Selasa, 02 Oktober 2012

Mencoba Hidroponik Sederhana
Saya suka bertanam sejak masih remaja, tapi dulu asal dengar istilah hidroponik saya selalu membayangkan bertanam dengan media air dan memerlukan peralatan yang ribet dan mahal. Seiring perkembangan waktu dan dengan adanya internet, ternyata hidroponik itu tidak serumit yang saya bayangkan. Karena dalam hidroponik ada berbagai system mulai dari yang paling sederhana sampai yang rumit dan perlu biaya besar. Tapi di sini saya tidak akan membahas macam - macam hidroponik karena penekanan saya di sini adalah saya mau berhidroponik dengan cara paling sederhana yaitu system wick atau sumbu. Kenapa saya pilih ini, ya karena selain sederhana tentunya biayanya paling murah. Untuk menanam hidroponik sederhana ini yang saya perlukan adalah : botol plastik air mineral bekas, gelas plastik bekas air mineral, jerigen plastik bekas minyak goreng, kain untuk sumbu (kain panel lebih bagus) nutrisi hidroponik. Media tanam (rocwool, arang sekam, kerikil, pasir malang, pecahan bata merah). Pilih yang paling mudah didapat. Kita bisa melihat betapa sederhananya bahan yang dibutuhkan. Bahkan kebanyakan besar dari barang bekas. Jadi menanam model hidroponik sederhana ini selain kita bisa mendapatkan tanaman sayuran yang sehat dan subur, kita juga bisa memanfaatkan barang barang bekas. Sehingga botol bekas, jerigen bekas dan gelas plastik bekas yang mestinya dibuang dan menjadi limbah ternyata masih bisa diambil manfaatnya. Adapun cara membuatnya adalah sbb : Hidroponik Wick dengan botol bekas caranya : 1. Potong botol menjadi 2 bagian. (atas dan bawah)

2. Lubangi bagian atas (daerah leher botol) untuk pemasangan sumbu dan aliran udara 3. Pasang sumbu pada bagian bawah botol.

Isi bagian atas botol dengan media tanam (bisa rockwool. Karena fungsi media ini hanya untuk pijakan akar agar tidak rebah.4. 6. sekam bakar atau pecahan bata merah). . 5. Pilih saja mana yang paling mudah didapat. Masukkan bagian atas botol ke bagian bawah botol dengan cara dibalik. Tanam bibit atau taburkan 2-3 biji bibit tanaman ke dalam media tanam. spon.

8.7. 3. Simpan di tempat yang tidak terkena hujan tetapi masih bisa mendapat sinar matahari. Lubangi bagian samping jerigen bekas. 2. (gunakan pisau cutter atau bor) dengan jarak sesuai yang kita inginkan. Siram dengan larutan nutrisi hidroponik. Lubagi bagian bawah dan samping gelas plastik untuk memasang sumbu dan untuk aliran udara. Hidroponik Wick dengan jerigen plastik bekas caranya : 1. Paling mudah dengan menggunakan besi panas atau soldir listrik. Pasang sumbu di bagian bawah gelas plastik .

Simpan di tempat yang tidak terkena hujan tetapi masih bisa mendapat sinar matahari (teras rumah). Isi jerigen dengan larutan nutrisi hidroponik 7. . Saya gunakan arang sekam karena lebih steril. 8. 6. Pilih saja mana yang paling mudah didapat. Masukkan gelas plastik ke dalam lubang jerigen yang sudah dibuat sebelumnya. Karena fungsi media ini hanya untuk pijakan akar agar tidak rebah. 5. spon. sekam bakar atau pecahan bata merah).4. Tanam bibit atau taburkan 2-3 biji bibit tanaman ke dalam media tanam. Isi gelas plastik dengan media tanam (bisa rockwool.

com/2012/10/mencoba-hidroponik-sederhana. http://denmas-kenthus.. pecahan batu bata. 3 Modal awal cukup besar. 1 Tanam tanpa menggunakan media tanah. Hidro yang artinya Air dan Ponos yang artinya Kerja. serat mineral. Sesuai namanya.??? Mari kita coba di rumah kita masing – masing. Akan lebih bagus lagi kalau dalam penempatan pot disusun dalam rak rak tingkat sehingga bisa lebih memaksimalkan lahan yang ada. pasir. 22 Februari 2012 Tanam Dengan Cara Hidroponik Bagian 1 Posted by Rudy Selamat datang di Jember Berkebun. .blogspot.html Rabu. Kali ini kami akan mengenalkan cara bertanam Secara Hidroponik. Bertanam Hidriponik selama ini dikenal oleh masarakat dengan sebutan bertanamSecara Modern kok bisa begitu ? kalau menurut pengertian saya sendiri kenapa disebut modern.. 2 Bahan yang bisa digunakan sabut kelapa. kita bisa menyimpulkan bahwa bertanam dengan hidroponik bukanlah suatu hal yang sulit dan mahal. Dan yang perlu diingat adalah dengan hidroponik ini kita bisa bertanam ditempat yang sempit dan tidak ada tanah sekalipun. Tahu kan yang dimaksud Hidroponik ? baik kami akan menerangkan sedikit aja mengenai bertanam Hidroponik.. dan lain-lain sebagai pengganti media tanah.. hidroponik adalah cara bertanam menggunakan media air sehingga tidak memerlukan tanah atau area yang luas. 5 menggunakan Nutrisi A dan B.Dengan uraian di atas dan melihat gambar yang ada. Anda tertarik. 4 Badan kita tidak kotor. serbuk kayu.

he he he gak masalah kan yaaaaaaaa. Dalam kesempatan ini Jember Berkebun akan mengulas dengan cara sederhana dan dipastikan pembaca akan tertarik mencobanya. Namun sebelumnya contoh dan peraga di kususkan untuk ibu ibu PKK kecamatan Rambipuji Jemberdan contoh dibawah ini sudah di Praktekan Oleh ibu ibu PKK desa Rambigundam kec Rambipuji Jember. Kalau pembaca ingin memperdalam lagi mengenai Hidroponik silakan grilya dulu di Mbah Google. Indahnya Berbagi . Dan selebihnya untuk pemerhati Jember Berkebun Oke. Setelah itu silakan datang lagi di Jember Berkebun dan Langsung Praktek dengan cara sederhana. Pupuk kita pilih yang murah dan mudah kita beli disekitar kita contohnya : Pupuk lengkap ( admin menggunakan pupuk NPK mutiara maaf kami menyebutkan merk bukan promosi. Persiapan Bahan dan Peralatan yang akan kita gunakan kita bisa memanfaatkan botol plastik bekas air mineral atau apa saja yang dianggap bisa dimanfaatkan. Soalnya aku sendiri sudah kehabisan kata kata untuk dituangkan jadi tulisan.blogspot. Kita akan bertemu lagi diTanam dengan cara Hidroponik bagian 2. Bahan Bahan Yang Kita butuhkan dalam Pembuatan KIT Hidroponik. Yang penting niat kami ……. 14 Maret 2012 Tanam Dengan Cara Hidroponik Bagian 2 SELAMAT DATANG DI JEMBER ber KEBUN Posted by rudcak Sesuai Janji saya di Tanam Dengan Cara Hidroponik Bagian 1. Admin akan menggunakan alat alat peraga dari bahan yang mudah didapat n dianggap Limbah. http://jemberberkebun-rud. Langkah satu : Kita siapkan gelas plastik bekas air mineral dan kaleng plastik bekas kue.Masih di Jember Berkebun tentunya. Biar dah kita abaikan dulu cara nulis yang bagus yang penting Step By Stepnya.html Rabu.com/2012_02_01_archive. Gabus yang kita pakai biasanya gabus untuk menulis dekorasi manten. Waduh ini yang bikin aku bingung. Kenapa kok bisa lupa ? mungkin anggapan kita bertanam secara hiroponik terlalu mahal dan ribet yang harus beli nutrisi A dan B dan harus dilarutkan lagi dan lain lain yang terkesan terlalu sulit dan ribet. Baik Mas Bro dan Mbak Bro yang sangat setia di Blog ini. Cukup disini aja dulu mas dan mbak bro kami akan mempersiapkan kit dan Gambar untuk uji coba. ulasan diatas hanya sekedar mengingat kembali mungking selama ini kita udah lupa. Langsung Fotonya Apa Tulisannya dulu ya ? untuk memulai. Solderan kalau punya atau paku dipanaskan untuk melubangi bagian bawah gelas untuk keluarnya akar tanaman dan lubang untuk memasukkan benang siet ( benang untuk merajut atau benang untuk nyulam ). Baik Mas Bro n Mbak Bro Langsung aja kita Praktekin. Atau pembaca bisa pilih sendiri yang ada dipasaran yang penting kandungan unsure haranya lengkap ). Gabus untuk menopang gelas air mineral. Langkah dua : Gini aja mas bro dan mbak bro Lihat aja foto fotonya dan sekalian videonya.

Penyegaran dulu Alat dan bahannya Gelas bekas air mineral yang sudah dilengkapi benang siet .

Untuk Mas bro & Mbak bro setelah bibit yang paling sehat kita pilih. lainnya kita cabut. Masih di Jember Berkebun tentunya. gunakan aja merk lain yang penting kandungan unsur haranya lengkap. selanjutnya tanaman kita tempatkan dengan cukup sinar matahari. Apabila air diperkirakan 1 liter maka nutrisi yang akan dilarutkan ke air sebanyak 1 sampai 3gram. Kita lanjutkan Gambarnya. Tips kalau nemu tempat nutrisi jangan yang berwarna bening biar tidak mudah ditumbuhi lumut kalau perlu plastik bening kita cat hitam luarnya. Setelah air tercampur sempurna selanjutnya gelas bekas air mineral tadi kita isi biji benih sebanyak 5biji. Untuk nutrisi kita gunakan pupuk lengkap yang mudah kita beli disekitar kita. he he heIndahnya berbagi..Gelas dimasukkan ke plastik tempat nutrisi dan penopang gelas dari gabus Langkah tiga : Setelah kit hidroponik sederhana sudah kita buat selanjutnya kit kita masuki air ( jangan air pdam ). Langkah empat : Waduh bro kami sudah mulai kekurangan kata kata ni. Ada yang ketinggalan. Kebetulan Admin disini menggunakan pupuk lengkap NPK mutiara Maaf bukan promosi. Akar nampak dipermukaan air . sehingga tinggal 1 atau 2 benih yang paling sehat yang kita pelihara. kita ambil 1/4 sendok teh aja per satu liter air.. takaran lebih mudah gunakan sendok teh aja.. Kalau pembaca kesulitan cari pupuk.. Setelah benih tumbuh kita seleksi lagi.

Terakhir.html Membuat Sistem Hidrponik Sederhana Dengan Botol Sistem Hidroponik dalam Botol Anda harus telah menemukan banyak panduan di Internet tentang metode sederhana bangunan sistem hidroponik buatan sendiri. Seluruh ide membuat sistem hidroponik di rumah adalah untuk menghemat biaya keseluruhan membangun sistem hidroponik. Faktor-faktor ini memainkan peran penting selama tahap perencanaan sistem hidroponik Anda. biaya dan kompleksitas secara langsung berhubungan satu sama lain. lebih tinggi adalah pengeluaran untuk membangunnya.com/2012/03/tanam-dengan-cara-hidroponik-bagian-2. kompleksitas membangun sistem dan efisiensi sistem. Mengenai kompleksitas sistem.blogspot. Sistem yang lebih canggih dan rumit hidroponik adalah. . tetapi tidak semua dari mereka benarbenar biaya yang efektif dan efisien. Tiga faktor utama yang harus Anda pertimbangkan ketika membangun sistem hidroponik adalah: biaya.Gabus kita angkat http://jemberberkebun-rud. Dalam sistem hidroponik buatan sendiri Anda dapat membatasi biaya dengan mengumpulkan alat yang berbaring di toko Anda. yaitu jumlah total tanaman Anda dapat tumbuh dan seberapa baik sistem Anda mampu untuk tumbuh mereka. itu efisiensi sistem hidroponik ini.

com/2012/05/membuat-sistem-hidrponik-sederhana. Ini menghemat banyak uang seperti pada kebanyakan sistem hidroponik canggih bagian paling mahal adalah peralatan pencahayaan. Tentu saja.Jika Anda seorang pemula atau amatir dalam bidang ini. Anda dapat menambahkan pipa PVC tambahan untuk stabilitas atau memotong kemacetan yang lebih luas. Sebagai pemula Anda harus mulai botol sistem hidroponik. Sistem hidroponik juga memecahkan masalah ruang bagi petani yang tinggal di rumah kecil. ini adalah ukuran botol yang ideal yang akan mendukung satu tanaman.Bagian terbaik tentang sistem hidroponik adalah Anda dapat dengan mudah memberikan cahaya alami untuk tanaman Anda hanya dengan menempatkan mereka di tempat cerah.Botol sistem hidroponik letaknya mudah digunakan dan sederhana untuk membangun.5-1 galon yang layak. salah satu pilihan yang masuk akal Anda dapat menjelajahi adalah mengembangkan sistem hidroponik botol.html .Sekarang Anda dapat menambahkan media pertumbuhan dan larutan nutrisi untuk melindungi tanaman Anda akar. Ini adalah cara terbaik untuk memulai karir Anda sebagai seorang petani hidroponik. itu akan murah dan sangat mudah untuk membangun. Anda dapat memperluas keterampilan berkebun dan meng-upgrade kebun hidroponik dengan alat baru. setelah Anda mendapatkan bunga. Bagaimana Cara Membangun Sistem Hidroponik Botol? Ini adalah bentuk paling umum dan sederhana dari tanaman yang tumbuh hidroponik. Untuk ini.Kemacetan perlu disesuaikan dengan benar agar sesuai di pabrik Anda. Keuntungan dari sistem hidroponik cukup jelas. http://infowongtani. Berikut adalah metode tiga langkah tanaman yang tumbuh dengan bantuan sistem hidroponik botol: Dapatkan botol 0.blogspot.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful