INTERAKSI MANUSIA DAN KOMPUTER

DISUSUN OLEH : PUJI PRATIWIPOETRI D42110293 KELAS B TEKNIK INFORMATIKA

UNIVERSITAS HASANUDDIN

Komputer. Karena manusia sebagai pembuat dan pengguna sangatlah di utamankan. Manusia adalah faktor yang paling penting dalam interaksi manusia dan komputer. Interaksi.  Dalam faktor manusia dari segi penglihatan yaitu mata ada beberapa faktor yang mempengaruhi penglihatan kita.beserta studi tentang faktor-faktor utama dalam lingkungan interaksinya. manusia dan komputer berinteraksi lewat masukan & keluaran melalui antarmuka (Brandware) Fokus: perancangan dan evaluasi antarmuka pemakai (user interface). 3. User ini berbeda-beda dan memiliki karakteristik masing-masing sesuai dengan kebutuhan dan kemampuannya dalam menggunakan komputer. 2. Antarmuka pemakai adalah bagian sistem komputer yang memungkinkan manusia berinteraksi dengan komputer. merupakan peralatan elektronik yang meliputi hardware (perangkat keras) dan software (perangkat lunak). pendengaran dan sentuhan. yaitu : . Faktor manusia dapat dipandang sebagai sistem pemroses informasi: 1. Manusia.PENDAHULUAN Interaksi Manusia Komputer meliputi 3 komponen : 1.evaluasi. Faktor manusia (brainware) dalam merancang antarmuka adalah penglihatan. Interaksi adalah komunikasi antara dua atau lebih objek yang saling mempengaruhi atau berkaitan satu sama lain. implementasi dari sistem komputer interaktif untuk dipakai oleh manusia. informasi diproses dan diaplikasikan dalam berbagai cara Kapasitas manusia satu dengan yang lain dalam menerima rangsang dan memberi reaksi berbeda satu dengan yang lain dan hal ini menjadi faktor yang harus diperhatikan dalam merancang interface. Manusia merupakan pengguna (user) yang memakai komputer. Interaksi manusia dan komputer merupakan disiplin ilmu yang mempelajari desain. informasi disimpan dalam ingatan (memori) 3. Interaksi Manusia dan komputer merupakan komunikasi dua arah antara pengguna (user) dengan sistem komputer yang saling mendukung untuk mencapai suatu tujuan tertentu. informasi diterima dan ditanggapi melalui saluran input-output (indera) 2.

untuk manusia dengan penglihatan dan pendengaran normal. dikaranakan kedua indera ini bukan indra yang utama dan belum adanya pengembangan di bidang komputer interaktif serta tingkat akurasi yang lemah dari kedua indera ini pada sebagian besar orang. indera perasa dan penciuman sangat tergantung pada tingkat kesehatan. Sebagai contoh penggunaan jari sensitif untuk pemasukan identitas pada suatu ruangan khusus. disamping pendengaran (jika tidak buta tuli). seseorang dengan penglihatan normal dapat membedakan hingga 128 warna berbeda. Sedangkan untuk sentuhan. yaitu setara dengan batas atas dua oktaf keyboard piano. Sudut dan ketajaman penglihatan adalah Sudut penglihatan adalah sudut yang terbentuk oleh objek. Warna adalah cahaya yang tampak merupakan sebagian kecil dari spektrum elektromagnetik. Area penglihatan adalah area yang dapat dilihat oleh mata manusia normal 6. sentuhan mempunyai peringkat ketiga setelah penglihatan dan pendengaran. tetapi batas bawah dan batas atas tersebut dipengaruhi faktor kesehatan dan usia. Panjang cahaya yang nampak berkisar pada 400-700 nano meter yang berada pada daerah ultraungu (ultraviolet) hingga inframerah (infrared). Sebagian besar orang dapat mendeteksi suara pada kisaran frekuensi 20 Hz hingga 20 KHz. juga menjalankan suatu aplikasi dengan sistem getaran dan jari sensiif. o o Sedangkan dalam segi perasa dan penciuman tidak bermanfaat secara khusus dalam perancangan suatu sistem manusia-komputer. Jika panjang gelombang berada pada panjang di atas dan luminans serta saturasi (jumlah cahaya putih yang ditambahkan) dijaga tetap. Kecerahan adalah tanggapan subjektif terhadap cahaya 4. o Sedangakan dalam segi faktor pendengaran .1. sedangkan ketajaman penglihatan adalah penglihatan minimum pada saat mata masih bisa melihat objek 5. Tetapi. Pendengaran yang lebih sensitif dapat mendeteksi suara pada kisaran 1000 – 4000 Hz. Kontras adalah cahaya yang dikeluarkan dari suatu objek dan latar belakang yang dipakai 3. Luminans adalah cahaya yang dipantulkan dari permukaan suatu objek 2. pendengaran merupakan indra kedua terpenting setelah penglihatan (vision) dalam interaksi manusia-komputer. Walaupun .untuk keperluan interaksi manusia – komputer. pada orang buta sentuhan merupakan indera utama dalam interakinya dengan dunia luar. Sebagai tambahan.

menggunakan informasi yang baru diterima melalui inderanya. Memori bagian kedua dari model manusia sebagai sebuah sistem pengolah informasi. Memungkinkan seseorang melakukan tindakan yang berulang.Memori jangka panjang .manusia memiliki tiga jenis memori yaitu : 1. Memori haptic untuk indera peraba Karena terbatasnya kapasitas memori sensor. seperti saat manusia selalu mengingat semua yang terjadi. sebagian lagi akan hilang/tertimpa setiap kali diperoleh informasi baru. tidak semua informasi dapat diolah. mengidentifikasi dengan menggunakan informasi yang pernah diterima dari pengalaman masalalu.sesungguhnya indera perasa dan penciuman dapat dilatih. Sebagian besar kegiatan manusia berhubungan dengan memori(ingatan) manusia.Tempat penyaringan (sensor) .Tempat memproses ingatan (memori jangka pendek) perhatian . Memori iconic untuk indera visual/penglihatan 2. Secara umum ada 3 jenis/fungsi memori : . memori manusia berisi semua pengetahuan dari urutan perilaku. MEMORI MANUSIA Dari segi memori. menggunakan bahasa. dan terdapat orang-orang dengan tingkat perasa dan penciuman yang tinggi. Memori echoic untuk indera auditory/pendengaran 3. hanya sebagian Informasi yang dapat diteruskan ke tipe memori lain yang lebih permanen.

haptic : menerima raAngsang sentuhan MEMORI JANGKA PENDEK Memori jangka pendek/memori kerja bertindak sebagai tempat menyimpan data sementara.semantic : memori yang tersusun berdasar fakta.echoic : menerima rangsang suara .Turunan : simpul akan membawa sifat induknya . Informasi dalam memori ini dapat bertahan dalam bulan.Ada hubungan yang jelas antar bit informasi .episodic : urutan ingatan tentang kejadian .iconic : menerima rangsang penglihatan (visual) . konsep dan ketrampilan Informasi semantic terbentuk dari episodic Model jaringan semantic : . MEMORI JANGKA PANJANG Memori jangka panjang atau long term memory merupakan kemampuan menyimpan informasi yang cenderung menetap atau permanen. digunakan untuk menyimpan informasi yang hanya dibutuhkan sesaat. Terdiri dari 3 saluran penyaring : . Ada 2 cara menggali ingatan kembali dalam memori jangka panjang : .MEMORI PENYARING Bekerja sebagai tempat penyimpan sementara (buffer) untuk menerima rangsang dari indera.membuat kesimpulan berdasarkan sifat turunan . tahun bahkan seumur hidup.

Interaksi Manusia dengan Komputer yang berbentuk virtual tidak membuat manusia lebih cepat mengingat dan memperhatikan. keberadaan logo dalam suatu situs sangatlah penting. Identitas situs memberitahu kita dimana kita sedang berada. Logo . font size. atau mengurangi gerakan yang tidak perlu. dan membuat hal lebih simple dapat lebih memudahkan user. suatu aplikasi yang baik mempunyai font. Sehingga user nyaman dan tidak terganggu dalam menggunakan aplikasi tersebut. yang konsisten. maka desainer berusaha untuk membantu manusia dengan menciptakan caracara dan bantuan yang menarik melalui produk mereka. Menu.ISI Manusia itu mempunyai keterbatasan dalam hal ini dan keharusan untuk mengingat beberapa hal dalam waktu yang bersamaan dapat membuat stress user dan menjadi tidak maksimal. Oleh karena itu.  Logo pada web Adanya logo komik maka pengguna lebih mudah mengetahui website komik. sehingga user tidak perlu bingung jika ingin mencari page yang diingankan kembali dari home. Navigasi page memperlihatkan alur data dari home menuju page yang sekarang terbuka. Dengan menggabungkan banyak halaman. logo ibarat nama bangunan untuk situs web. Untuk menghindari ketidakmampuan manusia dalam mengingat dalam jangka panjang maupun dalam waktu jangka pendek. dilakukan beberapa hal berikut:  infomasi navigasi kepada user Gambar diatas terdapat penavigasian menu dan navigasi page. Header dsb. Untuk menghindari kebingungan user dalam menggunakan website. Manusia memiliki memory jangka pendek yang selalu digunakan dalam kehidupan sehari-hari.

juga keterbatasan ingatan manusia membutuhkan tampilan yang sederhana . Kedua jenis menu tersebut harus dapat diperlihatkan Mengurangi beban ingatan jangka pendek.  Adanya menu bar pilihan judul lain atau 'chapter' lain dalam setiap halaman komik atau karya lainnya dibaca. yang sehingga sedang mempermudah user untuk dapat langsung berpindah ke chapter lain letaknya jauh yang mungkin dari sebelumnya dengan waktu singkat. memudahkan  Kejelasan drop-down menu Menu navigasi mungkin memiliki dropdown menu atau tidak.simple yang mudah diingat akan membantu pengguna untuk mengingat situs tersebut. tindakan user. Misalnya ketika kita membuka banyak tab pada mozzilla firefox dengan berbagai macam website maka kita akan kebingungan mana website yang kita jadikan sebagai refreshing. User tidak perlu kembali ke menu home untuk sekedar kembali Ini ke page sebelumnya. mengenai bagaimana kontennya. dan task yang harus dilakukannya. dengan adanya logo komik kita dengan mudah mengklik website yang ingin kita buka pada tab mozzilla.

  Menu header yang kedua Menu – menu dashboard juga simple dan jelas juga simple dan tidak bertele – tele ataupun banyak tulisan. Menu header utama. dan dibuat static pada frame sehingga tidak berubah jika di scrolling.  Menu – menu yang ditampilkan simple dan tidak banyak ditampilkan. Adanya auto-remember pada username di box input. jelas dan simple. . membuat gambar sehingga user ‘pusing’ yang tidak saat menggunakannya.

maka dapat saja suatu database diakses terlebih dahulu (misalnya dalam MySQL) untuk mendukung halaman web yang dihasilkan. . Fungsinya adalah sebagai server yang berdiri sendiri (localhost). project mereka ini bertujuan mempromosikan penggunaan Apache web server. dan Solaris. yang terdiri atas program Apache HTTP Server.XAMPP adalah perangkat lunak bebas. Linux. XAMP ini merupakan project np-profit yang dikembangkan oleh Apache Friend yang ddirikan Kai’ ‘Oswalad’ Seidler dan kay Vogelgegesang pada tahu 2002. PHP dan Perl. XAMPP dikembangkan dari sebuah tim proyek bernama Apache Friends. A: Apache. Apache. seperti Windows. MySQL. Nama XAMPP merupakan singkatan dari X (empat sistem operasi apapun). MySQL database. merupakan aplikasi web server. yang terdiri dari Tim Inti (Core Team). Tugas utama Apache adalah menghasilkan halaman web yang benar kepada user berdasarkan kode PHP yang dituliskan oleh pembuat halaman web. jika diperlukan juga berdasarkan kode PHP yang dituliskan. merupakan kompilasi dari beberapa program. MySQL. Tim Pengembang (Development Team) & Tim Dukungan (Support Team) ASAL KATA DARI XAMPP XAMPP adalah singkatan yang masing-masing hurufnya adalah: X: Program ini dapat dijalankan dibanyak sistem operasi. PHP. and PERL). dan penerjemah bahasa yang ditulis dengan bahasa pemrograman PHP dan Perl. merupakan web server yang mudah digunakan yang dapat melayani tampilan halaman web yang dinamis. XAMPP merupakan pengembangan dari LAMP (Linux Apache. yang mendukung banyak sistem operasi. Mac OS. Program ini tersedia dalam GNU General Public License dan bebas.

dan menghapus data yang berada dalam database. MySQL dapat digunakan untuk membuat dan mengelola database beserta isinya. Bahasa pemrograman PHP merupakan bahasa pemrograman untuk membuat web yang bersifat server-side scripting. Kita dapat memanfaatkan MySQL untuk menambahkan. bahasa pemrograman . d-base.Perkembangannya disebut SQL yang merupakan kepanjangan dari Structured Query Language. PHP memungkinkan kita untuk membuat halaman web yang bersifat dinamis. Microsoft Access. Sistem manajemen basis data yang sering digunakan bersama PHP adalah MySQl. mengubah. dan sebagainya. merupakan aplikasi database server. Interbase. namun PHP juga mendukung sistem manajement database Oracle. SQL merupakan bahasa terstruktur yang digunakan untuk mengolah database. PostgreSQL. P: PHP.M: MySQL. bahasa pemrograman web. P: Perl.

Memungkinkan seseorang melakukan tindakan yang berulang.PENUTUP Kesimpulan Manusia itu mempunyai keterbatasan dalam hal ini dan keharusan untuk mengingat beberapa hal dalam waktu yang bersamaan dapat membuat stress user dan menjadi tidak maksimal. mengidentifikasi dengan menggunakan informasi yang pernah diterima dari pengalaman masalalu. menggunakan bahasa. . seperti saat manusia selalu mengingat semua yang terjadi. menggunakan informasi yang baru diterima melalui inderanya. memori manusia berisi semua pengetahuan dari urutan perilaku. Sebagian besar kegiatan manusia berhubungan dengan memori(ingatan) manusia.

html http://edukasi.html http://www.com/2011/11/jenis-jenis-ingatan-memori.slideshare.blogspot.kompasiana.com/2012/01/makalah-memory-dan-lupa.com/2011/05/24/memori/ http://yeniyulianimelinda-yuliani.DAFTAR PUSTAKA http://jalurilmu.net/herusuhadi/xampp-2946828#btnNext http://hestipraatiwi.com/2012/10/analisis-ngomikcom.blogspot.blogspot.html .

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful