CARA MENGATASI STRESS

Jaga kesehatan fisik dengan makanan bergizi, cukup istirahat dan olahraga Mempunyai kepercayaan kepada Tuhan YME, hidup dalam pengharapan dan iman serta menjalankan ajaran Tuhan dalam kehidupan sehari-hari. Menerima segala peristiwa dalam kehidupan sebagai pelajaran dan dapat mengambil hikmahnya. Jika mempunyai masalah yang melibatkan emosi, cepat selesaikan dengan cara yang benar. Jangan memendam emosi dan konflik. Belajar tidak egois dan selalu mau menolong orang lain Percaya diri, tidak rendah diri dan senang dengan dirinya (dapat menerima diri apa adanya) Nikmati, hayati, syukuri tiap-tiap menit yang berlalu (here and now, masa depan adalah serial dari masa sekarang) Pupuklah benih-benih cinta (kasih sayang) Kembangkan rasa humor Carilah nilai-nilai perjuangan dalam hidup, sehingga kita dapat menghadapi kehidupan dengan ulet dan tahan banting.

TEKNIK RELAKSASI
1. Meditasi : dengan cara memfokuskan perhatian kita 2. Relaksasi. A. Teknik napas dalam B. Imajinasi terbimbing C. Masase (Pemijatan) D. Relaksasi otot progresif (peregangan otot-otot tubuh). 3. Biofeedback mengontrol kondisi dengan pemeriksaan tekanan darah. 4. Olahraga. 5. Pengaturan pola makan (diet).

men aje s Man res st

FAKULTAS ILMU KEPERAWATAN UNIVERSITAS INDONESIA

AKIBAT STRESS Dampak fisik: Tekanan darah tinggi Sakit jantung Sesak nafas Radang usus. Susah tidur. Konflik : tidak bisa memilih antara dua atau lebih keinginan atau kebutuhan. SUMBER STRESS? 1. . Merasa sakit seluruh otot badan Sakit kepala tanpa sebab dan terkadang migraine. bencana alam. Kurang selera terhadap makanan. Merasa tidak mampu mengatasi permasalahan apapun.GEJALA STRESS Jantung sering berdebar tanpa sebab pasti. psikis. Mudah lelah walaupun mengerjakan pekerjaan yang ringan. Sakit/ nyeri di perut. tukak lambung atau usus. 4. kematian orang yang dicintai. tidur tidak nyaman dan mudah terbangun. goncangan ekonomi. Bentuk ketegangan ini mempengaruhi keseharian seseorang sehingga dapat membuat produktivitas menurun. rasa sakit dan gangguangangguan mental. Mudah tersinggung. Tekanan: tekananan hidup seharihari. pengangguran. Frustasi : Kegagalan. kecelakaan.. kesenangan ataupun seks. emosi maupun mental. 3. Krisis: keadaan mendadak (kematian seseorang. 2. kecelakaan. selalu menghindar. Sakit Kepala Penyakit eksim kulit Konstipasi (Susah Buang Air Besar) Asam urat/Reumatik Kanker Dampak psikis Depresi Gangguang psikosomatik APA ITU STRESS? Stress adalah bentuk ketegangan dari fisik. Kurang tertarik berkomunikasi dengan orang lain. bangun merasa tidak segar.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful