak dengan anggota kelompok pada sesi 1 TASK b. Langkah Pelaksanaan SESI 2 : TAKS Tujuan Klien mampu berkenalan dengan anggota kelompok: a. Mempersiapkan alat dan temat pertemuan 2. Kontrak yang akan datang 1) Menyepakati kegiatan berikut. 2) Menyepakati waktu dan tempat Evaluasi dan dokumentasi Evaluasi Evaluasi dilakukan pada saat proses TAKperlangsung khususnya pada tahap kerjauntuk menilai kemampuan klien melakukan TAK. Memperkenalkan diri dengan menyebutkan : nama lengkap. Aspek yang dievaluasi adalah kemampuan klien yang sesuai dengan tujuan TAK. dan hobi. Misalanya klien mengikuti sesi 1 taks.

Menjelaskan tujuan kegiatan. nama panggilan dan hobi. nama panggilan dan hobi lawan bicara 4. e. nama panggilan dan hobi 3. harus meminta izin kepada terapis Lama kegiatan 45 menit Setiap klien mnegikuti kegiatan dari awal sampai selesai 3. Dimulai dari terapis sebagai contoh. Dimulai oleh terapis sebagai contoh c. Menanyakan apakah telah mencoba memperkenalkan diri pada orang lain c. Pada saat tape dimatikan anggota kelompok yang memegang bola mendapat giliran untuk berkenalan dengan anggota kelompok yang ada disebelah kanan dengan cara : 1. Hidupkan kaset pada tape recorder dan ederkan bola tenis berlawanan dengan arah jarum jam. Kontrak 1. yaitu : nama lengkap. d. Menyebutkan nama lengkap. Pada saat tape dimatikan. Ulangii a dan b sampai semua anggota kelompok mendapat giliran. Menanyakan nama lengkap. . b. yaitu berkenalan dengan anggota kelompok 2. Beri pujian untuk setiap keberhasilan anggota kelompok dengan memberi tepuk tangan.b. Menanyakan perasaan klien saat ini 2. Memberi salam 2. Hidupkan kembali kaset pada tape rekorder dan edarkan bola. minta pada anggota kelompok yang memegang bola untuk memperkenalkan anggota kelompok yang disebelah kanannya kepada kelompok. Tahap kerja a. Menjelaskan aturan main berikut Jika ada peserta yang akan meninggalkan kelompok. Evaluasi/ validasi 1. Ulangi d sampai semua anggota mendapat giliran f.

Menyepakati waktu dan tempat Evaluasi dan dokumentasi Evaluasi Evaluasi dilakukan pada saat proses TAK berlangsung khususnya pada tahap kerja. c.4. Rencana tindak lanjut 1. Menyepakati kegiatan berikut. Untuk taks sesi 2. dianjukan klien berkenalkan dengan klien lain (buat jadwal). klien mampu memperkenalkan diri secara verbal dan non verbal. catatan keperawatan adalah: klien mengikuti TAKS Sesi 2. Menganjurkan tiap anggota kelompok latian berkenalan 2. Aspek yang dievaluasi adalah kemampuan klien yang sesuai dengan tujuan TAK. Kontrak yang akan datang 1. Persiapan a. Memberi pujian atas keberhasilan kelompok b. Evaluasi 1. Mempersiapkan alat dan tempat pertemuan . Misalnya. Langkah kegiatan : 1. dievaluasi kemampuan klien berkenalan secara verbal dan nonverbal dengan menggunakkan formulir evaluasi (lampiran 2) Dokumentasi Dokumentasi kemmpuan yang dimiliki klien ketika TAK pada catatan proses keperawatan tiap klien. Menjawab pertanyaaan tentang kehidupan pribadi. Memasukkan kegiatan berkenalan pada jadwal kegiatan harian klien. Mengingatkan kontrak dengan anggota kelompok pada sesi 2 TASK b. Langkah Pelaksanaan SESI 3 : TAKS Tujuan Klien mampu bercakap-cakap dengan anggota kelompok : a. Tahap terminasi a. Menanyakan perasaan klien setelah mengikuti TAK 2. jika nilai klien 7 untuk verbal dan 3 untuk nonverbal. yaitu dengan bercakap-cakap tentang kehidupan pribadi 2. Menanyakan kehidupan pribadi kepada satu anggota kelompok b.

Hidupkan kaset pada tape recorder dan ederkan bola tenis berlawanan dengan arah jarum jam. Ulangi a dan b sampai semua anggota kelompok mendapat giliran. Tahap kerja a. Dimulai oleh terapis sebagai contoh c. nama panggilan dan hobi 3. Evaluasi 1. Menanyakan apakah telah mencoba memperkenalkan diri pada orang lain c. Menjelaskan tujuan kegiatan. Tahap terminasi a. Menanyakan perasaan klien setelah mengikuti TAK . Menanyakan nama lengkap. Memberi salam teraupetik 2.2. Salam terapeutik Pada tahap ini terapi melakukan : 1. Kontrak 1. d. Orientasi a. 4. Menanyakan perasaan klien saat ini 2. Menjelaskan aturan main berikut Jika ada peserta yang akan meninggalkan kelompok. b. Pada saat tape dimatikan anggota kelompok yang memegang bola mendapat giliran untuk berkenalan dengan anggota kelompok yang ada disebelah kanan dengan cara : 1. nama panggilan dan hobi lawan bicara 4. harus meminta izin kepada terapis Lama kegiatan 45 menit Setiap klien mnegikuti kegiatan dari awal sampai selesai 3. Memberi salam 2. yaitu bertanya dan menjawab tentang kehidupan pribadi. Peserta dan erapis memakai papan nama b. Evaluasi/ validasi 1. 2. Menyebutkan nama lengkap. Beri pujian untuk setiap keberhasilan anggota kelompok dengan memberi tepuk tangan.

Menyampaiakn topik yang ingin dibicarakan b. nilai kemampuan verbal bertanya 2. Untuk taks sesi 3. Persiapan a. yaitu menyampaikan dan membicarakan topik pembicaraan tertentu. Memasukkan kegiatan bercakap-cakap pada jadwal kegiatan harian klien. 2. c. maka catatan keperawatan adalah klien mengikuti taks sesi 3. Memilih topik yang ingin dibicarakan c. Memberi pujian atas keberhasilan kelompok b. Rencana tindak lanjut 1. dievaluasi kemampuan verbal dan nonverbal dengan menggunakkan formulir evaluasi (lampiran 3) Dokumentasi Dokumentasi kemmpuan yang dimiliki klien ketika TAK pada catatan proses keperawatan tiap klien. kemapuan verbal menjawabnya 2 dan kemampuan nonverbal 2. Aspek yang dievaluasi adalah kemampuan klien yang sesuai dengan tujuan TAK. Menyepakati waktu dan tempat Evaluasi dan dokumentasi Evaluasi Evaluasi dilakukan pada saat proses TAK berlangsung khususnya pada tahap kerja. Menganjurkan tiap anggota kelompok latian bercakap-cakap tentang kehidupan pribadi dengan orang lain padakehidupan sehari-hari. Kontrak yang akan datang 1. 2. klien belum mampu bercakap-cakap secara verbal dan non verbal. Memberi pendapat tentang topik yang dipilih Langkah kegiatan : 1. Mengingatkan kontrak dengan anggota kelompok pada sesi 3 TASK c. Misalnya. Mempersiapkan alat dan tempat pertemuan .2. Dianjurkan latihan ulang diruangan (buat jadwal). Menyepakati kegiatan berikut. Langkah Pelaksanaan SESI 4 : TAKS Tujuan Klien mampu menyampaikan topik pembicaraan tertentu dengan anggota kelompok : a.

harus meminta izin kepada terapis Lama kegiatan 45 menit Setiap klien mnegikuti kegiatan dari awal sampai selesai 3. Ulangi a. Menanyakan perasaan klien saat ini 2. Kontrak 1.2. g. Terapi membantu menetapakan yang paling banyak dipilih. d. Ulangi e sampai semua anggota kelompok memilih topik. “cara bicara yang baik” atau “cara mencari teman” c. memilih dan memberi pendapat tentang topik dan apercakapan. Pada saat dimatikan anggota yang memegang bola memilih topik yang disukai untuk dibicarakan dari daftar yang ada. b. Hidupkan kaset pada tape recorder dan ederkan bola tenis berlawanan dengan arah jarum jam. Evaluasi/ validasi 1. Hidupkan lagi kaset dan edarkan bola tenis. 2. e. yaitu menyampaikan. Tulis pada flipchart/whitebord topik yang disampaikan secara berurutan. Salam terapeutik Pada tahap ini terapi melakukan : 1. Menjelaskan aturan main berikut Jika ada peserta yang akan meninggalkan kelompok. Pada saat tape dimatikan anggota kelompok yang memegang bola mendapat giliran untuk menyampaikan suatu topik yang ingin dibicarakan dimulai oleh terapis sebagai contoh. Menjelaskan tujuan kegiatan. . Peserta dan erapis memakai papan nama b. Memberi salam teraupetik 2. b dan c sampai semua anggota kelompok menyampaikan topik yang ingin dibicarakan. Tahap kerja a. Orientasi a. f. Menanyakan apakah telah mencoba memperkenalkan diri pada orang lain c.

Pada saat dimatiakan anggota yang memegang bola menyampaikan pendapat tentang topik yang dipilih. Menanyakan perasaan klien setelah mengikuti TAK 2. Hidupkan lagi dan edarkan bola tenis.h. Beri pujian untuk setiap keberhasilan anggota kelompok dengan memberi tepuk tangan. Tahap terminasi a. Misalnya. . Dokumentasi Dokumentasi kemmpuan yang dimiliki klien ketika TAK pada catatan proses keperawatan tiap klien. Memberi pujian atas keberhasilan kelompok b. Aspek yang dievaluasi adalah kemampuan klien yang sesuai dengan tujuan TAK. dievaluasi kemampuan verbal menyampaikan dan memberi pendapat tentang topi percakapan serta kemampuan non verbal dengan menggunakan formulir evaluasi (lampiran 4). Kontrak yang akan datang 1. Evaluasi 1. yaitu menyampaikan dan membicarakan masalah pribadi. Menyepakati kegiatan berikut. kemampuan verbal menyampaiakn dan memilih topik percakapan 3. kemapuan memberi pendapat 2 dan kemampuan nonverbal 2. Ulangi h samapi semua anggota kelompok menyampaikan pendapat. Memasukkan kegiatan bercakap-cakap pada jadwal kegiatan harian klien. Secara non verbal juga belum mampu. Dianjurkan untuk melatih klien bercakap-cakap dengan topik tertentu diruang rawat (buat jadwal). klien mampu menyampaikan dan memilih topik percakapan. 4. 3. Rencana tindak lanjut 1. Menyepakati waktu dan tempat Evaluasi dan dokumentasi Evaluasi Evaluasi dilakukan pada saat proses TAK berlangsung khususnya pada tahap kerja. i. c. tetapi belum mampu memberi pendapat. Menganjurkan tiap anggota kelompok latian bercakap-cakap tentang topik tertentu dengan orang lain pada kehidupan sehari-hari. j. Untuk taks sesi 4. 2. maka catatan keperawatan adalah klien mengikuti taks sesi 3.

Memberi salam teraupetik 2. Menanyakan apakah telah latihan bercakap-cakap tentang topik/ hal tertentu dengan orang lain. Menyampaikan masalah pribadi b. Memberi pendapat tentang masalah pribad yang dipilih Langkah kegiatan : 1. harus meminta izin kepada terapis Lama kegiatan 45 menit Setiap klien mnegikuti kegiatan dari awal sampai selesai 3. b. Menanyakan perasaan klien saat ini 2. Persiapan a. Pada saat tape dimatikan anggota kelompok yang memegang bola mendapat giliran untuk menyampaikan suatu topik yang ingin dibicarakan . Mengingatkan kontrak dengan anggota kelompok pada sesi 4 TASK b. Menjelaskan tujuan kegiatan. Orientasi a. Mempersiapkan alat dan tempat pertemuan 2. Evaluasi/ validasi 1. Hidupkan kaset pada tape recorder dan ederkan bola tenis berlawanan dengan arah jarum jam. c. Salam terapeutik Pada tahap ini terapi melakukan : 1. 2. yaitu menyampaikan. Memilih satu masalah untuk dibicarakan c. Peserta dan erapis memakai papan nama b.Langkah Pelaksanaan SESI 5 : TAKS Tujuan Klien mampu menyampaikan danpembicaraan masalah pribadi dengan orang lain : a. Kontrak 1. Tahap kerja a. memilih dan memberi pendapat tentang topik dan percakapan. Menjelaskan aturan main berikut Jika ada peserta yang akan meninggalkan kelompok.

Hidupkan lagi dan edarkan bola tenis. Evaluasi 1. Ulangi a. c. Pada saat dimatiakan anggota yang memegang bola menyampaikan pendapat tentang masalah yang dipilih. Kontrak yang akan datang 1. b dan c sampai semua anggota kelompok menyampaikan masalah yang ingin dibicarakan. Ulangi h sampai semua anggota kelompok menyampaikan pendapat. 4. memilih dan . Menyepakati waktu dan tempat Evaluasi dan dokumentasi Evaluasi Evaluasi dilakukan pada saat proses TAK berlangsung khususnya pada tahap kerja. Memasukkan kegiatan bercakap-cakap tentang masalah pribadi pada jadwal kegiatan harian klien. i. g. Hidupkan lagi kaset dan edarkan bola tenis.dimulai oleh terapis sebagai contoh. “sulit bercerita” atau “tidak diperhatikan ayah/ibu/kakak/teman” c. Menyepakati kegiatan berikut. d. Menganjurkan tiap anggota kelompok latian bercakap-cakap tentang masalah pribadi dengan orang lain pada kehidupan sehari-hari. yaitu bekerja sama dalam kelompok 2. Menanyakan perasaan klien setelah mengikuti TAK 2. 2. Pada saat dimatikan anggota yang memegang bola memilih masalah yang ingin dibicarakan. dievaluasi kemampuan verbal menyampaikan. Untuk taks sesi 5. Memberi pujian atas keberhasilan kelompok b. Ulangi e sampai semua anggota kelompok memilih masalah yang ingin dibicarakan. f. e. h. Beri pujian untuk setiap keberhasilan anggota kelompok dengan memberi tepuk tangan. Terapi membantu menetapakan topik yang paling banyak dipilih. Tahap terminasi a. j. Rencana tindak lanjut 1. Aspek yang dievaluasi adalah kemampuan klien yang sesuai dengan tujuan TAK. Tulis pada flipchart/whitebord topik yang disampaikan secara berurutan.

Persiapan a. Bertanya dan meminta sesuai dengan kebutuhan pada orang lain b. Mengingatkan kontrak dengan anggota kelompok pada sesi 5 TASK b. Memberi salam teraupetik 2. Salam terapeutik Pada tahap ini terapi melakukan : 1. klien mampu menyampaikan masalah pribadi yang ingin dibicarakan. Mempersiapkan alat dan tempat pertemuan 3. Dokumentasi Dokumentasi kemmpuan yang dimiliki klien ketika TAK pada catatan proses keperawatan tiap klien. Menjawab dan memberi pada orang lain sesuai dengan permintaan. Orientasi a. c. . Kontrak 1. Peserta dan terapis memakai papan nama b. maka catatan keperawatan adalah klien mengikuti taks sesi 5. Misalnya. belum mampu memilih dan memberi pendapat. kemampuan verbal menyampakan topik masalah pribadi yang akan dipercakapkan 3. Menjelaskan tujuan kegiatan. Menanyakan perasaan klien saat ini 2. Anjurkn/ latih untuk bercakap-cakap dengan perawat dan klien lain diruang rawat (buat jadwal). Langkah kegiatan : 1.memberi pendapat tentang percakapan mengenai masalah pribadiserta kemampuan non verbal. tetapi nonverbalnya baik. kemampuan nonverbal 4. yaitu bertanya dan meminta kartu yang diperlukan serta menjawab dan memberi kartu pada enggota kelompok lain. Menanyakan apakah telah latihan bercakap-cakap tentang masalah pribadi dengan orang lain. Langkah Pelaksanaan SESI 6 : TAKS Tujuan Klien mampu bekerja sama dalam permaian sosial kelompok : a. Evaluasi/ validasi 1. memilih dan memberi pendapat 2.

d.2. Menganjurkan tiap anggota kelompok latian bertanya. Hidupkan kaset pada tape recorder dan edarkan bola tenis berlawana dengan arah jarumm jam. Setiap menerima kartu diminta mengucapak terimakasi. Memberi pujian atas keberhasilan kelompok b. Terapi smembagi 4 kartu kuartet untuk setiap anggota kelompok. harus meminta izin kepada terapis Lama kegiatan 45 menit Setiap klien mnegikuti kegiatan dari awal sampai selesai 3. Terapis memerintah tiap anggota kelompok menyusun kartu sesuai hitungan seri (satu seri mempunyai 4 kartu). c. Jika kartu yang dipegang serinyula lengkap. f. Tahap kerja a.3 terjadi. anggota kelompok memegang bola memulai permainan berikut.2 atau d. Sisanya diletakkan diatas meja b. diumumkan pada kelompok dengan membeca judul dan sub jud 3. 5. meminta. Pada saat tepe dimatiakn. Jika yang dipegang serinya tidak lengkap diperkenankan mengambil satu kartu dari tumpukan kartu diatas meja. Jika anggota kelompok memberi kartu yang dipegang pada yang meminta ia berhak mengambil satu kartu dari tumpukan kartu diatas meja. . Menanyakan perasaan klien setelah mengikuti TAK 2. Tahap terminasi a. Meminta kartu yang dibutuhkan (seri yang belum langkap) 2. Beri pujian untuk setiap keberhasilan anggota kelompok dengan memberi tepuk tangan. 4. Evaluasi 1. e. 1. Ulangi c dan d jiak d. Rencana tindak lanjut 1. g. menjawab dan memberi pada kehidupan sehari-hari(kerja sama). Menjelaskan aturan main berikut Jika ada peserta yang akan meninggalkan kelompok.

Orientasi a.ah dilakukan. Evaluasi/ validasi . Aspek yang dievaluasi adalah kemampuan klien yang sesuai dengan tujuan TAK. Langkah kegiatan : 1. serta kemampuan nonverbal 4. Peserta dan terapis memakai papan nama b. Langkah Pelaksanaan SESI 7 : TAKS Tujuan Klien mampu menyampaikan pendapat tentang manfaat kegiatan kelompok yang tel. Misalnya. menjawab dan memberi. meminta. Anjurkan untuk melakuakannya dirawat (buat jadwal). Mengingatkan kontrak dengan anggota kelompok pada sesi 6 TASK b.2. kemampuan verbal bertanya. Untuk taks sesi 6. Salam terapeutik Pada tahap ini terapi melakukan : 1. Dokumentasi Dokumentasi kemmpuan yang dimiliki klien ketika TAK pada catatan proses keperawatan tiap klien. c. Mempersiapkan alat dan tempat pertemuan 2. Menyepakati kegiatan berikut. Memberi salam teraupetik 2. menjawab dan memberi 4. Persiapan a. meminta. klien mampu secara verbal dan nonverbal dalam bertanya. dievaluasi kemampuan verbal dalam bertanya. maka catatan keperawatan adalah klien mengikuti taks sesi 6. Kontrak yang akan datang 1. yaitu mengevaluasi kegiatan TAKS. meminta. menjawab dan memberi serta kemampuan nonverbal. Memasukkan kegiatan berkerja sama pada jadwal kegiatan harian klien. Menyepakati waktu dan tempat Evaluasi dan dokumentasi Evaluasi Evaluasi dilakukan pada saat proses TAK berlangsung khususnya pada tahap kerja. 2.

c. yaitu menyampaiakn manfaat 6 kali pertemuan TAKS. Kontrak yang akan datang Menyepakati rencana evaluasi kemampuan secara periodik. b. baik di RS maupun di rumah. Kontrak 1. c. Ulangi a dan b samapi semua anggota kelompok menyampaikan pendapat. Tahap terminasi a. Menyimpulkan 6 kemampuan pada 6 kali pertemuan yang berlalu. Evaluasi 1. anggota kelompok memegang bola mendapat kesempatan menyampaikan pendapat tentang manfaat 6 kali pertemuan yang telah berlalu.1. d. 4. c. 2. Menganjurkan tiap anggota kelompok tetap latian melatih diri untuk 6 kemampuan yang telah dimiliki. Tahap kerja a. Menanyakan perasaan klien setelah mengikuti TAK 2. Pada saat tepe dimatiakn. Memberi pujian atas keberhasilan kelompok 3. Beri pujian untuk setiap keberhasilan anggota kelompok dengan memberi tepuk tangan. harus meminta izin kepada terapis Lama kegiatan 45 menit Setiap klien mnegikuti kegiatan dari awal sampai selesai 3. Hidupkan kaset pada tape recorder dan edarkan bola tenis berlawana dengan arah jarumm jam. 2. Menjelaskan tujuan kegiatan. b. Rencana tindak lanjut 1. Menanyakan perasaan klien saat ini 2. Melakukan pendidikan kesehatan pada keluarga untuk memberi dukungan pada klien untuk menjalankan kegiatan hidup sehari hari. Menanyakan apakah telah latihan berkerja sama dengan orang lain. . Menjelaskan aturan main berikut Jika ada peserta yang akan meninggalkan kelompok.

Aspek yang dievaluasi adalah kemampuan klien yang sesuai dengan tujuan TAK. Jika belum mampu klien dapat disertakan pada kelompok taks yang baru. makan dianjurkan dievaluasi pada kegiatan sehari-hari.Evaluasi dan dokumentasi Evaluasi Evaluasi dilakukan pada saat proses TAK berlangsung khususnya pada tahap kerja. Untuk taks sesi 7. . dievaluasi kemampuan menyampaikan manfaat taks yang telah berlangsung 6 sesi secara verbal dan disertai kemampuan nonverbal Dokumentasi Dokumentasi kemampuan yang dimiliki klien ketika TAK pada catatan proses keperawatan tiap klien. Disimpulkan kemampuan yang telah dapat diterapak oleh klien sehari hariuntuk klien yang telah mampu.

BAB III RENCANA TERAPI AKTIVITAS KELOMPOK : SOSIALISASI (TAKS) A.00 WIB B. PELAKSANAAN a) Tempat : Ruang makan b) Hari/Tanggal : Senin. Leader (L) a) Membaca tujuan dan peraturan kegiatan TAK sebelum kegiatan dimulai b) Mampu memotivasi anggota untuk aktif dalam kelompok dan memperkenalkan diri c) Mampu memimpin TAK dengan baik dan tertib d) Menetralisir bila terdapat masalah yang timbul dalam kelompok e) Menjelaskan permainan . SETTING a) Klien dan terapis duduk bersama dalam satu lingkaran b) Ruangan nyaman dan tenang L P P Co. 7 Januari 2013 c) Waktu : Pukul 10.L P P F P P F P P F O Penjelasan gambar dan penjabaran tugas 1.

Co. K D. Observer (O) a) Mengobservasi jalannya kegiatan b) Mencatat perilaku verbal dan non verbal klien selama kegiatan berlangsung c) Mengatur alur permainan (menghidupkan dan mematikan tape recorder) C. Fasilitator (F) a) Memfasilitasi klien yang kurang aktif b) Beperan sebagai role play bagi klien selama kegiatan 4.2. L) a) Menyampaikan informasi kepada leader dan fasilitator tentang aktivitas klien b) Mengingatkan leader jika kegiatan menyimpang 3. PERALATAN a) Tape recorder b) Kaset “Gangnam Style” (PSY) c) Bola tenis/Bola sepak d) Buku catatan dan pulpen e) Jadwal kegiatan klien E. METODE a) Dinamika kelompok b) Diskusi dan tanya jawab c) Bermain peran/simulasi F. PENGORGANISASIAN SESI 1 : TAKS Leader Co.Leader Fasilitator : Nona Kurniawati : Aurora Nurzudah P : Yuliyana Mahmud Nikeningtyas DK . Leader (Co. ANGGOTA Sulistiowati Nurul Wulan Miftakhul Setiani Umi.

Leader Fasilitator : Yuliyana Mahmud : Nikeningtyas DK : Rita Hartati Kharisma Rukmana Nona Kurniawati Observer : Aurora Nurzudah SESI 4 : TAKS Leader Co.Rita Hartati S Observer : Kharisma Rukmana SESI 2 : TAKS Leader Co.Leader Fasilitator : Kharisma Rukmana : Yuliyana Mahmud : Rita Hartati Aurora Nurzudah Nikeningtyas DK Observer : Nona Kurniawati .Leader Fasilitator : Aurora Nurzudah : Nona Kurniawati : Rita Hartati Kharisma Rukmana Nikeningtyas DK Observer : Yuliyana Mahmud SESI 5 : TAKS Leader Co.Leader Fasilitator : Rita Hartati : Kharisma Rukmana : Nona Kurniawati Aurora Nurzudah Yuliyana Mahmud Observer : Nikeningtyas DK SESI 3 : TAKS Leader Co.

Leader Fasilitator : Kharisma Rukmana : Rita Hartati : Yuliyana Mahmud Aurora Nurzudah Nikeningtyas DK Observer : Nona Kurniawati .SESI 6 : TAKS Leader Co.Leader Fasilitator : Nikeningtyas DK : Aurora Nurzudah : Yuliyana Mahmud Kharisma Rukmana Nikeningtyas DK Observer : Rita Hartati SESI 7 : TAKS Leader Co.

BAB III PENUTUP Demikian proposal ini dibuat dalam rangka meningkatkan peran dan fungsi perawat professional dalam menangani klien dengan masalah gangguan jiwa khususnya gangguan dalam bersosialisasi dalam bentuk terapi aktivitas kelompok : sosialisasi. Semoga bermanfaat bagi rekan profesi keperawatan maupun petugas kesehatan lain. .

Master your semester with Scribd & The New York Times

Special offer for students: Only $4.99/month.

Master your semester with Scribd & The New York Times

Cancel anytime.